Blogger Reporter Events Hafiz Junior Kids Activity Kids Toys Parenting Religi Islam

Boneka Hafiz Junior, Mainan Edukatif yang Bantu Anak Hafal Al Quran

Siapa sih orang tua yang muslim/ muslimah yang enggak ingin anaknya mampu menghafal Al Quran? Menjadi Hafiz atau Hafizah gitu? Kalau saya ya amat kepengen anak-anak mampu menghafal ayat-ayat kitab suci. Kalau bisa hafal sampai 30 juz. Sayangnya, kapasitas saya masih pas-pas’an dalam ngajarin anak mengaji dan menghafal kitab suci. Namun, untungnya zaman sekarang ada mainan edukatif seperti boneka Hafiz Junior yang bisa membantu orangtua dalam mengajari anak mengaji dan menghafal Al Quran.

Boneka Hafiz dan Hafiz Junior di etalase toko buku Gramedia.

Hmmm, mainan edukatif boneka Hafiz Junior? Apakah sama dengan boneka Hafiz yang sudah beredar di pasaran sejak lama, yang biasanya suka dibikin arisan sama ibu-ibu itu?” Ada yang penasaran kayak gitu? Hehe, jawabannya iya, boneka Hafiz Junior itu masih saudaraan sama boneka Hafiz yang sudah terkenal sebelumnya itu. Lebih tepatnya, boneka Hafiz Junior merupakan versi terbaru dari boneka Hafiz.

Ngajarin ngaji kok pakai mainan boneka Hafiz Junior?

Lha, itu ngajarin anak mengaji dan menghafal Al Quran kok pakai mainan atau boneka? Mestinya, kalau ngaji ya ngaji aja. Buka kitabnya gitu. Supaya anak-anak konsentrasi ngapalinnya!” Ya, ya, ya. Idealnya sih begitu ya? Namun, coba saya nanya kepada bapak atau ibu yang punya anak-anak, utamanya yang masih usia belia sekitar 1-7 tahunan lha, kalau anak-anak seusia itu apa bisa kita ngajarinnya sambil duduk rapi depan meja?

Sesuai pengalaman saya sebagai ibuk-ibuk yang memiliki anak usia 5 tahun (Maxy) dan 3 tahun (Dema), tuh bocah-bocah enggak ada yang bisa tahan duduk lebih dari lima menit, fyuuuh. Jangankan untuk belajar mengaji, saat makan aja, tadinya dua anak itu keliatan anteng duduk. Eh, saat saya meleng dikit, udah pindah posisi aja. Makanannya ditinggal, mereka nyari mainan.

Ya, begitulah anak-anak. Dalam pikiran mereka tuh yang penting bermain dan bermain. Udah fitrahnya begitu, kalau kata para pakar parenting. Yup, aktivitas bermain memang enggak bisa dipisahkan dari anak-anak. Bukan hanya karena menimbulkan kesenangan biasa, tapi ternyata bermain juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Sebab, aktivitas bermainnya anak-anak sesungguhnya adalah cara mereka mempelajari sesuatu. Sehingga, kalau mau anak mudah memahami dan mempelajari sesuatu, sebaiknya ngajarin-nya yang fun. Caranya ya sambil bermain itu. Begitu pula dengan ngajarin ngaji dan menghafal Al Quran, sebaiknya pakai media dan cara yang disukai anak-anak.

Boneka Hafiz Junior cocok sebagai alat permainan anak?

Salah satu media atau mainan untuk mengajari anak mengaji dan menghafal Al Quran ya boneka seperti Hafiz Junior tadi. Namun, sebelum saya mengupas lebih jauh mengenai boneka Hafiz Junior, saya mau sharing mengenai apa itu bermain dan alat permainan/ mainan yang cocok buat anak-anak ya? Sharing saya ini sumbernya dari seorang psikolog anak yang saya jumpai saat acara launching dan unboxing boneka Hafiz Junior yang diselenggarakan oleh Al Qolam pada tanggal 18 Februari 2018 kemarin di Gramedia Harapan Baru Bekasi.

View acara launching dan unboxing boneka Hafiz Junior di Gramedia Harapan Indah Bekasi.

Saya dan Dema saat menghadiri launching dan unboxing boneka Hafiz Junior.

Psikolog anak tersebut namanya Belinda Agustya, M.Psi (Mbak Belinda). Mbak Belinda ini merupakan narasumber yang mengisi talkshow yang juga merupakan bagian dari acara launching dan unboxing boneka Hafiz Junior pada hari itu. Tema materi yang dibawakan oleh Mbak Belinda adalah “Bermain Cerdas dan Bahagia untuk Buah Hati”.

Mbak Belinda menjelaskan pentingnya aktivitas bermain bagi anak.

