Blogger Blogger Reporter Events Health Health Tips Kesehatan Gigi Anak Kids Health Klinik Medikids Bogor Klinik Medikids Wakaf Bogor Opinion Parenting Tips Tips & Opinion Tips ke Dokter Gigi saat Pandemi Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi

Kabar Gembira, Klinik Dokter Gigi Anak dan Keluarga Medikids Kini telah Hadir di Bogor

Iyaaa, pengumuman-pengumuman untuk wargi Bogor dan sekitarnya, sekarang telah hadir klinik Medikids di kota Bogor, lho. Jadi, kalau mau mengecek kesehatan gigi anak dan keluarga di Medikids, enggak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta atau Depok. Tinggal mengunjungi klinik Medikids Bogor di ruko The Plaza yang terletak di area perumahan Bukit Cimanggu City.

Klinik Medikids kini sudah ada di kota Bogor.

FYI, klinik dokter gigi anak dan keluarga Medikids ini baru saja diresmikan minggu lalu, tepatnya pada hari Minggu tanggal 12 Desember 2021. Selain meresmikan klinik baru, pada hari yang sama Medikids juga menyelenggarakan talkshow dengan tema menjaga kesehatan gigi anak dan keluarga.

Sebelum ngobrolin tentang klinik barunya Medikids di Bogor ini, saya mau sharing materi yang saya dapatkan dari talkshow tersebut ya 🙂 .

Yuk, jaga kesehatan gigi anak!

Talkshow tentang kesehatan gigi tersebut menghadirkan beberapa narasumber, yakni:

  • Dokter gigi anak klinik Medikids Wakaf Bogor, drg. Amiroh
  • Dokter Medikids Wakaf Bogor, dr. Antania Isyatira Kartika
  • Mom Influencer, Cut Namira.

Drg. Amiroh dalam kesempatan itu mengatakan bahwa sangat penting memperhatikan kesehatan gigi anak sejak gigi anak pertama kali muncul, walaupun masih satu dua gigi dan masih kecil bentuknya. Soalnya, pada tahap itu, lebih mudah membersihkan gigi yang sedikit itu, sekaligus gusi dan lidah anak.

Drg. Amiroh juga mengingatkan kepada orang tua supaya rutin membersihkan dan melakukan kontrol pada gigi anaknya. Memastikan gigi tersebut bersih, salah satunya dengan menggosok gigi anak minimal dua kali sehari.

Meski demikian, tentu saja orang tua tetap membutuhkan pengawasan dokter gigi untuk membantu mengecek kesehatan gigi anak. Maka, sebaiknya, selain dirawat di rumah, anak juga rutin dibawa ke klinik dokter gigi. Usahakan bawa anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk cek rutin, supaya anak terbiasa dengan pemeriksaan gigi.

Waktu yang paling tepat untuk membawa anak ke dokter gigi anak, menurut drg. Amiroh adalah ketika anak berusia 1-1,5 tahun. Pada saat itu gigi anak sudah mulai tumbuh dan sebaiknya diperkenalkan kepada klinik dan dokter gigi.

Kata drg. Amiroh tidak masalah kalau pada saat itu anak masih menangis saat diperiksa giginya, karena pada saat itu memang tahap memperkenalkan dokter gigi. Nanti, bisa dibantu dengan dipeluk dan ditenangkan oleh orang tuanya. Drg. Amiroh juga menyarankan, sebaiknya bawa ke klinik gigi yang suasananya menyenangkan buat anak-anak, salah satunya seperti klinik Medikids.

Mom Cut Namira mengatakan memang yang namanya suasana klinik gigi sangat mempengaruhi mau atau enggaknya anak diperiksa giginya. Jika suasananya nyaman dan menyenangkan, kata mom Cut Namira, malah kadang anak yang meminta datang sendiri ke dokter gigi.

Bawa anak ke klinik gigi yang suasananya menyenangkan.

Kemudian, mom Cut Namira juga berbagi cara supaya anak enggak takut diajak ke dokter gigi. Sesuai pengalamannya, mom Cut Namira yang memeriksakan gigi ke dokter gigi sambol mengajak anaknya. Sebelumnya, juga dirinya menceritakan apa saja yang dilakukan oleh dokter gigi saat merawat giginya.

