Company Madinah Iman Wisata Travel MIW Travel Religi Islam Tips & Opinion Tips Umroh Traveling Travelling Umrah

Ingin Berangkat ke Tanah Suci di Era New Normal? Begini Lho Cara Memilih Paket Umroh yang Aman dan Nyaman

Mungkin enggak ya kita berangkat umroh di era new normal seperti sekarang ini?” Sepertinya, umat muslim di Indonesia banyak yang menantikan kepastian soal ini ya? Nah, kalau teman-teman pembaca blogpost ini gimana nih kalau bisa umroh dalam waktu dekat? Menunda dulu atau berangkat tanpa pikir panjang? Kalau saya pribadi sih, hmmm, apabila memang ada rezekinya, bakal ambil kesempatan ini. Namun, tentu saja saya kudu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, terutama mencari travel yang menyediakan  paket umroh yang aman dan nyaman.

Di era new normal seperti sekarang perlu memilih travel penyedia paket umroh yang patuh pada protokol kesehatan. Sumber gambar: MIW Travel.

Iyeees, paket umroh yang aman dan nyaman mutlak menjadi persyaratan untuk menjalankan ibadah umroh di tanah suci. Tujuannya supaya selama umroh kita dapat menikmati perjalanan spiritual tersebut, sekaligus bisa selalu dalam kondisi sehat, aman dari serangan Virus Corona.

Yeah, maklum, sebagaimana kita ketahui bersama, tahun 2020 penuh dengan “kejutan”. Manusia di seluruh dunia rentan terkena Covid-19. Akibatnya, hal ini pun berimbas pada pelaksanaan ibadah Haji yang seharusnya dilaksanakan sekitar Juni-Juli, lalu. Sebagian besar orang Indonesia yang seharusnya bisa berhaji tahun ini, terpaksa ditunda.

InsyaAllah, orang Indonesia punya kesempatan menunaikan umroh di tahun 2020 ini

Namun, untuk pelaksanaan ibadah Haji di Baitullah, ternyata tetap berjalan, meski jamaahnya dibatasin. Bahkan, kabarnya, ada kok orang Indonesia yang dapat berhaji tahun ini, yakni mereka yang sebelumnya terlah berdomisili di Tanah Arab sana.

Daaan, alhamdulillah, ketika baca berita mengenai pelaksanaan Haji kemarin, katanya Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan tidak ada laporan jamaah haji 2020 yang terinfeksi COVID-19. Artinya, seluruh jamaah yang mengikuti ibadah haji 2020 kemarin, semuanya dalam kondisi sehat.

Dilansir Saudi Press Agency, Asisten Menteri Kesehatan dan juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr. Muhammad Al-Abdali, menyatakan tidak ada kasus virus Corona yang tercatat di antara jamaah haji. Juru bicara keamanan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Letnan Kolonel Talal Al-Shalhoub, menekankan jamaah haji melakukan rangkaian ibadah haji dengan mengikuti protokol keamanan dengan baik.” (detik.com)

Saya juga membaca bahwa World Health Organization (WHO) memuji protokol kesehatan ketat yang diselenggarakan oleh Kerajaan Arab Saudi selama pelaksanaan ibadah Haji kemarin. Menurut WHO, pelaksanaan ibadah Haji pada tahun 2020 kemarin sudah sangat sempurna di era pandemi sekarang ini.

Itulah sebabnya, setelah pelaksanaan ibadah Haji yang sukses kemarin, otoritas Arab Saudi berencana untuk membuka kembali umroh. Wacana seperti ini semacam angin segar kan ya teman-teman? Ada kemungkinan insyaAllah mereka yang berencana umroh di tahun 2020 ini akan ada jalannya.

Bisa jadi, saya, teman-teman, kita semua, salah satu dari jamaah yang beruntung yang bisa berangkat tahun ini. Kita aamiin-kan dulu aja lha yaaa, aamiin 🙂 .

Kalau umroh jadi dibuka, kira-kira seperti apa ya pelaksanaannya?

Malah, ternyata, otoritas Arab Saudi sudah mempersiapkan prosedur ketetapan untuk pelaksanaan umroh di era new normal sekarang ini. Salah satunya adalah Kota Makkah akan ditutup untuk penduduk lokal pada Hari Jumat (kecuali untuk yang punya Tasrih).

Kemudian, untuk pelaksanaan ibadah umroh di lingkungan Masjidil Haram pun ada perbedaan dari sebelumnya. Masjidil Haram nantinya tidak bisa setiap waktu dimasuki oleh Jamaah, karena akan diberlakukan buka tutup. Masjidil Haram akan dibuka 1 jam sebelum Subuh dan akan ditutup satu jam setelah pelaksaan Sholat Isya.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa prosedur yang membedakan umroh 2020 dengan tahun-tahun sebelumnya, khususnya di lingkungan Masjidil Haram:

  • Pintu masuk dan keluar akan dipisah

Pintu masuk tawaf untuk jamaah yang ber-ihram di dekat Kabah, akan masuk dari pintu 89-93 dan akan keluar dari pintu Ajyad.

  • Melalui cek suhu

Apabila suhu tubuh jamaah terdeteksi melebihi dari ketentuan, maka tidak akan diperkenankan masuk masjid.

  • Protokol kesehatan yang ketat

Jamaah umroh wajib mengenakan masker. Di banyak area masjid akan disediakan tempat untuk mencuci tangan.

  • Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf

Akan dibatasi hanya 3 lajur Tawaf, masing-masing hanya 300 orang.

Tak hanya itu, nanti setelah jamaah umroh selesai Sai, jamaah akan langsung diarahkan keluar dari Marwa, tanpa kecuali.

Harapannya, tentu saja jamaah umroh dari seluruh penjuru dunia, khususnya dari Indonesia dapat mematuhi prosedur tersebut demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Memilih travel yang menyediakan paket umroh yang aman dan nyaman

Nah, supaya lebih mudah mengikuti prosedur tersebut, seperti yang saya sebutkan tadi, sebaiknya kita mencari travel yang menyediakan paket umroh yang membuat kita merasa aman dan nyaman. Kemudian, catatan pentingnya adalah jangan tergiur dengan travel yang menawarkan paket umroh dengan harga promo yang tidak masuk akal.

Umroh di era new normal harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Logikanya, saat new normal seperti sekarang, pasti protokol kesehatan masih diterapkan dengan ketat kan? Maka, tidak mungkin bangku pesawat atau kendaraan lainnya yang dipakai untuk sarana transportasi selama umroh akan terisi penuh. Yaaa, mungkin hanya terisi 70% saja kapasitasnya. Begitu pula dengan kamar hotel. Bisa jadi yang dulu bisa diisi empat orang, sekarang ini cuma bisa diisi dua orang saja.

Nah, dari beberapa hal tersebut, sepertinya agak susah sih untuk menurunkan harga apalagi memberi diskon besar. Kemungkinan besar, kalau travel yang memberi promo kayak gitu, sepertinya itu adalah penipuan.

Maka dari itu, teman-teman harus mempertimbangkan beberapa hal ini ketika memilih travel untuk membantu kita berangkat umroh. Selain jangan tergiur harga diskon gedhe, sebaiknya teman-teman juga melakukan hal ini ketika ingin berangkat umroh di era new normal:

  • Pilih travel umroh yang sudah resmi terdaftar

Teman-teman bisa mengecek apakah travel umroh tersebut legal atau enggak dengan cara:

  1. Datang ke Departemen Agama dan tanyakan kepada petugas di sana.
  2. Cek melalui website resmi Kementerian Agama.
  • Pastikan travel umroh tersebut memiliki kepastian jadwal keberangkatan

Setiap travel umroh yang sudah mengantongin izin resmi dari Kemeterian Agama pasti memiliki jadwal pasti untuk keberangkatan. Mereka akan mencantumkan tanggal tersebut saat mempromosikan paket umroh kepada calon jamaah.

Teman-teman wajib berhati-hati pada travel umroh yang menjanjikan keberangkatan umroh harus menunggu 1-2 tahun untuk alasan apapun. Biasanya yang seperti ini agak meragukan izin travelnya.

