Seminggu lalu badan saya meriang. Tahu sendiri kan? Enggak enak badan, demam dikit aja di zaman now tuh serem, huhuhu. Namun, alhamdulillah, waktu itu cepat sembuhnya. Soalnya saya langsung gempur dengan banyak minum air putih, memperbanyak konsumsi buah, dan tak lupa minum Herbamuno+. Cuma butuh sehari bedrest, sehari recovery, trus besoknya udah balik beraktivitas seperti sedia kala, deh.

Padahal, ya sempat kepikiran yang horor-horor gitu, sih. Musim wabah gitu, lho. Siapa yang tak khawatir kalau tiba-tiba ngedrop?

Musim pandemi seperti ini harus lebih ekstra menjaga kesehatan.

Meski demikian, saya masih agak tenang, karena sejak pandemi aktivitas saya lebih banyak di rumah aja. Bepergian hanya seperlunya saja. Itupun cuma ke sekolah anak, ke supermarket, dan jalan-jalan keliling komplek aja. Eh, sempat ke rumah sakit juga sih untuk antar anak periksa kesehatan mata, tetapi itu akhir tahun lalu. Udah lama banget.

Begitu pula dengan orang-orang yang tinggal seatap dengan saya. Suami work from home (WFH), anak-anak juga sekolahnya online, semua juga jarang berinteraksi fisik dengan orang lain. Maka, satu-satunya yang terpikirkan adalah saya kesenggol virus yang menyebabkan batuk pilek aja. Apalagi, cuaca saat ini sering berubah-ubah. Kadang kita mengira cuaca panas, eh, mendadak hujan. Kadang udah memprediksi bakal hujan eh, panas seharian.

Meski demikian, saya bersyukur karena kayak merasa diingatkan untuk makin serius menjaga kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini. Teman-teman juga ya? Jangan sampai lengah, supaya tidak terinfeksi virus yang lagi ramai dibicarakan itu #ntms.

Caranya gimana?

Cara menjaga kesehatan di masa pandemi

Bukan bermaksud menggurui ya? Share pengalaman pribadi aja, berikut adalah beberapa saya menjaga kesehatan di masa pandemi:

  • Menjaga jarak dengan orang lain

Saya bersyukur punya privilege untuk beraktivitas di rumah, oleh karena saya memanfaatkannya dengan baik. Caranya tidak keluar rumah kalau tidak terlalu urgent. Ini adalah upaya saya untuk menjaga jarak dani tidak kontak dengan orang asing di luar sana. Soalnya kita kan enggak tahu siapa pembawa virus di sekitar kita saat ini. Selain itu, ini adalah cara saya untuk menghormati mereka yang masih terpaksa bekerja di luar rumah pada saat ini.

Kalau suntuk ya tinggal mencari hiburan di sekitar rumah. Bisa baca novel, nonton film di aplikasi movie atau televisi, main game, dll. Kalau jenuh di rumah bisa berkebun di area teras atau pagar depan rumah atau jalan keliling komplek sebentar.

Tentu saja, pada saat keluar rumah wajib hukumnya memakai masker ya.

  • Rajin mencuci tangan

Setelah beraktvitas apapun, baik di dalam maupun di luar rumah harus rajin mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir. Bila perlu, sediakan hand sanitizer di beberapa titik di rumah kita, misalnya di ruang tamu, di kamar,, di ruang belajar, dll.

Jaga kebersihan tangan kita, terutama pada saat kita mau makan atau ngemil. Yeah, di rumah aja gitu lho, biasanya rasa bosan bikin mulut mengunyah terus. Pokoknya sebelum makan, bersihkan tangan dulu, jangan sampai tidak πŸ˜€ .

  • Konsumsi makanan dan minuman sehat

Tahukah teman-teman bahwa yang namanya sistem pencernaan itu sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh? Jika sistem pencernaan kita terjaga, maka daya tahan tubuh kita juga akan bagus. Alasannya adalah karena apa yang kita konsumsi, baik makanan maupun minuman itu kan benda asing. Nah, apabila ada yang salah dengan makanan/ minuman kita, maka kita berpotensi kena penyakit.

