Diet Food Health Oryza Grace Product Review Rice Bran Oil

Minyak Goreng Bekatul Oryza Grace, Pilihan untuk Optimalkan Gaya Hidup Sehat

Minyak goreng bekatul? Maksudnya bekatul yang dipakai buat pakan hewan ternak itu?” Seorang teman bertanya keheranan, ketika saya mengatakan bahwa saya memasak makanan di rumah pakai minyak goreng bekatul. Yup, beberapa waktu terakhir, saya memang mengganti minyak goreng di rumah dengan merk Oryza Grace. Oryza Grace ini merupakan minyak goreng sehat yang bahannya dari bekatul atau dedak atau kulit ari beras. Itulah sebabnya, minyak goreng seperti Oryza Grace dikenal sebagai minyak bekatul atau minyak dedak.

Bagaimana proses pembuatan minyak bekatul?

Saya pertama kali mengenal minyak goreng bekatul Oryza Grace dari salah satu tayangan di televisi. Berikut cuplikannya ya teman-teman, jika penasaran sih:

Sumber video: YouTube channel Wonderfood Net.TV.

Balik lagi soal bahan dasar bekatul, yeah, teman saya itu enggak keliru kok. Selama ini, bekatul memang identik dikenal sebagai pakan ternak. Namun, tahu enggak sih teman-teman, bahwa justru bekatul ini merupakan bagian beras yang mengandung banyak nutrisi lho?

Iya, betul. Bekatul yang biasa untuk pakan ternak itu bahan baku minyak goreng Oryza Grace ini,” jelas saya.

Eh, tapi jangan salah, bekatul ini juga bagus manfaatnya buat manusia, lho. Coba gugling, banyak banget artikel yang mengatakan bahwa telah banyak riset atau penelitian yang meneliti tentang kebaikan bekatul,” kata saya, menambahkan penjelasan sebelumnya.

Oh iya sih, aku pernah dengar kalau bekatul itu bagian beras yang kaya gizi. Kalau beli langsung dari petani gabah biasanya dapat bekatul itu. Cuma baru kali ini aku tahu bekatul bisa dijadikan minyak goreng,” kata teman saya.

Iya bisa donk, soalnya bekatul itu kan kaya lemak juga. Lemak itulah yang diolah jadi minyak goreng bekatul seperti Oryza Grace,” jelas saya sok ngerti. Eh, padahal saya tahunya dari Om Google sih, hehe.

Minyak goreng bekatul Oryza Grace bisa untuk menggoreng dan menumis.

Eh, tapi serius nih, teman-teman, memang begitulah informasi yang saya dapat. Minyak bekatul alias rice bran oil ini dihasilkan melalui proses ekstrasi kulit ari beras. Kemudian, hasil ekstraksinya dipisahkan dengan memakai pelarut melalui semacam penguapan gitu. Biasanya penguapan dilakukan dengan etanol dan n-heksan (sepertinya yang Jurusan Kimia paham nih soal beginian).

Setelah terpisah, minyak yang didapat dipakai sebagai bahan baku minyak bekatul, sementara ampasnya untuk makan hewan ternak. Kemudian, minyak bekatul yang telah diekstrak tadi dimurnikan. Tujuannya untuk menghilangkan senyawa lilin, asam lemak bebas, pewarna, juga bau bekatul yang khas itu. Setelah selesai dimurnikan maka minyak bekatul pun siap untuk dipakai.

Kalau di Indonesia, minyak bekatul ini memang masih tergolong baru dikenal masyarakat ya teman-teman? Padahal, saya dapat info kalau negara-negara seperti India, Amerika Serikat, Jepang, Cina, bahkan Myanmar, masyarakatnya sudah akrab dengan minyak bekatul ini.

Review minyak goreng bekatul/ rice bran oil Oryza Grace

Salah satu brand minyak goreng bekatul atau rice bran oil yang udah cukup dikenal di Indonesia adalah Oryza Grace yang saya konsumsi itu. Saya mau kasi review singkat tentang Oryza Grace ya teman-teman. Berikut adalah kemasan minyak goreng bekatul Oryza Grace:

Rice bran oil Oryza Grace kemasan satu liter. 

Oryza Grace punya dua ukuran kemasan, yakni 1 liter dan 5 liter. Saat ini, kita udah bisa menjumpai Oryza Grace di beberapa supermarket atau marketplace online. Harga Oryza Grace kemasan 2 liter adalah sekitar Rp. 70.000,-, sedangkan untuk yang 5 liter Rp. 320.000,-.

Menurut saya, sebagai minyak goreng yang tergolong sehat, harga tersebut masih jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan minyak zaitun. Sehingga untuk memenuhi atau mengoptimalkan haya hidup sehat yang sudah kita semua jalankan, ini worth it banget.

Kemasannya terbuat dari plastik tebal, sebagaimana kemasan minyak goreng kebanyakan, dengan tutup warna hijau yang tersegel plastik. Tutupnya yang berbentuk fliptop sangat memudahkan kita membuka dan menutupnya. Komposisi dan kandungan gizi minyak goreng bekatul dijelaskan di label yang ditempel melingkari bagian tengah botol.

