Baby Powder Beauty and Make Up Bedak Bayi Book Buku Kulit Sehat Anak Terawat Buku Solusi Sehat dan Cantik Health Kesehatan Kulit Anak Kids Health Kulit Terawat Anak Sehat Parenting

Review Buku Kulit Terawat Anak Sehat

Mau melahirkan bayi, khususnya anak pertama atau saudara/ temannya bentar lagi lahiran? Nah, dalam rangka menyambut kelahiran bayi-bayi lucu, saya mau merekomendasikan buku pegangan yang menurut saya wajib dimiliki oleh para ibu. Judul bukunya adalah Kulit Terawat Anak Sehat yang ditulis oleh dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV. Buku Kulit Terawat Anak Sehat ini merupakan salah satu dari serial  buku Solusi Sehat dan Cantik yang pernah saya ceritain sebelumnya. Kebetulan, saya datang juga ke acara launching buku ini.

Namun, bukan berarti karena saya hadir di launching-nya trus saya ngecap soal buku ini yaaa. Enggak gitu juga, rek. buku Kulit Terawat Anak Sehat ini emang sebagus itu, makanya saya rekomendasikan untuk dimiliki oleh para ibu (baru).

Sebelumnya, saya udah bikin mini review buku Kulit Terawat Anak Sehat ini di postingan yang bahas launching bukunya itu. Kali ini, saya mau bikin review-nya yang agak panjangan, sebagai pertimbangan teman-teman yang mau membeli/ membacanya.

Okey, pertama, saya ulang mengenai informasi bukunya dulu ya.

Informasi buku Kulit Terawat Anak Sehat

  • Judul: Kulit Terawat Anak Sehat
  • Penulis: dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV
  • Penulis Pendamping: Lies Setyarini
  • Desain Sampul dan Tata Letak: Amalia Paramita
  • Pengulas Desain: Femmy Carolina
  • Foto: Livia F. Gianni, Givanni S.N, Elvira M.S, Dhani Yudhiantoro, Shutterstock, iStock, dokumentasi pribadi
  • Ilustrasi: Deliana Yap, Freepik
  • Penerbit: PT Kompas Media Nusantara
  • Tebal: 170 halaman ++
  • Terbit Tahun: 2023.

Buku Kulit Terawat Anak Sehat.

Harga buku Kulit Terawat Anak Sehat ini adalah Rp. 159.000,-00. Buku ini bisa teman-teman dapatkan secara offline maupun online di toko-toko buku, khususnya jaringan Kompas Gramedia.

Isi buku Kulit Terawat Anak Sehat

Untuk isi bukunya, buku ini tuh terdiri dari lima bab besar, yakni:

  • Berkenalan dengan Kulit Si Kecil
  • Bayi Baru Lahir
  • Gangguan Kulit Si Kecil
  • Perawatan Kulit Bayi
  • Perawatan Kulit Anak
  • Kulit Sehat Anak Cerdas.

Iyes, jadi, pertama kali membuka buku, kita tuh langsung diajak kenalan dengan kulit bayi. Penulis menekankan betul-betul bahwa yang namanya kulit bayi sangat berbeda dengan kulit orang dewasa. Kalau udah jelas berbeda, maka produk skincare orang dewasa sudah pasti enggak boleh dipakai oleh anak kecil, apalagi bayi.

Bab pertama langsung diajak bekenalan dengan kulit bayi.

Soalnya kulit bayi tuh masih sangat sensitif. Mengapa demikian? Nah, di buku Kulit Terawat Anak Sehat ini, teman-teman akan mendapatkan jawabannya. Yang pasti nanti di bab pertama ini, dijelaskan tentang lapisan kulit, faktor-faktor yang memengaruhi kulit, dll.

Pada bab ini disinggung sedikit juga tentang kemungkinan gangguan kulit pada bayi/ anak. Jadi, di awal ortu yang membaca buku ini dipersiapkan agar enggak kaget kalau bayinya mengalami keanehan di kulit. Mungkin biar enggak panik duluan, kali, ya.

Lalu, pada bab kedua, pembaca akan diajak berkenalan dengan bayi yang baru lahir. Pada bab ini terdapat penjelasan penampilan bayi baru lahir, mulai bentuk kepala, warna kulit, kemungkinan ada jerawat, dll.

Bab kedua ini juga menekankan pesan berikut:

20% bayi baru lahir mengalami gangguan jerawat di wajahnya.”

Lanjut bab ketiga. Bab inilah yang menurut saya paling dicari oleh pembaca buku ini, karena membahas mengenai gangguan kulit pada bayi/ anak.

Gambar dan tabel yang memperkaya isi buku.

