Company Education EF English First Holiday Academy Kids Activity Mom Life Opinion Our Kids Parenting Parenting Tips Product Review

Tips agar Anak Senang Membaca

Teman-teman, khususnya para moms, pasti happy banget kalau anaknya gemar membaca. Iya kan? Sayangnya, membuat anak senang membaca itu bukan pekerjaan gampang. Kegemaran membaca pada anak enggak bisa tumbuh begitu saja. Butuh pembiasaan dan tips khusus supaya anak senang membaca. Selain itu, anak juga butuh contoh dari orang tuanya. Ya, logikanya, bagaimana kita bisa mengharapkan anak senang membaca, kalau orang tuanya sendiri jarang buka buku?

Menumbuhkan minat anak pada kegiatan membaca itu penting.

Selain itu, tantangan mengajari anak membaca juga banyak, salah satunya berasal dari lingkungan. Enggak banyak orang mau mengapresiasi anak yang suka membaca. Yeah, soalnya kegiatan membaca belum jadi budaya yang umum dilakukan di negeri ini. Penelitian Most Literred Nation in the World (2016) bahkan menyatakan bahwa ternyata minat baca di Indonesia menduduki rangking 60 dari 61 negara di dunia. Miris ya? Belum

Belum lagi tantangan berupa gadget, dimana anak zaman sekarang kayaknya memang lebih tertarik memegang gadget ketimbang buku. Oleh sebab itu, yuk moms, kita berusaha membiasakan dan mengajari anak kita membaca.

Manfaat membaca bagi anak

Membaca memiliki segudang manfaat bagi anak. Enggak cuma sekadar menambah pengetahuan dan wawasan si anak, namun sebenarnya juga mendatangkan manfaat sebagai berikut:

Membantu anak berkonsentrasi

Pada saat anak membaca, maka anak akan fokus menyelesaikan bacaannya. Hal tersebut akan membuat anak untuk belajar berkonsentrasi terhadap sesuatu yang tengah dikerjakannya.

Menambah kosakata anak

Dengan membaca, maka kosakata anak akan bertambah. Apalagi, jika orang tua sering mesntimulasinya dengan mengajak anak berbicara atau membacakan buku dengan nyaring untuk anak.

Kebiasaan membaca buku membuat anak jadi cerdas.

Meningkatkan kemampuan komunikasi anak

Semakin banyak kosakata yang diketahui, anak akan dapat menyampaikan sesuatu hal melalui tulisan atau ujaran dengan baik.

Menstimulasi kecerdasan anak

Membaca jelas memberikan informasi baru yang selama ini mungkin belum diketahui anak. Anak kemudian bisa berimajinasi dan bahkan belajar berpikir tentang sebab dan akibat dari bacaannya. Hal tersebut akan mampu menstimulasi kecerdasan anak.

Wah, banyak ya moms, manfaat membaca bagi anak. Makanya, yuk, kita berusaha keras menumbuhkan rasa senang anak terhadap kegiatan membaca. Bagaimana caranya?

Tips membuat anak senang membaca

Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat moms praktikkan di rumah dalam rangka menumbuhkan minat baca anak:

Kelilingi dengan buku

Pertama, moms bisa mengajak anak ke tempat-tempat yang mampu menumbuhkan minat anak pada buku. Misalnya mengajak anak ke toko buku, ke perpustakaan, ke pameran buku, dll.

Mengajak anak ke pameran buku adalah salah satu cara memperkenalkan anak kepada kegemaran membaca.

Kemudian, moms bisa memanfaatkan sudut kecil di rumah sebagai ruang baca, dimana kita bisa menempatkan rak buku di sana. Dengan demikian, moms bisa dengan mudah memulai mengenalkan anak dengan berbagai bacaan menarik kepada anak, mulai dari buku bergambar, novel, komik, atau biografi. Tujuannya adalah agar anak tahu bahwa ada beragam jenis bacaan yang dapat dinikmati.

Biasanya, anak akan menyukai jenis buku tertentu yang membuatnya betah berlama-lama dengan bukunya. Maka, moms dapat membelikan buku yang sesuai dengan kesukaan si kecil. Dengan begitu anak akan lebih semangat membaca buku favoritnya.

Selingi dengan audio book

Audiobook adalah narasi cerita dalam bentuk audio. Audiobook bisa menjadi alternatif moms ketika anak, khususnya anak-anak usia dini, merasa bosan membaca buku fisik. Selain itu, membaca dengan bantuan audiobook juga ternyata memiliki kelebihan, lho. Anak dapat berlatih mendengar sambil menangkap informasi dengan cepat.

Jadikan kegiatan rutin

Kebiasaan terbentuk dari rutinitas. Oleh karena itu, setiap hari usahakan moms membuat agenda untuk membaca bersama anak. Tidak perlu lama-lama, asalkan dilaksanakan setiap hari. Namun, kemas rutinitas ini sedemikian rupa agar anak tidak bosan. Dengan begitu si kecil akan selalu semangat membaca.

Beberapa cara menumbuhkan minat membaca anak.
Barengi dengan latihan menulis

Membaca merupakan proses belajar visual, yang artinya anak mengenali bentuk alfabet yang ada di tulisan. Untuk mempercepat proses belajar membaca, moms juga dapat menggabungkan dengan latihan menulis. Hasilnya, anak akan lebih cepat menghafal huruf dan cara menyebutkannya.