  • Selidiki track record travel umroh tersebut

Teman-teman bisa browsing mengenai track record travel umroh tersebut. Bisa pula bertanya kepada saudara atau teman-teman yang sebelumnya pernah menggunakan jasa travel umroh tersebut. Kalau testimoninya banyak yang bilang oke, teman-teman bisa melanjutkan memilih travel umroh tersebut.

Oh iya, satu lagi, menyesuaikan dengan era new normal, maka jangan lupa untuk mempertimbangkan paket umroh yang ditawarkan oleh travel tersebut. Sebaiknya, paket umroh tersebut harus dapat mengakomodasi segala hal, mulai dari transportasi hingga akomodasi yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pengalaman teman ke tanah suci dengan paket umroh dari Madinah Iman Wisata Travel

Nah, kebetulan kemarin saya blogwalking dan menemukan beberapa postingan/ cerita teman-teman saya mengenai pengalaman umroh mereka. Karena circle saya rata-rata rumahnya di area Jakarta dan Jawa Barat, ternyata ada beberapa teman yang menggunakan jasa travel umroh yang sama.

Salah satu travel umroh yang memberi pengalaman positif kepada teman-teman saya tersebut ketika berumroh adalah Madinah Iman Wisata (MIW) Travel. FYI, MIW Travel ini selain memiliki izin resmi penyelenggara umroh juga tercatat sebagai travel umroh dan haji khusus tersertifikasi.

Menurut testimoni teman-teman saya, MIW Travel memberikan berhasil memberikan kenyamanan sebab pada saat umroh, teman-teman saya enggak perlu memikirkan hal-hal teknis selama berada di tanah suci. Mereka bisa lebih menikmati perjalanan spiritualnya.

Fasilitas dari MIW Travel.

Soalnya MIW Travel memang selama ini mengedepankan supaya jamaahnya bisa menjalankan ibadah umroh tanpa repot. MIW Travel yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan memiliki 34 kantor cabang di seluruh Indonesia ini menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  • Menyediakan hotel dan akomodasi, transportasi yang apik dan nyaman.
  • Ketika di bandara, MIW Travel menyewa lounge, sehingga para jamaah bisa nyaman menunggu di sana.
  • MIW Travel menyediakan tim handling koper, sehingga jamaah tidak perlu repot-repot mengurus kopor dan barang-barangnya sendiri.
  • Tour leader MIW Travel adalah profesional yang tersertifikasi di bidangnya, serta ramah dalam membimbing jamaah.

Selain itu, MIW Travel juga memiliki kepastian jadwal keberangakatan, karena sebelum paket umroh dijual kepada calon jamaah, MIW Travel sudah membeli tiket pesawat, kamar hotel, dll. Sehingga, bisa dipastikan calon jamaahnya akan berangkat pada hari yang dijadwalkan.

Sedangkan, untuk protokol kesehatan selama era new normal, MIW Travel berkomitmen penuh untuk senantiasa melayani jamaah sesuai ketentuan yang berlaku.

Buat teman-teman yang kepengen tahu lebih jauh mengenai MIW Travel bisa langsung mencari tahu informasinya di sini ya:

Semoga informasi mengenai umroh di era new normal dan juga informasi mengenai travel yang menyediakan paket umroh dengan protokol kesehatan yang ketat di masa sekarang ini, bermanfaat ya. Mari berdoa bersama, semoga ada rezeki berangkat umroh di era new normal ini, aamiin 🙂 .

