Others

Ini Lho Lima Destinasi Wisata di Papua yang Ingin Kudatangi

Menginjak tanah Papua merupakan impian saya sejak lama. Keinginan traveling ke pulau yang katanya merupakan secuil tanah dari surga itu makin menggebu ketika bertemu dengan seorang pemuda asli Papua, beberapa waktu lalu. Pemuda ini menceritakan tentang keindahan tanah asalnya kepada saya. Sampai-sampai sesudah pertemuan itu, saya mencari beberapa referensi tulisan maupun video tentang Papua di dunia maya. Trus, saya berandai-andai, “Kalau ada rezeki ke sana, maka saya akan datang ke lima destinasi wisata di Papua ini!”

FYI, pemuda itu, sebut saja namanya adalah Andy. Saya bertemu dengan Andy pada saat pembukaan salah satu restoran khas Papua di bilangan Jakarta Selatan. Waktu itu, Andy yang kesehariannya beraktivitas sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Ibu Kota itu diundang oleh owner restoran untuk sharing tentang Papua.

Di Papua itu enggak cuma pesisir dan laut. Di Papua juga ada pegunungan dan  hutan yang eksotis,” begitu katanya. Mungkin, Andy berkata demikian, karena kalau denger kata “Papua”, sebagian besar dari kita langsung teringat “Raja Ampat” kali ya?

Yeah, Papua, berdasarkan cerita Andy memang selengkap itu alamnya. Belum termasuk adat, budaya, serta kemurnian hati penduduknya. Penduduk asli Papua yang memegang teguh prinsip turun-temurun dari nenek moyangnya sejak dulu inilah yang (konon) katanya menjaga Papua tetap seperti sekarang. Walaupun, ada sarana modern (tambang emas) yang berdiri tak jauh dari lingkungan mereka.

Destinasi wisata di Papua yang indah

Ah, iya, balik lagi ke impian saya untuk pergi ke Papua, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang kelak ingin saya kunjungi:

Raja Ampat

Belum ke Papua kalau belum ke Raja Ampat” adalah kalimat yang sering didengungkan oleh para traveler.

Apa sih yang bisa dilihat di sana?”

Oh, sepintas seperti di surga.” Begitu kata mereka yang pernah ke sana.

Raja Ampat sebenarnya merupakan nama kepulauan yang berada di Papua Barat. Jadi, katanya, Raja Ampat itu terdiri dari banyak pulau karang. Namun, ada empat pulau utama di sana, yakni: Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulai Misool.

Hal yang paling menakjubkan adalah kekayaan flora dan faunanya. Tak hanya di atas daratan, namun juga di kedalaman laut birunya. Wisatawan yang pernah snorkeling di sana menyatakan bahwa Raja Ampat merupakan salah satu surga bawah laut di dunia ini.

Lembah Baliem

Agak naik ke atas, tepatnya menuju ke area Pegunungan Jayawijaya, kita akan menemukan tempat seindah Lembah Baliem ini. Kalau dari cerita Andy waktu itu, di sinilah kita bisa menemukan kebudayaan asli Papua. Masih banyak penduduk yang mengenakan pakaian adat asli Papua, yakni koteka. Trus, ada Festival Lembah Baliem yang sering diselenggarakan di sana secara annual.

Apabila beruntung, wisatawan bisa melihat tradisi Papua seperti pesta bakar batu, di mana para penduduk asli memasak dengan alat masak berupa batu-batu yang disusun sedemikian rupa. Untuk menyalakan apinya pun, mereka enggak menggunakan korek api/ pemantik, melainkan dengan cara alami, menggesek-gesekkan kayu atau batu sampai muncul api.

Danau Sentani

Ingin mendengar legenda yang ada di tanah Papua? Maka di sinilah kita bisa mendapatkan cerita itu. Konon katanya ada naga besar di sana yang merupakan kendaraan dari orang-orang yang tengah mencari lokasi baru untuk hidup. Sayangnya, dalam suatu perjalanan naga itu tak sanggup terbang lagi dan tercebur ke danau. Naga itu pun mati tenggelam di sana.

Penduduk di sekitaran Danau Sentani konon katanya percaya bahwa mereka adalah keturunan dari para penunggang naga tersebut. Di tepian danau mereka membangun keluarga dan peradaban, hingga saat ini.

Walau namanya “danau” namun sebenarnya wilayah perairan yang satu ini sangat luas dan dalam. Beragam hewan dan tanaman laut hidup di sana.

Pulau Biak

Walaupun merupakan sebuah pulau karang, namun Pulau Biak kaya akan hasil pertanian dan perkebunan. Selain itu, layaknya sebuah pulau, banyak pantai di sana. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Batu Gong. Dinamai demikian karena setiap ada ombak menerjang pantai, maka akanterdengar bunyi nyaring seperti gong.

Teluk Cenderawasih

Ingin merasakan sensasi menyelam bareng hiu paus? Di sinilah tempatnya. Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini juga terkenal dengan lautnya yang bagus dengan beraneka macam satwa dan tumbuhan eksotis.

Nah, itulah kelima destinasi wisata yang ingin sekali saya datangi kelak. Sebenarnya, masih banyak sekali daerah wisata lainnya yang layak dikunjungi selama berada di Papua. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa mengeceknya di website EcoNusa .

Semoga terinspirasi untuk datang ke Papua juga ya 🙂

April Hamsa

One Response

  1. kangamir.com 5 April, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!