Salah satu hal yang saya syukuri setelah pindah ke rumah yang sekarang adalah di sini banyak taman dan lahan hijau dengan pepohonan yang cukup rindang. Suasana seperti itu sangat cocok untuk piknik, sehingga beberapa kali saya dan keluarga menggelar tikar, kemudian piknik tipis-tipis di sana. Happy banget karena enggak perlu jauh-jauh lagi kalau mau piknik keluarga πŸ˜€ .

BTW, adakah di antara teman-teman yang membaca blog ini suka piknik juga bersama keluarga? Jika ada, yuk, toooss duluuu πŸ˜€ .

Manfaat piknik bersama keluarga

Sesungguhnya yang namanya piknik keluarga tuh banyak manfaatnya, lho, yakni antara lain:

  • Membuat kenangan indah bersama keluarga

Kalau biasanya masing-masing anggota keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing, maka pada saat piknik seperti inilah semua orang bisa menyempatkan waktu bersama. Hal ini tentu akan menjadi sebuah memori indah yang akan dikenang selamanya, khususnya untuk anak-anak.

Saya sendiri keinget dulu saat kecil, orang tua saya jarang membawa saya pergi ke mall. Orang tua saya lebih suka membawa saya ke taman kota (waktu itu kayaknya di Surabaya salah satunya adalah halaman kantor walikota) untuk piknik. Hingga sekarang, saya masih teringat ortu saya mengajak saya berlarian dan bermain bola di lapangan rumput.

Itulah sebabnya, saya pun berharap anak-anak saya juga memiliki kenangan indah tentang piknik di outdoor bareng orang tuanya πŸ˜€ .

  • Mempererat bonding antar anggota keluarga

Kalau piknik pasti ada berbagai kegiatan seperti makan bersama, bermain bersama, hingga ngobrol-ngobrol kan? Orang tua dan anak saling bertukar cerita tentang kegiatannya, teman-temannya, pelajaran sekolahnya, dll.

Kegiatan yang dilakukan bersama pada saat piknik tersebut bagus untuk membentuk kebersamaan dan tentu saja makin mempererat bonding antar anggota keluarga.

  • Menyehatkan fisik dan mental

Piknik di luar rumah sangat bagus dampaknya untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Contoh menyehatkan fisik seperti, terpapar sinar matahari, bisa menghirup udara segar, bisa bergerak saat melakukan permainan ketika piknik, dll. Lalu, contoh menyehatkan mental karena pada saat piknik bersama keluarga biasanya akan merasakan damai dan nyaman, bisa tertawa bersama, dll.

Itulah teman-teman beberapa manfaat positif dari piknik bersama keluarga. Jadi, ada yang mau OTW merencanakan piknik keluarga juga? πŸ˜€

Tips piknik murah meriah

Melalui postingan kali ini, izinkan saya untuk sharing tips piknik keluarga yang murah meriah tetapi tetap bisa seru dan menyenangkan ya. Tips pikniknya antara lain:

  • Tentukan lokasi piknik

Sebenarnya, yang namanya piknik enggak perlu yang wah gimana-gimana gitu, apalagi sampai menghabiskan dana demi piknik ke tempat-tempat wisata yang terkenal. Kalau memang budget-nya terbatas, cukup piknik di sekitaran tempat tinggal aja, misalnya di taman komplek seperti yang saya dan keluarga sering lakukan atau bisa juga di taman kota dekat rumah.

Hal yang penting diperhatikan adalah lokasinya nyaman, khususnya buat anak-anak. Trus, karena dilakukan di tempat umum, maka sebaiknya pilih lokasi yang enggak mengganggu aktivitas orang lain juga.

Kalau misalnya ada budget lebih, bisa juga piknik ke tempat wisata yang memang biasa untuk piknik, yang harga tiket masuknya masih terjangkau. Salah satu contohnya seperti Kebun Raya Bogor yang ada tiket masuknya, namun bisa bebas piknik di sana πŸ˜€ .

  • Bawa bekal makanan dan minuman

Supaya bisa menghemat dana, maka sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman sendiri pada saat piknik. Selain hemar, tentu saja makanan/ minuman homemade lebih terjamin higienitasnya bukan?

Kalau ada persiapan lebih, sebaiknya jangan menyajikan makanan atau minuman itu dengan penataan yang biasa aja. Kita bisa menatanya dengan apik, misalnya mencontek idenya β€œmama-mama bento” dengan menghias makanan dan minuman bekal piknik kita juga. Kalau penataannya bagus, biasanya makin bikin piknik lebih terasa fun.

Lalu, kalau bisa pakailah peralatan makan, seperti piring, gelas, sendok, garpu, dll yang praktis. Misalnya seperti yang terbuat dari plastik dengan bentuk lebih kecil dari yang biasa kita gunakan saat makan di rumah.

Kalau memungkinkan membawa alat pemanggang akan lebih seru lagi, karena bisa BBQ-an bersama keluarga selama piknik.

Jangan lupa pula membawa kantung plastik sampah untuk membereskan bekas makanan/ minuman kita seusai piknik ya πŸ˜€ .

  • Bawa peralatan bermain

Pada saat piknik, usahakan untuk membawa peralatan bermain juga, supaya suasana piknik bisa lebih hidup. Beberapa peralatan bermain yang bisa kita bawa seperti permainan dengan boardgame. Yeah, kalau bisa no gadget-gadget club ya πŸ˜€ . Bisa juga membawa peralatan olahraga seperti bola tenis atau bawa raket lengkap dengan shuttlecock-nya.

Dengan membawa peralatan bermain saat piknik, maka biasanya piknik akan menjadi lebih seru πŸ˜€ .

  • Pakai dresscode

Supaya suasana makin asyik, bisa juga memakai dresscode, lho. Tentu saja pilih pakaian yang nyaman buat piknik ya? Jangan pakai pakaian untuk kondangan buat piknik, hehehe #kidding.

  • Buat dokumentasi piknik keluarga

Kalau suasana pikniknya sudah OK, semua peserta piknik telah berpakaian senada (pakai dresscodei), maka jangan sampai kelupaan untuk mendokumentasikan piknik keluarga. Baik itu berupa foto maupun video. Dokumentasi ini penting supaya kenangan indah piknik bersama keluarga bisa tetap tersimpan dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips piknik murah meriah yang bisa teman-teman praktikkan bersama keluarga. Semoga membantu merencanakan piknik keluarga yang seru dan menyenangkan ya πŸ˜€ .

April Hamsa

Categorized in: