Health Health Tips Kids Essential Oil Kids Health Mom Life Our Kids Parenting Parenting Tips Product Review Sipopo

Pengalaman Memakai Kids Essential Oil Sipopo untuk Bantu Sembuhkan Batuk Pilek Anak

Akhir-akhir ini cuaca tambah ekstrem ya teman-teman? Sudah enggak bisa ketebak lagi, hari ini cuacanya akan hujan atau panas. Nah, cuaca yang berubah-ubah kayak sekarang, berpotensi mengundang penyakit langganan pada anak, yakni batuk dan pilek. Anak-anak saya, Maxy dan Dema, beberapa waktu lalu juga sempat terserang batuk pilek. Namun, alhamdulillah, sembuhnya cepat. Enggak sampai ke dokter sih, cuma istirahat di rumah aja, memperbanyak asupan cairan, dan juga saya treatment pakai Kids Essential Oil Sipopo. Eh, BTW, teman-teman, khususnya para parents, sudah pernah dengar tentang Kids Essential Oil Sipopo ini? Kalau belum pernah, baeklah, melalui postingan kali ini, saya mau sharing pengalaman memakai Kids Essential Oil Sipopo untuk bantu menyembuhkan batuk pilek anak-anak yaaa.

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman memakai Kids Essential Oil Sipopo yaaa.

Ketika anak-anak terserang batuk dan pilek

Namun, sebelumnya, seperti biasa, saya mau curhat dulu nih. Biar lega gitu, kalau udah mengeluarkan unek-unek di kepala, hehe. Jadi, ceritanya, beberapa hari lalu saya mengajak anak-anak untuk pertemuan rutin komunitas sekaligus playdate dengan teman-teman sebaya mereka. Nah, saat pulang, kami kehujanan. Alhasil, esoknya si sulung Maxy mulai bersin-bersin, lalu meler (pilek). Trus, tak lama kemudian, adiknya, Si Dema, ikut-ikutan batuk dan pilek. Huhuhu.

Sebenarnya, secara teori saya tuh paham kalau yang namanya batuk dan pilek bukan penyakit berbahaya. Apalagi, kalau sudah tahu pasti pencetusnya apa, yakni akibat kehujanan sebelumnya tadi. Namun, yang namanya parents, khususnya ibuk-ibuk ya, kalau dua anak barengan sakit, rasanya tuh mumet. Trus, suka terselip perasan bersalah, β€œAndai saja saat itu saya enggak ngajak anak-anak ke pertemuan komunitas, mungkin mereka sekarang enggak akan batuk pilek.” Perasaan seperti itu lho yang bikin enggak nyaman. Ibuk-ibuk, ada yang pernah merasa kayak gitu juga enggak sih?

Namun, yaweslah, penyesalan kayak gitu enggak guna juga kan ya? #nyaridukungan. Hal paling penting adalah belajar dari kesalahan. Mungkin lain kali kalau mengajak anak-anak bepergian, apalagi di cuaca seperti sekarang ini, bisa bawa perbekalan lebih lengkap, seperti:

  • Baju lengan panjang.
  • Jaket atau sweater.
  • Payung dan jas hujan.
  • Topi
  • Kaus kaki dan sepatu.
  • Minyak telon atau minyak kayu putih dll.

Setuju parents? πŸ˜€

Oh iya, sekalian saya mau berbagi tips apa saja yang biasanya saya lakukan kalau anak-anak akhirnya terserang batuk dan pilek ya. Berikut adalah beberapa treatment yang saya lakukan ketika anak-anak batuk pilek:

  • Biasanya saya memperbanyak asupan cairan, khususnya air putih.
  • Lalu, saya banyakin asupan makanan berkuah. Buat antisipasi jika anak-anak malas minum.
  • Selain itu, saya juga menyediakan camilan seperti susu UHT dan es krim buat jaga-jaga kalau anak-anak malas makan.
  • Selalu siap termometer dan obat penurun demam. Buat berjaga-jaga jika suhu tubuh anak meningkat.
  • Minta anak-anak untuk memperbanyak istirahat. Kurangi waktu bermainnya.
  • Memandikan anak-anak pakai air hangat.
  • Treatment anak pakai Kids Essential Oil Sipopo.

Nah, seperti apa sih Kids Essential Oil Sipopo ini?

Tentang Kids Essential Oil Sipopo

Sesuai janji saya tadi saat memulai postingan ini, sekarang saya mau cerita tentang Kids Essential Oil Sipopo (Sipopo) yaaa. Berbeda dengan essential oil lain yang pernah saya coba sebelumnya, Sipopo ini adalah essential oil yang diformulasikan khusus buat anak-anak. Makanya disebut β€œKids Essential Oil”. Meski demikian, Sipopo dianjurkan untuk anak usia 6 bulan ke atas ya parents. Soalnya, kalau bayi di bawah 6 bulan biasanya masih sangat sensitif.

