Business Company Financial Financial Tips Sun Life Tips & Opinion

Cara Merencanakan Keuangan ala Keluarga Surya

Keluarga Surya. Apanya Keluarga Hamsa? Tetangganya? Saudaranya? Hahaha, bukaaaan. Keluarga Surya itu judul web series bergenre komedi yang dibuat oleh Sun Life Financial Indonesia (Sun Life). For your information, Sun Life merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi.

Dalam web series Keluarga Surya, keluarga yang terdiri dari Ayah Surya, Ibu Cahaya, Anak Fajar, dan Anak Cahaya itu digambarkan sebagai keluarga muda bahagia yang mengikuti trend zaman now. Mengapa Sun Life membuat web series Sitkom Keluarga Surya? Sebab, Sun Life ingin mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga muda dan modern, seperti Keluarga Surya, supaya lebih memahami literasi keuangan. Harapannya, web series Keluarga Surya ini bisa menjadi role model para keluarga muda dalam merencanakan keuangan keluarganya.

Pentingnya perencanaan keuangan bagi keluarga muda

Mengapa Sun Life menyasar keluarga muda seperti Keluarga Surya? Sebab, berdasarkan data yang ada (Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan), ternyata keluarga muda di Indonesia lebih suka menabung untuk jangka pendek. Biasanya keluarga muda menabung dalam bentuk tabungan sebagai simpanan di bank. Sebagian lagi, menabung dengan tujuan leisure, seperti menabung untuk dipakai berwisata atau makan-makan bersama keluarga. Sedangkan, keluarga muda yang menabung untuk jangka panjang dan investasi, jumlahnya masih sangat sedikit.

Yuk, keluarga muda, kita rencanakan keuangan keluarga, sekarang juga!

Masih banyak keluarga muda yang menganggap enteng masalah keuangan. Kebanyakan, para keluarga muda itu berpikir, “Ah, itu entar-entar aja mikirnya. Sekarang nikmati saja yang ada!” Padahal, merencanakan keuangan untuk jangka panjang itu juga penting. Sebab, dengan merencanakan keuangan untuk jangka panjang, keluarga muda bisa memperoleh berbagai manfaat berikut:

  • Membantu mewujudkan tujuan keuangan

Pertama, kita harus menetapkan tujuan keuangan kita apa? Misalnya, tujuan kita seperti: ingin menyekolahkan anak-anak hingga perguruan tinggi, ingin punya beberapa properti seperti rumah atau tanah untuk usaha rumah kontrakan,ingin bebas finansial saat pensiun nanti sehingga enggak merepotkan anak-anak di masa mendatang, dan tujuan-tujuan keuangan lainnya.

Keluarga Hamsa juga  ingin mewujudkan tujuan keuangan. Aamiin.

Apabila sudah menetapkan tujuan keuangan, maka berusahalah melakukan perencanaan keuangan. Beri target, sekian waktu untuk mencapainya. Maka perencanaan keuangan yang kita lakukan mulai sekarang akan membantu mewujudkan tujuan keuangan kita.

  • Menyelamatkan dari krisis keuangan (memproteksi kita)

Manusia berencana, namun Tuhan yang berkehendak. Kita enggak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Apabila tiba-tiba terjadi krisis keuangan dalam keluarga kita, misalkan pencari nafkah di-PHK, usaha bangkrut, dll (semoga enggak kejadian yaaa…), maka pada saat itu terjadi kita sudah siap. Berkat perencanaan keuangan, kita jadi punya dana darurat atau cadangan untuk tetap survive.

  • Membuat distribusi keuangan ke depannya jadi lebih mudah

Distribusi keuangan, misalnya warisan, pemberian/ hibah, wakaf. Baik yang diberikan kepada keluarga kita sendiri, maupun kepada orang lain. Apabila kita sudah merencanakan keuangan dengan baik, maka di masa mendatang tidak akan ada keributan karena rebut harta warisan, dll.

Bagaimana cara mengelola keuangan ala Keluarga Surya?

Balik lagi ke web series yang diproduksi oleh Sun Life, Keluarga Surya. Ada beberapa hal mengenai pengetahuan tentang keuangan yang bisa kita pelajari dari sitkom tersebut, yakni antara lain:

  • Suami istri duduk bersama membicarakan perencanaan keuangan

Perencanan keuangan harus dilakukan bersama antara suami istri. Contoh seperti dalam video, Ayah Surya dan Ibu Cahaya duduk bersama membicarakan kondisi dan rencana keuangan keluarga.

  • Suami istri bersama-sama saling membantu mengatur keuangan

Berdasarkan video Keluarga Surya, kita akan mengetahui bahwa meskipun Ayah Surya adalah pencari nafkah utama, namun Ibu Cahaya tidak berpangku tangan. Ibu Cahaya membantu suaminya, mencari pemasukan tambahan dengan cara ngeblog atau berjualan online.

Peran istri bukan hanya sebagai pendukung suami dalam perencanaan keuangan, namun juga aktif membantu.

Masing-masing bekerja keras, saling bahu-membahu sebagai team work, untuk mewujudkan tujuan dari perencanaan keuangan keluarga mereka. Jadi, tidak terjadi kondisi dimana istri hanya menggantungkan aja dari pendapatan suami. Begitu pula sebaliknya. Ya, emang kalau dalam sisi agama maupun sosial, perempuan tidak wajib mencari nafkah, sih. Meski demikian, enggak ada salahnya bukan kalau perempuan berusaha mendapatkan tambahan penghasilan? Tentu saja, tanpa mengesampingkan kodrat sebagai seorang istri dan ibu.

  • Melibatkan anak-anak dalam perencanaan keuangan

Dalam video Keluarga Surya, Ayah Surya dan Ibu Cahaya juga melibatkan anak-anak mereka dalam perencanaan keuangan. Ya, meskipun anak-anak mereka masih kecil, namun justru sejak kecil itu dibiasakan untuk paham bahwa uang itu berharga.

Anak-anak juga perlu diajari literasi keuangan sejak dini.

Jangan salah ya, anak-anak justru sebaiknya diajari tentang literasi keuangan sejak dini, lho. Harapannya, anak-anak akan lebih menghargai nilai uang. Anak-anak juga jadi tahu bahwa uang terlalu berharga hanya untuk dibelikan barang-barang yang kurang bermanfaat. InsyaAllah, manfaatnya akan terasa sampai mereka dewasa, kelak.

  • Memiliki asuransi untuk proteksi keluarga di masa mendatang

Video Keluarga Surya juga menyinggung pentingnya asuransi jiwa sebagai proteksi untuk keluarga di masa mendatang. Hal ini sesuai dengan manfaat perencanaan keuangan yang saya singgung sebelumnya, yakni menyelamatkan diri/ keluarga kita dari krisis. Ya, salah satunya dengan memiliki asuransi jiwa ini.

Asuransi jiwa syariah Sun Life dan wakaf cara baru

Ngobrolin soal asuransi jiwa, salah satu produk asuransi yang cocok untuk keluarga muda dan modern, khususnya yang muslim, adalah asuransi jiwa syariah Sun Life. Berikut adalah beberapa kebaikan asuransi jiwa syariah Sun Life:

  • Dikelola secara syariah dan profesional. Sehingga menguntungkan, menentramkan, sekaligus membawa keberkahan.
  • Memiliki perlindungan dari penyakit kronis dan asuransi jiwa.
  • Terdapat polis wakaf.

Khusus mengenai polis wakaf, bisa dikatakan bahwa asuransi jiwa syariah Sun Life ini merupakan investasi untuk dunia, maupun akhirat. Jadi, di dunia ini kita dan keluarga bisa terproteksi dari manfaat asuransi, sedangkan di akhirat kelak, insyaAllah kita memiliki “tabungan” berupa amal yang tak putus-putus karena polis wakaf ini.

Episode 02 Keluarga Surya yang membahas tentang Wakaf Cara Baru.

By the way, teman-teman semua sudah paham bukan wakaf itu apa? Apa sih perbedaan antara wakaf dengan sedekah atau infak? Kalau belum paham, saya jelaskan sedikit ya, moga-moga bisa dipahami dengan baik. Perbedaan antara sedekah, infak, dan wakaf adalah:

  • Sedekah: Segala kebaikan yang kita berikan kepada orang lain, enggak harus berupa harta benda. Contoh sedekah misalnya tersenyum ke orang lain, membantu kakek-kakek menyeberang jalan, menyingkirkan batu atau ranting di jalan raya, dll.
  • Infak: Sedekah dalam bentuk harta benda kita. Misalnya memasukkan uang ke kotak amal masjid, memberikan uang kepada pengemis di jalan, dll.
  • Wakaf: Sedekah dalam bentuk aset. Bisa berupa uang (tabungan/ investasi), tanah, rumah, dan aset-aset kita yang lain.

Nah, kalau sedekah dan infak, saya yakin deh teman-teman udah sering banget melakukannya. Sedangkan wakaf bagaimana? Nah, sebagian di antara kita, selama ini suka ragu berwakaf, soalnya merasa enggak punya aset buat diwakafkan. Alasannya:

Rumah cuma satu, masa diwakafkan? Nanti, tinggal dimana?”

Enggak punya aset lain, tanah cuma secuil, buat tabungan sekolah anak. Kalau diwakafkan, ntar anakku enggak bisa sekolah, donk…”

Ternyata pemahaman berwakaf seperti itu keliru. Tanda hukum wakaf emang belum dipahami dengan baik dan benar oleh sebagian besar masyarakat. Termasuk saya, sih 😛 . Kirain, yang namanya wakaf itu ya wakaf tanah, wakaf bangunan, dll. Ternyata, berwakaf pun bisa melalui manfaat dari produk asuransi jiwa.

