Cerita Makan-makan Cerita Masak-masak Cooking Tips Do It Yourself Food Food Product Review Herbadrink Product Review Resep Wedang Uwuh Istimewa Review & Contest Wedang Uwuh

Resep Wedang Uwuh Istimewa

Resep Wedang Uwuh Istimewa – Musim hujan seperti sekarang ini, enaknya minum minuman yang anget-anget ya teman-teman? Biasanya, teman-teman suka minuman hangat apa? Teh, kopi, jahe, atau mungkin ada yang suka wedang uwuh? Eh, BTW, kenal enggak sih dengan minuman yang namanya wedang uwuh? Kalau belum kenal wedang uwuh, ya kenalan dulu, lha 🙂 .

Wedang uwuh, oh, wedang uwuh. Saya yakin, teman-teman pembaca blog ini yang orang asal Yogyakarta atau Jawa Tengah pasti kenal. Bahkan, mungkin ada di antara teman-teman yang sering bikin minuman herbal yang satu ini. Barangkali, bikinnya berdasarkan resep warisan turun temurun dari nenek moyangnya dulu? Melestarikan resep wedang uwuh keluarga, maksudnya. Ada? 😀

Pertama kali berkenalan dengan wedang uwuh

Hmmm, sebentar, saya jadi mengingat-ingat nih, kapan ya pertama kalinya saya mengenal minuman wedang uwuh ini? Hmmm, sepertinya, sekitar 10 tahunan lalu deh. Waktu itu saya bepergian bersama keluarga besar ke Yogyakarta, trus disuguhi wedang uwuh ini oleh salah seorang kerabat di sana.

Pertama kali menyeruputnya, terus terang, rasanya agak bikin kaget ya? Soalnya kerasa ada pedes-pedesnya gitu, walau sebenarnya minuman itu manis. Apalagi, saat itu wedang uwuhnya disajikan dalam kondisi panas banget. Kesan pertama saya, wedang uwuh tuh lebih strong dari minuman jahe anget. Setuju enggak sih sama pendapat saya? 😀

Wedang Uwuh adalah minuman dari daerah Jawa Tengah.

Kalau saya ingat-ingat kembali, kala itu, setelah menenangkan lidah saya, saya mencoba menyesap si wedang uwuh itu sekali lagi. Trus, lanjut untuk kedua kalinya, ketiga kalinya, hingga lama-kelamaan indra pengecap saya mulai beradaptasi. Perlahan tapi pasti, saya dapat menikmati sensasi pedas campur manisnya si wedang uwuh yang disajikan itu.

Semenjak itu, wedang uwuh menjadi salah satu minuman kesukaan saya, selain jahe anget, terutama pada saat cuaca/ suhu sedang dingin-dinginnya. Namuuun, saya mau bikin pengakuan nih teman-teman, hehe. Saya enggak bisa bikin wedang uwuh sendiri, melainkan biasanya tinggal seduh wedang uwuh kemasan.

Tentang wedang uwuh

BTW, mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa sih minuman ini disebut “wedang uwuh”? Apa artinya “uwuh”?

Jadi, FYI, “uwuh” tuh dalam Bahasa Jawa artinya adalah “sampah”. Hahaha, enggak banget ya artinya? 😛

Nah, mengapa kok si wedang yang ini disebut wedang “sampah”? Soalnya, minuman ini tuh bahan-bahannya adalah campuran beberapa jenis herba seperti jahe, kayu secang, cengkih, pala, batang sereh, kayu manis, kapulaga, daun jeruk, dll. Nah, ampas dari bahan-bahan iru memenuhi teko/ panci berisi minuman itu, jadi terlihat seperti “uwuh”. Itulah sebabnya minuman herbal ini diberi nama wedang uwuh.

Manfaat wedang uwuh

Melihat begitu banyak herba yang membentuk wedang uwuh, bisa ditebak kalau minuman ini enggak cuma bikin anget badan saat musim hujan, namun juga punya banyak manfaat lainnya, seperti:

  • Menurunkan kolesterol

Kandungan jahe dalam wedang uwuh mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

  • Mencegah stroke dan serangan jantung

Jahe dalam wedang uwuh memiliki sifat antikoagulan yang mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Apabila pembuluh darah alirannya lancar maka kita bisa terhindar dari risiko stroke dan serangan jantung.

  • Melegakan tenggorokan gatal

Wedang uwuh yang dihidangkan dengan hangat bisa melegakan tenggorokan yang gatal karena batuk.

  • Menyamankan lambung

Minuman dengan beragam kandungan herbal seperti wedang uwuh bisa meredakan mual dan muntah. Selain itu, herbal tersebut dapat merangsang kelenjar pencernaan, memperbaiki pencernaan, serta membangkitkan nafsu makan. Buat ibu hamil yang biasanya mabok di trimester awal kehamilannya, juga bisa lho minum minuman seperti ini. Supaya bisa mencegah mual/ muntah.

