Blog Parenting Experience Mom Life My Two Cents Opinion Parenting Parenting Tips Random Thoughts Tips & Opinion Website Parenting

Rekomendasi Website dan Blog Parenting untuk Panduan Orang Tua Baru

Bagaimana rasanya menjadi “orang tua baru”? Mungkin, ada sebagian teman-teman, yang sudah deg-deg’an duluan ketika memasuki masa parenthood? 😀 . Pertanyaan seperti, “Bisa enggak yaaa merawat dan membesarkan anak?” kadang terlintas, yekan? Saya memahami, menjadi orang tua tuh tak mudah. Apalagi zaman now, makin banyak tantangan yang dihadapi. Namun, menjadi orang tua di masa sekarang juga banyak untungnya, karena banyak akses informasi tentang parenthood. Meski demikian, kita juga harus pinter memilah mana informasi yang bisa dipercaya ya. Nah, kali ini, izinkan saya memberikan rekomendasi website dan blog parenting untuk panduan teman-teman yang kini udah menjadi orang tua ya 🙂 .

Oh iya, sebelum saya memulai tulisan ini, saya ingin mengucapkan “Selamat yaaa telah menjadi seorang ibu dan ayah” kepada teman-teman, para “orang tua baru” yang menemukan tulisan ini. Eh, BTW, saya nulis “orang tua baru” bukan bermaksud mengkotak-kotakkan orang tua barui atau orang tua lawas yaaa. Cuma karena bingung sama istilahnya aja, makanya saya tulis begitu. Intinya, tulisan kali ini memang sengaja saya posting buat teman-teman yang baru aja punya baby/ anak gitu, lho 😀 .

Website dan blog parenting cukup membantu orang tua mengasuh anak. Sumber gambar: Pixabay.

Baeklah, yuk yuk, tarik nafas dulu, senyum duluuu 😀 . Jangan khawatir, teman-teman pasti bisa, kok 🙂 .

Dahulu, modal saya membesarkan anak-anak ya juga dari website atau blog parenting yang saya temukan ketika berselancar di dunia maya. Selain dari dokter anak-anak yang biasa mengimunisasi anak-anak kami, tentu aja. Kalau dari nenek/ kakeknya anak-anak, terus terang agak minim ya, karena kami tinggal berjauhan dari keluarga. Bisa dibilang kami mengasuh sendiri anak-anak, hampir tanpa support system dari keluarga. Yaaa, paling sesekali nenek atau kakeknya memberi saran via telepon, tapi tetap kami juga orang tuanya yang mengambil keputusan terbaik. Makanya, menurut saya, website dan blog parenting itu sangat membantu.

Kriteria website dan blog parenting untuk panduan orang tua baru

Namun, seperti yang saya singgung sebelumnya, pada masa sekarang kan akses informasi, khususnya tentang parenting, terbuka lebar. Kadang, ada juga informasi yang enggak bener yang agak susah kita saring, ini infonya bener atau hoax? Itulah sebabnya, menurut saya, sangat penting buat orang tua menemukan website atau blog yang terpercaya dan benar-benar bisa diandalkan.

Baca juga: Tips Jadi Bunda Siaga untuk Keluarga

Berikut adalah beberapa kriteria website dan blog parenting yang sebaiknya dibaca oleh para orang tua:

  • Kontennya update dan berkualitas

Iyes donk, harus selalu update, soalnya gaya parenting kan mengikuti juga perkembangan zaman. Cara ibu kita mengasuh kita dulu, berbeda dengan sekarang, walau ya beberapa nilai-nilai tradisional masih sering juga diterapkan oleh orang tua zaman now. Namun, saya rasa sebuah website atau blog parenting yang bagus adalah yang selalu memberi solusi sejalan dengan permasalahan yang juga terjadi di tengah masyarakat. Misalnya, sekarang lagi booming main aplikasi joget-joget, nah, dibahas juga tuh di sana, dll.

Daaan, tentu kontennya harus berkualitas donk. Tak hanya menulis/ menceritakan masalah, namun juga memberikan solusi buat para orang tua. Jadi, enggak nambah-nambahin puyeng setelah ngebacanya, hahaha 😛 .