Lalu, mom Cut Namira juga mengingatkan untuk tidak menakut-nakuti anak tentang dokter gigi. Ceritakan saja yang sebenarnya tanpa membuat anak takut.

Anak sudah bisa diajak ke dokter gigi sejak usia 1 tahun ya moms.

Tak lupa dalam kesempatan itu dr. Antania Isyatira Kartika mengingatkan supaya ibu-ibu peserta talkshow mengajak anak vaksin sesuai jadwal. Dr. Antania mengatakan bahwa memang saat pandemi ini ada kekhawatiran sebagian orang tua membawa anaknya vaksin. Namun, dr. Antania bilang tidak usah khawatir karena klinik vaksin, salah satunya Medikids, sudah berusaha memenuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Dr. Antania mengingatkan justru kalau menuda vaksin malah berbahaya untuk kesehatan anak. Anak nanti jadi rentan terkena penyakit.

Begitulah teman-teman, ringkasan materi dari talkshow hari itu. Jadi, teman-teman, terutama para moms, jangan ragu membawa anak ke dokter gigi maupun melakukan vaksin ya, supaya kesehatan anak tetap terjaga.

Buat yang di Bogor bisa bawa anak-anaknya untuk cek kesehatan gigi dan vaksin di klinik Medikids Wakaf Bogor yang baru dibuka dan diresmikan tersebut.

Tentang klinik Medikids Wakaf Bogor

BTW, mungkin teman-teman ada yang bingung, mengapa kok saya menyebut klinik Medikids Bogor ini sebagai klinik Medikids Wakaf? Mengapa kok ada kata “wakaf” pada nama kliniknya?

Salah satu sudut klinik.

FYI, sebenarnya, sebelum klinik Medikids Wakaf Bogor, sudah ada klinik Medikids Wakaf di Depok dan Cikupa, Tangerang. Jadi klinik yang di Bogor ini merupakan klinik wakaf yang ketiga.

Sesuai namanya, klinik Medikids Wakaf ini memang merupakan salah satu klinik yang dibangun dengan konsep wakaf oleh Mulia Health and Dental Care (MHDC) Group yang membawahi klinik Medikids bersama Yayasan Wakaf Produktif Pengelola Aset Islami Indonesia (PAII).

Acara pemotongan tumpeng saat opening klinik.

PAII merupakan yayasan sosial keagamaan yang dibentuk untuk mengelola wakaf secara produktif dan profesional. Hasil pengembangan aset wakafnya disalurkan ke masyarakat dalam bentuk manfaat wakaf.

Dalam pengelolaan klinik Medikids Wakaf, PAII berperan sebagai Nazhir (pengelola) yang bertugas menjaga dan mengembangkan wakaf, sedangkan MHDC Group berperan sebagai operator melalui klinik yang dibangunnya.

Melayani booking online.

Itulah sebabnya nanti dana yang berasal dari pengelolaan klinik akan diaokasikan untuk kepentingan masyarakata yang membutuhkan. Misalnya, untuk kegiatan kesehatan buat masyarakat, santunan untuk anak yatim piatu, pemberian beasiswa, dll.

Maka, apabila teman-teman datang ke klinik Medikids Wakaf ini, secara tidak langsung teman-teman pun telah membantu kegiatan-kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh klinik. Menarik bukan konsepnya?

Layanan yang tersedia di klinik Medikids Bogor

Mungkin ada yang bertanya juga, “Layanan apa saja sih yang tersedia di klinik Medikids Wakaf Bogor ini?”

Menurut informasi yang saya dapatkan saat opening klinik Medikids kala itu, klinik Medikids Bogor memiliki layanan:

  • Dokter gigi spesialis untuk anak dan keluarga
  • Vaksin anak dan keluarga.

Jadi, kalau teman-teman mencari layanan  dokter gigi anak dan keluarga Bogor , maka di klinik Medikids inilah tempatnya. Begitu pula kalau teman-teman ingin mencari klinik vaksin anak dan keluarga Bogor, tinggal datang saja ke klinik Medikids ini. Klinik Medikids Bogor buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 WIB malam.

Ruang periksa gigi di lantai 2 klinik.

