Salah satu cara anak-anak homeschooling bersosialisasi adalah dengan mengikuti playdate, entah itu dari PKBM, komunitas, dll. Nah, akhir tahun lalu, tepatnya di Bulan November, alhamdulillah berkesempatan mengikuti playdate dari Komunitas Homescooling Rumpun Asa ke Penerbit Noura yang lokasinya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengapa memilih penerbit Noura? Jadi, Noura ini sebenarnya masih satu grup dengan Penerbit Mizan. Noura ini banyak sekali menerbitkan buku-buku anak maupun parenting.

Sepertinya itu juga kali pertama saya mengajak anak-anak playdate dengan anak-anak Rumpun Asa, sekaligus kopdar pertama dengan orang tua homeschooler yang selama ini lebih sering berinteraksi di WAG.

Kalau nggak salah acara playdate dimulai sekitar jam 10.00 WIB. Kami naik KRL dari stasun terdekat rumah sekitar pukul 08.00 WIB. Itu pun masih terlambat sampai sana huhu. Untungnya, acara belum mulai sih. Anak-anak masih berkumpul bersama di gazebo.

Anak-anak dibagi menjadi dua kelompok, pertama ikut kelas menulis, lalu kelompok kedua ikut kelas read aloud. Di sini saya tuh sebenarnya mendaftarkan anak-anak tanpa berpikir kalau kelas read aloud tuh sebenarnya buat anak-anak yang usia TK atau SD awal, wkwk. Nah, Dema waktu itu udah bener ikut kelas menulis. Masalahnya, Maxy udah terlanjut saya daftarkan kelas read aloud biar dapat pengalaman yang berbeda. Jadilah Maxy kumpul ma bocil.

Namun, katanya nggak pa pa, yawda, lanjut saja. Di kelas itu Maxy ikut membuat prakarya dan mendengarkan kakak pemandu membacakan cerita.

Lalu, setelah meastikan Maxy โ€œamanโ€ saya kemudian menuju gedung kantor Noura untuk melihat kelas menulis. Ternyata di kelas ini anak-anak belajar teori menulis dahulu, baru kemudian praktik menulis.

Setelah semua menulis, baru kemudian anak-anak diminta membacakan tulisannya satu per satu. Anak-anak pun antusias bercerita tentang apa yang ditulisnya.

Setelah itu, anak-anak yang ada di gazebo alias di kelas read aloud dipanggil untuk masuk ke gedung kantor Noura juga. Anak-anak kemudian disatukan dengan anak kelas menulis dan memulai tour kantor penerbit.

Di sini mereka diperkenalkan mengenai bagaimana cara penerbit bekerja, buku-buku apa saja yang dihasilkan, lalu siapa saja yang bekerja di kantor penerbit. Ternyata, selain penulis, anak-anak jadi bisa mengenal profesi seperti editor, illustrator, hingga marketing.

Anak-anak juga diperlihatkan buku-buku yang merupakan best seller. Kemudian, anak-anak boleh bertanya apa saja kepada pemandu.

Setelah jalan-jalan tour kantor selesai, kami pun Kembali ke gazebo, lalu melanjutkan dengan makan siang bersama. Sambil menikmati hidangan makan siang, satu per satu anak dipanggil untuk menerima goodie bag berisi buku pilihan mereka.

Happy banget sih bisa playdate di sini, karena tidak hanya anak yang akhirnya bisa mengenal penerbit, tetapi orang tuanya juga. Next, kepengennya ngajakin anak-anak jalan ke penerbitan media atau bahkan media televisi. Semoga kapan-kapan bisa ๐Ÿ˜€

April Hamsa

Categorized in: