Dema Food Health Indomilk Indomilk Kids Full Cream Kids Health Our Kids Product Review Susu UHT

5 Manfaat Susu UHT untuk Anak Usia 1 Tahun ke Atas

β€œApakah anak usia satu tahun ke atas perlu minum susu lain selain Air Susu Ibu (ASI), misalnya seperti susu UHT?”

Saya sering menjumpai pertanyaan semacam itu di beberapa forum parenting. Sepertinya, sebagian ibu merasa galau, apakah perlu atau tidak memberikan susu tambahan kepada anaknya yang telah berusia satu tahun.

Kalau saya pribadi sih, saat anak-anak saya dulu mulai menginjak usia setahun, saya enggak ragu memberikan susu UHT kepada mereka. Alasannya karena saya ingin memberikan nutrisi tambahan kepada anak-anak. Maklum, anak-anak gitu lho, kadang kalau makan suka enggak abis atau lebih buruk lagi, suka picky eater. Sehingga, waktu itu, saya merasa perlu memberikan susu tambahan seperti susu UHT sebagai salah satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anak.

Mengapa saya memberikan susu UHT kepada anak?

Mengapa waktu itu saya memilih UHT? Ada beberapa alasan sih, pertama karena praktis, enggak perlu masak air panas lagi untuk bikin susu. Tinggal ambil kotak susu UHT, lalu colokin sedotan, kasi ke anak, beres πŸ˜€ . Pas juga sih waktu itu saya lagi mengajari anak-anak untuk minum pakai sedotan.

Dema anak saya sudah minum susu UHT sejak usia setahun.

Alasan kedua, menurut saya, dari segi harga, susu UHT itu lebih ramah kantong. Sehingga, kalau mau beli dalam jumlah banyak buat β€œcamilan” anak di rumah, misal sehari diberi 3-4 kotak, masih oke lha. BTW, hingga saat ini, kalau sedang belanja bulanan, saya suka beli susu UHT langsung satu atau dua box yang isi 40 kotak susu @115 ml itu, lho.

Daaann, enggak ketinggalan alasan ketiga ini donk, yakni susu UHT itu merupakan produk susu yang kandungan gizinya mendekati kandungan gizi susu segar. Kok bisa? Iya bisa, soalnya susu UHT itu sebenarnya dibuat dari susu sapi segar yang dipanaskan pada suhu tinggi, sekitar 135-145 derajat Celcius dalam waktu singkat (sekitar 2-5 detik). Itulah sebabnya susu ini disebut Ultra High Temperature disingkat UHT.

Pemanasan susu segar dalam suhu tinggi tersebut bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Meski demikian, karena prosesnya cukup singkat, kandungan vitamin dan nilai gizinya enggak rusak kok. Malahan proses tersebut membuat susu UHT memiliki rasa dan warna yang enggak jauh berbeda dari susu segar. Selain itu, proses tersebut juga membuat susu UHT memiliki daya simpan lama. Bahkan dalam suhu ruang sekalipun, susu UHT bisa awet sampai 6 bulan lebih.

Lima kebaikan susu UHT yang membuat anak tumbuh aktif dan sehat

Sejauh ini sih, alhamdulillah anak-anak saya baik-baik saja mengkonsumsi susu UHT. Sejak usia anak-anak setahun hingga sekarang. Malahan, saya merasa berkat konsumsi susu UHT tiap hari, anak-anak saya jadi:

Anak sehat dan jarang sakit

Alhamdulillah anak-anak jarang sakit. Kalau membaca beberapa artikel kesehatan, katanya sih susu itu mengandung asam lemak yang memiliki fungsi sebagai makanan bakteri baik dalam usus/ pencernaan. Ketika pencernaan anak sehat, maka kekebalan tubuh anak pun jadi baik, sehingga anak jarang sakit.

Anak lebih aktif

Anak yang sehat dan jarang sakit, lebih mudah untuk distimulasi. Sehingga anak-anak pun motoriknya berkembang baik, sehingga mereka menjadi anak yang sangat aktif. Baik aktif bermain maupun mengeksplorasi banyak hal di sekelilingnya.

Anak yang suka minum susu UHT biasanya lebih aktif.
Anak lebih cerdas

Anak yang aktif biasanya juga cerdas, baik secara emosi maupun sosial. Sebab, anak-anak ini biasanya mudah memahami situasi dan lebih mudah beradaptasi.

Anak yang suka minum susu UHT lebih mudah distimulasi sehingga lebih cerdas.
Gigi anak lebih kuat

Tentu saja, susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang mudah pula diserap oleh tubuh. Terlebih lagi, tubuh anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Kalsium ini membuat pertumbuhan gigi susu anak-anak bisa optimal. Saat, gigi susunya tanggal, anak yang terbiasa minum susu, khususnya susu UHT, biasanya gigi permanennya juga tumbuh bagus dan kuat sesuai usial Tentu saja, jangan lupa menyikat gigi anak supaya giginya makin bagus, sehat, dan kuat.

