Kado Ulang Tahun Anak Kids Activity Kids Toys Mom Life My Two Cents Our Kids Random Thoughts Tips & Opinion Tips Memilih Kado untuk Anak TK

Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak TK

Siapa yang sering puyeng mikirin kado ulang tahun untuk anak TK? Ini biasanya sering terjadi pada tante-tante atau om-om yang keponakan TK-nya sedang ultah nih? Iya, enggak sih? Hehe 😛 .

Eh, namun kadang walau udah jadi ibu atau ayah, memang memilih kado ulang tahun untuk anak TK ini emang bikin bingung ya? Ketika dapat undangan dari tetangga yang anaknya merayakan ultah, misalnya. Khawatirnya si anak enggak suka atau gimana-gimana gitu? 😀

Ada beberapa alternatif kado untuk anak TK.

Nah, untuk itu izinkan saya memberikan beberapa rekomendasi kado ulang tahun untuk anak TK yang sifatnya netral dan insyaAllah akan diterima dengan suka cita oleh si anak. Berikut adalah beberapa ide kado ulang tahun untuk anak TK:

  • Pakaian

Yes, pakaian. Pertimbangan utamanya pasti kepakai sih ya? Terutama pakaian untuk dipakai sehari-hari. Kalau saya pribadi, lebih suka membelikan kaus, celana, atau rok santai agak banyak gitu. Misalnya, satu tema atau satu motif berbeda warna. Yaaa, minim setengah lusin, lha.

Pilih yang desainnya simple-simple aja sih. Yang namanya anak-anak kan sehari-harinya aktif, suka gerak ke sana-kemari. Makin enggak ribet pakaian yang dikenakan, makin sering dipakai #imho . Lalu, kalau bisa pilih yang ukurannya satu atau dua nomor dari yang sering dipakai si anak sekarang, supaya pakaian dari kita lebih panjang masa pakainya, hehehe.

Anak TK senang diberi kado ultah.

Alternatif lain selain memberikan kado berupa pakaian rumahan adalah kostum. Yes, biasanya kan anak-anak suka bermain peran gitu kan? Suka mbayangin jadi princess kalau anak cewek atau jadi pahlawan bertopeng kayak Batman, Superman, Spiderman, dll, kalau cowok, hehe.

Yawda, belikan aja baju princess atau prince lengkap dengan mahkota atau sepatunya yang sesuai. Bisa juga membelikan kostum berupa pakaian adat, seperti kebaya, baju bodo, dll.

Alternatif lain bisa juga memberi kado berupa aju seragam yang biasa dipakai ketika karnaval di sekolah. Contohnya seperti jas dokter-dokteran, seragam polisi-polisian, tentara-tentaraan, dll.

  • Mainan

Siapa sih anak kecil yang enggak suka dikasi mainan? Semua pasti seneng 😀 .

Untuk kado ultah berupa mainan, saya juga memiliki dua rekomendasi. Pertama, mainan yang sering dimainkan anak, seperti mobil-mobilan atau robot-robotan untuk anak cowok atau boneka untuk anak cewek. Walau ya kadang ada juga anak cewek suka robot dan anak cowok suka boneka sih hehe. Cari tahu aja apa tepatnya mainan kesukaannya. Bila perlu nanya sama emak atau bapaknya 😀 .

Baca juga: Time The Story, Mainan Edukatif yang Rekatkan Bonding Orang Tua dan Anak.

Pilihan kedua adalah mainan edukatif. Mainan edukatif merupakan mainan yang bisa memberikan stimulasi untuk perkembangan motorik maupun kognitif (kemampuan berpikir) anak. Contoh beberapa mainan edukatif seperti lego, puzzle, balok kayu, board games, dll.

Kemudian yang ketiga adalah mainan yang menstimulasi ketangkasan anak. Bisa belikan ayunan,W perosotan, tangga atau tali untuk panjat-panjat, dan permainan sejenisnya. Sekarang sudah banyak produsen yang menyediakan mainan seperti ini dengan harga terjangkau. Bukan hanya dari plastik, ada yang dari kayu juga.

  • Peralatan sekolah

Walaupun sekarang sedang masa pandemi, tak ada salahnya sih membelikan anak TK peralatan sekolah. Kado ini akan membuat anak semangat belajar, walau sementara ini sekolahnya dari rumah.

Kita bisa beli sepaket tas sekolah plus isinya. Untuk tas pilih saja tas sekolah yang punya gambar atau bermotif karakter tokoh animasi atau benda yang disukai anak. Misalnya, kalau anak cewek, mungkin dia suka tas bergambar princess atau Hello Kitty atau karakter lainnya. Sedangkan cowok, mungkin lebih suka karakter animasi seperti superhero.

Kemudian, isi tas tersebut dengan peralatan sekolah lainnya, khususnya stationery, meliputi: buku tulis, pensil, penghapus, penggaris, dll. Bisa juga melengkapinya dengan peralatan menggambar seperti buku gambar, pensil mewarnai atau crayon, cat air dan kuas, dll.