Tutup kemasan minyak goreng bekatul Oryza Grace bentuknya fliptop.

Lalu, bagaimana dengan hasil gorengannya? Jika, selama ini minyak goreng sehat tuh terkenal dengan hasil gorengan yang rasanya kurang sedap, maka Oryza Grace ini enggak begitu. Hasil gorengannya sama baiknya seperti kalau kita menggoreng dengan minyak goreng kebanyakan. Tumisan tetap lezat, begitu pula hasil gorengan, tetap renyah dan gurih. Memang, Oryza Oil ini sangat cocok buat menumis dan menggoreng. Namun, kalau mau memakai Oryza Oil sebagai salad dressing juga bisa lho.

Komposisi dan kandungan minyak goreng bekatul Oryza Grace.

Trus, Oryza Grace ini kalau dipakai buat menggoreng enggak bikin batuk, walaupun minyaknya sangat panas. Sebab, ternyata Oryza Grace ini titik asapnya sangat tinggi. Nanti, saya jelaskan mengapa bisa begitu yaaa. Trus, minyak bekas menggoreng (jelantah) dari Oryza Grace ini warnanya enggak cepat berubah jadi kehitaman seperti minyak goreng kebanyakan. Sehingga, minyak bekas Oryza Grace ini masih layak dipakai untuk menggoreng sampai sekitar dua sampai tiga kali lagi, lha.

Bagaimana, udah jelas tidak tentang minyak goreng bekatul Oryza Grace ini? Kalau belum jelas, teman-teman bisa baca informasinya lebih lengkap di:

Apa sih kelebihan minyak goreng bekatul seperti Oryza Grace?

Oh iya, saya hampir lupa menjelaskan, tentu saja, orang pasti punya alasan ya mengapa beralih dari minyak goreng yang biasanya terbuat dari kelapa sawit ke minyak goreng bekatul seperti Oryza Grace ini. Okey, saya akan coba menjelaskan beberapa kelebihan minyak bekatul yaaa. Jadi, minyak goreng bekatul tuh memiliki banyak kelebihan, yakni antara lain:

Mengandung antioksidan

Teman-teman pasti udah sering dengar “antiosidan” bukan? Tapi, sebenarnya antioksidan itu apa sih? Antioksidan merupakan zat yang bisa menangkal atau menetralisir radikal bebas yang masuk ke tubuh. Kalau tubuh enggak bisa menangkal radikal bebas, maka kita akan berpotensi terkena penyakit seperti jantung koroner, stroke, bahkan kanker.

Nah, minyak bekatul mengandung antioksidan alami y-oryzanol, tocotrienol, dan tocorefol yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Bahkan di dalam minyak bekatul jumlah antioksidannya sangat banyak. Sehingga, minyak bekatul sangat efektif menangkal radikal bebas.

Mengandung lemak tak jenuh yang tinggi

Lemak tak jenuh adalah lemak yang boleh dikonsumsi sehari-hari, malah sangat dianjurkan karena bagus buat kesehatan tubuh. Minyak goreng bekatul punya kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Minyak bekatul mengandung 47% lemak tidak jenuh tunggal. 33% lemak tidak jenuh ganda, dan 20% lemak jenuh.

Tinggi kandungan mineral dan vitamin

Minyak bekatul atau rice bran oil juga kayak akan kandungan mineral dan vitamin yang baik buat kesehatan tubuh. Salah satunya yang paling tinggi adalah kandungan Vitamin E.

Hasil gorengan dan tumisan sama lezatnya seperti memakai minyak goreng biasa.
Harganya lebih ekonomis dibandingkan minyak zaitun

Di Indonesia kan masih banyak sawah/ pertanian ya? Maka, bekatul sebagai bahan dasar minyak goreng bekatul seperti Oryza Grace tuh sangat berlimpah. Itulah sebabnya, harga minyak bekatul lebih ekonomis jika dibandingkan dengan minyak zaitun. Namun, khasiat minyak bekatul enggak kalah dari minyak zaitun.

Stabil di suhu tinggi

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau minyak zaitun tuh enggak bisa dipakai buat menggoreng, sedangkan minyak begatul bisa. Sebab, minyak bekatul punya high smokepoint atau titik asap yang tinggi, yakni 245 derajat Celcius. Ciri-ciri minyak goreng yang titik asapnya tinggi adalah minyak tidak terlihat berasap saat kita panaskan di penggorengan. Sehingga, kalau kita menggoreng di suhu tinggi, minyak bekatul ini masih tetap stabil.

Manfaat apa yang kita dapat jika sering mengkonsumsi minyak goreng bekatul?

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila sering memgkonsumsi minyak goreng bekatul seperti Oryza Grace:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena minyak bekatul kayak akan Vitamin E dan antioksidan, maka tentu saja akan berepngaruh meningkatkan daya tahan tubuh. Kita jadi enggak gampang sakit dan badan pun terasa lebih bugar. Saya sih merasa seperti itu ya…

Bisa menurunkan kolesterol jahat

Ada penelitian (Journal of Indian Medicine) yang pernah merilis bahwa minyak bekatul dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian tersebut meminta orang dengan kolesterol tinggi mengkonsumsi minyak bekatul selama tiga bulan. Hasilnya, kadar kolesterol jahat dalam tubuh mereka menurutn secara signifikan. Jadi, teman-teman yang berisiko punya kolesterol tinggi, saran saya beralih saja ke minyak bekatul.

Konsumsi minyak goreng bekatul akan menurunkan kolesterol jahat.
Kulit jadi makin cantik

Ternyata, rice bran oil juga telah banyak digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan produk kecantikan. Sehingga kalau kita rajin mengkonsumsinya, maka kulit akan menjadi semakin cantik karena nutrisi kulit terjaga.

BTW, saya pernah beberapa kali membaca artikel beberapa teman beauty blogger gitu yang memakai minyak bekatul ini sebagai masker wajah dan juga skin care untuk area tubuh lain lho. Hasilnya sih kalau saya baca bagus-bagus ya. Katanya kulit jadi lebih lembab dan juga cerah. Saya sih terus terang belum pernah mencoba minyak goeng Oryza Grace saya untuk skin care hehe. Tapi, jadi tergoda kepengen memanfaatkannya jadi skin care juga kapan-kapan. Pasti seneng kalau bisa sehat luar dalam 😀 .

BTW, sudah cukup jelas kan ya penjelasan saya mengenai minyak bekatul, khususnya brand Oryza Grace ini? Semoga menginspirasi teman-teman yang ingin mengoptimalkan gaya hidup sehatnya yaaa… 🙂 .

April Hamsa

64 Comments

  1. Zefy Arlinda 18 Desember, 2018
  2. susie ncuss 18 Desember, 2018
  3. Tukang Jalan Jajan 18 Desember, 2018
  4. Ririe Khayan 19 Desember, 2018
  5. Nova Violita 19 Desember, 2018
  6. Dian Ravi 19 Desember, 2018
  7. Rindang Yuliani 19 Desember, 2018
  8. azhar al 19 Desember, 2018
  9. Dian Farida Ismyama 19 Desember, 2018
  10. Noni Rosliyani 19 Desember, 2018
  11. Rani Yulianty 19 Desember, 2018
  12. Khairiah 19 Desember, 2018
  13. Khairiah 19 Desember, 2018
  14. Peri Hardiansyah 19 Desember, 2018
  15. Rhoshandhayani KT 19 Desember, 2018
  16. achmad humaidy 19 Desember, 2018
  17. Mudrikah Stories 19 Desember, 2018
  18. Beautyasti1 21 Desember, 2018
  19. HM Zwan 21 Desember, 2018
  20. Christina Ayu S. 21 Desember, 2018
  21. Rani R Tyas 21 Desember, 2018
  22. Shofia 21 Desember, 2018
  23. Ainhy Edelweiss 21 Desember, 2018
  24. Leyla 21 Desember, 2018
  25. Ainhy Edelweiss 21 Desember, 2018
  26. Keke Naima 21 Desember, 2018
  27. Hafizatul ismi 21 Desember, 2018
  28. Reyne Raea (Rey) 22 Desember, 2018
  29. Isti Adzah Rohyati 22 Desember, 2018
  30. Widi Utami 22 Desember, 2018
  31. Dwi Septiani 22 Desember, 2018
  32. Cindy Vania 22 Desember, 2018
  33. CatatanRia 22 Desember, 2018
  34. Mpo ratne 22 Desember, 2018
  35. Ade anita 22 Desember, 2018
  36. Cari angin 22 Desember, 2018
  37. Ujame Gaja 22 Desember, 2018
  38. Inda Chakim 22 Desember, 2018
  39. Inda Chakim 22 Desember, 2018
  40. Afifah Mazaya 22 Desember, 2018
  41. Nurul Fitri Fatkhani 22 Desember, 2018
  42. Siti Faridah 22 Desember, 2018
  43. Jiah 22 Desember, 2018
  44. Kurnia amelia 22 Desember, 2018
  45. Lidya 22 Desember, 2018
  46. Ida Tahmidah 22 Desember, 2018
  47. Yoanna Fayza 22 Desember, 2018
  48. Dewi Sulistiawaty 23 Desember, 2018
  49. herva yulyanti 23 Desember, 2018
  50. Helena 23 Desember, 2018
  51. Rani Yulianty 23 Desember, 2018
  52. Bunda Biya 23 Desember, 2018
  53. Noorma Fitriana M. Zain 23 Desember, 2018
  54. Nia K. Haryanto 23 Desember, 2018
  55. Uniek Kaswarganti 23 Desember, 2018
  56. Tuty Queen 23 Desember, 2018
  57. Rosanna Simanjuntak 23 Desember, 2018
  58. Novi H 23 Desember, 2018
  59. Indri Noor 23 Desember, 2018
  60. Hidayah Sulistyowati 23 Desember, 2018
  61. Hidayah Sulistyowati 23 Desember, 2018
  62. Naqiyyah Syam 23 Desember, 2018
  63. Noe 24 Desember, 2018
  64. Sri Widiyastuti 24 Desember, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!