Marketplace Our Kids Pegipegi Place to Visit Product Review Travelling Travelling Tips

Pengalaman Membawa Anak Traveling Naik Kereta Api Ekonomi dari Jakarta ke Surabaya

Sekitar 13-14 jam. Itulah lama perjalanan kalau naik kereta api ekonomi dari Jakarta ke Surabaya. Hahaha. Sebelum ada yang nanya, udah saya jawab duluan tuh πŸ˜€ . Trus, kalau ada lagi yang nanya, β€œHah, kuat enggak tuh anak-anak duduk di kereta api selama itu?” Maka, jawaban saya β€œKuat donk!” Xixixi. Alhamdulillah, anak-anak saya termasuk anak-anak yang menikmati perjalanan jauh, salah satunya ketika pergi ke rumah neneknya di Kota Surabaya.

Oh iya, sebelumnya saya mau menjelaskan kalau selama ini belum pernah bawa anak-anak naik kereta api ekonomi ke Surabaya saat libur lebaran atau long weekend yaaa. Soalnya udah pasti ramai dan saya, emaknya, males ke stasiun ketika musim mudik/ traveling kayak gitu. Stasiun pasti crowded dengan pemudik/ traveler. So, saya lebih sering ngajakin anak-anak naik kereta api ke Surabaya pada saat hari-hari biasa aja, tentu aja ketika suami bisa cuti πŸ˜€ .

Tetap ceria walau naik kereta api ekonomi lebih dari 10 jam πŸ˜€ .

Itu tadi satu catatan alias satu tips ya, teman-teman. Kalau ngajak anak-anak naik kereta api ekonomi, terutama untuk perjalanan jauh seperti Jakarta – Surabaya, sebaiknya pada saat low season. Tujuannya ya supaya anak-anak nyaman. Selain itu, juga supaya kita, orang tuanya, enggak terlalu riweuh saat harus membawa barang sekaligus mengasuh anak ketika di stasiun.

Mengapa naik kereta api ekonomi?

Harga tiket murah

Haha, jelas ini alasan utama πŸ˜› . Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 175.000,- sampai Rp. 280.000,- aja dikalikan empat orang dikalikan dua kali (pulang pergi alias PP, maksudnya), alhamdulillah masih kurang dari Rp. 2 jutaan. Sehingga yaaa kami bisa sering-sering deh melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya πŸ˜€ .

Oh iya, teman-teman kalau mau mengecek harga tiket kereta api bisa di situs penyedia jasa tiket online. Kalau saya sih suka cek harga tiket dan beli diΒ Β Pegipegi . Mengapa saya suka Pegipegi? Alasannya antara lain:

  • Rutenya lengkap untuk semua jenis kelas kereta api: Enggak mesti kelas ekonomi aja sih, bisa semua jenis kelas, bisnis atau eksekutif juga tersedia. Rute atau jurusannya lengkap.
  • Transaksi mudah dan bebas antre: Kalau bisa tanpa antrean, ngapain mesti mengantre? Iya kan? Selain itu kalau beli tiket di Pegipegi saya bisa bebas memilih kursi.
  • Dilengkapi dengan berbagai pilihan pembayaran: Bisa lewat ATM, kartu kredit, juga internet banking (saya paling sering sih pakai internet banking πŸ˜€ ).
  • Sistem terpercaya: Kalau booking tiket di Pegipegi insyaAllah data kita aman, soalnya website ini sudah terverivikasi SSL yang bisa menjamin privasi dan keamanan transaksi online yang kita lakukan saat membeli tiket πŸ˜€ .