Sitkom Keluarga Surya episode kedua yang menyinggung polis wakaf pada produk asuransi.

Sebenarnya bagaimana sih hukumnya berwakaf melalui asuransi?” Mau tahu? Jawabannya: Dewan Syariah Nasional Mejelis Ulama Indonesia (DSN MUI) mengatakan bahwa mewakafkan manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah (seperti Sun Life) hukumnya boleh, tapi ada syaratnya. Syaratnya yaitu harus berdasarkan Fatwa DSN MUI Nomor 106 Tahun 2016 tentang Wakah Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa gugling sendiri yak 😀 .

Asuransi jiwa syariah Sun Life memberikan kemudahan dalam menyalurkan dana wakaf dengan menggandeng lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di BWI. Lembaga-lembaga inilah yang akan mengelola aset wakaf kita, supaya aset tersebut dikelola secara baik dan produktif. Aset wakaf kita akan disalurkan untuk kemaslahatan umum seperti pengentasan kemiskinan, operasional masjid, pebangunan infrastruktur publik, bantuan sosial, dll. InsyaAllah, semua itu akan jadi amal baik kita kelak di akhirat.

Bagaimana teman-teman, apakah tertarik untuk merencanakan keuangan keluarga, seperti yang dilakukan oleh Keluarga Surya? Kalau bisa sih, mulai sekarang juga ya? Jangan ditunda-tunda. Ini sekaligus note to my self sih…

Jangan lupa pula untuk memilih produk asuransi jiwa yang sekaligus bisa memberi polis wakaf seperti asuransi jiwa syariah Sun Life. Supaya hidup di dunia bisa tenang karena yakin kita sudah punya bekal di akhirat kelak (aamiin).

Oh iya, untuk informasi lebih lengkap tentang asuransi jiwa syariah Sun Life, teman-teman bisa membacanya di:

By the way, @sunlife_id suka bikin kuis atau giveaway gitu, lho, terkait dengan web series Keluarga Surya. Hadiahnya lumayan kalau ikutan kuis atau giveaway-nya. InsyaAllah bentar lagi akan ada lagi kuis dari @sunlife_id. Pertanyaannya seputar seri kedua Keluarga Surya. Jadi, buat yang belum nonton, yuk maen-maen ke YouTube Channel Sun Life Financial ID dan Instagram @sunlife_id. Semoga beruntung jadi pemenang yaaa…

Semoga informasi tentang perencanaan keuangan ala Keluarga Surya ini bermanfaat ya teman-teman 🙂 .

April Hamsa

45 Comments

  1. Elva Susanti 11 Juni, 2018
  2. bella agmia 11 Juni, 2018
  3. Tetty Hermawati 11 Juni, 2018
  4. Aminnatul Widyana 11 Juni, 2018
  5. @nurulrahma 11 Juni, 2018
  6. Inka amalia 11 Juni, 2018
  7. Dwi Arum 12 Juni, 2018
  8. Lia Lathifa 12 Juni, 2018
  9. Shine 12 Juni, 2018
  10. Nurul dwi larasati 12 Juni, 2018
  11. ade uny 12 Juni, 2018
  12. Donna Imelda 12 Juni, 2018
  13. Rach Alida Bahaweres 12 Juni, 2018
  14. Eni Martini 12 Juni, 2018
  15. Leyla Imtichanah 12 Juni, 2018
  16. Uchy Sudhanto 12 Juni, 2018
  17. mira utami 12 Juni, 2018
  18. Memez 12 Juni, 2018
  19. Eskaning Arum Pawestri 12 Juni, 2018
  20. Eskaning Arum Pawestri 13 Juni, 2018
  21. Dita Indrihapsari 13 Juni, 2018
  22. Wian 13 Juni, 2018
  23. Tian lustiana 13 Juni, 2018
  24. Nur Dalilah Putri 13 Juni, 2018
  25. adi pradana 13 Juni, 2018
  26. Hermini 13 Juni, 2018
  27. Innova Carolina 13 Juni, 2018
  28. ernawati Momsinstitute 13 Juni, 2018
  29. Tian 13 Juni, 2018
  30. Valka 13 Juni, 2018
  31. Awan 13 Juni, 2018
  32. Nefertite Fatriyanti 13 Juni, 2018
  33. Ade UFi 13 Juni, 2018
  34. Opi Rahmita 13 Juni, 2018
  35. Utie adnu 13 Juni, 2018
  36. kurnia amelia 14 Juni, 2018
  37. Mukhofas BauTekno 14 Juni, 2018
  38. uwan 14 Juni, 2018
  39. Echi mustika 14 Juni, 2018
  40. Ida Tahmidah 14 Juni, 2018
  41. Windah 14 Juni, 2018
  42. Sara Neyrhiza 14 Juni, 2018
  43. Anisa Deasty Malela 15 Juni, 2018
  44. Liswanti 15 Juni, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!