Baby Cerelac Cerelac Bubur Bayi Food Food Product Review Health Tips Kids Health MPASI MPASI 6 Bulan Our Kids Parenting Product Review

Pentingnya Memberi Si Kecil MPASI yang Berkualitas

Ketika mengajak anak-anak bermain di taman pada hari libur lalu, saya bertemu dengan beberapa mahmud alias mamah-mamah muda yang sedang memberi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk bayinya. Ada yang menyuapi anak sambil menggendongnya, ada pula yang mendudukkan si kecil di stroller. Melihat pemandangan seperti itu, saya jadi teringat masa-masa ketika baru memberikan MPASI kepada anak-anak. Excited banget deh, rasanya. Trus, karena ingin yang paling baik buat anak, tentu saja saya berusaha memberikan makanan bayi bernutrisi, plus tak lupa yang berkualitas. Teman-teman yang bayinya baru memulai MPASI atau akan memasuki masa MPASI pasti begitu juga kan?

Tentang MPASI bernutrisi dan berkualitas

β€œMPASI bayi bernutrisi itu seperti apa sih?”

β€œSeperti apa MPASI berkualitas itu?”

Adakah parents, para mahmud, yang masih bingung? Kalau masih bingung, baiklah, saya mau share tentang pemberian MPASI bernutrisi dan berkualitas ini ya? Sebelumnya, saya menulis artikel ini, bukan karena saya lebih pinter sih. Hanya saja, kebetulan saya udah punya pengalaman duluan memberi MPASI buat anak-anak, hehe πŸ™‚ . Moga-moga berkenan menyimak yaaa…

Well, kebetulan dulu saya ketemu sama dokter spesialis anak yang lumayan cocok untuk anak-anak saya. Selain memantau tumbuh kembang anak-anak, beliau ini sering memberikan masukan tentang MPASI anak. Menurut beliau, anak yang baru memulai MPASI sebaiknya diberi makanan yang mengandung empat unsur nutrisi, yakni:

  • Karbohidrat

Bisa kita dapat dari beras putih, beras merah, ubi-ubian, kentang, jagung, dll.

  • Protein Hewani

Contohnya daging sapi, daging ayam, daging ikan, telur, dll.

  • Protein Nabati

Misalnya makanan seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dll.

  • Sayuran

Kalau bisa sayuran yang berwarna seperti wortel, bayam, brokoli, dll.

Itulah yang saya maksud dengan makanan bernutrisi, parents. Dengan pemberian makanan yang terdiri dari keempat bahan itu, insyaAllah kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi dengan baik.

β€œMengapa sih pemberian makanan bernutrisi ini harus benar-benar diperhatikan?”

Jadi begini parents, faktanya, ukuran lambung anak usia 6 bulan itu mungkin hanya sekepalan tangan orang dewasa, namun ternyata anak-anak ini butuh nutrisi lima kali lebih banyak dari orang dewasa. Soalnya, anak-anak ini butuh asupan nutrisi yang bagus untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain MPASI bernutrisi, berikutnya sangat penting untuk kita menyediakan MPASI yang berkualitas. Yang saya maksud adalah dari segi pengolahannya. Parents, sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini:

  • Pemilihan bahan-bahan makanan

Pilih bahan makanan yang bagus ya parents. Misalnya, daging nih, jangan mentang-mentang ada diskon pilih yang paling murah. Buat anak kita pilihlah daging masih fresh. Begitu pula dengan sayuran, pilih yang masih segar dan warnanya masih bagus.

  • Penyimpanan bahan-bahan makanan untuk MPASI

Kalau parents menyetok bahan-bahan makanan untuk MPASI, misalnya menyimpan di dalam kulkas, pastikan bahan-bahan makanannya jangan tercampur-campur yaaa. Trus, usahakan jangan menyimpan terlalu lama. Buat makanan bayi, sebaiknya bahan-bahan makanan yang belum diolah tersebut cukup disimpan paling lama 2-3 harian saja.