Empat varian Kids Essential Oil Sipopo. Sumber:Β WebsiteΒ Sipopo.

Saya suka Sipopo ini karena bahan-bahan pembuatnya 100% terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami, sehingga aman buat anak. Oh iya, Sipopo ini juga aman dipakai untuk penderita asma dan alergi, lho. Bahkan, salah satu manfaat Sipopo adalah mengontrol kualitas udara jadi lebih baik. Soalnya, bahan yang ada pada Sipopo dapat menjadi anti alergen dan anti infeksi alami yang bisa menghambat kambuhnya gejala asma maupun alergi.

Sipopo punya empat varian produk yang bisa parents pilih sesuai kebutuhan, yakni Strong Immune, Bye Cough and Flu, Sleep Well, dan Happy Stomach. Saya jelaskan perbedaan masing-masing produk sesuai katalog di website Sipopo yang saya baca ya:

Strong Immune

Sipopo Strong Immune adalah kids essential oil yang memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak supaya enggak gampang sakit. Selain itu, Sipopo Strong Immune juga memiliki manfaat sebagai antibakteri, antiifeksi, antioksidan, dan bisa juga sebagai detoksifikasi.

Sipopo Strong Immune.

Bahan-bahan pembuat Sipopo Strong Immune antara lain:

  • Clove (cengkeh)
  • Lemon
  • Tea Tree Oil.

Dengan treatment memakai Sipopo Strong Immune, anak-anak parents bisa terlindungi dari bakteri maupun virus, bajkan yang belum teridentifikasi. Sehingga, anak-anak akan jarang kena batuk pilek, dll.

Bye Cough and Flu

Sesuai namanya, Sipopo Bye Cough and Flu ini berfungsi untuk meredakan gejala batuk pilek, sebab bersifat sebagai antivirus alami. Sipopo Bye Cough and Flu ini juga dapat melegakan hidung anak yang tersumbat, mengatasi sesak nafas dan membantu pengeluaran dahak, dan bisa memperkuat sistem pernafasan anak.

Sipopo Bye Cough and Flu.

Sipopo Bye Cough and Flu ini mengandung 100% essential oil dari campuran bahan-bahan:

  • Mint
  • Cajeput (minyak kayu putih)
  • Anise (bunga lawang)
  • Rose Oil.
Sleep Well

Anak susah tidur? Mungkin varian Sipopo Sleep Well ini bisa dipakai untuk membantu anak yang kesusahan tidur. Soalnya kalau anak kurang istirahat, khawatirnya kekebalan tubuh anak menurun, yang berdampak jadi gampang sakit. Maka dari itu, pastikan tidur anak-anak kita cukup bagus ya parents.

Sipopo Sleep Well.

Sipopo Sleep Well yang diformulasikan dari bahan-bahan Lavender, Peppermint, Cajeput, Lemon, Nutmeg (pala), Rose, dan Anise Oil ini bisa membantu anak yang mengalami kesusahan tidur. Buat orang dewasa juga sangat dianjurkan. Selain itu, Sipopo Sleep Well ini katanya sih aman buat ibu hamil. Biasanya ibu hamil kalau bobo kan suka gelisah tuh? Nah, bisa coba Sipopo Sleep Well ini juga.

Selain dapat memperbaiki kualitas tidur, Sipopo Sleep Well ini juga memiliki wangi lavender yang tidak disukai nyamuk. Sehingga selama tidur, selain bisa rileks karena wanginya, juga bebas dari nyamuk.

Happy Stomach

Sipopo Happy Stomach ini bermanfaat untuk anak yang sering mengalami masalah pencernaan, seperti perut kembung, masuk angin, diare, sembelit, dll. Sipopo Happy Stomach ini bisa menjadi stimulan yang berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan lebih baik, sebab Sipopo Happy Stomach dapat menjadi antibakteri, antijamur, antiparasit dalam usus anak.

Sipopo Happy Stomach. Sumber: Website Sipopo.

Sipopo Happy Stomach mengandung bahan-bahan:

  • Ginger
  • Tea Tree
  • Eucalyptus
  • Lemongrass Oil.

Itulah teman-teman empat varian Kids Essential Oil Sipopo. Teman-teman bisa memakainya sesuai kebutuhan atau dicampur.

β€œMaksudnya dicampur bagaimana?” Ada yang bingung? πŸ˜€

Jadi, gini, ketika anak misalnya enggak sehat karena batuk pilek, trus susah tidur, parents bisa menggunakan Sipopo Bye Cough and Flu bersamaan dengan Sipopo Sleep Well. Sehingga, anak yang kena batuk pilek bisa lebih mudah beristirahat.

