Sun Life Resolution Run 2019. Dari nama event-nya, kira-kira teman-teman bisa menebak ini apa? Kalau ada yang menjawab, β€œSun Life Resolution Run adalah ajang lomba lari yang diselenggarakan oleh Sun Life Financial Indonesia (Sun Life)”, maka jawabannya adalah β€œBetul banget” πŸ˜€ .

Tentang Sun Life Resolution Run Indonesia

FYI, Sun Life Resolution Run yang digelar tahun ini merupakan yang pertama kalinya lho di Indonesia. Sebelumnya, Sun Life Indonesia lebih sering mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan fun walk. Namun, sebenarnya Sun Life Resolution Run sendiri sudah berjalan di beberapa negara lain. Lomba lari ini merupakan bagian dari kampanye regional Sun Life β€œLive Healthier Lives” yang mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mulai menjalani lifestyle yang lebih baik dan sehat.

Sun Life Resolution Run untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia pata tanggal 20 Januari 2019.

Sun Life Resolution Run Indonesia ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 20 Januari besok di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Ada tiga kategori lomba dalam Sun Life Resolution Run, yakni: 5K. 10K, dan Family Run 1.5K.

Tiket larinya sudah sold out dan lebih dari 1500 peserta dari berbagai usia dipastikan akan ikut berlari di ajang ini. Istimewanya, seluruh hasil penjualan tiket Sun Life Resolution Run Indonesia akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia.

β€œSeluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia,” kata Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, Shierly Ge (Ibu Shierly) dalam konferensi pers mengenai Sun Life Resolution Run 2019 di CGV FX Sudirmaan tanggal 17 Januari kemarin.

Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, Ibu Shierly Ge.

Selain Ibu Shierly, dalam konferensi pers siang itu hadir pula:

  • Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty (Ibu Elin).
  • Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini (dr. Grace).
  • Publik figur sekaligus brand ambassador ajang Seun Life Resolution Run Indonesia, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono.

Ibnu JamilΒ brand ambassadorΒ Sun Life Resolution Run Indonesia.

Latar belakang terselenggaranya Sun Life Resolution Run

Ibu Elin mengatakan bahwa setiap pergantian tahun, setiap orang pasti membuat resolusi baru. Salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan meningkatkan kesehatan, entah itu ingin diet, ingin menurunkan berat badan, ingin lebih rajin olahraga, dll. Namun, sayangnya, resolusi yang berhubungan dengan kesehatan diri tersebut seringkali cuma ada di catatan dan enggak diwujudkan dalam langkah nyata. Akibatnya ya resolusi tersebut enggak tercapai.

Ibu Elin menjelaskan latar belakang diselenggarakannya Sun Life Resolution Run.

Pantas saja, meski banyak orang mengatakan β€œResolusiku tahun ini adalah hidup lebih sehat lagi”, namun kenyataannya menurut data Riskesdas 2018, angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia 18 tahun ke atas) mengalami peningkatan, dari 11,3% pada tahun 2013 menjadi 13,6% pada 2018. Prevalensi obesitas pun meningkat, yakni dari 14,8% pada 2013 menjadi 21,8% pada 2018. Tingginya prevalensi overweight dan obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia, berbanding lurus dengan kurangnya aktivitas fisik dan ditunjukkan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang dinilai kurang gerak, yakni dari 26,1% pada 2013, menjadi 33,5% di 2018.

Fakta tersebut juga diperkuat dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori β€œGenerasi O” yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed). Begitulah, resolusi sehat cuma sekadar impian.

Nah, berangkat dari latar belakang tersebut, Sun Life kemudian menggelar Sun Life Resolution Run. Sun Life berharap kegiatan ini bisa mendorong masyarakat mengawali tahun barunya dengan mengambil langkah pertama, bergerak/ berlari, supaya resolusi sehatnya kali ini benar-benar terwujud.

β€œKami berharap acara ini bisa menjadi salah satu langkah nyata supaya resolusi untuk menjadi lebih sehat bisa jadi nyata. Enggak sekadar ditulis di kertas saja,” kata Ibu Elin.

Oh iya, nanti semua peserta yang mengikuti ajang Sun Life Resolution Run akan mendapatkan kaos olahraga dan medali seperti ini:

Kaos peserta Sun Life Resolution Run 2019.

Medali untuk peserta lari.

