Blogger Blogger Reporter Events Product Review Review & Contest

Merayakan Milad Ketiga Blogger Muslimah dengan Belajar Kepribadian dan SEO Management

Blogger Muslimah. Saya agak lupa-lupa ingat sejak kapan saya join grup Blogger Muslimah di Facebook. Dulu sih niatnya join dengan tujuan sebagai sarana untuk ngeshare blogpost terbaru. Saya juga waktu itu mikir, kayaknya asyik nih kalau join di grup blogger yang semua membernya satu keyakinan. Bisa lebih nyaman kalau mau sharing blogpost bertema keagamaan.

Selain itu, saya juga berharap mendapat teman-teman baru di luar komunitas-komunitas blogger lain yang sudah saya ikuti. Meskipun ternyata di Blogger Muslimah, temannya ya ternyata si blogger itu-itu aja, hahaha. Eh, tapi saat blogwalking ke blog member Blogger Muslimah ternyata banyak juga sih blogger yang namanya belum terlalu akrab dengan saya di komunitas lain.

Sampai Agustus 2017 kemarin, saya jadi makin akrab dengan Blogger Muslimah. Waktu itu Blogger Muslimah mengadakan challenge Program One Day One Post (ODOP). For your information, kalau ikutan ODOP itu artinya kita harus membuat satu artikel tiap hari untuk diposting di blog kita.

Merasa tertantang, akhirnya sepanjang Agustus kemarin saya mengikuti ODOP. Alasan saya ikut ODOP simple aja, yakni sebagai penyeimbang isi blog yang sudah seperti “etalase toko”, dimana tulisannya rata-rata kebanyakan sponsored post dengan banyak backlink keluar.

Saya pun bertekad menulis 30 hari dengan tema parenting tanpa satupun backlink keluar. Kalaupun ada sponsored post, maka di hari yang sama saya menulis lebih dari satu artikel. Satu untuk menunaikan kewajiban saya pada agensi/ brand, satu lagi khusus untuk ODOP.

Hasilnya, alhamdulillah, saya dapat penghargaan dari Blogger Muslimah sebagai salah satu pemenang Program ODOP. Semenjak itu, saya merasa Blogger Muslimah berjasa memberikan saya nilai-nilai tertentu, antara lain seperti: kemauan kuat, konsistensi, usaha sebanding dengan hasil, menembus batas kemampuan, dan masih banyak nilai-nilai lain yang saya dapatkan dari ODOP saat itu.

Mengikuti perayaan ulang tahun Blogger Muslimah

Maka, saat saya tahu bahwa Blogger Muslimah akan merayakan ulang tahunnya yang ketiga, awal bulan lalu, saya pun ikut mendaftar. Kalau terpilih sebagai peserta acara Milad Ketiga Blogger Muslimah, maka itu artinya akan jadi momen perdana saya kopi darat dengan admin Blogger Muslimah, juga dengan para member-nya.

Suasana perayaan Milad Ketiga Blogger Muslimah.

Beberapa waktu kemudian, pengumuman peserta yang terpilih keluar. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu member yang terpilih mengikuti acara Milad Ketiga Blogger Muslimah. Acara Milad Ketiga Blogger Muslimah berlangsung pada Minggu 10 Desember 2017 kemarin. Acara ini diselenggarakan di kantor Proxsis Consulting Group di Permata Kuningan Building, Jakarta Selatan.

Meskipun namanya acara Milad Ketiga Blogger Muslimah, tapi isinya bukan sekadar perayaan hura-hura, potong tumpeng atau kue, lalu makan bersama aja. Namun. Acaranya cukup bergizi karena ada dua pemateri yang sharing tentang ilmunya masing-masing.

Pertama ada Human Resource Generalist Ratih Sophie Azizah (Mbak Ratih) yang sharing tentang Kepribadian Muslimah. Sedangkan, pembicara kedua adalah SEO Specialist dari digitalfinger.com Riandi Rahmat (Mas Rian).

