Kapan terakhir kali ke Dunia Fantasi Ancol alias Dufan? Ngacuuung! Hehehe πŸ˜€ . BTW tahu enggak sih kalau main ke Dufan sekarang makin seru? Soalnya makin banyak wahana baru. Bahkan, denger-denger, wahana baru Dufan masih akan bertambah, lho.

Nah, kalau saya balik ditanya, β€œKapan terakhir ke Dufan?” Ya ampuuun, ya udah lama bangeeett, hehe. Terakhir ke Dufan tuh pada saat anak pertama saya Maxy masih berusia 5 bulan, malah.

Baca juga: Mengajak Bayi Lima Bulan ke Dufan

Saat ini Maxy udah mau 7 tahun, alhamdulillah kami sekeluarga berkesempatan ke Dufan lagi. Sudah ada adiknya Si Dema pula, hehe.

Banyak yang berubah tentu aja di Dufan. Seperti yang saya singgung sebelumnya, makin seru soalnya banyak wahana baru.

Kesan tentang Dufan

Terus terang, saya baru dua kali ke Dufan. Pertama, saat Maxy masih bayi itu. Kedua, ya baru-baru ini, tepatnya tanggal 11 Maret lalu dalam rangka Dufan Blogger Day.

Rekreasi bersama keluarga ke Dufan.

Sebagai warga pendatang di Jakarta (tahun 2012) saya menilai Dufan adalah salah satu tempat rekreasi untuk keluarga yang terbaik. Soalnya menurut saya tak hanya anak kecil lho yang bisa menikmati wahana di Dufan. Orang dewasa juga bisa. Banyak wahana di Dufan yang memicu adrenalin dan menurut saya lebih cocok untuk orang yang lebih tua ketimbang anak-anak.

Tentu saja, wahana untuk anak kecil tak kalah seru. Eh, malah sebenarnya anak kecil itu diajakin masuk ke Dufan trus main pistol-pistolan yang bisa mengeluarkan bubble sambil lari-larian aja udah happy, lho, hehe.

Apalagi, kalau Dufan menyediakan lebih banyak wahana lagi. Ya makin betah lha anak-anak ini πŸ˜€ .

Wahana baru Dufan

Ngobrolin soal wahana, pada saat acara Dufan Blogger Day kemarin, saya mendapat informasi bahwa akan ada beberapa wahana baru. Wahana baru Dufan tersebut antara lain:

Baling-baling

Sesuai namanya, wahana ini bentuknya seperti baling-baling. Ketinggian wahana ini mencapai 30 meter. Pengunjung akan diayun dan diputar ride hingga 360 derajat. Tentu saja wahanan ini cocok untuk kalangan remaja dan dewasa sebab cukup memicu adrenalin. Kapasitas sekali permainan adalah 30 orang, sedangkan kapasitas per jam-nya bisa mencapai 600 orang.

Paralayang

Wahana ini bentuknya seperti ayunan, namun nanti pengunjung akan diputar dengan cepat. Paralayan ini mampu memberikan sensasi terbang tak terlupakan di Dunia Kartun Dufan.

Turbo Drop

Ingin melihat Dufan dan area sekitarnya dari ketinggian 8 meter? Yuk, coba naik Turbo Drop. Wahana ini cocok untuk semua umur, termasuk anak, asalkan anaknya enggak gampang kaget sih ya. Soalnya setelah ketinggian tertentu, nanti akan di-drop gitu yang mungkin akan bikin sebagian orang agak kaget. Wahana ini berkapasitas 8 orang.

9 wahana baru di Dufan.
Karavel

Nah, kalau Karavel ini merupakan sebuan galleon race yang sangat cocok untuk anak-anak. Anak-anak bisa merasakan sensasi melayang seperti gelombang di udara dengan pergerakan 360 derajat. Kapasitasnya sekitar 24 orang.

Kolibri

Selain Karavel, wahana yang cocok untuk anak ada Kolibri ini. Kolibri adalah permainan anak-anak berkapasitas 28 orang yang menawarkan sensasi terbang. Permainan ini dikombinasikan dengan visual Dunia Kartun yang dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat dan gerakan naik turun secara perlahan.

Zig-zag

Wahana ini bisa untuk seluruh keluarga. Zig-zag terdiri dari beberapa mobil bertenaga listrik. Wahana ini dimainkan dengan mengarahkan mobl untuk menghindari mobil lainnya. Satu mobil bisa dinaikin 2 orang. Ada 20 mobil, sehingga kapasitasnya bisa sekitar 40 orang lha.