  • Buku

Anak-anak tuh rasa ingin tahunya besar. Walau ada anak TK yang belum bisa membaca, namun biasanya mereka tertarik membuka dan melihat buku. Apalagi, kalau kedua orang tuanya suka baca buku. Anak pasti mencontek.

Buku yang bisa menjadi kado ulang tahun anak TK pertama adalah buku aktivitas. Buku aktivitas ini berisi beragam soal-soal yang bisa dipakai anak untuk belajar sekaligus bermain. Buku ini biasanya campur-campur meliputi aktivitas belajar membaca, menulis, matematika, dll.

Buku kedua yang saya rekomendasikan adalah buku belajar membaca untuk anak TK. Buku ini biasanya berisi pengenalan pada huruf, gimana cara mengeja kata, dan bagaimana merangkai kata jadi kalimat. Tersedia dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Ngobrolin bahasa, bilingual, satu lagi buku yang bagus untuk kado ultah anak TK, yakni buku cerita. Bahasanya bisa bahasa apa aja sih, yang penting isi bukunya menarik, khususnya ilustrasi/ gambarnya. Warna-warni dan gambar yang bagus akan memicu anak makin menyukai buku.

  • Perlengkapan ibadah

Kado untuk anak TK lainnya yang bisa saya sarankan adalah perlengkapan membaca. Untuk anak-anak yang muslim, usia ini adalah usia untuk belajar sholat dan mengaji dengan lebih serius.

Makanya, tak ada salahnya membelikan anak perempuan mukena, sedangkan untuk anak-laki bisa dibelikan peci atau sarung. Lengkapi juga dengan sajadahnya.

Bisa juga dibelikan buku Iqro atau mainan yang bisa membuat mereka belajar mengaji. Sedangkan untuk anak-anak yang beragama selain Islam, mungkin bisa diberikan perlengkapan ibadah atau kitab suci atau buku-buku agama yang mudah dipahami oleh anak.

  • Sepeda

Anak usia TK biasanya senang naik sepeda. Mungkin bisa upgrade sepedanya dari yang tadinya roda empat ke roda tiga. Bisa juga membelikan sepeda yang ukurannya lebih besar dari yang dimiliki oleh si anak sekarang, sehingga bisa dipakai sampai si anak SD nanti.

  • Makanan

Bisa juga kita beri kado makanan, baik berupa cake/ taart atau makanan lain kesukaan si anak. Bisa juga kalau si anak akrab dengan kita, ajak saja ke restoran favoritnya dan traktir makan menu favoritnya 😀 .

Berikan kado ulang tahun yang sesuai untuk anak usia TK.

Nah, itulah teman-teman beberapa rekomendasi kado untuk hadiah ulang tahun anak TK.

Sekalian deh saya mau kasi tips bagaimana cara memberikan kado tersebut, supaya menarik perhatian si anak ya, yakni:

  • Apabila kenal akrab dengan orang tuanya (apabila anak orang lain yang ulang tahun), tanya saja apa kado yang diinginkan anaknya, apa karakter animasi favorit anaknya, apa warna kesukaan si anak, dll.
  • Tidak perlu membeli kado yang harganya terlalu mahal, soalnya ini untuk anak TK, yang sebaiknya dikenalkan tentang konsep hidup bersahaja sejak kecil. Menurut saya belikan kado yang harganya standar aja, namun pantas untuk diberikan, dan bermanfaat untuk anak.
  • Bungkus kado dengan bentuk-bentuk yang unik, misalnya bentuk permen, bentuk kemeja, dihias dengan pita atau hiasan kembang. Pokoknya unik dan enggak biasa aja.
  • Beri kartu ucapan selamat ulang tahun dengan kalimat singkat. Pilih kartu ucapan yang menarik atau bisa juga kita bikin sendiri supaya terasa lebih personal.

Tak terlalu sulit kan? Semoga tipsnya bisa dipraktikkan ya hehe.

Daaan, semoga postingan ini bermanfaat. Jangan bingung lagi memilih kado ulang tahun untuk anak TK ya 🙂 .

April Hamsa

23 Comments

  1. Helena 4 Maret, 2021
  2. Rani R Tyas 4 Maret, 2021
  3. Ivonie 4 Maret, 2021
  4. astin 4 Maret, 2021
  5. Nurul Sufitri 4 Maret, 2021
  6. HM Zwan 5 Maret, 2021
  7. Nanik Nara 5 Maret, 2021
  8. Lisdha 5 Maret, 2021
  9. RAch Alida 5 Maret, 2021
  10. Ade UFi 5 Maret, 2021
  11. Mirna Rahardjo 5 Maret, 2021
  12. Keke Naima 5 Maret, 2021
  13. Eri Udiyawati 6 Maret, 2021
  14. Andiyani Achmad 6 Maret, 2021
  15. Dedew 6 Maret, 2021
  16. Suciarti Wahyuningtyas 6 Maret, 2021
  17. Rina Susanti 6 Maret, 2021
  18. Dian 6 Maret, 2021
  19. Lina W. Sasmita 6 Maret, 2021
  20. Herva yulyanti 6 Maret, 2021
  21. Nia haryanto 6 Maret, 2021
  22. diane 6 Maret, 2021
  23. ima satrianto 10 Maret, 2021

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!