Itulah sebabnya, sangat penting menjaga kebersihan makanan dan minuman kita. Trus, tak sekadar bersih dan layak konsumsi aja, makanan dan minuman kita juga wajib yang bergizi. Makanan/ minuman yang bergizi memiliki manfaat:

  • Menjaga tubuh dari infeksi penyakit.
  • Memelihara dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
  • Mengatur metabolisme tubuh.
  • Menghasilkan energi, dll.

Konsumsi makanan bergizi.

Sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Kurangi minum minuman kemasan yang manis. Tips dari saya, teman-teman bisa menakar kebutuhan air putih dengan memakai botol ukuran 1 atau 2 liter itu, supaya bisa menakar asupan air putih harian.

Kemudian, untuk makanan, hindari pula makanan yang mengandung banyak gula garam. Konsumsi banyak buah dan sayuran, kalau perlu lebih banyak porsinya ketimbang sebelum pandemi dulu. Soalnya buah dan sayuran itu merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting seperti antioksidan yang akan membuat tubuh kita senantiasa bagus imunnya.

Satu lagi yang sangat saya rekomendasikan adalah memperbanyak konsumsi protein, khususnya protein hewani. Protein dapat membentuk antibodi tubuh, serta mampu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kalau kita rajin konsumsi protein, apabila (amit-amit) sakit, biasanya akan lebih cepat pulih.

  • Istirahat yang cukup dan tidak begadang

Yes, jangan memaksa fisik untuk terus bekerja tanpa istirahat. Usahakan juga untuk tdak begadang karena sangat mempengaruhi emosi, kemampuan kognitif, serta berpotensi meningkatkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dll.

  • Olahraga

Terserah kita mau olahraga apa, yang penting melakukan gerak badan. Kalau ada alat seperti sepeda bisa bersepeda, kalau ada raket bisa main bulu tangkis, ada treadmill elektrik ya manfaatkan aja. Kalau enggak ada? Ya, bisa jalan atau lari keliling komplek, senam atau yoga di rumah. Tak perlu lama-lama, minimal 30 menit asal rutin kita lakukan tiap hari, cukup oke kok.

Berusaha gerak badan walau di rumahΒ aja.
  • Minum suplemen untuk membantu menjaga daya tahan tubuh

Selain konsumsi makanan sehat dan bergizi, saya juga meminum suplemen.Β  Tadi di atas saya sudah menyebut nama suplemen yang saya konsumsi yakni Herbamuno+ Natural Immunomodulator (Herbamuno+).

Minum suplemen sangat dianjurkan di masa pandemi soalnya suplemen tuh biasanya mengandung zat gizi seperti vitamin atau mineral tertentu yang dapat melengkapi atau meningkatkan asupan pangan kita sehari-hari. Tak hanya itu, suplemen juga dapat menjadi booster untuk meningkatkan imunitas kita, namun dengan syarat harus suplemen yang benar-benar aman.

Bagaimana kita tahu suplemen itu aman? Caranya begini:

  • Cek label di kemasan, apakah suplemen itu sudah halal, sudah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dll.
  • Cari tahu siapa produsennya. Tentu saja sangat dianjurkan konsumsi suplemen yang diproduksi produsen yang namanya memiliki reputasi baik saja.
  • Pilih produk yang bebas dari zat kimia berbahaya, seperti produk herbal misalnya.

Nah, karena semua syarat itu dipenuhi oleh Herbamuno+, maka saya memilih mengkonsumsinya.

Tentang Herbamuno+

Buat teman-teman yang baru kenal Herbamuno+, FYI, suplemen yang satu ini merupakan suplemen jamu dengan ramuan bahan herbal berkhasiat. Bahan-bahan herbalnya asli dari alam Indonesia. Produsennya adalah Mustika Ratu. Tahu donk Mustika Ratu? Sebuah perusahaan yang memproduksi jamu, minuman kesehatan, kosmetik, dll yang terkenal di Indonesia?Β 

Founder Mustika Ratu, yakni Ibu Mooryati Soedibyo juga terkenal sebagai sosok yang sangat concern dengan pemanfaatan bahan-bahan alami untuk jamu maupun kosmetik. Tak heran pada tahun 2008 beliau dinobatkan sebagai Empu Jamu dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Masih banyak lagi prestasi beliau yang berhubungan dengan pelestarian kekayaan alam Indonesia pula.

