C-Ready Learning Health Health Tips Pregnancy Pregnancy Tips Tips & Opinion Tips Ibu Hamil Website

Hilangkan Cemas saat Hadapi Persalinan Caesar dengan Menggali Informasi di C-Ready Learning by Nutriclub

Hampir semua calon ibu sepertinya merasakan cemas jelang kelahiran bayinya.Terlebih lagi, jika sudah diputuskan bahwa metode persalinannya adalah dengan cara caesar. Soalnya, proses melahirkan dengan caesar, setahu saya butuh perhatian ekstra. Khususnya pada bagian perawatan setelah bersalin.

Melahirkan dengan metode caesar, secara teori memang memiliki beberapa risiko,seperti: tejadi infeksi di bekas luka sayatan, terjadi pendarahan berat, pengaruhnya terhadap daya tahan tubuh anak, dll. Itulah sebabnya, banyak ibu yang mengalami kekhawatiran sebelum menghadapi persalinan caesar.

Proses kelahiran dengan metode caesar.

Saya pribadi, walaupun belum pernah melahirkan dengan metode caesar, sebenarnya pernah juga mengalami kecemasan itu. Ceritanya, dahulu ketika hamil anak pertama, kebetulan kehamilan saya bermasalah. Kata dokter kandungan, janin saya berhenti tumbuh di dalam rahim. Tidak bisa membesar lagi sesuai usia kandungan. Penyebabnya karena saya mengalami anemia dan hipoalbimuminemia.

Banyak ibu hamil cemas jelang operasi caesar.

Dokter kandungan yang cemas dengan kondisi anak saya, meminta kami mempertimbangkan untuk mempercepat kelahiran dengan cara operasi caesar. Namun,qodarullah,setelah menyetujui segala prosesnya, waktu itu bayi saya lahir spontan.

Meski demikian, bagaimana gugupnya saya jelang operasi masih terbayang hingga sekarang. Jadi, saya bisa memahami perasaan ibu-ibu yang sebentar lagi akan menghadapi persalinan caesar.

Bagaimana menghadapi cemas sebelum melahirkan caesar?

Izinkan saya sharingya, berdasarkan pengalaman saya jelang melahirkan kala itu,berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk menghilangkan cemas sebelum operasi caesar:

  • Berdoa

Yes, wajib hukumnya mempercayakan nasib kita kepada Tuhan. Berdoa akan menenangkan hati bahwa Tuhan akan memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses persalinan nanti.

BTW, khusus buat teman-teman yang muslim, FYI, ada satu doa yang saya rapalkan berhari-hari sebelum saya “dioperasi” kala itu, yakni Doa Nabi Yunus ketika Berada dalam Perut Ikan.

Doanya sebagai berikut: “Laa ilaahaillaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadzdzaalimiin.” Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Ya Allah),Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim.”

Satu lagi, kalau masih ada orang tua, khususnya ibu, mintalah ibu mendoakan keselamatan kita. Sesungguhnya, doa ibu itu lebih mustajab.

Semoga membuat tenang ya 🙂 .

  • Menyenangkan diri sendiri

Sebelum hari H, saya menjauhi hal-hal yang bisa membuat saya bete. Bila perlu jangan buka media sosial yang mungkin isinya banyak postingan-postingan yang bikin galau. Saya menyibukkan diri dengan membaca novel, menonton film, jalan-jalan ke taman bersama suami, makan makanan yang enak-enak, dll.

Jangan ragu meminta dukungan dari keluarga dan sahabat sebelum hari H operasi.
  • Meminta dukungan dari suami dan keluarga

Banyakin ngobrol sama suami tentang si kecil yang sebentar lagi lahir ke dunia. Minta pula dukungan ke keluarga besar, andai mereka tinggal tak jauh dari kita.

  • Berbicara dengan mereka yang berpengalaman melahirkan secara caesar

Apabila ada saudara atau kenalan yang sebelumnya pernah melakukan persalinan secara caesar, kita bisa banyak bertanya dan berdiskusi dengan mereka. Kalau tidak ada, kita bisa mengikuti forum-forum yang banyak berdiskusi seputar kehamilan dan kelahiran. Kita bisa bertukar cerita dengan ibu-ibu yang sedang bersiap melahirkan secara caesar juga.