Oh iya, pada saat opening klinik saya juga berkesempatan melihat-lihat klinik barunya, lho. Klinik Medikids Bogor ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama untuk administrasi, ruang tunggu, playground, dan satu ruangan dengan kursi periksa gigi dan mainan anak-anak. Kemungkinan besar ruangan tersebut digunakan oleh petugas klinik untuk mengedukasi mengenai kesehatan gigi kepada anak-anak.

Interior ruang tunggunya juga cukup menarik, berbentuk seperti bus station, gitu. Juga tersedia air minum yang bisa dinikmati oleh pelanggan saat menunggu giliran periksa.

Ruang vaksinasi.

Kemudian, di lantai ada beberapa ruang tindakan. Ada 2 ruangan untuk memeriksa kesehatan gigi dan 1 ruangan untuk general check up sekaligus vaksin. Nama dan desain ruangannya cukup unik, yakni menggunakan beberapa nama negara yang membuat seolah-olah mereka yang sedang memeriksakan kesehatan sedang jalan-jalan ke negara-negara tersebut.

Saya rasa hal-hal seperti itu akan membuat pasien, khususnya anak-anak merasa betah, deh. Enggak takut ke dokter gigi lagi.

Ruang tunggu.

Selain itu, yang lebih penting lagi, peralatan perawatan gigi dan juga untuk pemberian vaksin di klinik Medikids Bogor ini termasuk lengkap. Protokol kesehatan pun dijalankan dengan ketat demi keamanan dan kenyamanan pasien. Beberapa protokol kesehatan yang dijalankan antara lain: disinfeksi dan sterilisasi ruangan, screening kesehatan pada staf yang bertugas, serta menjaga sirkulasi udara dengan melengkapi setiap ruangan dengan air purifier.

Selain itu, klinik Medikids Bogor juga menyediakan online appointment supaya mencegah penumpukan pasien yang datang ke klinik. Caranya ketik https://mhdc.co.id/appoitment/ di browser, lalu lakukan booking online dengan mengisi data yang dibutuhkan. Nanti, apabila ada perubahan jadwal, maka pihak klinik akan menghubungi kita nomor kita.

Tempat bermain dan outdoor playground yang membuat pasien anak betah.

 Bukit CimangguJadi begitulah teman-teman, khususnya yang tinggal di Bogor, mengenai informasi klinik Medikids ini. Silakan buat yang membutuhkan pengecekan rutin untuk gigi anak dan keluarga, maupun vaksin bisa langsung ke kliniknya yang beralamat lengkap di: Ruko The Plaza, Perumahan Bukit Cimanggu City Blok RKA no.6 Jl. KH. Sholeh Iskandar, kelurahan Cibadak, kecamatan Tanah Sereal, Jawa, Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Semoga infomasi mengenai klinik Medikids cabang Bogor ini bermanfaat ya 🙂 .

April Hamsa

24 Comments

  1. Gusti yeni 23 Desember, 2021
  2. Andiyani Achmad 23 Desember, 2021
  3. Cindy Vania 23 Desember, 2021
  4. Jiah Al Jafara 24 Desember, 2021
  5. Rosanna Simanjuntak 24 Desember, 2021
  6. Nurul Sufitri 24 Desember, 2021
  7. Keke Naima 24 Desember, 2021
  8. Ade UFi 25 Desember, 2021
  9. Dedew 25 Desember, 2021
  10. Yati Rachmat 25 Desember, 2021
  11. Rach Alida 25 Desember, 2021
  12. antung apriana 25 Desember, 2021
  13. lendyagassi 25 Desember, 2021
  14. Dian 25 Desember, 2021
  15. Sri Widiyastuti 25 Desember, 2021
  16. Siti Hairul 25 Desember, 2021
  17. diane 26 Desember, 2021
  18. @hm_zwan 26 Desember, 2021
  19. Uniek Kaswarganti 27 Desember, 2021
  20. Tanti Amelia 27 Desember, 2021
  21. Ugik Madyo 29 Desember, 2021
  22. ima satrianto 30 Desember, 2021
  23. Adriana Dian 30 Desember, 2021
  24. echaimutenan 30 Desember, 2021

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!