  • Kebersihan bahan-bahan makanan yang akan diolah

Ini wajib ya! Cuci bahan-bahan makanan yang akan diolah menjadi MPASI sampai bersih. Cucilah dengan air mengalir. Trus, sebelum parents mencuci dan memasak makanan, sebaiknya tangan parents juga dicuci bersih dulu.

  • Higienitas peralatan memasak dan peralatan makan minum bayi

Bahan-bahan makanannya sudah bersih, tapi kalau dimasak dan disajikan pakai peralatan yang enggak bersih ya sama aja, bohong kan? Karena itu penting buat parents menjaga kebersihan peralatan memasak, juga peralatan makan minum bayi yaaa.

  • Cara memasak bahan-bahan makanan

Perhatikan pula cara memasak bahan-bahan untuk MPASI. Misalnya, kalau memasak sayur jangan terlalu lama, supaya vitaminnya tidak hilang.

Jelas ya parents mengenai MPASI bernutrisi dan berkualitas ini?

Bubur MPASI bayi berkualitas

Nah, itu tadi kalau kita memasak MPASI sendiri untuk bayi kita. Namun, bagaimana dengan MPASI instan?

β€œLho boleh ya anak makan MPASI instan?”

Siapa bilang enggak boleh parents? Dokter gizi anak saya pernah bilang bahwa justru MPASI instan itu sudah difortikasi dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Kadang, sebagai orang tua, kita kan enggak bisa tahu, takaran yang sesuai dari bahan makanan yang kita olah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak kita. Nah, kalau MPASI instan, takarannya sudah sesuai kebutuhan nutrisi anak. Jadi, MPASI instan bisa dikombinasi dengan MPASI buatan Bunda untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

Dokter gizi anak saya, waktu itu juga mengatakan bahwa para parents enggak perlu khawatir dengan penambahan bahan-bahan dalam MPASI instan, sebab biasanya makanan ini diproduksi sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) yang cukup ketat. Namun, tetap jangan lupakan, parents harus memilih yang berkualitas juga yaaa.

Bubur MPASI bayi yang berkualitas contohnya adalah CERELAC. Parents, pasti enggak asing bukan dengan produk CERELAC? Bahkan, mungkin orang tua kita dulu juga memberikan CERELAC MPASI buat makanan kita πŸ˜€ .

BTW, sebelum saya ngobrolin tentang CERELAC, yuk kita tonton video berikut terlebih dahulu:

Sumber: Channel YouTube Awal Sehat Nestle.

CERELAC berkualitas karena memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Bahan baku CERELAC ditanam di ladang yang jauh dari polusi.

  • Bahan baku CERELAC adalah tanaman pangan yang ditanam dari benih pilihan dengan asal-usul yang tepat yang dapat ditelusuri.

  • Proses pembibitan dan pemanenan tanaman pangan untuk bahan baku CERELAC memenuhi standar yang sangat ketat.

  • Petani dan peternak yang membantu memasok bahan baku untuk CERELAC juga diedukasi sehingga bisa menjaga kualitas bahan baku.

  • CERELAC nutrisinya sangat lengkap karena telah difortifikasi dengan vitamin, mineral, makro dan mikronutrien, zat besi. Sehingga, 1 Mangkuk CERELAC, pastikan nutrisi harian si kecil terpenuhi.

  • CERELAC juga menyediakan berbagai pilihan rasa dan tekstur yang sesuai dengan kemampuan makan dan tahapan usia bayi.

  • CERELAC diproduksi melalui pengujian dan standar yang ketat, sehingga dipastikan produknya aman untuk dikonsumsi oleh anak kita.

Nah, itulah teman-teman, sedikit informasi mengenai MPASI bernutrisi dan MPASI berkualitas. Semoga memberikan pencerahan mengenai MPASI ini ya? πŸ™‚

Satu mangkuk CERELAC bantu pemenuhan nutrisi harian si kecil.

Sedikit bonus, saya juga mau sharing, mengenai cara membuat anak mau makan MPASI yang kita berikan. Supaya anak makan dengan lahap, sebaiknya parents melakukan hal-hal berikut:

  • Pertama, tentu saja parents harus menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum memberi makan bayi. Si bayi juga jangan lupa dicuci/ dibersihkan tangannya. Soalnya kadang-kadang bayi kan suka memegang makanannya sendiri.