  • Mencari tahu tentang kelahiran caesar dari ahlinya

Namun, meski mengikuti banyak forum seperti itu, sebaiknya tetap gali informasi tentang caesar dari ahlinya ya, seperti bertanya ke dokter kandungan atau bidan kita. Alternatif lain adalah mencari tahu mengenai kelahiran caesar di platform terpercaya yang memang menyediakan segala informasi tentang metode persalinan caesar.

Salah satu platform yang memberikan informasi tentang persalinan caesar dan benar-benar dikelola oleh ahlinya adalah C-Ready Learning by Nutriclub.

Tentang C-Ready Learning by Nutriclub

FYI, C-Ready Learning ini merupakan halaman edukasi dari Nutriclub yang berisi informasi terkait persalinan caesar. Untuk mengakses C-Ready Learning, teman-teman bisa langsung mengakses laman https://www.nutriclub.co.id/siap-lewati-caesar/c-ready-learning ini (klik aja). Jangan lupa daftar/ registrasi dulu supaya bisa login dan mengakses informasinya secara lengkap.

Laman C-Ready Learning dari Nutriclub.

Di website tersebut nanti teman-teman akan menemukan informasi seputar caesar dalam bentuk kelas virtual. Oh iya, tak hanya informasi persiapan sebelum lahiran caesar aja lho yang ada di laman ini. Melainkan juga informasi sesudah melahirkan caesar, sehingga teman-teman yang bersiap melahirkan akan merasa seperti didampingi ahlinya terus, gitu.

Terkait dampak caesar terhadap anak juga dijelaskan lho dari expert bahwa ternyata metode kelahiran caesar dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh si kecil karena tidak terpapar bakteri baik pada jalur lahir ibu. Namun, hal tersebut dapat dioptimalkan dengan pemberian ASI yang mengandung Sinbiotik yang dapat mengembalikan kolonisasi bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Jadi kita gak perlu khawatir lagi ya asalkan kita bisa mencari informasi & solusi yang kredibel.

Platform C-Ready Learning by Nutriclub ini juga memiliki beberapa keunggulan, yakni:

  • On Demand Learning Page

Di C-Ready Learning, teman-teman dapat belajar langsung dari ahlinya sesuai kebutuhan. Untuk persiapan kelahiran, teman-teman bisa berinteraksi di kelas virtual bersama praktisi pengajar yoga untuk ibu hamil. Jangan salah, walau sudah “divonis” akan melahirkan secara caesar, bukan berarti senam atau yoga itu enggak penting, lho.

Bahkan, melahirkan caesar pun bisa dilakukan secara gentle birth. Dengan belajar yoga jelang kelahiran caesar, nanti teman-teman dapat terus menjaga mindset positif bahwa operasi caesar akan berjalan baik, teman-teman akan lekas pulih, teman-teman tetap bisa menyusui bayi dengan baik, dll.

Ibu yang mempersiapkan kelahiran caesar juga disarankan melakukan senam hamil.

Lalu, kalau ingin tahu proses kelahiran caesar nanti dan bagaimana perawatan lukanya, teman-teman dapat mencari informasinya dengan dokter ahli kandungan, bidan, bahkan doula. Kalau khawatir tentang tumbuh kembang si kecil setelah dilahirkan nanti, teman-teman juga dapat berinteraksi dengan dokter spesialis anak.

Begitu pula kalau teman-teman ingin tahu bagaimana cara menyusui anak setelah operasi, teman-teman bisa berinteraksi dengan ahli laktasi di C-Ready Learning by Nutriclub ini. Masih banyak lagi praktisi kesehatan yang akan membantu masalah kesehatan teman-teman di laman ini.

  • Complete and Practical Topics

Konten tentang caesar di C-Ready Learning by Nutriclub dijamin lengkap dan terpercaya karena dibuat oleh ahlinya. C-Ready Learning by Nutriclub ini juga memberikan edukasi yang tidak hanya sesuai teori, namun benar-benar dapat teman-teman terapkan sebelum dan setelah operasi caesar nanti. Teman-teman dapat mengakses informasi secara lengkap dan praktikal di laman ini, sehingga dapat membantu teman-teman lebih siap lagi menjadi seorang ibu.