Sedangkan untuk cara pemakaiannya, seperti berikut ya parents:

  • Sipopo tidak untuk diminum.

  • Hindari kontak langsung dengan kulit.

  • Sebaiknya menggunakan Diffuser (Cara paling baik), caranya:

Pemakaian yang dianjurkan adalah dengan menggunakan Diffuser.

-Tuang 100 ml air ke dalam diffuser lalu beri 3-5 tetes Sipopo.

-Letakkan diffuser di luar jangkauan anak.

 

  • Cara kedua adalah dioleskan ke bagian tubuh, namun harus dicampur VCO. Soalnya essential oil itu terlalu kuat kalau langsung dioleskan ke kulit, maka perlu VCO untuk mengencerkannya, sehingga bisa lebih mudah diterima oleh kulit. Caranya sebagai berikut:
Campur Sipopo dengan VCO.

-Campur 1-3 tetes Sipopo dengan 1 sendok makan VCO (dapat ditambahkan jika kulit anak sangat sensitif).

-Oles pada telapak kaki, perut, tengkuk, atau belakang telinga.

  • Selalu mulai dari dosis minimum, dapat ditambah seiring usia anak.

  • Lebih baik digunakan ketika anak tidur siang atau malam.

  • Aman untuk pemakaian setiap hari.

Review Kids Essential Oil Sipopo yang pernah saya pakai

Ada tiga varian Sipopo yang sudah pernah saya pakai yakni Strong Immune, Bye Cough and Flu, dan Sleep Well. Saya akan mulai mereview dari kemasannya yaaa. Kemasan Sipopo ini mungil, soalnya ukurannya cuma 10 ml aja. Botolnya terbuat dari kaca dengan tutup putih ulir yang rapat, sehingga enggak mudah tumpah. Kalau tutup ulirnya kita buka, masih ada satu tutup lagi yang tengahnya berlubang menyempit yang mempermudah kita meneteskan essential oil.

Kemasan Sipopo dengan tutup ulir berwarna putih.

Setiap varian Sipopo kemasan dan ukurannya sama, yang membedakannya hanya sticker produknya. Kalau Sipopo Strong Immune sticker-nya kuning, Sipopo Bye Cough and Flu biru, Sipopo Sleep Well ungu, dan Sipopo Happy Stomach warnanya hijau. Pada sticker produk terdapat keterangan manfaat dan bahan-bahan pembuat produk, ukuran isi, dan cara pemakaiannya.

Kids Essential Oil Sipopo yang pernah saya pakai.
Sipopo Bye Cough and Flu

Ini andalan saya kalau anak-anak sudah mulai terserang batuk pilek. Bukan berarti 100% kalau pakai Sipopo Bye Cough and Flu langsung sembuh, tentu saja harus ada treatment lain seperti banyakin minum dan istirahat. Namun, menurut saya Sipopo Bye Cough and Flu ini efektif mengatasi hidung anak-anak yang tersumbat dan membantu mengencerkan dahak.

Perbedaan sebelum dan sesudah saya pakai Sipopo Bye Cough and Flu ini juga kerasa. Dulu, tiap anak-anak batuk pilek tuh rewel banget. Suka mengeluh hidung tersumbat gitu. Setelah pakai Sipopo Bye Cough and Flu, anak-anak berkurang rewelnya, bahkan kayaknya kok sudah hampir enggak pernah mengeluh hidung tersumbat lagi.

Anak-anak saya tuh tiap kali saya menyalakan Diffuser yang sudah saya tetesi Sipopo Bye Cough and Flu kayak menarik nafas lega gitu. Kemungkinan besar, aroma mint yang terkandung dalam Sipopo Bye Cough and Flu ini yang melegakan anak. Eh, tapi usahakan kalau memakai Diffuser jauhkan dari jangkauan anak-anak ya parents. Aromanya tetap tercium kok walau agak jauh dari kontak anak-anak.

Sipopo Sleep Well

Anak-anak saya itu sebelumnya termasuk susah sekali tidur. Kalau di rumah, saat siang hari mereka enggak tidur. Namun, herannya kalau di daycare mereka pasti tidur siang. (Mungkin karena dikomando tidur bareng-bareng sama teman-temannya yang lain, kali ya?) Nah, kalau malam, mereka biasanya menunggu ayahnya pulang dulu, baru bisa tidur. Itupun seringnya di atas jam 22.00 WIB. Padahal sejak pukul 21.00 WIB udah saya giring ke bed, lho. Jadi, mereka biasanya main-main dulu atau kalau enggak kabur dari kamar, main lagi #tepokjidat.

