Bika Bogor Talubi Bluder Gulung Tallubi Cerita Makan-makan Food Food Product Review Kuliner Bogor Product Review

Kota Bogor Ternyata juga Punya Oleh-oleh Roti Bluder Lho, Namanya Bluder Gulung Tallubi

Hello teman-teman? Bagaimana liburan Natal dan Tahun Barunya? Ada yang maen ke kota Bogor selama liburan? Pulang-pulang bawa oleh-oleh apa nih buat keluarga di rumah? Ngobrolin tentang oleh-oleh, FYI, saya punya rekomendasi oleh-oleh yang “beda” nih dari kota hujan yakni Roti Bluder Gulung Tallubi.

Yeah, roti bluder gaeeess. Enggak keliru kok. Di Bogor emang ada roti bluder juga yang bentuknya cukup unik. Beda deh dari roti bluder yang selama ini kita ketahui.

Mungkin, teman-teman masih belum tahu ya kalau di Bogor juga ada roti bluder? Ya, maklum sih, sepertinya belum banyak yang tahu kalau ternyata kota Bogor punya oleh-oleh roti bluder juga.

Tahu kan roti bluder? Itu tuh roti yang udah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan. Konon, orang Eropa lah yang pertama kali membawa roti ini ke Indonesia. Roti bluder ini sangat terkenal memiliki tekstur yang empuk, sebab sebenarnya bahan adonannya adalah campuran antara roti dan cake. Bentuknya pun bermacam-macam. Nah, kalau di Bogor roti bludernya berbentuk seperti gulungan. Makanya dinamai Bluder Gulung Tallubi.

Tentang Tallubi, oleh-oleh khas Bogor

BTW, teman-teman mungkin sudah enggak asing lagi kan dengan nama “Tallubi”? Yup, ini brand yang sama yang terkenal dengan kue bikanya yang terbuat dari talas dan ubi asli itu, lho. Tallubi sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu brand oleh-oleh yang terkenal di kota Bogor.

Jadi, ceritanya, dulu di Bogor tuh yang namanya talas dan ubi tuh melimpah. Trus, dari pihak Tallubi berinisiatif membuat talas dan ubi itu menjadi kue yang yang bisa disukai banyak orang, seperti kue bika, cake, brownies, dll. Makanya diberi nama “Tallubi” yang berasal dari kata “Talas” dan “Ubi”.

Bluder Gulung Tallubi, roti bluder asli Bogor.

Seiring waktu, nama Tallubi pun makin terkenal sebagai oleh-oleh kue khas Bogor. Namun, hal tersebut enggak membuat Tallubi berhenti membuat inovasi. September tahun lalu. Tallubi merilis varian baru kuenya, yakni Si Bluder Gulung Tallubi.

Lalu, apa sih uniknya Si Bluder Gulung Tallubi ini?

Tentang Bluder Gulung Tallubi

Sesuai namanya, bluder yang dirilis oleh Tallubi pada September tahun lalu ini bentuknya unik, yakni berupa gulungan. Berbeda dari bluder kebanyakan yang biasanya berbentuk bulat gitu. Cara menyajikan dan menikmati Bluder Gulung Tallubi ini adalah dengan memotongnya menjadi beberapa bagian. Sangat enak dinikmati langsung, namun juga cocok dinikmati bersama secangkir the, kopi, atau coklat panas.

Terdapat tiga varian rasa Bluder Gulung Tallubi, yakni:

  • Bluder Gulung Abon Mayo
  • Bluder Bluder Gulung Coklat
  • Bluder Gulung Keju.

Tiga varian rasa Bluder Gulung Tallubi.

Bluder Gulung Tallubi yang dibuat secara homemade ini, bebas dari bahan pengawet serta bahan sintetis pengembang roti. Teman-teman bisa mendapatkan bluder ini di semua outlet Bika Bogor Tallubi dengan harga:

  • Rp. 38.000,00 untuk varian Bluder Gulung Abon Mayo
  • Rp. 32.000,00 untuk varian Bluder Gulung Keju
  • Rp. 29.000,00 untuk varian Bluder Gulung Coklat.

Bluder Gulung Tallubi rasa coklat.

Oh iya, kalau outlet Bika Bogor Tallubi berada di:

  • Jl. Padjajaran 20M, Bogor
  • Jl. Sholeh iskandar 18B, Bogor
  • Jl. Raya Gadog sebelah Vimalla Hills
  • Jl. Suryakencana no 278, Bogor.

Kalau mager datang ke store-nya, buat yang berdomisili atau sedang berada di sekitaran Bogor juga bisa kok minta produk bluder ini dikirim ke rumah. Tinggal hubungi

  • Line: @bikabogor
  • Whatsapp: 08884829626.

Nanti, bludernya bisa dikirim via JNE pakai option YES.

Review Bluder Gulung Tallubi

Lalu, gimana sih rasanya makan roti bluder khas Bogor ini? Nah, kebetulan saya sudah menikmati ketiga variannya nih. Saya coba deskripsikan rasanya supaya teman-teman ada gambaran kalau mau nyicip Bluder Gulung Tallubi ini. Namun, sebelumnya mau review dulu dari penampilan kemasannya dulu yaaa.

Bluder Gulung Tallubi rasa abon.

Jadi roti bluder khas Bogor ini kemasannya berbentuk kotak persegi dengan dimensi 28 x 10 x 7 cm. Ada tiga warna kemasan, menyesuaikan dengan isi/ rasa bludernya, yakni:

  • Warna pink: Bluder Gulung Abon Mayo
  • Warna biru: Bluder Gulung Coklat
  • Warna kuning: Bluder Gulung Keju.

