Financial Tips Product Review Tips & Opinion

Memanfaatkan Ramadan Ekstra Tokopedia untuk Berhemat Selama Bulan Puasa

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Enggak terasa ya teman-teman? Semoga kita semua sampai ya di Bulan Ramadan yang sebentar lagi datang, aamiin aamiin aamiin Ya Rabb.

By the way, teman-teman sudah menyiapkan apa saja nih untuk keperluan Ramadan nanti? Soalnya, selama bulan puasa 30 hari penuh biasanya kan kita lebih fokus untuk ibadah. Jadi rempongnya nyiap-nyiapin keperluan selama Bulan Ramadan ya sekarang-sekarang ini bukan?

Kalau di keluarga saya, beberapa hal yang biasa kami siapkan antara lain:

Membuat bumbu-bumbu masakan

Jadi, kami bikin bumbu-bumbu masakan dulu, seperti bumbu merah dan bumbu kuning, kemudian disimpan di kulkas. Jadi, saat sahur dan buka enggak perlu capek-capek nguleg-nguleg atau blender-blender bumbu lagi. Tinggal pakai stock bumbu yang ada di kulkas.

Membeli beberapa bahan-bahan makanan

Kami memberli beberapa bahan makanan seperti sayuran dan buah yang enggak mudah layu. Kemudian membeli lauk, seperti ayam potong dan ikan yang kemudian kami ungkep dulu. Jadi, saat awal-awal puasa bisa langsung goreng aja, tanpa perlu membumbui lauk itu lagi.

Menyiapkan stock camilan anak-anak

Ramadan rencananya fokus ibadah, memperbanyak di rumah aja. Sehingga kami menyiapkan stock camilan anak-anak duluan. Supaya enggak sering-sering keluar ke minimarket/ supermarket.

Membeli beberapa perlengkapan ibadah dan baju baru

Kalau lebaran kami malah jarang beli baju. Biasanya sebelum Ramadan udah beli peralatana ibadah dan baju dulu. Ya enggak wajib sih. Biasanya buat anak-anak supaya mereka lebih semangat ikut sholat jamaahnya.

Menyiapkan kue-kue kering dan minuman untuk tamu

Biasanya kami sudah membeli kue-kue kering dan minuman buat berjaga-jaga kalau ada tamu yang mendadak datang.

Selain semua itu, tentu saja tak lupa kami menyiapkan fisik, mental, dan ruhiyah supaya bisa beribadah selama Ramdhan dengan baik. Apalagi, Ramadan kali ini istimewa, anak pertama kami (Maxy) akan mulai belajar puasa.

Itulah teman-teman persiapan menyambut Bulan Ramadan ala keluarga saya. Oh iya, meski udah menyiapkan hal-hal seperti itu, namun kadang ada aja kebutuhan tak terduga selama Ramadan. Untuk itu, maka kami harus pandai-pandai menyiasatinya, supaya pengeluaran enggak membengkak. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan promo Ramadan Ekstra di marketplace langganan kami, Tokopedia.

Berikut adalah tips kami memanfaatkkan Ramadan Ekstra di Tokopedia, supaya bisa tetap berhemat selama Bulan Ramadan:

Membandingkan harga barang di tiap seller yang ada di Tokopedia

Wajib hukumnya yaaaโ€ฆ namanya juga emak-emak, beda seribu dua ribu tetap jadi pertimbangan dalam membeli suatu barang, hehe. Di Tokopedia banyak banget seller, jadi sebaiknya bandingkan dulu harga, pilih yang masuk akal dan sesuai anggaran ๐Ÿ˜€ .

Memilih produk yang dibuat oleh produsen lokal

Biasanya produk yang dibuat oleh produsen lokal tuh harganya lebih miring, namun dengan kualitas yang enggak kalah bagusnya sama produk luar. So, sebaiknya pilih produk lokal aja ya teman-teman.

Mencari seller yang lokasinya tidak jauh dari rumah

Kalau saya biasanya lebih suka seller yang lokasinya enggak jauh dari rumah. Alasannya supaya ongkos kirimnya enggak terlalu mahal dan barang yang dipesan lekas sampai, sebab lokasi seller jaraknya enggak terlalu jauh dari rumah saya.

Memilih metode pembayaran yang paling mudah

Tokopedia telah menyediakan beberapa metode pembayaran. Pilih saja yang paling mudah menurut teman-teman. Kalau saya karena ada internet banking ya pilih metode itu. Soalnya lebih praktis, tinggal nyalain laptop dan bayar dari rumah.

Memilih jasa pengiriman langganan yang efisien

Biasanya kalau lokasi seller-nya deket banget, saya memilih jasa pengiriman yang masih satu group dengan kendaraan ojek online itu. Namun, kalau agak jauh, saya memilih jasa pengiriman langganan yang saya percaya.

Memanfaatkan promo yang berlaku di Tokopedia selama Ramadan

Selama Bulan Ramadan, yuk kita manfaatkan promo yang ada di Tokopedia. Info lebih lebih lengkap bisa teman-teman dapatkan di promo Ramadan Ekstra.ย Banyak diskon, banyak bonus, bahkan ada flash sale tersedia di sana.

Selain itu, pada tanggal 25 Mei nanti, denger-denger Tokopedia juga akan bikin Ramadan Ekstra-nya jadi lebih ekstra lagi. Kemungkinan besar sih akan ada promo dan diskon besar-besaran, lebih besar dibandingkan yang sebelum-sebelumnya. Kalau teman-teman penasaran, jangan lupa ya, tandai di kalender tanggal 25 Mei. Semoga beruntung mendapatkan barang sesuai kebutuhan dari Ramadan Ekstra Tokopedia ya ๐Ÿ™‚ .

April Hamsa

6 Comments

  1. Ahmad Kumaedy 16 Mei, 2018
  2. Himawan Sant 16 Mei, 2018
  3. Nyi Penengah Dewanti 16 Mei, 2018
  4. Irawati Hamid 16 Mei, 2018
  5. Ruffie Lucretia 16 Mei, 2018
  6. Ahmad Kumaedy 20 Mei, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!