Saat memulai materinya, Mbak Belinda yang merupakan Co-Founder Klinik Psikologi Anak Rainbow Castle ini bertanya kepada hadirin yang mayoritas adalah ibu-ibu, “Mengapa anak bermain?” Ternyata, menurut Mbak Belinda, anak-anak bermain karena sifatnya sangat konkret (nyata) dan menyenangkan buat mereka.

Anak-anak usia dini/ belia memang memerlukan suatu pengalaman langsung dan nyata untuk memahami suatu informasi. Hal tersebut karena anak-anak belum siap mempelajari sesuatu yang sifatnya abstrak. Sehingga pada saat mereka bermain, mereka menggunakan seluruh indra dan anggota tubuhnya (bergerak). Bergerak, bereksplorasi, melihat-lihat hal baru adalah hal-hal yang sangat menyenangkan buat anak-anak.

Mbak Belinda kemudian menjelaskan bahwa yang namanya aktivitas bermain itu adalah kegiatan yang mencakup hal-hal berikut:

  • Anak-anak memiliki motivasi intrinsik sendiri untuk bermain, meski enggak ada dorongan dari luar.
  • Aktivitas/ kegiatan tersebut membuat anak-anak menjadi senang.
  • Anak bebas memilih mau melakukan apa saja.
  • Anak terlibat langsung di dalamnya.
  • Sifatnya non literal atau enggak sesuai realitas. Biasanya terkait dengan imajinasi anak.

Mbak Belinda juga menjelaskan pentingnya alat permainan/ mainan yang cocok buat anak-anak sesuai usianya. Berikut adalah tabel alat permainan yang serba “pas” untuk anak-anak berdasarkan usianya:

Tabel alat permainan yang sesuai untuk anak sesuai usia. Sumber: materi presentasi Mbak Belinda.

Sesuai tabel di atas, anak usia 13-24 bulan sudah benar-benar tahu bagaimana cara memainkan alat permainan. Mereka biasanya menyukai tombol-tombol yang bisa dipencet-pencet, suka mainan yang bisa didorong, ditarik, dan menyukai buku cerita anak (apalagi kalau yang membacakan adalah orangtuanya).

Usia 2-6 tahun tahun anak-anak sangat cocok bermain dengan alat permainan seperti boneka tangan, juga mendengarkan cerita. Sedangkan saat mereka lebih besar lagi (6-8 tahun) anak suka melakukan aktivitas dimana mereka menguasai suatu hal, misalnya alat permainan. Memainkan boneka Hafiz Junior, salah satunya.

Boneka Hafiz Junior bisa membantu anak menghafal Al Quran?

Itulah sebabnya, boneka Hafiz Junior cocok untuk anak berusia 1-7 tahun. Karena boneka Hafiz Junior adalah alat permainan yang mencakup beberapa syarat berikut:

  • Cocok sebagai “teman bermain” si kecil karena bisa bersuara.
  • Bisa dipelajari/ dieksplorasi oleh anak, seperti memencet-mencet tombolnya.
  • Bentuk, warna, dan karakter profesinya menarik minat anak untuk mencari tahu/ bertanya.

Sehingga, apabila anak-anak belajar dengan bantuan alat permainan boneka Hafiz Junior ini, maka insyaAllah akan lebih cepat memahami. Terutama saat anak belajar mengaji dan menghafal Al Quran.

Boneka Hafiz Junior ini memang sengaja diluncurkan oleh Al Qolam sebagai solusi bagi anak-anak muslim untuk mengaji dan menghafal Al Quran. Boneka Hafiz Junior diluncurkan dalam dua karakter yakni Hafiz dan Hafizah dan memiliki dua tema profesi, yakni dokter dan pilot. Keunikannya, saat kita nyalakan bonekanya, nanti boneka Hafiz Junior ini akan menceritakan tentang profesinya. Tujuannya supaya anak-anak mengenali profesi itu dan bisa membuat anak lebih mudah memproyeksikan kelak ingin menjadi apa.

Tim Leader Retail Al Qolam Bpk. Dony Iskandar mengatakan bahwa peluncuran boneka Hafiz Junior ini sebagai wujud konsistensi Al Qolam untuk membantu mewujudkan visinya dalam membangun generasi muslim yang berakhlak baik. For your informatin, Al Qolam selama ini memang dikenal sebagai produsen sekaligus distributor produk-produk mainan infovatif dan edukatif yang didukung dengan high technology, khususnya untuk anak-anak muslim.

Tentang boneka Hafiz Junior

Saat sesi unboxing boneka Hafiz Junior, perwakilan dari Al Qolam menjelaskan mengenai boneka Hafiz Junior. Boneka Hafiz Junior memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Murottal juz 30 yang berisi 37 surat pendek.
  • Murottal Surat Al Fatihah.
  • 6 lagu anak-anak Islami. asing-masing profesi
  • Bisa diulang persurat dan perayat. Pengulangan ayat bisa dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Kemudian bacaannya akan diteruskan ke satu ayat selanjutnya dan akan diulang kembali.

