Blogging Tips Company Niagahoster Tips & Opinion

Tips Memilih Penyedia Jasa Web Hosting untuk Blogger Pemula

Hello, teman-teman, hmmm, lama juga ya saya enggak menulis tentang tema blogging? Tiba-tiba, pagi ini saya kepikiran buat menulis tips seputar blogging lagi. Buat pemanasan (hallah), kali ini saya mau membahas mengenai tips memilih penyedia jasa web hosting. Tulisan ini saya dedikasikan khusus buat teman-teman yang baru memulai blogging atau ngeblog. Kalau teman-teman yang sudah malang melintang di dunia perblogeran ikut membaca artikel ini ya enggak pa pa sih. Ntar, bisa sharing-sharing juga di kolom komen yaaa…

Sebaiknya blogger memiliki hosting sendiri supaya performa blog-nya lebih oke. 

Teman-teman yang sudah lama ngeblog pasti paham, bahwa ngeblog dan punya web hosting sendiri adalah dua hal yang susah dipisahkan. Web hosting itu sebenarnya apa sih? Web hosting adalah layanan tempat yang bisa kita sewa untuk menampung data-data kita selama ngeblog, baik itu berupa tulisan, foto, gambar, email, aplikasi, dll.

Keuntungan memiliki web hosting sendiri

Ngapain mesti punya web hosting sendiri kan enak nebeng yang gratisan seperti blogger dot com, misalnya?” Mungkin ada yang bertanya demikian? Begini lho teman-teman, ibaratnya orang ngontrak rumah, kalau mau pakai yang gratisan, ruang gerak kita agak terbatas. Kita enggak bisa ngecat atau mendesain rumah sesuai keinginan kita sendiri. Berbeda, apabila kita memiliki rumah sendiri, kita lebih bebas mau ngelakuin apa aja. Mau mindah posisi pintu kek, mau ngecat rumah dengn cat yang ngejreng kek, bebaaass.

Begitu pula dengan memiliki web hosting sendiri. Kita, sebagai blogger, akan memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Blog menjadi sepenuhnya milik kita

Saya teringat zaman ngeblog memakai platform Multiply yang udah almarhum 🙁 . Dulu, saya enggak kepikiran punya web hosting sendiri. Maka, pada saat Multiply off, yawes saya juga harus merelakan semua tulisan saya di blog dengan platform tersebut.

Bukan untuk menakut-nakuti ya, just in case, apabila hal tersebut kejadian juga di platform blog gratisan lain, hiks, pasti sedih banget kan ya? Oleh karena itu, saran saya, sebaiknya, teman-teman berjaga-jaga menyelamatkan konten blog teman-teman dengan memiliki web hosting sendiri. Blog yang memiliki web hosting sendiri, sepenuhnya akan menjadi milik si blogger.

Kita jadi bebas mengatur tampilan blog

Ibarat sudah memiliki rumah sendiri tadi, yang bebas mau ngecat tembok warna apa aja, punya web hosting sendiri membuat kita jadi lebih bebas mengatur tampilan blog kita. Kita bisa memilih template yang bagus, bahkan bila perlu custom sendiri sesuai kepribadian kita. Sehingga blog kita terlihat beda dan bisa memperlihatkan kepribadian kita kepada pengunjung blog.

Web hosting sendiri memungkinkan kita mengoptimasi blog.

Kita bebas memasang plugins untuk optimasi blog

Ada beberapa teman blogger yang memang niat menjadikan blog-nya sebagai sumber pundi-pundi uang. Maka, blog-nya tentu saja harus dioptimasi supaya lebih mudah terindeks oleh search engine, sehingga bisa dipasang adsense, mendapat pageviews yang tinggi, dll. Memiliki web hosting sendiri, bisa memungkinkan blog lebih mudah dipasangin plugins sesuai kebutuhan kita.

Blog kita akan terlihat semakin profesional

Tampilan udah oke, optimasi dengan plugins sudah baik, maka blog kita pun akan terlihat profesional. Sehingga, kemungkinan besar blog kita bisa dilirik oleh brand atau agensi yang ingin bekerjasama melalui sponsored post di blog kita.

Nah, itulah teman-teman, beberapa keuntungan yang akan kita dapat apabila kita memiliki web hosting sendiri untuk blog. Pertanyaannya sekarang, “Pilihan web hosting kan banyak? Saya harus pilih yang mana supaya blog saya bisa tampil lebih baik?”