Cari tiket kereta api di Pegipegi sangat mudah.
Kereta api ekonomi sekarang nyaman

Dibandingkan zaman dahulu kala, kereta api ekonomi tuh sekarang udah nyaman, teman-teman. Saya teringat dulu waktu zaman kuliah (enggak perlu saya sebut kan tahunnya? Wkwkwk πŸ˜› ) yang namanya kereta api ekonomi tuh bau pesing, lampunya enggak jelas, ada yang redup bahkan mati gitu, bau asap rokok, jendela ada yang pecah, pedagang asongan bisa masuk, dll. Wes ta lah, pokoke zaman biyen sing jenenge kereta api ekonomi tuh kagak enaaak, heuheuheu.

Sekarang, alhamdulillah, kereta api ekonomi udah bagus. Semua udah ber-AC, lebih wangi alias enggak bau pesing lagi, ada fasilitas colokan buat ngecharge gadget, kamar mandinya bersih, enggak ada lagi sembarangan orang bisa masuk kereta api. Pokoknya lumayan lha. Cuma, emang kelemahannya ya itu, perjalanannya butuh waktu lama dan pada umumnya kereta api ekonomi tuh kursinya tegak gitu.

Untuk alasan terakhir sih, alhamdulillah sekarang ada kereta api ekonomi yang kursi/ dudukannya bisa disetting untuk rebahan. Salah satunya kereta api Jayakarta Premium. Ini kereta api ekonomi yang saya andalkan kalau bepergian PP Jakarta-Surabaya πŸ˜€ .

Supaya bisa singgah di beberapa kota

Yeaaah… Banyak tempat yang belum saya singgahi di tanah Jawa ini. Walau sejak gadis sering PP Jakarta – Surabaya atau Jakarta – Bandung, tapi belum pernah sekalipun singgah Cirebon, Semarang, dan kota-kota lain yang sering dilewati kereta api yang saya tumpangi. Kereta api ekonomi tuh banyak berhenti di kota-kota yang belum pernah saya jelajahi. Sehingga, saya suka aja gitu ngayal berhenti di stasiun itu dan menjelajahi kotanya. Yaaaa, mungkin nanti ada kesempatannya. Pokoknya yang pasti saya udah seneng aja gitu, singgah di stasiun beberapa kota itu πŸ˜€ .

Tips mengajak anak traveling naik kereta api ekonomi untuk perjalanan jauh

Dari tadi ngobrol ngalor ngidul tentang alasan mengapa kok pilih kereta api ekonomi, sampai lupa tujuan utama nulis artikel ini, wkwkwk. Sebenarnya tuh saya mau bagi-bagi tips gimana supaya anak-anak nyaman traveling naik kereta api ekonomi untuk perjalanan jauh seperti Jakarta – Surabaya. Sebenarnya sudah ada dua tips yang saya singgung di kalimat-kalimat saya sebelumnya ya teman-teman:

  • Pertama, naik kereta api ekonomi saat low season.
  • Kedua, pilih kereta api ekonomi yang nyaman, kalau bisa pilih kursi yang sandarannya bisa dimiringkan seperti Jayakarta Premium tadi.

Sedangkan untuk tips lainnya, seperti ini (berdasarkan pengalaman saya pribadi lho yaaa):

Sounding anak jauh-jauh hari tentang perjalanan yang akan dilakukan

Hal ini yang selalu saya lakukan, mengingat perjalanan nanti akan memakan waktu lama. Biasanya saya selalu sounding berulang-ulang, β€œBesok kita naik kereta api, duduknya lama yaaa.” Harapannya, supaya anak-anak enggak kaget atau rewel saat harus menempuh perjalanan selama berjam-jam itu.

Pilih jam keberangkatan yang menyesuaikan jadwal tidur anak-anak

Kalau dari Jakarta sih saya biasa pilih kereta api ekonomi yang berangkat sekitar pukul 13.00 WIB. Perkiraan sampai Surabaya sekitar dini hari. Anak-anak bisa menikmati bobo siang saat kereta api baru berangkat dan sempat istirahat malam, sebelum akhirnya sampai kota Surabaya.