April Hamsa

98 Comments

  1. Zarirah 11 September, 2020
  2. tukang jalan jajan 11 September, 2020
  3. Chairina 12 September, 2020
  4. Iva 12 September, 2020
  5. Ida 12 September, 2020
    • Keke Naima 16 September, 2020
  6. Okti Li 13 September, 2020
  7. Kang Alee 13 September, 2020
  8. Ruli retno 13 September, 2020
  9. Sugi Siswiyanti 13 September, 2020
  10. Mudrikah 13 September, 2020
  11. Susindra 13 September, 2020
    • lendyagasshi 17 September, 2020
  12. Ludyah Annisah 14 September, 2020
  13. Ratnasari 14 September, 2020
  14. Dwi Puspita 14 September, 2020
    • lendyagasshi 18 September, 2020
  15. Bunsal 14 September, 2020
  16. DailyRella 14 September, 2020
  17. Renayku 14 September, 2020
  18. Dian Restu Agustina 14 September, 2020
  19. Mugniar 14 September, 2020
  20. Jiah Al Jafara 14 September, 2020
  21. Nia Haryanto 14 September, 2020
    • Nia Haryanto 16 September, 2020
    • nchie hanie 16 September, 2020
  22. Annafi 14 September, 2020
  23. Mirza 15 September, 2020
  24. Melina Sekarsari 15 September, 2020
  25. lendyagasshi 15 September, 2020
    • lendyagasshi 16 September, 2020
  26. Lisdha 15 September, 2020
  27. Faridilla Ainun 15 September, 2020
  28. andyhardiyanti 15 September, 2020
  29. ima satrianto 15 September, 2020
  30. Ismiy 15 September, 2020
  31. Mirwan Choky 15 September, 2020
  32. Fenni Bungsu 15 September, 2020
  33. andiyani achmad 15 September, 2020
  34. atiqoh 15 September, 2020
  35. Firda 15 September, 2020
    • Andy Hardiyanti 18 September, 2020
  36. Suciarti Wahyuningtyas 15 September, 2020
  37. Nufazee 16 September, 2020
  38. Nathalia DP 16 September, 2020
  39. nyi Penengah Dewanti 16 September, 2020
  40. Travel Galau 16 September, 2020
  41. Travel Galau 16 September, 2020
  42. Grandys Mawarni 16 September, 2020
  43. nchie hanie 16 September, 2020
  44. Dewi Sulistiawaty 16 September, 2020
  45. HM Zwan 16 September, 2020
  46. Damar Aisyah 16 September, 2020
  47. Eri Udiyawati 16 September, 2020
  48. nurulrahma 16 September, 2020
  49. Winda Trisuci 16 September, 2020
  50. Perempuan November 16 September, 2020
  51. Ria Rochma 16 September, 2020
  52. Tarry Kitty 16 September, 2020
  53. Aswinda Utari 16 September, 2020
  54. Uniek Kaswarganti 16 September, 2020
  55. nyi Penengah Dewanti 16 September, 2020
  56. artha 16 September, 2020
  57. Nurul Fitri Fatkhani 16 September, 2020
  58. ira duniabiza 16 September, 2020
    • Uniek Kaswarganti 18 September, 2020
  59. Siti Hairul 17 September, 2020
  60. twitter: @iffiarahman 17 September, 2020
  61. Marfa 17 September, 2020
  62. Mellisa 17 September, 2020
  63. Ririe Khayan 17 September, 2020
  64. Susindra 17 September, 2020
  65. Mugniar 17 September, 2020
  66. Anisa Deasty Malela 17 September, 2020
  67. Mechta 17 September, 2020
  68. tukang jalan jajan 17 September, 2020
  69. Yuni 17 September, 2020
  70. Ria Nugros 17 September, 2020
  71. Desri Desri 17 September, 2020
  72. Linimasaade 17 September, 2020
  73. Inda Chakim 17 September, 2020
    • Inda Chakim 23 September, 2020
  74. Reyne Raea 18 September, 2020
  75. adnyana dyah 18 September, 2020
  76. Yati Rachmat 18 September, 2020
  77. Ujame Gaja 18 September, 2020
  78. demia 18 September, 2020
  79. Rizka Edmanda 18 September, 2020
  80. Emanuella Christianti 18 September, 2020
  81. Sri Widiyastuti 18 September, 2020
  82. Bundabiya.com 18 September, 2020
  83. nyi Penengah Dewanti 18 September, 2020
  84. Hidayah Sulistyowati 18 September, 2020
  85. Cindy Vania 18 September, 2020
  86. ima satrianto 18 September, 2020
  87. Eka Rahmawati 20 September, 2020
  88. TIAN LUSTIANA 21 September, 2020
  89. Naqiyyah Syam 29 September, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!