Sebelum menginjak ke materi, acara dibuka dengan sambutan dari founder Blogger Muslimah Novia Syahidah Rais (Mbak Novia). Mbak Novia menjelaskan kepada semua peserta acara Milad Ketiga Blogger Muslimah tentang sejarah terbentuknya komunitas Blogger Muslimah. Mbak Novia juga memperkenalkan visi dan misi Blogger Muslimah, plus menjelaskan mengenai program-program Blogger Muslimah yang sudah berjalan.

Mbak Novia menjelaskan visi dan misi Blogger Muslimah.

Bagi teman-teman yang belum tahu, for your information, Blogger Muslimah itu lahir tanggal 1 Desember 2014. Visi Blogger Muslimah adalah “Menjadi mesin penggerak bagi para muslimah untuk aktif menulis di media sosial (blog).”

Sedangkan misi Blogger Muslimah yang ini adalah:

  • Memberdayakan para muslimah melalu aktivitas menulis di media sosial (blog) dengan tetap menjaga identitas mereka sebagai muslimah.
  • Mengajak, membantu, dan memfasilitasi para muslimah yang suka menulis untuk memiliki, mengelola, dan mengembangkan media sosial (blog) mereka secara baik.
  • Menjalin rasa kebersamaan antar muslimah dalam sebuah komunitas.

Setelah memaparkan visi dan misi Blogger Muslimah, Mbak Novia juga memberitahu tagline Blogger Muslimah yakni: “Membaca Dunia, Menulis Semesta”.

Harapannya sebagai muslimah, kita harus banyak membaca. Kemudian menyebarkan informasi yang bermanfaat dari apa yang kita baca tersebut melalui tulisan di blog,” kata Mbak Novia.

Mbak Novia juga menjelaskan beberapa program Blogger Muslimah yang sudah berjalan, antara lain:

  • Program offline: Program Eduvisit Muslimah, Blogger Muslimah Meet Up.
  • Program online: Kepenulisan Non Fiksi, Kepribadian Muslimah, Kepenulisan Fiksi.

Satu lagi, Mbak Novia mengatakan program yang coming soon adalah icon muslimah seperti gambar di bawah ini:

Icon Blogger Muslimah yang namanya masih misterius.

Icon muslimah ini diharapkan akan menjadi icon baru yang menyapa dan akan berbagi dengan member Blogger Muslimah di website dan media sosial Blogger Muslimah. Oh ya, buat teman-teman yang mau tahu lebih banyak tentang Blogger Muslimah bisa melihat di:

  • Website: www.bloggermuslimah.id.
  • Facebook: Blogger Muslimah Indonesia.
  • Twitter: @blogmuslimah_id.
  • Instagram: @bloggermuslimah.

Kepribadian Muslimah di Era Digital

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pada perayaan Milad Ketiga Blogger Muslimah, peserta mendapatkan dua materi ilmu. Ilmu pertama dari Mbak Ratih, yakni mengenai Kepribadian Muslimah. Khususnya, kepribadian muslimah di era digital seperti sekarang ini.

Mbak Ratih menjelaskan tentang Kepribadian Muslimah.

Mengapa kita perlu belajar mengenai kepribadian muslimah? Menurut Mbak Ratih dengan mempelajari tentang kepribadian muslimah kita akan bisa mengenali diri sendiri dan orang lain. Mbak Ratih kemudian melanjutkan dengan memperkenalkan suatu tools atau alat untuk tes kepribadian yang bernama DISC.

DISC merupakan kependekan dari: Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Tokoh-tokoh terkenal di dunia yang memiliki masing-masing kepribadian tersebut antara lain:

Beragam kepribadian sesuai DISC.

Teman-teman pasti sudah enggak asing bukan dengan nama-nama tokoh dalam gambar saya tersebut? 😀

DISC ini sering dipakai untuk psikotest pada saat wawancara pekerjaan. Tujuannya untuk mengetahui kepribadian atau deskripsi diri. Tes ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani kuno, lalu saat era perang dipakai untuk alat tes rekrutmen prajurit Amerika. Karena dirasa bagus, akhirnya di era modern dipakai oleh perusahaan untuk rekrutmen,” kata Mbak Ratih ketika menjelaskan tentang sejarah DISC.

Kemudian, Mbak Ratih membagikan lembaran kertas berisi berbagai macam pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta sesuai kepribadian masing-masing. Jawaban dari pertanyaan-pertanyan tersebut adalah pilihan ganda, A-D. Ternyata ada maskudnya mengapa jawabannya diberi pilihan, sebab kepribadian peserta bisa dibaca dari banyaknya jawaban yang dominan. Kalau banyak menjawab A berarti Influence, kalau B Dominance, C Complement, dan D Steadiness.

Tes DISC untuk peserta Milad Ketiga Blogger Muslimah.

Kalau jawaban saya kebanyakan A, maka saya termasuk seorang dengan kepribadian Influence. Orang-orang dengan kepribadian Influence biasanya antusias, bersemangat tinggi, percaya diri, optimistis, dll. Adakah teman-teman yang merasa begitu juga? Kayaknya kepribadian kita mirip, jika iya 😀 .

Meski demikian, menurut Mbak Ratih, enggak ada orang yang benar-benar Influence, Dominance, Complement, maupun Steadiness. Biasanya sih gabungan antara kepribadian-kepribadian itu. Cuma skor saya tinggi banget untuk condong ke Influence. Sedangkan posisi kedua yang tertinggi adalah Steadiness, tapi skor-nya jauh di bawah Influence 😀 .

Manfaat mengenal kepribadian diri sendiri maupun orang lain adalah:

  • Understanding: kita jadi bisa memahami orang lain. Kalau melihat orang melakukan sesuatu yang dirasa aneh, kita jadi lebih maklum, bahwa sebenarnya mereka enggak aneh. Emang kepribadiannya ya begitu itu.
  • Recognising: Kita bisa mengenali orang lain, kita jadi mengetahui tipe seperti apa orang itu, enggak menebak-nebak, jadi bisa memprediksi perilaku orang di masa mendatang, dll.
  • Adapting: Untuk menyesuaikan dimana posisi kita atau orang lain, bisa tahu kelebihan dan kekurangan diri/ orang lain, bisa melakukan langkah-langkah penyesuaian diri, bisa menempatkan diri dengan mudah, dll.
  • Appreciating the Difference: Supaya bisa menghargai perbedaan, sebab sebenarnya perbedaan itu bisa kita pelajari, supaya jadi bisa bersinergi.

DISC ini bisa kita pakai untuk mengembangkan kepribadian kita sebagai blogger. Meski demikian, kita juga harus ingat bahwa di luar itu, kita juga memiliki identitas yang lain, yakni sebagai seorang muslimah,” kata Mbak Ratih mengingatkan peserta.

Menutup materinya, Mbak Ratih memberikan saran kepada member Blogger Muslimah yang hadir supaya:

  • Jangan latah, jangan termakan trend. Bukannya enggak boleh, tapi kalau bisa tetaplah menjadi diri sendiri sebagai seorang muslimah. Jadilah ikan di laut yang tubuhnya tetap tawar padahal hidup di laut yang asin. Sebagaimana tertuang dalam Al Baqarah 148: “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
  • Berhati-hatilah dalam memilih tempat bersosialisasi. Pilihlah komunitas yang makin mendekatkan kita kepada Allah SWT, bukan yang sakadar membuat kita eksis. “Boleh berbaur, tapi jangan sampai lebur,” pesan Mbak Ratih.
  • Berhati-hatilah dalam menjaga pikiran. Sebaiknya sibukan diri dengan pikiran yang baik. “Jangan lupa menyertakan Allah dalam pikiran, jari dan lisan kita,” pungkas Mbak Ratih.

Tentang SEO Management

Materi kedua, sepertinya ini yang paling dinanti-nanti semua blogger, yakni Search Engine Optimization atau SEO Management (SEO) oleh Mas Rian. SEO ini sangat penting diketahui semua blogger yang memonetize blog-nya, supaya artikel atau blog-nya bisa muncul di halaman satu search engine seperti Google.

Mas Rian menjelaskan tentang SEO Management.

Sebelum menjelaskan tentang SEO lebih lanjut, Mas Rian mengatakan bahwa ada cara lain untuk tampil di halaman pertama Google selain dengan SEO. Caranya dengan Search Engine Marketing (SEM).