  • Konten yang disajikan menyediakan banyak alternatif

Kita pasti udah sering mendengar tentang mom wars alias persaingan antar ibu-ibu kan ya? Menurut saya karena gaya parenting setiap orang tua/ keluarga enggak sama, maka sebuah situs parenting yang baik adalah yang menyajikan banyak alternatif konten. Misalnya nih, untuk ibu/ ayah yang memilih menyusui bayinya dengan ASI eksklusif silakan, buat yang memilih susu formula ya monggo. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. Website atau blog panduan orang tua yang baik tidak akan menjudge hal-hal semacam itu, melainkan lebih fokus kepada kebahagiaan orang tua dan anak.

  • Ditulis oleh pakarnya

Paling seneng deh kalau ada dokter, psikolog, guru, dan mereka yang ahli di bidangnya yang masih berhubungan dengan anak-anak ngeblog atau menjadi content writer di website parenting. Soalnya, tulisannya pasti sesuai teori yang bener, tak sekadar mitos.

  • Artikelnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi

Artikel tentang parenting yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi juga menarik untuk dibaca. Biasanya artikel semacam ini ditulis oleh orang tua di blog atau forum parenting. Konten seperti ini selalu menarik karena kadang tak hanya pengalaman menyenangkan yang ditulis, namun juga pengalaman “gak enak”. Lalu, biasanya para penulis ini memberi pesan supaya pembaca bisa belajar dari “kesalahan” mereka, sehingga tak ada lagi kasus serupa dalam pengasuhan anak.

  • Menyediakan kolom diskusi yang dimoderasi oleh admin yang aktif

Ini lebih ke website parenting yang ada forumnya gitu ya teman-teman. Alangkah baiknya jika ada admin/ moderator yang aktif yang bisa menengahi, sehingga mencegah terjadinya mom wars tadi. Soalnya, sekali lagi, setiap orang tua pasti memiliki gaya pengasuhan yang berbeda dengan orang tua lainnya. Please lah, no judging-judging! 😀

Rekomendasi website dan blog parenting untuk menemani masa parenthood

Nah, menurut saya nih, berikut adalah website dan blog parenting yang cocok untuk menemani masa-masa awal parenthood journey teman-teman, orang tua baru 🙂 :

Theurbanmama.com

Awal-awal menjadi ibu, Theurbanmama.com ini adalah website jujugan saya. Saya bisa betah berlama-lama di TUM (sebutan website) ini karena kontennya beragam dengan menu/ tag yang rapi. Dilengkapi dengan forum yang berisi sharing ahli dan orang tua, TUM ini, hingga sekarang masih cocok buat bahan bacaan para orang tua.

TUM yang konten parenting-nya selalu menarik.

Mommiesdaily.com

Mirip-mirip seperti TUM, Mommiesdaily.com juga membahas tentang seluk beluk parenthood. Oh iya, buat orang tua, khususnya ibu bekerja (working mom), situs yang satu ini sangat cocok untuk menjadi bahan panduan mengasuh anak tanpa meninggalkan kantor. Tersedia forum juga yang banyak sharing mulai dari proses kehamilan, hingga problematika pengasuhan anak.

Mulai kehamilan hingga fashion para ibu dibahas di sini.

The Asian Parents Indonesia

Saya nyebutnya TAP. TAP ini merupakan website parenting terbesar di Asia Tenggara. Itulah sebabnya, TAP ini memakai empat bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia karena ternyata banyak orang tua di Indonesia yang membaca TAP ini. Website TAP menyediakan banyak konten mulai dari kesehatan ibu dan anak, kecantikan dan fashion buat ibuk-ibuk, kehamilan, cara mengasuh si kecil, rekomendasi produk ibu dan anak, resep-resep makanan, dll.

TAP adalah website parenting terbesar di Asia Tenggara.

Milissehatyop.org

Saya kenal Milissehatyop.org ini sejak zaman ikutan mailing list (milis) bertema kesehatan namanya Sehat. Milis ini dipandu oleh dokter-dokter spesialis anak yang berpengalaman di bidangnya, seperti dr. Purnamawati, dr. Apin, dll. Walaupun milis-nya udah enggak aktif lagi, namun para dokter ini masih sering mengedukasi para orang tua melalui website ini, juga forum-forum (online) lainnya.

Baca juga: Markas Sehat

Situs ini membahas soal kesehatan umum dan anak.