Be Creative

Untuk anak yang belum dapat membaca, moms dapat memperkenalkan serunya membaca dengan membacakan buku. Saat mengajak anak membaca, momsย sebaiknya kreatif dan ekspresif dalam menyampaikan isi cerita. Bila perlu gunakan properti akan si kecil tenggelam dalam isi cerita. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk mulai membaca dan tidak akan merasa bosan.

Jangan memaksa

Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, jangan memaksa anak untuk membaca, karena nanti anak merasa terbebani. Alih-alih senang membaca, anak justru membenci membaca.

Mengikuti kegiatan seru

Berhubung liburan sekolah sebentar lagi tiba, gunakan kesempatan ini untuk melakukan kegiatan yang berkualitas. Salah satunya dengan mengikuti Summer Camp.

Apa sih summer camp itu? Summer camp merupakan kegiatan yang dapat melatih kemampuan, kemandirian, keterampilan, dan juga kepercayaan diri anak. Kalau di Amerika Serikat, summer camp rutin diadakan setiap liburan musim panas. Lalu, bagaimana dengan anak kita, apa kita mesti jauh-jauh ke Amerika Serikat buat mengikutkan anak di kegiatan summer camp? Hehe, jangan khawatir moms, di Indonesia juga ada kok.

Penasaran di mana kira-kira moms dapat menemukan summer camp di Indonesia? Yang jelas, moms tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mengajak anak mengikuti summer camp. Di Indonesia, English First (EF) English Center for Kid and Teens merancang program Holiday Academy. Di Holiday Academy, minat dan bakat anak akan diasah lebih mendalam sekaligus mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya.

Untuk si kecil yang memiliki minat di bidang menulis dan membaca, Holiday Academy memiliki dua program yaitu Reading Science (untuk anak usia 9-13 tahun) dan Writerโ€™s Guild (untuk anak usia 11-13 tahun). Kedua program ini dirancang untuk mengasah kemampuan memahami teks dan membuat berbagai macam tulisan. Tak ketinggalan kegiatan eksperimen yang mengasah kemampuan percakapan anak.

Holiday Academy dirancang untuk menumbuhkan minat baca anak.

Sedangkan untuk si kecil yang senang bercerita dan tampil di depan umum, Holiday Academy memiliki tiga program yaitu Storytellers (untuk anak usia 3-7 tahun), Phonics (untuk anak usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk anak usia 9-17 tahun). Ketiganya merupakan program yang dapat mengasah kemampuan anak dalam mendengar, membaca, berbicara sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya melalui bermain peran.

Bagaimana moms, menarik bukan summer camp-nya? Jika moms masih mencari inspirasi untuk menghabiskan liburan berkualitas, saran saya anaknya diikutkan Holiday Academy aja. Holiday Academy bisa menjadi pilihan terbaik untuk si kecil. Selain programnya yang menarik, program Holiday Academy juga memiliki durasi program yang bervariasi, mulai dari 1 hingga 4 minggu.

Untuk pendaftaran dan informasi Holiday Academy, kunjungi EF.ID/amazingholiday dan dapatkan harga spesial. Jika moms ingin si buah hati mendapatkan pengalaman seru belajar bahasa Inggris yang lebih lama, Moms dapat mengunjungi EF.ID/diskonwow untuk pendaftaran kelas reguler EF dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta beserta merchandise eksklusif! Yuk moms, jangan lewatkan kesempatan ini supaya anak #AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

Semoga tips dan informasi ini bermanfaat ya ๐Ÿ™‚ .

April Hamsa

34 Comments

  1. Yulia 23 April, 2019
  2. Khoirur Rohmah 23 April, 2019
  3. Perempuan November 23 April, 2019
  4. Zefy Arlinda 23 April, 2019
  5. unggulcenter 23 April, 2019
  6. Kang Alee 23 April, 2019
  7. Tomi 23 April, 2019
  8. Tukang Jalan Jajan 24 April, 2019
  9. lendyagasshi 24 April, 2019
    • lendyagasshi 30 April, 2019
  10. Diah Kusumastuti 24 April, 2019
  11. Nia K. Haryanto 25 April, 2019
  12. Jiah 25 April, 2019
  13. Jiah 25 April, 2019
  14. Rindang Yuliani 25 April, 2019
  15. Siberuang 25 April, 2019
  16. Ruli retno 27 April, 2019
  17. Ida Tahmidah 28 April, 2019
  18. Arda Sitepu 28 April, 2019
  19. Diyanika 29 April, 2019
  20. Linimasaade 29 April, 2019
  21. CatatanRia 29 April, 2019
  22. Rach Alida Bahaweres 29 April, 2019
  23. Ira Hamid 29 April, 2019
  24. Helena Magdalena 29 April, 2019
  25. Sri Widiyastuti 30 April, 2019
  26. Rizka Edmanda 30 April, 2019
  27. lita chan lai 30 April, 2019
  28. Nyak Rotun 30 April, 2019
  29. Uniek Kaswarganti 30 April, 2019
  30. Nyi Penengah Dewanti 30 April, 2019
  31. Ujame Gaja 30 April, 2019
  32. Onliner 14 Juli, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!