Selain list penyakit kulit pada bayi, tentu saja bab ini menyuguhkan penyebab ilmiahnya apa, cara mengatasinya gimana, mitos dan fakta kesehatan kulit anak, cara penanganan kalau ada gangguan kulit, serta petunjuk kapan harus membawa si kecil ke dokter.

Bab keempat membahas mengenai cara merawat kulit bayi. Enggak hanya membahas soal memandikan bayi, bab empat ini juga mengajari cara merawat tali pusat, membersihkan rongga mulut bayi, membersihkan genital bayi, hingga membahas penggunaan kosmetik/ skincare juga perawatan spa untuk bayi.

Bab terakhir dalam buku ini.

Bab kelima mirip dengan bab keempat, hanya saja kali ini yang dibahas adalah kulit anak yang agak gedean dikit. Nah, karena si kecil bukan bayi lagi tetapi juga belum dewasa seperti ortunya, tentu produk perawatan kulit yang dipakainya berbeda juga, donk. Seperti apa aja? Nanti bisa dibaca di bab kelima buku Kulit Terawat Anak Sehat ini ya.

Bab terakhir membahas hubungan antara kulit sehat dengan tumbuh kembang anak yang bagus dan kecerdasan anak.

Emang, ada hubungannya? Yaaa, jelas donk. Bayangin aja kalau anak kita kulitnya enggak sehat, misal gatal-gatal mulu, membuat tidurnya enggak nyenyak. Pasti ngaruh sekali ke kesehatan fisiknya kan? Kalau fisiknya enggak sehat tentu saja mempengaruhi kecerdasan si anak juga. Lebih jelasnya baca langsung buku Kulit Terawat Anak Sehat ini ya.

Ulasan buku Kulit Terawat Anak Sehat

Pertama, jelas yang menarik perhatian saya adalah cover buku serta kertas yang dipakai mencetak buku Kulit Terawat Anak Sehat ini. Kertasnya tuh bagus banget, yang kertas tebel seperti kertas kalender meja itu, lho. Apa deh ya namanya? Hehe.

Lalu, covernya tuh simple, “cuma gambar bayi dan anak” dalam frame kotak-kotak digabung dengan warna-warni cantik. Cukup menarik hati siapapun yang pertama kali melihat buku ini di rak toko buku, deh, khususnya para ortu ya. Oh ya, covernya tuh full color yaaa.

Setiap bab dipisahkan dengan halaman berwarna.

Eh, tak berhenti di cover, lembaran bagian isi buku Kulit Terawat Anak Sehat ini juga full color. Semua foto, infografis, dan tabel digambarkan dengan jelas dengan warna yang menarik mata tentu aja. Meski begitu, tulisannya tetep masih didominasi dengan warna hitam, kok. Yang pasti font-nya nyaman untuk mata.

Setiap bab dalam buku ini dipisahkan dengan penanda tipis di pinggiran buku, yang warna-warni, yang bisa keliatan kalau bukunya kita miringkan. Eh, tetapi kalau enggak mau repot-repot pakai aja pembatas buku, sih, karena kalau membeli buku ini juga mendapatkan pembatas buku yang cakep juga 😀 .

Yang saya sukai dari buku ini adalah buku ini begitu runut memberikan informasi, terlihat dari bab per bab, yang dengan pelan-pelan memulai dari perkenalan hingga ke informasi yang detail tentang kulit bayi/ anak. Keliatan banget penulis engak pelit berbagi informasi mengenai kesehatan kulit.

Bahasanya juga sangat mudah dipahami oleh awam yang enggak mengerti tentang istilah medis sama sekali. Apalagi ditambah gambar, tabel, infografis, dll, bikin cepet ngerti, deh #imho ya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Bacaan untuk Ibu

Terus terang, saya nyari kurangnya kok hampir enggak ada, haha. Beneran enggak ngecap ya, soalnya dengan berbekal satu buku ini aja, ibu-ibu yang baru melahirkan dijamin enggak akan pusing kalau melihat “keanehan” di kulit bayinya. Semua lengkap dijelaskan di sini.

Dapat tanda tangan dari penulis bukunya.

InsyaAllah dengan baca buku ini enggak akan ada drama menghentikan pemberian Air Susu Ibu (ASI) ke anak. Enggak semua penyebab pipi bayi ruam itu ASI ya buk-ibuk. Baca sendiri aja deh, buku Kulit Terawat Anak Sehat ini.

Itulah sebabnya saya berani merekomendasikan buku ini untuk dibaca ibu hamil/ menyusui atau sebagai kado saudara/ teman yang baru melahirkan. Semoga informasi dan ulasan buku Kulit Terawat Anak Sehat yang ditulis dr. Tina, SpKK ini bermanfaat ya 🙂 .

April Hamsa

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!