  • Membuat mood membaik

Ini salah satu khasiat wedang uwuh yang saya suka. Biasanya kalau minum minuman herbal ini mood saya membaik. Dibandingkan minum kopi yang mungkin ada efek samping kurang menyehatkan buat penderita maag atau asam lambung seperti saya, menurut saya wedang uwuh lebih nyaman. Kehangatannya dari campuran herbalnya membuat mood bisa jadi membaik 🙂 .

Herbadrink Wedang Uwuh

Seperti yang tadi saya singgung di atas, saya biasanya bikin wedang uwuh kemasan gitu, tepatnya pakai Herbadrink varian Wedang Uwuh. Herbadrink Wedang Uwuh ini bisa kita beli di toko/ minimarket/ supermarket dekat rumah, beli online juga bisa. Biasanya saya beli beberapa kotak Herbadrink, varian Wedang Uwuh-nya Herbadrink salah satunya.

FYI, selain Wedang Uwuh, Herbadrink juga memiliki beberapa varian lainnya, seperti Jahe, Lidah Buaya, Temulawak, dll. Kalau yang varian Herbadrink ciri-cirinya warna kemasannya tuh merah cabe.

Herbadrink Wedang Uwuh.

Satu kotak Herbadrink Wedang Uwuh berisi lima sachet bubuk Wedang Uwuh siap seduh. Cara bikinnya gampang, cukup campurkan bubuk Wedang Uwuh dengan air panas maupun dingin (saya sih prefer panas 😀 ). Maka Wedang Uwuh pun udah siap deh buka kita nikmati. Praktis kan? Enggak perlu rebus-rebus aneka herba lagi hehehe. Cocok buat teman-teman yang sibuk karena aktivitasnya padet banget.

Selain gampang cara penyajiannya, Herbadrink Wedang Uwuh dan varian Herbadrink lainnya bisa kita bawa ke mana-mana. Cukup kantongin sachet-nya, sewaktu-waktu kalau kita mau minum, tinggal cari air saja untuk menyeduhnya. Mungkin, ada yang mau bawa minuman herbal ini ke kantor atau traveling, barangkali 😀 .

FYI, teman-teman bisa mendapatkan Herbadrink ini di minimarket atau supermarket terdekat dan juga bisa membelinya secara online di www.konimexstore.com atau official store Konimex di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

Resep Wedang Uwuh Istimewa

Wedang Uwuh Istimewa.

BTW, kalau musim hujan seperti sekarang ini, saya sering menikmati wedang uwuh yang lain dari biasanya. Saya beri nama Wedang Uwuh Istimewa. Istimewa soalnya wedang uwuhnya saya campur dengan beberapa elemen makanan yang saya suka. Saya share resepnya ya. Berikut adalah Resep Wedang Uwuh Istimewa:

Bahan-bahan:

  • 1 sachet Herbadrink Wedang Uwuh
  • 150 ml air mendidih
  • Separuh roti tawar tanpa kulit (buang bagian kulitnya)

Cukup pakai separuh roti untuk satu porsi minuman.
  • Potongan agar-agar warna hijau sesuai selera

Pilih agar-agar warna hijau.
  • Kacang tanah kupas sesuai selera (sebelumnya masak dengan cara direbus atau digoreng).

Kacang ini saya goreng.

Cara membuat:

  • Campur bubuk Herbadrink Wedang Uwuh ke dalam 150 ml air panas/ mendidih. Aduk hingga merata.
  • Potong-potong separuh roti tawar menjadi bentuk dadu/ kotak kecil. Masukkan ke wedang uwuh.
  • Potong-potong agar-agar warna hijau menjadi bentuk kotak kecil juga dan masukkan ke wedang uwuh.
  • Kupas kacang tanah dari kulitnya. Bagi dua. Masukkan beberapa potong kacang tanah sesuai selera.
  • Maka Wedang Uwuh Istimewa siap untuk dinikmati.

Wedang Uwuh Istimewa pakai Herbadrink.

Wedang Uwuh Istimewa siap dinikmati.

Nah, itulah teman-teman cerita tentang wedang uwuh yang bisa menjadi salah satu minuman alternatif penghangat kala musim hujan seperti sekarang ini. Sekaligus resep Wedang Uwuh Istimewa yang merupakan kreasi dari minuman kemasan Herbadrink varian Wedang Uwuh. Semoga dengan manfaat dari minuman ini bisa membuat kita senantiasa sehat ya aamiin 🙂 .