Pilih kursi yang nyaman

Kursi pilihan saya biasanya tiga sampai empat bangku jaraknya dari toilet. Pokoknya kursi yang enggak terlalu dekat maupun jauh jaraknya dari toilet. Sehingga kalau anak-anak mau ke belakang bisa dengan mudah menuju toilet.

Usahakan supaya anak-anak memakai pakaian yang nyaman

Wajib juga nih. Saat siang mungkin kayaknya AC di kereta api ekonomi enggak terlalu dingin ya? Jadi, anak-anak masih bisa lha pakai kaus biasa gitu. Namun, menjelang malam, biasanya kereta api ekonomi jadi dingin banget. Maka sebaiknya pakaikan jaket atau pakaian tebal untuk anak-anak.

Bawa makanan, minuman, serta camilan

Sebenarnya bisa beli di kereta api ekonomi sih. Namun, saya lebih suka bawa bekal sendiri, baik itu makanan, minuman, serta camilan. Kalau bisa makanan itu yang disukai oleh anak-anak. Sehingga, selama perjalanan, anak-anak hatinya seneng.

Bekal makanan dan minuman harus siap.
Bawa mainan anak-anak

Mainan ini bisa apa aja sih. Boneka atau majalah/ buku kesukaan anak-anak. Kalau saya sesekali saat si kecil merengek karena mungkin bosan, mereka saya izinkan memainkan gadget saya. Tentu saja dengan batasan waktu. Biasanya saya beralasan batereinya abis sehingga butuh dicharge. Sebab, sebenarnya saya enggak terlalu suka kalau anak rewel diberi gadget.

Kalau anak-anak masih bosan, mereka saya izinkan berjalan-jalan di gerbong kereta api ekonomi. Kalau beruntung, kadang anak-anak saya bisa bertemu anak-anak lain yang juga sedang melakukan perjalanan yang sama dalam satu gerbong. Biasanya anak-anak ini bermain bersama dan lumayan menghilangkan rewel πŸ˜€ .

Senantiasa berpikir positif dan jangan lupa berdoa

Hal yang terakhir ini penting banget. Biasanya suasana hati anak tergantung suasana hati ortu-nya (baca: emaknya). Kalau ibu happy, ya anak happy. Jadi, jaga mood yaaa hahaha. Jangan lupa pula berdoa, supaya diberi kelancaran selama perjalanan, sehingga bisa tiba selamat ke kota tujuan (Surabaya) πŸ˜€ .

Kalau ke Surabaya mainnya ke mana aja?

Tentu saja kalau ke Surabaya ya ke rumah nenek (rumah orang tua saya), wkwkwk. Becanda ding. Tentu aja donk kami juga sempatkan jalan-jalan. Kalau di Surabaya tuh enggak susah menemukan tempat wisata yang ramah anak, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, seperti:

Taman Bungkul

Taman ini adalah taman kebanggaan warga Surabaya, sebab pernah memperoleh penghargaan sebagai taman terbaik di dunia oleh PBB. Lokasinya berada di dekat Surabaya Selatan dan mudah dijangkau kalau dari rumah orang tua saya. Di Taman Bungkul terdapat arena bermain anak-anak juga beberapa warung makan untuk memanjakan lidah dengan makanan khas Surabaya.

Monumen Kapal Selam

Sebenarnya lebih menyerupai museum yang menggambarkan kejayaan maritim Indonesia. Lokasinya di samping Plaza Surabaya (Delta Plaza). Anak-anak bisa belajar mengenai kapal selam dan tentang laut di sini.

Kebun Binatang Surabaya

Sama seperti kebanyakan kebun binatang sih sebenarnya. Cuma eman-eman kalau enggak ke sini, sebab di depan kebun binatang ini ada icon Kota Surabaya yaitu patung Suro dan Boyo. Jadi, saat main ke Kebun Binatang Surabaya ya sekalian menyempatkan foto di depan patung Suro dan Boyo πŸ˜€ .