Perwakilan Al Qolam saat unboxing boneka Hafiz Junior.

Perbedaan boneka Hafiz Junior dengan boneka Hafiz versi sebelumnya adalah terletak pada ukurannya yang lebih kecil. Tinggi boneka Hafiz Junior ini hanya 13-14 cm dan dilengkapi dengan tali, sehingga lebih ringan dan memudahkan anak-anak mudah membawanya kemana-mana. Anak-anak jadi lebih bisa mendengarkan Al Quran dan menghafalnya saat tengah bermain dan jalan-jalan sekalipun.

Boneka Hafiz Junior sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Untuk pengisian sumber daya boneka, kita tinggal mencharge baterainya. Lama pengechargean sekitar 2-3 jam. Untuk proses charge ada indikator lampu, dimana kalau sedang dicharge maka lampunya akan berwarna merah dan akan mati jika baterai sudah full. Dalam kondisi baterei full, boneka Hafiz Junior bisa menyala (stand by) selama sekitar 3 jam.

Al Qolam juga bekerjasama dengan Gramedia dalam penjualan boneka Hafiz Junior yang dibandrol dengan harga Rp. 600.000,-. Apabila kita membeli boneka Hafiz Junior di Gramedia maka kita juga akan mendapat bonus berupa Mushaf Tahfiz dari Al Qolam senilai Rp. 250.000,-.

Dua pasang karakter boneka Hafiz Junior.

Tombol-tombol terletak di bagian belakang boneka Hafiz Junior.

Perwakilan Gramedia Harapan Indah Bapak Pridadi mengatakan bahwa pengunjung toko bukunya sangat antusias dengan kehadiran boneka Hafiz Junior ini. Bapak Pridadi juga mengatakan bahwa Gramedia senang bisa bekerjasama dengan Al Qolam dalam memasarkan mainan edukatif seperti boneka Hafiz Junior ini.

Bapak Pridadi dari Gramedia menceritakan antusiasme pengunjung terhadap boneka Hafiz Junior.

Apabila teman-teman ingin mengetahui lebih banyak atau mungkin tertarik ingin membeli boneka Hafiz Junior, teman-teman bisa mendapatkan informasinya di:

  • Website: www.alqolam.com
  • Instagram: @alqolam_official
  • Twitter: @AlqolamID

Semoga informasi tentang boneka Hafiz Junior ini bermanfaat ya buat teman-teman yang ingin anak-anaknya bisa menghafal Al Quran. Oh ya, selain untuk anak-anak, boneka Hafiz Junior ini sebenarnya juga cocok lho buat kita, para orang tua. KIta juga bisa belajar menghafal Al Quran pakai boneka Hafiz Junior ini. Emang bener  sih ya kalimat bijak yang mengatakan bahwa teaching ourkids berarti kita juga teaching ourselves. Malu sama anak kalau enggak pandai mengaji. Minimal, nanti kalau sudah punya boneka Hafiz Junior, kita jadi lebih fasih lha ya melantukan semua surat dalam juz 30? 🙂

April Hamsa

30 Comments

  1. Risalah Husna 25 Februari, 2018
  2. NgeFood 26 Februari, 2018
  3. meutia rahmah 26 Februari, 2018
  4. sinta 26 Februari, 2018
  5. Anjar Sundari 26 Februari, 2018
  6. Ratusya 26 Februari, 2018
  7. Titis Ayuningsih 26 Februari, 2018
  8. Bule 26 Februari, 2018
  9. Nchie Hanie 26 Februari, 2018
  10. Beautyasti1 26 Februari, 2018
  11. Nyi Penengah Dewanti 26 Februari, 2018
  12. Anggraeni Septi 26 Februari, 2018
  13. Tati Suherman 26 Februari, 2018
  14. Zeilla Mutia Devi 26 Februari, 2018
  15. Naqiyyah Syam 26 Februari, 2018
  16. Jalan2Aisyah 26 Februari, 2018
  17. Ira duniabiza 27 Februari, 2018
  18. Valka 27 Februari, 2018
  19. Noe 27 Februari, 2018
  20. Irni Irmayani 27 Februari, 2018
  21. rizka edmanda 27 Februari, 2018
  22. Okti Li 27 Februari, 2018
  23. Wian 27 Februari, 2018
  24. Leyla 27 Februari, 2018
  25. Nurul dwi larasati 27 Februari, 2018
  26. Kaylee Grace 28 Februari, 2018
  27. Liswanti 28 Februari, 2018
  28. lendyagasshi 28 Februari, 2018
  29. Agus Supriyono 1 Maret, 2018
  30. Helena 5 Maret, 2018

Tinggalkan Balasan ke Ira duniabiza Batalkan balasan

Instagram

error: Content is protected !!