Konten di C-Ready Learning dibuat oleh ahlinya. 
  • Convenient

Cukup akses C-Ready Learning by Nutriclub melalui gadget teman-teman dengan langkah mudah, maka teman-teman akan mendapatkan informasi tentang caesar yang dibutuhkan.Teman-teman bisa mengakses laman C-Ready Learning di mana pun dan kapan pun.

Coba deh intip-intip C-Ready Learning by Nutrcilub ini sekarang juga, banyak ilmu tentang proses kelahiran caesar yang akan teman-teman dapat dari sana.

Yuk, hilangkan hal-hal negatif dan perasaan khawatir berlebihan saat menghadapi persalinan caesar. InsyaAllah kalau teman-teman sudah siap secara fisik maupun mental, serta sudah banyak mencari bekal melahirkan via C-Ready Learning by Nutriclub ini, segalanya akan baik-baik saja 🙂 .

Semoga informasi mengenai bagaimana cara mempersiapkan persalinan dengan metode caesar dan informasi mengenai C-Ready Learning by Nutriclub ini bermanfaat ya agar #SiapBeriDukunganEkstra.

April Hamsa

62 Comments

  1. indah nuria 8 April, 2021
    • indah nuria 11 April, 2021
      • Nurul Rahma 17 April, 2021
  2. Dian Restu Agustina 8 April, 2021
  3. Farida Pane 9 April, 2021
  4. Tanti Amelia 9 April, 2021
  5. Bibi Titi Teliti 9 April, 2021
  6. Siti Nurjanah 9 April, 2021
  7. apura 10 April, 2021
    • Rani R Tyas 15 April, 2021
  8. Dedew 10 April, 2021
  9. Susi Susilawati 10 April, 2021
  10. nurulrahma 10 April, 2021
  11. Dian 10 April, 2021
  12. Rani R Tyas 10 April, 2021
  13. Elly Nurul 10 April, 2021
  14. Helena 10 April, 2021
  15. Tetty Hermawati 11 April, 2021
  16. Rina Susanti 11 April, 2021
  17. iidYanie 11 April, 2021
  18. Arinta Adiningtyas 11 April, 2021
  19. YSalma 11 April, 2021
  20. Niken Nawang Sari 11 April, 2021
  21. Ida Tahmidah 12 April, 2021
  22. Lidya 12 April, 2021
  23. Lendyagasshi 12 April, 2021
    • lendyagasshi 14 April, 2021
  24. Uniek Kaswarganti 12 April, 2021
  25. Diyanika 12 April, 2021
  26. Dessy Achieriny 12 April, 2021
  27. Mporatne 13 April, 2021
  28. winda - dajourneys.com 13 April, 2021
  29. Rach Alida 13 April, 2021
  30. Keke Naima 13 April, 2021
  31. Elly Nurul 13 April, 2021
  32. Reyne Raea / Rey 13 April, 2021
  33. Bibi Titi Teliti 13 April, 2021
  34. Desri Desri 13 April, 2021
  35. Kiky 14 April, 2021
  36. Kurnia amelia 14 April, 2021
  37. Kurnia amelia 14 April, 2021
  38. Heni Puspita 14 April, 2021
  39. Jeanette Agatha 14 April, 2021
  40. Grandys 15 April, 2021
  41. Adriana Dian 15 April, 2021
  42. herva yulyanti 15 April, 2021
  43. Sulung Siti Hanum 15 April, 2021
  44. andiyani achmad 15 April, 2021
  45. Nurul Sufitri 15 April, 2021
  46. Ucig 15 April, 2021
  47. Inna Riana 15 April, 2021
  48. nchie hanie 15 April, 2021
    • Keke Naima 16 April, 2021
  49. lianny 15 April, 2021
  50. Alfa Kurnia 16 April, 2021
  51. Lisdha 16 April, 2021
  52. Dian Restu Agustina 16 April, 2021
  53. Mia Yunita 17 April, 2021
  54. Eri Udiyawati 17 April, 2021
  55. Farida Pane 17 April, 2021
  56. nyi Penengah Dewanti 17 April, 2021

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!