Dema Kado Anak Kids Activity Mom Life My Two Cents Opinion Our Kids Parenting Parenting Tips Random Thoughts Tips & Opinion Tips Memilih Kado untuk Anak SD

7 Rekomendasi Kado Ulang Tahun untuk Anak SD

Alhamdulillah, awal Januari ini putri saya Dema berusia tepat 7 tahun. Udah kelas 1 SD sekarang, walau penampilannya masih kayak anak TK hahaha. Emake sering bingung juga kenapa nih anak dianggap anak TK terus. Mungkin, karena perawakannya cenderung petite untuk anak seusianya huhu. Yaweslah sing penting sehat 😛 . Ah ya, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-7 Dema, kali ini saya mau memberikan 7 rekomendasi kado ulang tahun untuk anak SD.

Dema baru berulang tahun ke-7.

Suka puyeng kan mikirin mau beliin kado ulang tahun buat anak sendiri atau mungkin keponakan atau anak teman? Nah, semoga list hadiah yang saya saya tuliskan berikut bisa memberikan ide hadiah yang tepat ya?

Berikut adalah 7 rekomendasi kado ulang tahun untuk anak usia SD #imho:

Perlengkapan sekolah anak

Yang namanya perlengkapan sekolah anak ini pasti akan bermanfaat. Perlengkapan sekolah meliputi tas, sepatu sekolah, buku, peralatan tulis, kotak pensil, hingga kotak makan dan botol minum untuk wadah bekal ke sekolah.

Teman-teman bisa menyesuaikan dengan kegemaran si anak. Apakah si anak yang ultah ini menggemari warna atau desain atau tokoh animasi tertentu. Hadiahnya bisa dibuat seragam dengan tema tertentu sesuai hal-hal yang disukai anak.

Paket baju dan alas kaki

Anak usia SD zaman sekarang sudah melek tentang penampilannya sendiri. Maka, sepaket baju dan alas kaki akan menjadi hadiah yang dinantikannya.

Kita bisa memberikan baju yang dapat dipakai di acara formal atau baju yang agak santai. Contoh baju formal salah satunya untuk anak perempuan, orang tua bisa membelikan dress atau gaun cantik yang bisa dipakai si kecil ke acara tertentu. Biasanya, gadis cilik yang memakai baju seperti ini akan merasa dirinya istimewa seperti princess.

Kalau contoh untuk anak laki-laki, orang tua bisa belikan kemeja atau bisa juga setelan jas. Baju formal seperti itu bisa dipakai si anak saat menghadiri acara spesial.

Anak SD biasanya sudah bisa ingat kapan tanggal ulang tahunnya. Sumber gambar: Pixabay.

Contoh baju-baju yang saya sebutkan di atas itu bisa diberikan bersamaan dengan sepatu yang tak kalah istimewanya. Untuk anak perempuan bisa diberikan jenis sepatu seperti pantofel atau boots atau flat shoes dengan warna dan pita yang cantik. Lalu, untuk anak laki-laki, kita bisa menghadiahinya baju sepaket dengan sepatu pantofel, boots, atau sneakers.

Selain paket baju dan sepatu yang cocok untuk dipakai ke acara formal, alternatif lainnya adalah kado paket baju dan alas kaki yang lebih santai. Alas kaki yang lebih santai ini bisa sandal, sepatu sandal seperti model flip-flop, sandal gunung, sneakers yang modelnya lebih sederhana, dll yang nyaman dipakai setiap waktu.

Contoh baju yang bisa diberikan adalah baju yang cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Anak-anak SD biasanya lebih sering melakukan playdate dengan teman-temannya, maka kita bisa membelikan baju seperti kaus atau jenis T-shirt yang nyaman untuk beraktivitas. Pasti akan kepake 😀 .

Buku

Anak usia SD biasanya sudah lebih banyak membaca. Maka, buku adalah salah satu pilihan kado yang bagus. orang tua bisa memberika anak satu set buku cerita dongeng, novel, atau bahkan komik yang mungkin disukainya. Tidak ada salahnya orang tua mencari tahu preferensi bacaan anak terlebih dahulu, sebelum memutuskan mau memberikan kado buku.

Sepeda

Anak-anak SD biasanya sangat aktif. Maka, sepeda adalah salah satu pilihan kado terbaik yang bisa kita hadiahkan kepada anak SD.

Keberadaan sepeda akan membuat anak berolahraga, melatih gerak motoriknya, bersosialisasi dengan teman-temannya yang sama-sama suka bersepeda. Selain itu, kalau sekolah si anak dekat dengan rumah, maka sepeda ini bisa mejadi alternatif transportasi buat si anak pergi sekolah.