Ciri-ciri penyedia jasa web hosting yang bagus

Yup, pilihan penyedia jasa web hosting tuh banyak. Makanya kita juga harus jeli memilih mana penyedia jasa web hosting yang bagus (trus kalau bisa yang harganya murah #tetep 😛 ). “Penyedia jasa web hosting yang bagus itu seperti apa?” Penasaran? Kalau menurut saya penyedia jasa web hosting yang bagus itu memenuhi kriteria di bawah ini:

Ada bantuan technical support 24 jam selama seminggu

Ini nomor satu hehe. Buat yang enggak jago mengotak-atik blog kayak saya, adanya technical support sepanjang hari tuh berarti banget. Kapan aja, saat tampilan blog kita tiba-tiba jadi aneh, kita bisa langsung kontak technical support ini. Kalau beruntung, kita juga bisa nanya-nanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan optimasi blog kita.

Memiliki keamanan server yang canggih

Zaman sekarang banyak orang pinter, sayangnya ada sebagian oknum yang memakai ilmunya untuk melakukan hal-hal yang enggak bener. Salah satunya ngehack atau pasang virus di server perusahaan/ pribadi. Maka dari itu penyedia jasa web hosting kita

Penyedia jas web hosting yang bagus adalah yang kemanan server-nya canggih.

cPanel lengkap

For your information, cPanel adalah fasilitas control panel dari web hosting yang memungkinkan kita sebagai pemilik blog mengatur blog, mengelola email, melihat statistik blog, dll. Pilihlah web hosting yang fitur cPanel-nya lengkap.

Harganya lumayan terjangkau

Kalau ada web hosting yang bagus tapi biayanya murah, kenapa mesti milih web hosting yang mahal? Iya kan?

Ada garansi/ jaminan

Ada beberapa penyedia jasa web hosting yang memberikan jaminan, seperti pengembalian uang apabila ternyata kita enggak puas dengan layanan jasanya. Saran saya sih pilih web hosting yang kayak gini. 

Niagahoster, penyedia jasa web hosting terbaik di Indonesia

Salah satu web hosting yang bagus, yang sepengetahuan saya telah memenuhi kriteria di atas adalah Niagahoster. Berikut adalah fasilitas yang disediakan oleh Niagahoster:

Keunggulan Niagahoster sebagai penyedia jasa web hosting. Sumber gambar: website Niagahoster.

Sesuai gambar di atas, Niagahoster memiliki beberapa keunggulan dari segi:

  • Data server terbaik yakni disimpan di Indonesia. Data Center Niagahoster adalah DCI Indonesia yang merupakan sebuah Green Data Center Tier-4 yang canggih dan modern di pusat Industri utama Jakarta – Indonesia. DCI merupakan data center yang memiliki sertifikasi Tier-4 dengan standar internasional dan merupakan bagian dari Equinix yang selama ini telah dikenal sebagai penyedia data center terbaik di dunia. Sehingga, kualitas DCI dijamin sangat tinggi dan andal dengan jaminan 99.999%. Apabila “sasaran” pengunjung blog teman-teman lebih banyak orang Indonesia, ya, sebaiknya memakai data server yang disimpan di dalam negeri sendiri.
  • Technical Support yang stand by sepanjang waktu, membuat kita mudah menghubunginya jika ada problem. Technical Support Noagahoster bisa dihubungi melalui telepon, live chat, serta tiket bantuan yang open 24 jam/ 7 hari.
  • Harga hosting-nya termurah apabila dibandingkan dengan penyedia jasa web hosting sejenis
  • Tiap pembelian web hosting selama minimal periode satu tahun dan memilih minimal Paket Pelajar, kita akan langsung dapat nama domain blog dan SSL (saluran komunikasi yang aman) gratis yang berlaku untuk selamanya.
  • Keamanan server-nya canggih, anti hacker, anti spammer, sehingga server-nya aman, data blog kita juga ikut aman.
  • Kita berkesempatan monetize blog kita dengan kerjasama afiliasi dengan Niagahoster, apabila kita bisa mengajak orang lain untuk ikut membeli hosting di Niagahoster. Komisi dari kerjasama afiliasi Niagahoster terkenal memiliki komisi tertinggi. Ada dua macam afiliasi, yakni: pertama, menggunakan kode kupon yang bisa kita berikan ke orang lain untuk membeli hosting dari Niagahoster. Kedua, dengan memasang banner afiliasi di web/ blog kita. Apabila ada orang mengklik banner tersebut lalu membeli hosting di Niagahoster, maka kita juga akan mendapatkan komisi. Informasi lebih lengkap bisa teman-teman baca di website Niagahoster.
  • Hosting dari Niagahoster memudahkan kita menginstal beberapa script web.
  • Cpanel-nya sangat lengkap fitur-fiturnya.
  • Terdapat garansi 30 hari uang kembali apabila kita enggak puas dengan service Niagahoster.