Bedanya SEO dengan SEM adalah:

  • SEO: Hasil pencariannya alami/ organik, hasil pencariannya tak berbayar, hasil pencariannya non iklan.
  • SEM: hasil pencariannya enggak alami, berbayar, berupa hasil pencarian iklan, dan dari hasil pencarian non organik.

Sebagai blogger maka kita sebaiknya kudu paham tentang SEO supaya artikel kita nangkring di page one Google tanpa perlu membayar iklan.

Mas Rian kemudian lebih lanjut membandingkan blog atau website yang dioptimasi dengan SEO dan yang non-SEO (SEM). Kelebihan keduanya adalah sebagai berikut:

  • Blog/ website non-SEO (SEM): Jika kita searching maka Google akan menampilkan artikelnya bisa di nomor 1, 2, 3, dst, bisa langsung ada di halaman pertama bahkan nomor satu hanya dalam waktu kurang dari satu jam, sehingga bisa segera memasarkan produk/ jasa sehingga bisa dengan cepat mendapatkan keuntungan penjualan. Tapi, kita harus bayar kepada Google.
  • Blog/ website SEO: Kalau sudah berada di halaman pertama hasil pencarian Google sesuai kata kunci yang ditarget, maka blog tersebut bisa tampil 24 jam dalam seminggu secara terus-menerus, sampai nanti kalau ada blog yang SEO-nya lebih optimal dia akan turun rankingnya. Keuntungannya nanti artikelnya bisa terus-menerus dikunjungi oleh orang. Selain itu, kelebihan lain adalah dengan memakai SEO enggak perlu membayar sepeserpun kepada Google.

Sedangkan kekurangan SEM dan SEO adalah sebagai berikut:

  • Blog/ website non-SEO (SEM): Untuk tetap berada di halaman pertama Google harus bayar iklan. Jika anggaran iklannya habis, maka akan tersingkir dari halaman pertama Google.
  • Blog/ website SEO: Tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Butuh waktu berhari-hari, mingguan, bahkan tahunan, tergantung dari beberapa faktor. Selain itu SEO ini butuh biaya, waktu, dan usaha yang enggak sedikit, namun hasilnya bisa lebih permanen.

Untuk blogger maka saran Mas Rian kita mengoptimasi blog dengan SEO. Tahap-tahap yang perlu dilakukan antara lain:

Tahap I: Siapkan sebuah website atau blog

Bisa Blogspot, WordPress, PrestaShop, dll. Namun Mas Rian menyarankan untuk menggunakan WordPress sebab bisa mengoptimasinya dengan lebih mudah.

Tahap II: Riset kata kunci

Kita cari kata kunci melalui Google Keyword Planner. Jangan lupa masuk dulu ke akun Gmail teman-teman ya, kalau mau mencari kata kunci ini. Kata kunci sebaiknya tepat sasaran, kalau bisa letakkan di konten, di judul, url/ permalink, dan deskripsi.

Tahap III: SEO on Page

Artinya mengotak-atik dalemannya (internal) blog kita. Caranya antara lain:

  • Tulis Tittle Tags/ Meta Tags, bisa sama, bisa juga berbeda. Kalau WordPress biasanya pakai plugin, kalau Blogspot udah otomati ada. Namun, perlu digarisbawahi gunakanlah judul yang membuat orang tertarik untuk mengklik.
  • Pakai Heading kalau membuat subjudul (bisa H1, H2, H3, dll).
  • Struktur URL atau permalinknya, kalau bisa jangan terpotong ya teman-teman. Kalau WordPress sih setahu saya bisa diedit. Lalu usahakan URL-nya relevan dengan isi artikelnya.
  • ALT Text Gambar, kalau masukin gambar jangan lupa gambarnya diberi nama, soalnya bisa membantu di pencarian search engine. Gunakan gambar yang berhubungan dengan konten.
  • Kecepatan loading page, usahakan pakai template yang user friendly jadi mudah loading. Jangan menggunakan gambar bersolusi terlalu besar. Kalau bisa kompres dulu gambarnya. Untuk menguji kecepatan blog kita bisa tes di Google Page Speed Test.
  • Konten situs web, ya jelas, kalau konten kita oke, pengunjung akan banyak mencari dan membaca.
  • Internal link juga perlu dimasukkan ke artikel kita, supaya pembaca bisa berlama-lama di blog kita sehingga mengurangi bounce rate.
  • Referensi berupa link ke website lain. Bisa juga kita memasukkan link ke website lain, tapi ke website yang terpercaya ya.
  • Jangan lupa sediakan tombol share di blog kita, sehingga memudahkan pembaca membagikannya ke media sosial.