  • Pakai perlengkapan makan dan minum yang menarik, biasanya warna-warni, sehingga bisa menimbulkan minat makan si kecil. Jangan lupa pakai peralatan makan dan minum yang foodgrade ya.

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan buat bayi ketika waktu makan. Nah, kayaknya main ke taman, juga salah satu cara membuat suasana makan jadi menyenangkan kali ya? Makanya saya sering lihat banyak moms memberi makan anaknya di taman.

  • Jangan memaksa anak untuk makan ya. Anak seperti kita kan? Kalau enggak selera pasti ya enggak mau makan. Oleh sebab itu sebaiknya parents berusaha untuk sering mengkreasikan menu. Sabar-sabar aja yaaa… πŸ™‚ .

Sepertinya itu saja sih tambahan tips dari saya. Semoga artikel ini bisa mengilhami parents dalam pemberian MPASI untuk si kecil ya πŸ™‚ . Untuk informasi lebih lanjutΒ parentsΒ bisaΒ visitΒ www.mamamyuk.co.id.

April Hamsa

#Tenangajabunda
#CERELACmamamyuk
#mpasi
#mpasi6bulan

120 Comments

  1. Nefertite Fatriyanti 14 Agustus, 2019
  2. Gita Siwi 14 Agustus, 2019
  3. Nurul Sufitri 15 Agustus, 2019
    • Keke Naima 17 Agustus, 2019
      • lendyagasshi 18 Agustus, 2019
  4. Dian Restu Agustina 15 Agustus, 2019
  5. ria 15 Agustus, 2019
  6. Rach Alida Bahaweres 15 Agustus, 2019
  7. Dian Farida Ismyama 15 Agustus, 2019
  8. Memez Heidy Prameswari 15 Agustus, 2019
  9. Memez Heidy Prameswari 15 Agustus, 2019
    • Keke Naima 22 Agustus, 2019
  10. Fauziah azzahra 15 Agustus, 2019
  11. FenniBungsu 16 Agustus, 2019
  12. IndahPadaWaktunya 16 Agustus, 2019
  13. ria 16 Agustus, 2019
  14. Nabila Haqi 16 Agustus, 2019
  15. Efa Butar butar 16 Agustus, 2019
  16. Keke Naima 16 Agustus, 2019
    • Keke Naima 16 Agustus, 2019
  17. nurulrahma 16 Agustus, 2019
  18. Tina 16 Agustus, 2019
  19. Farhati Mardhiyah 17 Agustus, 2019
  20. Nurul Dwi Larasati 17 Agustus, 2019
  21. Wiwid Vidiannarti 17 Agustus, 2019
  22. Lusi 17 Agustus, 2019
  23. Irena Faisal 17 Agustus, 2019
  24. lendyagasshi 17 Agustus, 2019
    • lendyagasshi 23 Agustus, 2019
  25. Akarui Cha 17 Agustus, 2019
  26. Uniek Kaswarganti 17 Agustus, 2019
  27. Indah Nuria 17 Agustus, 2019
  28. Wian 18 Agustus, 2019
  29. Ainhy Edelweiss 18 Agustus, 2019
  30. Noorma 18 Agustus, 2019
  31. Ida 18 Agustus, 2019
  32. hidayah Sulistyowati 18 Agustus, 2019
    • hidayah Sulistyowati 20 Agustus, 2019
  33. Susie Ncuss 18 Agustus, 2019
  34. Nia K. Haryanto 18 Agustus, 2019
  35. Diah Woro Susanti 18 Agustus, 2019
  36. Natara 18 Agustus, 2019
  37. Yayah Rochayah 18 Agustus, 2019
  38. Helena 18 Agustus, 2019
  39. Ujame Gaja 18 Agustus, 2019
  40. Monica Anggen 19 Agustus, 2019
  41. Rach Alida Bahaweres 19 Agustus, 2019
  42. Suciarti Wahyuningtyas 19 Agustus, 2019
  43. Selvijua 19 Agustus, 2019
  44. Vicky Laurentina 19 Agustus, 2019
  45. Erfano 19 Agustus, 2019
    • Erfano 23 Agustus, 2019
  46. Selly 19 Agustus, 2019
  47. Andiyani Achmad 19 Agustus, 2019
  48. Vivi 19 Agustus, 2019
  49. Dian Restu Agustina 19 Agustus, 2019
  50. Antung apriana 19 Agustus, 2019
  51. Utie adnu 19 Agustus, 2019
  52. Hanni Handayani 19 Agustus, 2019
  53. Luella Artistry 20 Agustus, 2019
  54. Dian 20 Agustus, 2019
  55. eka siregar 20 Agustus, 2019
  56. Gita Siwi 20 Agustus, 2019
  57. Zefy 20 Agustus, 2019
  58. Suzannita 20 Agustus, 2019
  59. Rizki Rakhmat Abdullah 20 Agustus, 2019
  60. Sara Neyrhiza 20 Agustus, 2019
  61. lance 20 Agustus, 2019
  62. Faradillah 20 Agustus, 2019
  63. winda - dajourneys.com 20 Agustus, 2019
  64. mutia nurul rahmah 20 Agustus, 2019
  65. Hani S. 20 Agustus, 2019
  66. Shani 20 Agustus, 2019
  67. Kartika 20 Agustus, 2019
  68. Oky Maulana 20 Agustus, 2019
  69. Aini 20 Agustus, 2019
  70. maya rumi 20 Agustus, 2019
  71. Tomi 20 Agustus, 2019
  72. Suciarti Wahyuningtyas 20 Agustus, 2019
  73. unggulcenter 20 Agustus, 2019
  74. Nurul Dwi Larasati 21 Agustus, 2019
  75. Indah Juli 21 Agustus, 2019
  76. nyi Penengah Dewanti 21 Agustus, 2019
  77. Lily Kanaya 21 Agustus, 2019
  78. diane 21 Agustus, 2019
    • lendyagasshi 21 Agustus, 2019
  79. Muhammad Khadafi 21 Agustus, 2019
  80. Rach Alida Bahaweres 21 Agustus, 2019
  81. Bambang Irwanto 21 Agustus, 2019
  82. Suzannita 21 Agustus, 2019
  83. TIAN LUSTIANA 21 Agustus, 2019
  84. cifer 21 Agustus, 2019
  85. Ovianty 21 Agustus, 2019
  86. Mbak Ruroh MyID 21 Agustus, 2019
  87. Eko Prasetyo 21 Agustus, 2019
  88. pringadi 21 Agustus, 2019
  89. Kang Alee 21 Agustus, 2019
  90. Jiah 21 Agustus, 2019
  91. Farhandika 21 Agustus, 2019
    • Zefy 21 Agustus, 2019
  92. Ira duniabiza 21 Agustus, 2019
  93. Eny kadinda Aprilya 21 Agustus, 2019
  94. Tukang Jalan Jajan 21 Agustus, 2019
  95. Sapti nurul hidayati 21 Agustus, 2019
  96. Ilham Sadli 21 Agustus, 2019
  97. Shabrina 22 Agustus, 2019
  98. Dyah Ummu AuRa 22 Agustus, 2019
    • Sapti nurul hidayati 24 Agustus, 2019
  99. Icha Marina Elliza 22 Agustus, 2019
  100. Shisca Elliza 22 Agustus, 2019
  101. Selvijua 24 Agustus, 2019
  102. Mugniar 24 Agustus, 2019
  103. Nurhilmiyah 24 Agustus, 2019
  104. Pringadi Abdi 24 Agustus, 2019
  105. Rachmanita 24 Agustus, 2019
  106. Finastri Annisa 24 Agustus, 2019
  107. Nanie 24 Agustus, 2019
  108. windhu 24 Agustus, 2019
  109. Hida 25 Agustus, 2019
  110. Qoty Intan Zulnida 25 Agustus, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!