FYI, Niagahoster ini telah dikenal cukup lama sebagai salah satu web hosting terbaik di Indonesia, lho. Niagahoster yang memiliki alamat perusahaan di Yogyakarta ini telah beroperasi sebagai penyedia jasa web hosting sejak November 2013. Hingga kini, Niagahoster telah melayani lebih dari 128.000 pelanggan.

Niagahoster memiliki dua layanan utama, yakni:

Shared Hosting

Layanan ini cocok untuk teman-teman yang dananya terbatas untuk membeli web hosting. Shared Hosting maksudnya adalah kita menggunakan hosting secara bersama-sama dengan pengguna lainnya dalam satu server. Harga yang ditawarkan oleh Niagahoster bisa dibilang cukup murah. Apalagi, Shared Hosting dari Niagahoster tidak ada batasan (unlimited) bandwidth dan penyimpanan. Kecuali untuk Paket Bayi, disk space-nya masih dibatasi.

Namun, jangan khawatir teman-teman yang menggunakan Paket Bayi. Apabila kita sudah mencapai limit yang disediakan oleh web hosting, kita bisa melakukan upgrade ke paket dengan limit yang lebih tinggi. Berikut adalah spesifikasi paket dan harga Shared Hosting yang ditawarkan oleh Niagahoster, antara lain mulai dari paket bayi, pelajar, personal, hingga bisnis. Perbandingannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Paket yang ditawarkan oleh Niagahoster. Sumber gambar: website Niagahoster.

Cloud VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server virtual yang memiliki resource dedicated. Dengan VPS Hosting maka kita bisa menginstal aplikasi dan menggunakan semua resource VPS tersebut sendiri. Enggak perlu berbagi dengan pengguna lainnya.

VPS Hosting Niagahoster merupakan layanan Root yang artinya kalau kita menggunakannya, maka kita akan memiliki akses penuh ke VPS dan kita bisa melakukan konfigurasi sendiri. Niagahoster hanya memberikan infrastruktur dan memastikan bahwa kondisi VPS baik.Saat ini, Niagahoster menggunakan infrastruktur VPS Cloud dan data center di UK dan US yang merupakan data center terbaik di dunia.

Teman-teman bisa memilih layanan dan paket dari Niagahoster sesuai kebutuhan dan kemampuan teman-teman. Apabila kapan-kapan kebutuhan teman-teman bertambah, teman-teman bisa minta upgrade layanan dan data. Jangan khawatir, teman-teman bisa langsung menghubungi Technical Support Niagahoster, sampai mendapatkan service sesuai kebutuhan.

Bagaimana teman-teman, khususnya yang baru mulai ngeblog? Sudah siap menjadi blogger profesional? Yuk, pakai web hosting sendiri. Coba deh kontak Technical Support Niagahoster di website Niagahoster atau telepon 0274-2920443, jangan khawatir kecewa, lagipula ada jaminan 30 hari uang kembalinya, lho… Rasakan sendiri bedanya antara memakai hosting gratisan dengan hosting sendiri. Biasanya sih, performa blog teman-teman akan jadi lebih baik di mata search engine 🙂 .

Semoga blogpost mengenai tips memilih penyedia jasa web hosting dan informasi mengenai Nigahoster ini bermanfaat ya 🙂

April Hamsa

23 Comments

  1. Ilham Sadli 22 Maret, 2018
  2. @bangsaid 22 Maret, 2018
  3. Dunia Faisol 23 Maret, 2018
  4. Lina Astuti 23 Maret, 2018
  5. Jalan-Jalan KeNai 23 Maret, 2018
  6. Visya 23 Maret, 2018
  7. Herva Yulyanti 23 Maret, 2018
  8. Baiq 24 Maret, 2018
  9. maschun 24 Maret, 2018
  10. zefy 25 Maret, 2018
  11. Dunialingga 29 Maret, 2018
  12. Rina 29 Maret, 2018
  13. Okti Li 29 Maret, 2018
  14. Puspita Yudaningrum 29 Maret, 2018
  15. Aswinda Utari 29 Maret, 2018
  16. Dian Radiata 30 Maret, 2018
  17. Rita Asmaraningsih 30 Maret, 2018
  18. rizka edmanda 30 Maret, 2018
  19. Lya amalia 30 Maret, 2018
  20. Ambar Pravita 30 Maret, 2018
  21. Vhieta 30 Maret, 2018
  22. Latifika Sumanti 31 Maret, 2018
  23. Noe 2 April, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!