Anak tumbuh ke atas dengan optimal (tinggi)

Selain mengoptimalkan pertumbuhan gigi anak, kebiasaan minum susu UHT juga membuat pertumbuhan tulang anak jadi optimal. Anak yang suka minum susu UHT, biasanya tulangnya akan memadat/ mengeras dan bisa tumbuh tinggi ke atas. Saya sendiri melihat anak-anak saya sepertinya calon orang dewasa yang punya tinggi lumayan, kelak. Soalnya, kalau dibandingkan dengan saya, tulang jari, kaki, dan tangan anak-anak saya sepertinya lebih panjang, dibanding ketika saya seusia mereka, dulu.

Review susu UHT Indomilk Kids Full Cream

BTW, teman-teman mau tahu tidak, susu UHT yang dikonsumsi oleh anak-anak saya? Susu UHT yang biasa diminum oleh anak-anak saya adalah susu UHT Indomilk Kids Full Cream. Susu UHT Indomilk Kids Full Cream ini cocok sebagai susu untuk anak usia 1 tahun ke atas atau susu anak-anak setelah mereka enggak minum ASI lagi (susu selepas ASI).

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream, pilihan saya untuk anak-anak.

Mengapa pilihan saya jatuh ke susu UHT Indomilk Kids Full Cream? Berikut adalah beberapa alasannya:

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream rasanya seperti susu segar

Susu ini full cream, sehingga memiliki rasa, aroma, bahkan tekstur yang sangat mirip dengan susu segar.

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream tanpa tambahan garam

Tahukah teman-teman, bahwa ada beberapa susu UHT yang rasanya begitu gurih? Ternyata penyebabnya adalah ada penambahan garam saat proses produksi susu UHT tersebut. Padahal, anak-anak tidak butuh asupan garam yang terlalu banyak. Soalnya, asupan garam yang berlebihan membuat anak cenderung lebih mudah haus dan lapar. Akibatnya, anak akan jadi lebih banyak mengkonsumsi makanan terus-menerus, sehingga berisiko obesitas.

Selain itu, konsumsi garam yang berlebihan, termasuk di antaranya di dalam kandungan susu UHT, bisa membuat anak mengalami hipertensi. Itulah sebabnya, saya memilihkan susu UHT yang enggak mengandung garam seperti susu UHT Indomilk Kids Full Cream.

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream tanpa tambahan gula

Selain enggak ada penambahan garam, susu UHT Indomilk Kids Full Cream juga tanpa tambahan gula. Dengan demikian, anak akan terhindar dari mengkonsumsi gula yang berlebihan. Sebagaimana yang kita ketahui, koinsumsi gula yang berlebihan bisa menimbulkan dampak yang kurang baik untuk anak-anak, khususnya saat mereka dewasa kelak, seperti obesitas, diabetes, dll.

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream kaya kalsium dan nutrisi lainnya.
Susu UHT Indomilk Kids Full Cream tinggi kalsium

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream punya kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kalsium ini sangat bagus untuk memenuhi kebututuhan kalisum anak, sehingga bisa memgoptimalkan pertumbuhan gigi dan tulang anak.

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream kaya akan nutrisi

Selain tinggi kalsium, kalau melihat komposisi/ kandungan susu yang tertera di kotak kemasannya, susu UHT Indomilk Kids Full Cream juga kaya akan kandungan nutrisi. Diantaranya seperti Vitamin D yang bisa membantu penyerapan kalsium. Lalu, susu UHT Indomilk Kids Full Cream juga mengandung Vitamin A yang bisa membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata. Selain itu, usu UHT Indomilk Kids Full Cream juga mengandung nutrisi yang juga sangat dibutuhkan tubuh seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Nah, itulah teman-teman, beberapa alasan yang bikin saya enggak ragu memberikan susu UHT kepada anak-anak setelah mereka usia setahun atau selepas ASI, plus rekomendasi susu UHT favorit anak-anak saya, yakni susu UHT Indomilk Kids Full Cream. Cobain deh buat si kecil, semoga cocok yaaa…

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream sedang bikin blog competition lho.

Oh iya, FYI, susu UHT Indomilk Kids Full Cream sedang bikin blog competition, lho. Kompetisinya berupa menulis review mengenai susu UHT Indomilk Kids Full Cream. Jadi, saat nyobain susu UHT ini untuk si kecil, teman-teman juga bisa ikutan blog competition-nya. Hadiahnya lumayan lho, total hadiah Rp. 15 juta.