Taman Flora alias Kebun Bibit

Taman ini juga menarik, lho. Selain bisa melihat banyak tanaman, di taman ini anak-anak bisa melihat beberapa hewan, seperti ikan-ikan di kolam dan rusa. Anak-anak juga bisa menikmati fasilitas atau area permainan di taman ini.

Makan Es Krim di Zangrandi

Selain jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, tak lupa kulineran donk. Kalau ke Surabaya, apalagi sama anak-anak, saran saya cicipi deh es krim di Zangrandi. Kedai es krim Zangrandi ini legendaris lho, soalnya sudah ada sejak tahun 1930-an. Namanya anak-anak pasti happy deh kalau dijajanin es krim. Iya kan? πŸ˜€

Es Krim Zangrandi yang legendaris.

Itulah teman-teman, pengalaman saya (beberapa kali) bepergian naik kereta api ekonomi dari Jakarta ke Surabaya bersama anak-anak, plus beberapa tempat recommended yang bisa kita kunjungi bersama anak-anak. FYI, anak-anak udah melakukan perjalanan seperti itu sejak mereka balita πŸ˜€ . Sekarang Maxy, anak pertama saya udah enam tahun usianya dan Dema hampir empat tahun. Intinya sih, walau bepergian pakai kereta api ekonomi untuk bepergian jauh, asal hati happy, insyaAllah semua akan lancar-lancar aja. Terakhir, kami ke Surabaya adalah Bulan Agustus kemarin. InsyaAllah tahun depan ya ke sana lagi, hehehe πŸ˜€ . Oke deh, semoga artikel ini bermanfaat yaaa… πŸ™‚

April Hamsa

45 Comments

  1. Jalan-Jalan KeNai 15 November, 2018
    • April Hamsa 16 November, 2018
      • Jalan-Jalan KeNai 21 November, 2018
  2. Dedew 16 November, 2018
  3. dinilint 17 November, 2018
  4. Sulis 18 November, 2018
  5. Rahmah 19 November, 2018
  6. Arni 19 November, 2018
  7. Rach Alida Bahaweres 20 November, 2018
  8. Dian Restu Agustina 20 November, 2018
  9. Turis Cantik 21 November, 2018
  10. Yoanna Fayza 21 November, 2018
  11. Faradila Putri 22 November, 2018
  12. ariefpokto 23 November, 2018
  13. lianny hendrawati 23 November, 2018
  14. Antin Aprianti 23 November, 2018
  15. Eri Udiyawati 23 November, 2018
  16. Tian lustiana 23 November, 2018
  17. Kanianingsih 23 November, 2018
  18. Anggun P. 23 November, 2018
  19. Hikmah Khaerunnisa 23 November, 2018
  20. Erin 23 November, 2018
  21. Rahmi Aziza 24 November, 2018
  22. Yoanna Fayza 24 November, 2018
  23. Astin Astanti 24 November, 2018
  24. Ernawati Lilys 24 November, 2018
  25. Nia K. Haryanto 25 November, 2018
  26. Sally 25 November, 2018
  27. Yati Rachmat 25 November, 2018
  28. Ririe Khayan 25 November, 2018
  29. Ida Raihan 25 November, 2018
  30. Rach Alida Bahaweres 25 November, 2018
  31. Herva Yulyanti 25 November, 2018
  32. Nyi Penengah Dewanti 25 November, 2018
  33. Ophi Ziadah 25 November, 2018
    • Lisdha 25 November, 2018
  34. Uniek Kaswarganti 25 November, 2018
  35. Puspita Yudaningrum 25 November, 2018
  36. Nathalia DP 26 November, 2018
  37. Khairiah 26 November, 2018
  38. Sarahjalan_ 26 November, 2018
  39. Liza 28 November, 2018
  40. Nurin Ainistikmalia 28 November, 2018
  41. Liswanti 13 Desember, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!