Ontang-anting

Dikenal juga sebagai wave swinger. Permainan ini cocok buat anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Ontang-anting yang berkapasitas 56 kursi ini bisa bergerak 360 derajat sesuai arah jarum jam. Pengunjung akan merasakan sensasi seoah melayang di udara kala naik wahana ini.

Haunted Coaster

Bedanya dengan roller coaster biasa adalah di wahana ini tidak hanya memberikan pengalaman adrenalin, namun juga kisa menarik hantu-hantuan gitu. Oh iya, wahana ini ada dalam bangunan indoor ya.

Semua wahana tersebut katanya sih masih dalam lingkup Dunia Kartun Dufan. Salah satu wisata andalan Dufan yang memang ditujukan untuk seluruh keluarga.

Wah, jadi enggak sabar nih menikmati wahana barunya Dufan, apalagi bareng keluarga atau teman. Pasti akan seru dan membekas dalam memori ya πŸ˜€ .

Kalau saya pribadi sih ke Dufan paling ya anak-anak yang naik wahana, saya sendiri ngrasa udah cukup seneng mendampingi. So, saya pilih wahana yang santai-santai aja.

Namun, kalau teman-teman kepengen menguji adrenalin, yawda hayuk datang ke Dufan dan nikmati beberapa wahana barunya yang cukup menantang πŸ˜€ .

Dufan punya pintu gerbang baru

Oh iya, selain wahana baru, Dufan juga punya pintu gerbang baru untuk pengunjung keluar dan masuk, lho. Pintu gerbang ini lokasinya berada di seberang pintu yang sekarang. Eh, sebenarnya enggak persis di seberang, namun berlawanan arah gitu.

Di gerbang tersebut terdapat beberapa loket pembelian tiket. Begitu masuk ke dalam setelah tiket diperiksa, pengunjung akan disambut sebuah tower bertuliskan β€œDufan”. Ada pula deretan karakter Dufan dan teman-temannya, yakni Dufi, Bije, Kabul, Tanit, Kombi, Garin, Rusba, dan Cili. Karakter-karakter ini seolah memberi ucapan selamat datang kepada pengunjung.

Menurut saya pintu gerbang baru Dufan ini terlihat lebih megah dari gerbang sebelumnya. Membuat Dufan enggak kalah bersaing dengan taman-taman di luar negeri yang sering saya tonton di televisi.

Area ini cukup luas dan banyak spot untuk dipakai berfoto ria. Buat yang hobi selfie-selfie pasti akan seneng banget, deh.

Lalu, kalau mau menuju ke area wahana permainan kita bisa menyusuri selasar yang ada atapnya, sehingga kalau ke Dufan agak siangan dikit kita enggak akan merasa kepanasan. Cukup nyaman kalau begitu. Apalagi jika kita ke sana ngajak anak-anak kan?

Bikin Annual Pass Dufan yuk supaya puas main!

BTW buat teman-teman yang akan ke Dufan dalam waktu dekat, Dufan sedang promo pembuatan kartu Annual Pass nih. Ada diskon pembuatan Annual Pass Dufan dari harga Rp. 600.000,00 menjadi hanya Rp. 400.000,00 saja selama periode tanggal 1-31 Maret 2019. Dengan Annual Pass ini teman-teman bisa lebih puas bermain selama setahun ke depan πŸ˜€ .

  • Untuk membuat Annual Pass Dufan, ada beberapa persyaratan, yakni:
  • Hanya bisa dilakukan sesuai dengan tanggal pembelian tiket.
  • Pembuatan Annual Pass tidak dapat diwakilkan.
  • Data diri pada formulir pembuatan Annual Pass harus sesuai kartu identitas (KTP, SIM, paspor, dll). Untuk pengunjung usia anak-anak yang belum memiliki kartu identitas boleh diwakilkan oleh orang tua/ wali.
  • Tinggi badan saat membuat Annual Pass adalah 100 cm.
  • Kartu Annual Pass ini tidak boleh digunakan oleh orang lain. Apabila ada kerusakan atau kehilangan, maka Dufan tidak bertanggungjawab. Pengunjung disarankan membuat kartu baru.

Nah, begitulah teman-teman sedikit informasi mengenai wahana baru, gerbang baru Dufan, serta pembuatan kartu Annual Pass Dufan. Apabila informasi dari saya belum jelas, teman-teman bisa langsung mengunjungi media sosial Dufan di Instagram: @infodufan ya πŸ™‚ .

April Hamsa