Arifianto.blogspot.com

Buat yang sering baca forum parenting di dunia maya, pasti enggak asing kan dengan dr. Arifianto a.k.a dr. Apin? Nah, di sela-sela kesibukannya, dr. Apin ternyata juga ngeblog. Sayangnya nih, setahun terakhir dah jarang update, namun artikel-artikel kesehatan anaknya masih evergreen kok, masih bermanfaat sampai sekarang. Khususnya buat orang tua yang punya anak bayi.

Dr. Apin banyak mengulas kesehatan anak di blog-nya.

Metahanindita.com

Arek Suroboyo yang seangkatan ((SEANGKATAN 😛 ))saya pasti enggak asing dengan dr. Meta Hanindita. Duluuu, Meta (begitu saya terbiasa memanggilnya) adalah penyiar radio anak muda pada masanya dan kebetulan saya sering dengerin suara renyahnya. Ternyata, waktu itu dia cuma nyambi doank, di samping aktivitas utamanya sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Blog parenting dr. Meta.

Sekarang Si Meta udah jadi dokter anak dan penulis beberapa buku bertema parenting dan juga ngeblog di Metahanindita.com. Kalau mau cari konten yang apik dan bener soal pengasuhan anak, cus lha, ke blognya dr. Meta Hanindita ini.

Gracemelia.com

Grace, begitu saya memanggil ibu dua anak yang satu ini, sering menulis pengalaman tentang cara pengasuhan kedua anaknya, khususnya tentang Ubii yang berkebutuhan khusus. Senengnya, melalui blog-nya ini, Grace sering membagikan free printable untuk bahan bermain dengan anak. Enggak rugi deh kalau mampir ke blog ini.

Bisa dapat free printable lho di sini.

Helenamantra.com

Bagaimana mengasuh anak usia dini dan balita tanpa support family, namun masih bisa mengerjakan tugas-tugas sebagai ibu rumah tangga dengan tepat waktu? Belajarlh dari Helena Mantra. Beragam tulisan tentang parenting dan bagaimana caranya jadi “ibu profesional” bisa teman-teman dapatkan di Helenamantra.com ini.

Kalau kepengen tahu cara menjadi “ibu profesional” maen ke sini.

Yenisovia.com

Bingung mau mengajak anak maen atau belajar apa? Banyak ide bermain sekaligus belajar untuk anak usia dini di blog Yenisovia.com. Tinggal cari aja ya sesuai tag di blog ini 🙂 .

Banyak ide bermain dengan anak di blog ini.

Yaaa, jadi itulah teman-teman, beberapa website dan blog parenting yang menurut saya layak untuk dibaca oleh para orang tua baru. Konten-kontennya tentang parenthood cukup menginspirasi dan kalau mau, monggo lho, konten yang cocok dimasukkan ke gaya pengasuhan anak sehari-hari.

Semoga postingan rekomendasi website dan blog parenting ini bermanfaat yaaa 🙂 .

April Hamsa

27 Comments

  1. lendyagasshi 18 November, 2020
    • lendyagasshi 21 November, 2020
  2. Inna Riana 19 November, 2020
  3. Farida Pane 19 November, 2020
  4. Nanik Nara 19 November, 2020
  5. @nurulrahma 19 November, 2020
  6. Lisdha 19 November, 2020
  7. Happy Dyah 19 November, 2020
  8. Helena 19 November, 2020
  9. Yati Rachmat 19 November, 2020
  10. Yeni Sovia 20 November, 2020
  11. Sri Widiyastuti 20 November, 2020
  12. Susi 20 November, 2020
  13. Dian 20 November, 2020
  14. Rach Alida 20 November, 2020
  15. Lina sophy 20 November, 2020
  16. Uniek Kaswarganti 21 November, 2020
  17. Ade UFi 21 November, 2020
  18. Eri Udiyawati 21 November, 2020
  19. Ruli retno 21 November, 2020
  20. Nurul Fitri Fatkhani 21 November, 2020
  21. Lidya 21 November, 2020
  22. HM Zwan 21 November, 2020
  23. Dewi 21 November, 2020
  24. Siti Hairul 21 November, 2020
  25. Milda Ini 21 November, 2020
  26. Teknoterkini 26 November, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!