Inti dari SEO on Page adalah untuk membuat website atau blog kita:

  • Bermanfaat tinggi bagi pengunjung.
  • Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi.
  • Pengunjung merasa betah di dalamnya.
  • Mesin pencari mengerti struktur blog kita.

Kurang lebih itulah yang disampaikan Mas rian mengenai SEO. Sebenarnya sih materinya lebih panjang, tapi saya coba rangkum supaya lebih mudah dipahami garis besarnya. Kalau masih ada pertanyaan boleh kok teman-teman tinggalkan di kolom komen. Nanti, saya jawab, jika tahu jawabannya, haha.

Milad Blogger Muslimah bertabur hadiah

Namanya juga acara ulang tahun, tentu saja pasti ada kado alias hadiah donk. Nah, acara Milad Ketiga Blogger Muslimah kemarin tuh banyak banget hadiahnya. Kayaknya kok kemarin itu, setiap peserta kebagian hadiahnya, deh 😀 . Soalnya, ada banyak lomba di acara tersebut, seperti lomba foto IG, lomba live Twitter, lomba menulis pesan ulang tahun, dll.

Acara Milad Ketiga Blogger Muslimah bertabur hadiah.

Hadiah-hadiah tersebut dipersembahkan oleh mitra Blogger Muslimah, antara lain:

Proxsis Consulting Group (Proxcsis)

Aditya Akila dari Proxsis menjelaskan tentang perusahaan konsultan tersebut.

Proxsis adalah konsultan manajemen yang biasa memberikan konsultasi ke perusahaan-perusahaan. Tujuannya supaya perusahaan yang diberi layanan konsultasi tersebut jadi berubah ke arah yang lebih baik, seperti makin bernilai tambah, makin melayani klien sesuai kebutuhan, serta ada upaya perbaikan kinerja SDM-nya.

Saya di kantor Proxsis.

Proxsis yang beralamat di Permata Kuningan Building lantai 17, Jl. Kuningan Mulia Kav. 9, Kawasan Bisnis Epicentrum HR Rasuna Said, Jakarta Selatan ini memberikan konsultasi dalam bentuk training, audit, konsultasi, dan berbagai bentuk kerja sama lainnya. Proxsis sudah berpengalaman melakukan konsultasi baik di berbagai perusahaan besar.

Kalau mau tau lebih banyak tentang Proxsis bisa melihat di akun Instagram-nya: @proxsisconsulting.

Ayam Bahagia Gading

Namanya lucu ya, tapi emang beneran membuat bahagia. Saat acara Milad Ketiga Blogger Muslimah kemarin, Ayam Bahagia menyediakan menu Ayam Bakar dan Ayam Cabe Hijau plus sayur asem Jakarta-nya yang enak banget. Tak ketinggalan sambel pedes-nya yang mebuat makanan jadi lebih nikmat disantap.

Menu makan siang dari Ayam Bahagia Gading.

Kalau teman-teman penasaran dengan menu Ayam Bahagia Gading, teman-teman bisa langsung memesan ke Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok O1 nomor 12A di bilangan Kelapa Gading. Kalau mau intip-intip menunya dulu juga boleh di Instagram @ayambahagia atau bisa juga tanya-tanya ke nomor 08111868900.

Supertwin Shop

Supertwin Shop ini adalah toko online yang dimiliki oleh salah satu member Blogger Muslimah juga. Nama penanya Aisya Avicenna (Mbak Aisya). Awal berdirinya dulu, Supertwin Shop ini menjual produk jaket, kemudian menyusul jas hujan, aneka hijab, buku, dan tas, sampai sekarang. Oh ya, semua produk yang dijual oleh Supertwin Shop adalah bikinan lokal, sebab Supertwin Shop ingin mendukung semua karya produsen dalam negeri.