Manfaat olahraga lari seperti Sun Life Resolution Run

Dr. Grace mengatakan bahwa obesitas membutuhkan rekomendasi aktivitas fisik, salah satunya adalah olahraga lari. Olahraga lari sendiri merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga lari:

  • Membantu mencegah obesitas.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Meningkatkan produktivitas.

β€œAktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh. Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi, tiga sampai lima kali per minggu, olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas,” kata dr. Grace.

Dr. Grace menjelaskan manfaat olahraga lari.

Dr. Grace juga mengatakan bahwa olahraga lari yang dilakukan bersama-sama seperti dalam kompetisi Sun Life Resolution Run ini bisa memacu diri untuk terus berlatih lari lagi, juga memupuk semangat dan motivasi untuk terus berolahraga. Jika, kita sudah mau mengikuti ajang lomba lari semacam ini, maka menurut dr. Grace kita sudah satu step berada pada tingkatan β€œMaintaining a Good Thing for Life!” sebagaimana yang tampak pada gambar berikut:

Lima tingkatan orang berolahraga.

Meski demikian, dr. Grace mengingatkan bahwa sebaiknya jangan ujug-ujug daftar lomba lari tanpa pernah melakukan persiapan dan latihan. Sebab, nanti malah berbahaya buat diri sendiri.

β€œUntuk orang yang mau lari biasanya kan ada formulir. Itu dilihat dulu. Lakukan screening atau pemeriksaan sebelumnya,” saran dr. Grace.

Tips mencegah cedera selama mengikuti Sun Life Resolution Run

Dr. Grace kemudian memberikan beberapa tips supaya peserta kompetisi tidak mudah cedera ketika berlari. Tipsnya meliputi:

  • Hidrasi yang cukup

Peserta harus cukup minum air putih supaya tidak dehidrasi.

  • Konsumsi makanan yang cukup kalori

Konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung karbohidrat. Perbandingannya sebaiknya sebagai berikut:

Porsi kalori makanan yang dibutuhkan pelari.

Lebih lengkapnya, berikut adalah tabel hidrasi dan kalori yang dibutuhkan pelari:

Tabel hidrasi dan kalori yang dibutuhkan pelari.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan

Sebelum berlari lakukan gerakan pemanasan. Begitu pula selesai berlari, lakukan pendinginan.

  • Pakai equipment yang tepat

Pakai peralatan lari yang tepat, misalkan sepatu, baju (jangan pakai jaket), pakai baju lari yang tepat. Sekarang sudah banyak baju olahraga yang punya teknologi melindungi dari sinar UV, bisa menyerap keringat, dll.

Lalu, bagaimana jika saat berlari, tiba-tiba cedera? Dr. Grace menjelaskan bahwa cedera yang sering diderita pelari adalah Cedera Muskuloskeletal yakni gangguan pada fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang. Berikut adalah dua Cedera Muskuloskeletal yang umumnya terjadi saat berlari dan cara menanganinya:

  • Sprain/ strain

Yaitu cedera karena ada regangan berlebihan atau terjadi robekan pada otot atau tendon. Cara mengatasinya dengan: RICE. RICE adalah Rest, Ice (kompres es), Compression, dan Elevation.

  • Muscle cramps

Yakni kram otot. Cara mengatasinya dengan stretching dan massage.

Kelly Tandiono berbagi tips seputar berlari.

Kelly Tandiono dalam kesempatan tersebut juga memberikan tips mengikuti olahraga lari supaya peserta tidak mudah mengalami cedera. FYI, Kelly Tandiono sudah sering mengikuti ajang lari serupa lho. Bahkan, beberapa kali memenangkan juara. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum berlari dari Kelly Tandiono:

  • Minum yang banyak.
  • Latihan minimal satu bulan sebelum race.
  • Perhatikan asupan gizi, terutama karbohidrat.
  • Minum vitamin, terutama Omega 3.

Menurut Kelly Tandiono yang menganggap olahraga lari merupakan investasi kesehatan ini, tips tersebut membuatnya berhasil mengikuti lomba lari sampai selesai. Wah, buat yang suka lari juga, jangan sampai lupa ya sama tipsnya Kelly Tandiono πŸ˜€ .

Nah, itulah teman-teman informasi mengenai ajang Sun Life Resolution Run 2019, penjelasan mengenai manfaat olahraga lari, plus tips mencegah cedera selama berlari. Semoga informasi ini bermanfaat yaaa. Yuk, mulai bergerak dan berlari supaya resolusi sehat kita terwujud! πŸ™‚

April Hamsa