Syaratnya gampang banget:

  • Kompetisi ini buat momblogger yang berusia 25-35 tahun yang punya anak usia 2-5 tahun.
  • Menulis review tentang susu UHT Indomilk Kids Full Cream di blog pribadi dengan tema #IndomilkUHTKidsFullCream #AktifItuSehat.
  • Lengkapi artikel dengan foto kegiatan outdoor yang menarik bersama si kecil.
  • Informasikan dan ajak teman-teman untuk ikutan blog competition ini dengan kalimat yang menarik di akhir postingan.

Nanti, tiap minggu akan ada hadiah sebesar Rp. 1 juta untuk satu orang pemenang. Kemudian, pada akhir periode akan diumumkan 3 pemenang utam dengan hadiah:

  • Juara I: Rp. 5 juta
  • Juara II: Rp. 3 juta
  • Juara III: Rp. 2 juta.

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 20 Desember 2018 sampai 31 Januari 2019 nanti. Yuk, ikutan submit. Semoga beruntung memenangkan salah satu hadiahnya yaaa… πŸ™‚ .

April Hamsa

68 Comments

  1. herva yulyanti 11 Januari, 2019
  2. Nunung Nurlaela 11 Januari, 2019
  3. Erfano 11 Januari, 2019
  4. Tetty Hermawati 11 Januari, 2019
  5. Keke Naima 11 Januari, 2019
  6. Tuty Queen 12 Januari, 2019
  7. Sekar 12 Januari, 2019
  8. Rani R Tyas 12 Januari, 2019
  9. Mama Karla 12 Januari, 2019
  10. Noe 12 Januari, 2019
  11. Rach Alida 12 Januari, 2019
  12. yola widya 12 Januari, 2019
  13. Nefertite Fatriyanti 12 Januari, 2019
  14. Yoanna Fayza 12 Januari, 2019
    • Yoanna Fayza 16 Januari, 2019
  15. Rosanna Simanjuntak 12 Januari, 2019
  16. Diah 13 Januari, 2019
  17. Hafizatul ismi 13 Januari, 2019
  18. Noorma Fitriana M. Zain 13 Januari, 2019
  19. Indah Nuria 13 Januari, 2019
  20. emanuella aka nyonyamalas 13 Januari, 2019
  21. Ida Tahmidah 13 Januari, 2019
  22. Siti hairul 13 Januari, 2019
  23. Hida 13 Januari, 2019
  24. Leyla 13 Januari, 2019
  25. Ainhy Edelweiss 13 Januari, 2019
  26. Nyi Penengah Dewanti 13 Januari, 2019
  27. Cerita Dunia Anak 13 Januari, 2019
  28. Uniek Kaswarganti 13 Januari, 2019
  29. lendyagasshi 13 Januari, 2019
  30. handriati 13 Januari, 2019
  31. @bangsaid 13 Januari, 2019
  32. febridwicahya 13 Januari, 2019
  33. Yati Rachmat 13 Januari, 2019
  34. Diah Agustina Wulandari 14 Januari, 2019
  35. Laily 14 Januari, 2019
  36. Atika dian Pitaloka 14 Januari, 2019
  37. CatatanRia 14 Januari, 2019
  38. ajeng pujianti lestari 14 Januari, 2019
  39. Aminnatul Widyana 14 Januari, 2019
  40. Bunda Erysha (yenisovia.com) 14 Januari, 2019
  41. Gita Siwi 14 Januari, 2019
  42. Visya 15 Januari, 2019
  43. @nurulrahma 15 Januari, 2019
  44. Faradillah 15 Januari, 2019
  45. Wiwin Pratiwanggini 15 Januari, 2019
  46. zefy 15 Januari, 2019
  47. charles 15 Januari, 2019
  48. Ulya 15 Januari, 2019
  49. Dian Restu Agustina 15 Januari, 2019
  50. Utie adnu 15 Januari, 2019
  51. Ade UFi 16 Januari, 2019
  52. Travel Galau 16 Januari, 2019
  53. Rindang Yuliani 16 Januari, 2019
  54. Jiah 16 Januari, 2019
  55. Jiah 16 Januari, 2019
  56. amanda 16 Januari, 2019
  57. Rani Yulianty 16 Januari, 2019
  58. Rhoshandhayani KT πŸ’• 16 Januari, 2019
  59. Reni Dwi Astuti 16 Januari, 2019
  60. Tukang Jalan Jajan 16 Januari, 2019
  61. hellofika 16 Januari, 2019
  62. Irra Octaviany 16 Januari, 2019
  63. Yesi Intasari 16 Januari, 2019
  64. natra rahmani salim 16 Januari, 2019
  65. Mudrikah Stories 16 Januari, 2019
  66. Marfa 16 Januari, 2019
  67. Cicidesri 17 Januari, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!