Pada kotak kemasannya tertera beberapa keterangan, salah satunya adalah label HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kemudian, tertera juga rasa dan gambar dari varian bludernya. Komposisi roti bluder, tanggal produksi, dan kapan kedaluwarsanya juga tercantum dengan jelas di kemasannya.

Bluder Gulung Tallubi rasa keju.

Kemudian, tak lupa ada petunjuk/ saran untuk penyimpanan produk ini. Mau tahu bagaimana? Jadi, teman-teman kalau membeli produk Bluder Gulung Tallubi ini perlu mengingat:

  • Daya tahan produk ini cuma 3 hari dalam suhu ruang, soalnya seperti yang saya bilang sebelumnya bluder ini enggak menggunakan bahan pengawet.
  • Sedangkan dalam kulkas, produk ini bisa tahan selama 7 hari.
  • Hindari menyimpan bluder ini di suhu panas atau terkena sinar matahari langsung.

Begitu, teman-teman kurang lebih, saran penyimpanan yang tertera di kotak kemasannya.

Kemudian, saat kita buka kemasannya, nanti kita enggak langsung melihat roti bluder gulungnya, melainkan ada satu lapisan kertas pembungkus lagi. Menurut saya, pembungkus luar seperti ini sangat bermanfaat, selain buat estetika, juga untuk menjaga kehigienisan roti bluder ini.

Kemasan Bluder Gulung Tallubi.

Sedangkan, untuk teksturnya, bluder ini lumayan lembut ya, sehingga kalau dipotong dengan pisau roti yang tajam gampang banget. Oh iya, semua varian bluder ini diberi semacam taburan wijen gitu, sehingga menambah tekstur lapisan kulit terluar dari rotinya. Trus, khusus untuk varian abon ditambah dengan potongan daun bawang juga.

Coklatnya enak.

Kalau rasanya, hmmm, saya memulainya dengan varian rasa coklatnya dulu ya. Pada ujung-ujung bagian luarnya coklatnya berupa meses gitu. Namun, pada saat dipotong, coklatnya jadi mirip seperti isian coklat roti pada umumnya. Namun, rasa coklanya enak banget deh, lembut gitu. Coklatnya juga lumayan banyak. Cocok dengan roti gulungnya. Varian coklat ini merupakan favorit saya.

Taburan wijen menambah enak tekstur kulit rotinya.

Lalu, rasa selanjutnya adalah keju. BTW, varian keju yang merupakan favorit anak-anak saya, lho. FYI, sebelum dipotong, tampak di bagian ujung-ujung gulungan rotinya tuh ada taburan dari parutan keju. Begitu dipotong, tampak isiannya yang berupa campuran krim dengan keju. Rasanya merupakan perpaduan antara manis dengan asin.

Rasa abon sangat cocok untuk pengganti menu sarapan.

Terakhir adalah varian rasa abon. Buat penyuka makanan asin, saya merekomendasikan bluder dengan rasa abon ini. Suwiran abonnya tebal ditambah semacam krim/ saus mayonaise menambah nikmatnya bluder ini. Buat sarapan cepat cocok nih 😀 .

Nah, itulah teman-teman informasi dan review singkat mengenai roti bluder asal Bogor yakni Bluder Gulung Tallubi. Kira-kira dari gambaran yang sudah saya berikan mengenai bluder ini, teman-teman paling suka varian apa? 😀 

April Hamsa

46 Comments

  1. Sani 11 Januari, 2020
  2. Hanila PendarBintang 11 Januari, 2020
  3. Okti Li 11 Januari, 2020
    • April Hamsa 12 Januari, 2020
  4. Maria G Soemitro 11 Januari, 2020
  5. andyhardiyanti 11 Januari, 2020
  6. Fida 12 Januari, 2020
  7. Gina 12 Januari, 2020
    • Gina 12 Januari, 2020
  8. Anis Khoir 12 Januari, 2020
  9. Dian Restu Agustina 12 Januari, 2020
  10. Naqiyyah Syam 12 Januari, 2020
  11. Naqiyyah Syam 12 Januari, 2020
  12. Shyntako 12 Januari, 2020
  13. Riawani elyta 12 Januari, 2020
  14. Arief Rachman 12 Januari, 2020
  15. Sari 12 Januari, 2020
  16. Ida 13 Januari, 2020
  17. artha 13 Januari, 2020
  18. indah nuria 13 Januari, 2020
  19. Lasmicika 13 Januari, 2020
  20. Rosanna Simanjuntak 13 Januari, 2020
  21. Rosanna Simanjuntak 13 Januari, 2020
  22. Dyah ummu AuRa 16 Januari, 2020
  23. Vivi 16 Januari, 2020
  24. Reyne Raea 16 Januari, 2020
  25. Mugniar 16 Januari, 2020
  26. Rohyati Sofjan 17 Januari, 2020
  27. Mutia Ramadhani 17 Januari, 2020
  28. ajeng pujianti lestari 17 Januari, 2020
  29. Selvijua 18 Januari, 2020
  30. Nur Husna Annisa 18 Januari, 2020
  31. Siti 18 Januari, 2020
  32. Hidayati 18 Januari, 2020
  33. Susindra 18 Januari, 2020
  34. Nanie 18 Januari, 2020
  35. Ilham Sadli 20 Januari, 2020
  36. bunda sugi 20 Januari, 2020
  37. Uniek Kaswarganti 22 Januari, 2020
  38. Great Nesia 23 Januari, 2020
  39. Bambang Irwanto 24 Januari, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!