Herbamuno+ jamu herbal dari Mustika Ratu.

Selain karena produsennya yang sudah terpercaya, saya mengkonsumsi Herbamuno+ karena terbuat dari bahan-bahan herbal alami berkhasiat, antara lain:

  • Sambiloto: Memiliki manfaat sebagai antivirus, antiradang/ antinyeri, serta penurun demam
  • Akar manis: Dapat bermanfaat sebagai antivirus, antiradang/ antinyeri. Selain itu juga dapat meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak nafas.
  • Meniran: Dapat menjadi immunomodulator dan hepatoprotektor.
  • Jahe emprit: Mengatasi mual muntah, immunomodulator, gastroprotektor.
  • Daun jambu mete: Bermanfaat sebagai antinyeri, meredakan diare, melegakan pernapasan (bronkodilator).

Herbamuno+ ini tentu saja juga sudah mengantongi label HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan label aman dikonsumsi dari BPOM. Pada saat pandemi seperti sekarang ini, Herbamuno+ juga termasuk salah satu dari 14 obat herbal yang mendapatkan pendampingan penelitian untuk pengobatan Covid-19 oleh BPOM.

Tak hanya itu, Herbamuno+ pernah meraih penghargaan TOP Innovation Choice Awards, karena dalam pengembangan dan penelitannya memadukan antara science, teknologi terkini, dan kebaikan alam dalam suatu produk. Herbamuno+ juga diciptakan oleh tim internal Reasearch and Development serta tim New Product Development yang merupakan gabungan dari profesi Dokter, ahli Mikrobiologi, Farmasis, serta ahli Kimia yang solid. Selain itu, dalam mengembangkan produknya, Herbamuno+ juga bekerja sama dengan pihak eksternal yang merupakan para ahli di bidangnya.

Konsumsi rutin Herbamuno+ baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Herbamuno+ ini dapat dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, dengan syarat untuk anak-anak harus berusia lebih dari 2 tahun. Berikut adalah aturan pakainya:

Dewasa:
  • Untuk menjaga daya tahan tubuh: 2 kali sehari 2 kaplet.
  • Bila merasa gejala-gejala sakit: 2 kali sehari 3 kaplet.
  • Saat sedang sakit: 2 kali sehari 3 kaplet.
Anak:
  • 2-12 tahun: 2 kali sehari 1 tablet.

Namun, untuk ibu hamil, ibu menyusui, penderita alergi tanaman Acanthaceae, penderita hipertensi, gangguan ginjal, hipokalemia, tidak direkomendasikan mengkonsumsi suplemen ini ya.

Alhamdulillah, konsumsi Herbamuno+ cocok untuk saya. Seperti yang saya ceritakan tadi, pada saat saya merasa tidak enak badan, saya langsung boost imunitas badan dengan konsumsi obat herbal ini. Caranya dengan konsumsi 3 kaplet sebanyak 2 kali sehari. Bisa menelannya langsung dengan air putih atau pisang. Lebih baik lagi, untuk pencegahan agar badan tidak gampang drop, konsumsi Herbamuno+ ini secara rutin.Β 

Tentu saja, selain meminum kaplet Herbamuno+, wajib berperilaku hidup sehat sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas. Khususnya, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Sekiranya teman-teman juga membutuhkan Herbamuno+ untuk suplemen tambahan, gampang kok nyarinya. Teman-teman bisa mendapatkan Herbamuno+ ini di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli.com. Suplemen herbal ini juga bisa dijumpai juga di Watson, K24, Kimia Farma, Alfamart, serta d toko obat/ apotek terdekat. Bisa juga langsung membelinya di www.mustikaratuonline.com. Ada free masker lho, apabila membeli di official website store Mustika Ratu ini.

Itulah teman-teman, sedikit sharing tentang bagaimana saya menjaga kesehatan selama masa pandemi ini dan sedikit informasi tentang Herbamuno+. Semoga bermanfaat ya.

April Hamsa