Belum lagi kalau tidur tuh suka lasak. Berguling ke kanan, ke kiri, bahkan muter-muter di tempat tidur. Anak-anak juga masih suka kebangun-bangun saat tidur, persis kayak zaman bayi dulu.

Akhirnya, saya coba deh tuang Sipopo Sleep Well ke Diffuser, setelah berhasil membuat anak-anak masuk kamar. Setelah baca doa bersama, kemudian mendongeng sebentar sambil saya elus-elus punggung anak-anak, alhamdulillah anak-anak bisa tidur lebih cepat. Wangi dari lavender Sipopo Sleep Well kayaknya memang bikin nyaman gitu.

Semenjak pakai Sipopo Sleep Well ini, saya merasa anak-anak tidurnya lebih berkualitas. Udah enggak muter-muter lagi gaya bobo-nya.

Sipopo Strong Immune

β€œLebih baik mencegah, daripada mengobati,” kata orang bijak.

Sebelum kejadian, anak terkena batuk pilek, akhir-akhir ini saya suka pakai Sipopo Strong Immune. Harapannya dengan memakaiΒ essential oil anak ini anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga bisa cegah anak sakit. Apalagi di musim yang enggak jelas cuacanya kayak sekarang kan?

Hasil yang saya rasakan, alhamdulillah sih positif. Anak-anak kalau misalnya abis bepergian trus kami kehujanan gitu, masih suka bersin-bersin namun enggak sampai batuk-batuk gitu. Saya sih merasa anak-anak jadi lebih kuat fisiknya daripada dulu, sebelum kami pakai Sipopo Strong Immune ini.

Itulah parents informasi dan review tentang Kids Essential Oil Sipopo yang saya pakai untuk membantu menyembuhkan batuk dan pilek anak, sekaligus membantu anak untuk tidur lebih nyenyak Kalau parents mengalami masalah serupa, mungkin bisa mencoba Sipopo ini, barangkali cocok.

Informasi lebih lengkap tentang Kids Essential Oil Sipopo bisa dibaca di:

Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat πŸ™‚ .

April Hamsa

49 Comments

  1. Rach Alida Bahaweres 23 Februari, 2019
    • April Hamsa 23 Februari, 2019
  2. Okti Li 23 Februari, 2019
    • April Hamsa 23 Februari, 2019
  3. Aminnatul Widyana 23 Februari, 2019
    • April Hamsa 23 Februari, 2019
    • SIPOPO Indonesia 25 Februari, 2019
  4. Rara febtarina 23 Februari, 2019
  5. Reyne Raea (Rey) 23 Februari, 2019
  6. Keke Naima 23 Februari, 2019
  7. Reni Dwi Astuti 23 Februari, 2019
  8. Cerita Maria 24 Februari, 2019
  9. Jeanette Agatha 24 Februari, 2019
  10. Mugniar 24 Februari, 2019
  11. Arda Sitepu 24 Februari, 2019
  12. Hidayah Sulistyowati 24 Februari, 2019
  13. Irra Octaviany 25 Februari, 2019
  14. Inda Chakim 25 Februari, 2019
  15. Diah 25 Februari, 2019
    • Diah 26 Februari, 2019
  16. Yoanna Fayza 25 Februari, 2019
  17. Dian Restu Agustina 25 Februari, 2019
  18. Desri Desri 25 Februari, 2019
  19. Rohyati Sofjan 25 Februari, 2019
  20. Syarifani Mulyana 25 Februari, 2019
  21. Eka Rahmawati 25 Februari, 2019
  22. Mechta 25 Februari, 2019
  23. Fitrian 25 Februari, 2019
  24. Christina A. S 25 Februari, 2019
  25. Siska Dwyta 25 Februari, 2019
  26. Ira Hamid 25 Februari, 2019
  27. Ira 25 Februari, 2019
  28. Leyla 25 Februari, 2019
  29. Ida Tahmidah 26 Februari, 2019
  30. Nunung Nurlaela 26 Februari, 2019
  31. Natara 26 Februari, 2019
  32. Ainhy Edelweiss 26 Februari, 2019
  33. Nabilla DP 26 Februari, 2019
  34. Elva Susanti 26 Februari, 2019
  35. Kurnia amelia 26 Februari, 2019
  36. Ludyah Annisah 26 Februari, 2019
  37. Noorma 26 Februari, 2019
  38. Utie adnu 26 Februari, 2019
  39. Dian Radiata 26 Februari, 2019
  40. Lucky Caesar Direstiyani 2 Maret, 2019
  41. Afrilentin 2 Maret, 2019
  42. Afrilentin 2 Maret, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!