April Hamsa

100 Comments

  1. Farida Pane 23 Desember, 2019
    • April Hamsa 16 Januari, 2020
  2. Rach Alida 23 Desember, 2019
  3. Okti Li 23 Desember, 2019
  4. Dessy Achieriny 23 Desember, 2019
  5. diane 23 Desember, 2019
    • April Hamsa 16 Januari, 2020
  6. Diiiah 23 Desember, 2019
  7. Keke Naima 23 Desember, 2019
    • Keke Naima 23 Desember, 2019
    • April Hamsa 16 Januari, 2020
      • Keke Naima 17 Januari, 2020
  8. Suciarti Wahyuningtyas 23 Desember, 2019
    • Suciarti Wahyuningtyas 24 Desember, 2019
      • April Hamsa 16 Januari, 2020
  9. artha 24 Desember, 2019
  10. Icha Marina Elliza 24 Desember, 2019
  11. NurulRahma 24 Desember, 2019
  12. Sumiyati Sapriasih 24 Desember, 2019
  13. Nanik Nara 24 Desember, 2019
  14. Mugniar 24 Desember, 2019
  15. Kartika 24 Desember, 2019
  16. Melina Sekarsari 25 Desember, 2019
  17. Dian 25 Desember, 2019
    • Nanik Nara 25 Januari, 2020
  18. Lidya 25 Desember, 2019
  19. Erin 25 Desember, 2019
  20. Rosanna Simanjuntak 25 Desember, 2019
  21. Siti 25 Desember, 2019
  22. Bambang Irwanto 25 Desember, 2019
  23. Nathalia DP 25 Desember, 2019
  24. elva s 25 Desember, 2019
  25. Dedew 25 Desember, 2019
  26. Rach Alida 25 Desember, 2019
  27. Eri Udiyawati 25 Desember, 2019
  28. Vivi 25 Desember, 2019
  29. lance rosa 25 Desember, 2019
  30. Hidayah Sulistyowati 25 Desember, 2019
  31. Echaimutenan 25 Desember, 2019
  32. Irena Faisal 25 Desember, 2019
  33. elva s 25 Desember, 2019
  34. Lina W. Sasmita 25 Desember, 2019
  35. Lina W. Sasmita 25 Desember, 2019
  36. Rizka Edmanda 25 Desember, 2019
  37. Hida 25 Desember, 2019
  38. Susindra 25 Desember, 2019
  39. Nurhilmiyah 26 Desember, 2019
  40. indah nuria 26 Desember, 2019
  41. Kurnia amelia 26 Desember, 2019
  42. Andy Hardiyanti 26 Desember, 2019
  43. Erfano 26 Desember, 2019
    • Erfano 26 Desember, 2019
  44. donasaurus 26 Desember, 2019
  45. Devi 26 Desember, 2019
  46. Meilia Wuryantati 26 Desember, 2019
  47. Meilia Wuryantati 26 Desember, 2019
  48. Tina 26 Desember, 2019
  49. ajeng pujianti lestari 26 Desember, 2019
  50. Qoty Intan Zulnida 26 Desember, 2019
  51. Yanti 26 Desember, 2019
  52. Sapti nurul hidayati 26 Desember, 2019
  53. Uniek Kaswarganti 26 Desember, 2019
  54. Fenni Bungsu 27 Desember, 2019
  55. Wian 27 Desember, 2019
  56. Visya Al Biruni 29 Desember, 2019
  57. Faradila Putri 29 Desember, 2019
  58. Liza 30 Desember, 2019
  59. Irra 30 Desember, 2019
    • Uniek Kaswarganti 25 Januari, 2020
  60. Qoty Intan Zulnida 30 Desember, 2019
  61. Assaifi 31 Desember, 2019
  62. Maliha 12 Januari, 2020
  63. NurulRahma 16 Januari, 2020
  64. Reyne Raea 17 Januari, 2020
  65. Amelia Waruwu 17 Januari, 2020
  66. Sekar 17 Januari, 2020
  67. Gina 17 Januari, 2020
  68. Monica Anggen 18 Januari, 2020
  69. Elly Nurul 18 Januari, 2020
  70. Herva yulyanti 18 Januari, 2020
  71. Nurul Fitri Fatkhani 18 Januari, 2020
  72. indah nuria 18 Januari, 2020
  73. lendyagasshi 18 Januari, 2020
  74. Uniek Kaswarganti 18 Januari, 2020
  75. Siti Hairul 18 Januari, 2020
  76. Rini Novitasari 18 Januari, 2020
  77. Shyntako 18 Januari, 2020
  78. Suciarti Wahyuningtyas 23 Januari, 2020
  79. Mugniar 24 Januari, 2020
  80. Rani R Tyas 24 Januari, 2020
  81. Sandra Nova 24 Januari, 2020
  82. Rach Alida 25 Januari, 2020
  83. Nurul Rahma 25 Januari, 2020
  84. Nunung 25 Januari, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!