Sebelum membelikan si anak sepeda, tidak ada salahnya bertanya dulu tentang model dan warna sepeda yang disukai si anak, supaya si anak juga senang dengan sepedanya.

Alat musik

Anak usia SD biasanya sudah bisa memainkan satu dua alat musik. Apalagi kalau anaknya mengikuti kursus musik tertentu. Maka, buat para orang tua, sepertinya sudah saatnya memberikan alat musik untuk si buah hati ya? Supaya si kecil lebih terampil lagi memainkan alat musiknya.

Biasanya beberapa alat musik yang cocok diberikan kepada anak SD adalah piano, keyboard, gitar, drum, serta biola. Sesuaikan model dan ukurannya dengan fisik si anak ya? Bisa konsultasi kepada ahlinya, seperti guru musik atau penjual di store alat musik tentang hal ini.

Memiliki alat musik sendiri akan membuat anak lebih semangat berlatih musik. Bahkan, yang sudah kursus duluan mungkin akan mulai langkahnya menciptakan karya-karya musiknya.

Perlengkapan hobi anak

Anak SD biasanya sudah memiliki hobi. Apabila si anak hobi olahraga orang tua bisa membelikan segala hal yang berhubungan dengan hobinya itu.

Misalnya, si anak hobi main bola, bisa orang tua belikan bola, kaus, atau sepatu bola. Jika si anak memiliki hobi di bidang kesenian, maka orang tua bisa memberikannya perlengkapan yang dibutuhkannya. Misalnya, kanvas, cat air, cat minyak, kuas, dll.

Contoh lain jika si anak suka memasak atau baking, orang tua bisa membelikan celemek/ apron dengan motif kesukaannya atau membelikannya mainan masak-masakan. Apabila si anak sudah SD kelas atas dan orang tua sudah mempercayai si anak memegang kompor, bisa juga menghadiahinya dengan alat masak beneran yang bisa digunakannya sendiri untuk berkreasi resep.

Binatang peliharaan

Untuk anak-anak yang menyukai binatang, mungkin sudah saatnya diberi kesempatan bertanggungjawab memelihara binatang peliharaan. Binatang peliharaan yang biasanya disukai anak seperti kucing, anjing, kelinci, ikan, burung, dll.

Memelihara binatang akan mengajari anak menjalin hubungan dengan sesama makhluk Tuhan. Aktivitas ini juga bisa melatih kedewasaan anak, serta menumbuhkan sifat penyayang si kecil.

Itulah beberapa alternatif hadiah ulang tahun yang cocok untuk anak usia SD. Supaya kadonya terasa istimewa, saat ulang tahun si anak kita bisa membuat pesta kejutan. Kadang, bahkan si anak sendiri yang meminta ulang tahunnya dipestain.

Sayangnya, kalau masa pandemi gini terasa agak susah mengundang teman-temannya ya? Namun, tak masalah, sih. Kita bisa mengajak si anak merayakan bersama keluarga secara privat di rumah atau mungkin mengajak anak makan bersama di restoran favoritnya.

Baca juga: Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak TK.

Bisa juga mengajak anak melakukan liburan, menginap di hotel atau vila, dan memberikan hadiahnya di sana. Pasti si anak akan teringat terus pada momen istimewa tersebut.

Jangan lupa pula untuk mengemas atau membungkus kadonya supaya menarik ya, supaya nuansa ulang tahunnya dapet 😀 .

Jadi, begitu ya teman-teman, 7 rekomendasi kado ulang tahun untuk anak usia SD yang saya sarankan. Kalau ada pengalaman memberikan kado ulang tahun SD dalam bentuk yang lainnya, silakan sharing ya di kolom komentar agar bisa jadi ide buat teman-teman pembaca yang lain juga. Terima kasiiiihh 🙂 .

April Hamsa

14 Comments

  1. winda - dajourneys.com 13 Januari, 2022
  2. Farida Asadi 13 Januari, 2022
  3. thya 13 Januari, 2022
  4. Diah Alsa 14 Januari, 2022
  5. Rani Yulianty 14 Januari, 2022
  6. Lidya 14 Januari, 2022
  7. Shyntako 14 Januari, 2022
  8. lendyagassi 14 Januari, 2022
  9. Monica Anggen 14 Januari, 2022
  10. Arda Sitepu 14 Januari, 2022
  11. Istiadzah Rohyati 14 Januari, 2022
  12. cicifera 14 Januari, 2022
  13. indah savitri 15 Januari, 2022
  14. Noorma Fitriana M. Zain 15 Januari, 2022

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!