Jika teman-teman penasaran dengan produknya, bisa melihat di media sosial Supertwin Shop:

  • Website: www.supertwinshop.com.
  • Instagram Toko: @supertwinshop.
  • Instagram Testimoni: @sahabatsupertwinshop.
  • Instagram Katalog: @jaketsupertwinshop @jashujansupertwinshop @hijabsupertwinshop.
  • FanPage di Facebook: SupertwinShop
  • YouTube: Supertwin Shop.
  • WhatsApp: 087800090037.
  • Email: supertwinshop@gmail.com.

Sheba

Sheba merupakan pioner jas hujan muslimah. Produk-produknya limited edition, sebab warna dan modelnya diproduksi secara khusus dan terbatas, sehingga membuatnya enggak pasaran. Jas hujan yang dibuat oleh Sheba dibuat dari bahan taslan yang enggak tembus air dan sudah disealing sehingga penggunanya benar-benar terlindungi dari air hujan.

Sheba ini pernah beberapa kali diliput di media nasional, seperti Trans 7, UMMI, DAAI TV, Star Radio, Trans TV, dll. Teman-teman bisa melihat produk Sheba di www.sheba.id dan Instagramnya @sheba_id.

Evaldinart

Merupakan produsen aksesoris seperti hiasan hijab, kalung, gelang, bros, dll. Teman-teman bisa melihat produk-produk Evaldinart di Instagramnya: @evaldin_art.

Brosnya cantik bukan? 😀

Hana Mozlima

Merupakan produsen ciput untuk alas memakai hijab. Teman-teman bisa melihat produknya yang cantik berwarna-warni di Instagram: @hana.mozlima.

Seply by Ethica

Teman-teman pasti udah enggak asing bukan dengan nama produsen gamis Ethica? Kemarin saat acara Milad Ketiga Blogger Muslimah para pesertanya masing-masing mendapatkan hadiah gamis cantik dari Seply by Ethica. Oh ya, nanti gamis cantiknya saya review di tulisan lainnya ya? Soalnya udah kepanjangan banget artikel yang satu ini 😀 .

Gamis cantik dari Seply by Ethica.

Banyak ya mitra Blogger Muslimah? 😀

Pokoknya seneng banget deh bisa menjadi bagian dari acara Milad Ketiga Blogger Muslimah. Selain karena banyak hadiahnya, juga karena ilmunya bermanfaat sekali. Utamanya yang Kepribadian Muslimah ya, saya jadi merasa ikut kajian muslimah di mana gitu. Udah lama soalnya enggak merasakan suasana/ atmosfer seperti itu😀

Thank you for having me, Blogger Muslimah Indonesia… 🙂

Seru-seruan di acara Milad Ketiga Blogger Muslimah. Doc: Blogger Muslimah.

Dan buat teman-teman yang membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya 🙂

April Hamsa

23 Comments

  1. Mbak Elva 17 Desember, 2017
  2. Leila 18 Desember, 2017
  3. dewi 18 Desember, 2017
  4. El-lisa 18 Desember, 2017
  5. hello fika 19 Desember, 2017
  6. Ratna 19 Desember, 2017
  7. Rach Alida Bahaweres 20 Desember, 2017
  8. Nchie Hanie 20 Desember, 2017
  9. Witri Prasetyo Aji 20 Desember, 2017
  10. Atiqo 20 Desember, 2017
  11. Nova DW 20 Desember, 2017
  12. Annisa 20 Desember, 2017
  13. Muns Fadh 20 Desember, 2017
  14. Irni Irmayani 20 Desember, 2017
  15. Yurmawita 20 Desember, 2017
  16. Helena 20 Desember, 2017
  17. Yulia Marza 20 Desember, 2017
  18. andyhardiyanti 21 Desember, 2017
  19. Ata 21 Desember, 2017
  20. Anindita Ayu Prastiwi 21 Desember, 2017
  21. monda 22 Desember, 2017
  22. Fauziah 23 Desember, 2017
  23. Grace Melia 30 Desember, 2017

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!