Fashion Fashion Tips Product Review Tips & Opinion

5 Tips Membeli Sepatu di Online Shop

Saya pernah bertanya ke beberapa orang teman begini, “Siapa yang pernah membeli sepatu di online shop?” Rata-rata menjawab, “Aku lebih suka beli sepatu di toko.” Ketika saya tanya alasannya, mereka menjawab, “Soalnya khawatir salah ukuran kalau beli secara online.” Padahal, teman-teman, kalau tahu tips atau cara membeli sepatu di online shop, pasti bisa deh dapat barang yang bener. Udah gitu dapat harga miring pula. Perbandingan harga sepatu di online shop dan toko kan biasanya lumayan 😀 .

Eh, tapi kayaknya mendapat sepatu dengan harga lebih murah dengan kualitas barang yang sama, bukan alasan utama seseorang membeli sepati di online shop. Itu cuma bonus kali yaaa 😀 . Kayaknya alasan utama “Mengapa sih kita membeli sepatu secara online?” Biasanya karena kita sibuk banget kan? Sehingga tidak bisa membeli sepatu langsung di tokonya? Jadi, satu-satunya solusi ya beli sepatu di online shop, hehe.

Jangan khawatir beli sepatu secara online, asal tahu tipsnya 😀 . Sumber foto: Bukalapak.

Nah, kali ini saya mau berbagi tips nih, teman-teman, tentang bagaimana cara membeli sepatu di online shop. Khususnya buat teman-teman pembaca blog ini yang cewek-cewek dan nyonya-nyonya 😀 . Sebab, emang yang namanya sepatu itu kan sangat dibutuhkan oleh perempuan untuk beraktivitas di luar ruangan. Malah, belakangan, sepatu itu udah masuk sebagai salah satu barang fashion wanita. Jadi, kayaknya enggak cuma berfungsi sebagai alas kaki semata, namun sepatu itu berguna buat menunjang penampilan seorang perempuan.

Pilihan sepatu perempuan itu banyak banget. Kita bisa memilih sepatu kets, flat shoes, sepatu hak tinggi, sepatu boot, dll. Tinggal kita sesuaikan dengan busana yang kita kenakan dan tentu saja mencocokkannya juga dengan acara yang akan kita hadiri. Makin percaya diri deh kalau sepatu yang kita pakai cocok dengan penampilan dan acara yang kita datangi itu 😀 .

Pengalaman membeli sepatu di online shop

By the way, sebelum saya berbagi tips membeli sepatu di online shop, saya mau cerita dulu nih tentang pengalaman saya. Jadi, dulu saya tuh pernah membeli sepatu di salah satu marketplace gitu. Kebetulan modelnya unik dan saya emang lagi butuh sepatu cepet, karena waktu itu sepatu saya rusak. Pendek kata, pokoknya saya naksir berat deh sama sepatu itu. Ya, saya udah berniat, “Pokoknya harus beli sepatu yang itu.”

Cuma, waktu itu saya belinya sepatu dengan merek yang sama dengan yang biasa saya beli sih. Jadi, asumsi saya ukurannya sama dengan ukuran kaki saya. Akhirnya saya nanya-nanya ke seller-nya apa ukurannya udah pasti sekian. Trus, penjualnya kasi jaminan bahwa kalau keliru masih bisa dikembalikan untuk ditukar, akhirnya saya beli deh.

Transaksi online pun cukup mudah saat itu. Tinggal bayar pakai internet banking, trus beberapa hari kemudian sepatunya sampai rumah. Happy deh, sepatunya sesuai harapan, hehe.

Eh, kayaknya cerita saya itu sekaligus kasi tips juga ya teman-teman, hehe, yakni:

  • Jangan ragu nanya-nanya dan garansi kalau salah ukuran ke online seller-nya.
  • Beli sepatu dengan merek yang sama, seperti yang biasa teman-teman beli.

Nah, sekarang tips beneran yang saya janjikan nih. Mengenai tips membeli sepatu di online shop:

Cara tepat membeli sepatu di online shop agar tidak keliru

Langsung aja yaaa, berikut adalah cara membeli sepatu di online shop supaya enggak keliru beli:

Jangan terpaku pada ukuran

Misalnya, nih, ukuran sepatu teman-teman adalah 38, sebaiknya jangan membeli sepatu berukuran 38 pas. Apalagi jika mereknya tidak sama dengan yang biasa teman-teman pakai (beda sama contoh dari pengalaman saya tadi ya?). Soalnya, yang namanya sepatu itu biasanya beda pabrik sepatu, ya bakalan beda juga standar ukurannya.

Jadi, bagaimana menentukan donk cara mendapatkan ukuran sepatu yang cocok? Caranya adalah dengan mengukur insole atau tapak dalam. Berdirilah di atas kertas, lalu gambar bagian telapak kaki menggunakan bolpoin. Setelah itu, teman-teman bisa mengukur panjang dari bagian jari tengah kaki menuju tumit. Panjang insole itu yang jadi patokan saat membeli sepatu fashion wanita.

Saat mau transaksi, teman-teman bisa bertanya kepada online seller-nya apakah ukuran sepatu yang teman-teman ingin beli itu sesuai ukuran insole itu. Biasanya sih online seller yang baik akan menjawab dan menjelaskan dengan baik-baik.

Pilih ukuran sepatu yang tepat. Sumber gambar: Bukalapak.
Waspadai merek palsu

Saat membeli sepatu melalui online shop, maka teman-teman harus mewaspadai keaslian dari sepatu tersebut. Bisa jadi gambar yang dipajang adalah sepatu bermerek asli, namun yang dikirim ke rumah adalah barang palsu. Sering banget kayaknya ya kita denger kasus begitu?

Lalu, bagaimana cara membedakan barang asli dan palsu? Cara termudah adalah dengan melihat harga sepatu fashion wanita tersebut. Misalnya, sepatu olahraga impor, harganya bisa di atas Rp. 500.000,-. Nah, kalau ada online seller yang menjualnya dengan harga jauh di bawah itu, misalnya cuma Rp. 100.000,-an, maka ada dua kemungkinan. Sepatu itu dijual dalam kondisi bekas atau merupakan barang palsu. Jadi, jangan keburu happy dulu kalau nemu barang bagus harga murah ya teman-teman? 😀

Kualitas baik

Sepatu yang murah itu biasanya akan lebih cepat rusak, karena solnya tipis. Teman-teman kalau memilih membeli sepatu kayak gini biasanya harus membelinya setahun sekali, bahkan hanya enam bulan sekali. Berbeda jika kita membeli sepatu kets impor atau sepatu kulit berkualitas baik, emang mahal di awal, namun sebenarnya malah akan menghemat uang. Soalnya sepatu itu bisa kita pakai lebih dari dua tahun. Sebab, bahannya bagus dan solnya kuat. Saran saya, ya tentu aja, belilah sepatu yang bagus, bukan sekedar murah.

Beli sepatu bekas

Ada sebagian kita yang mungkin penghamba sepatu bermerek, sayangnya anggarannya masih kurang untuk beli sepatu bermerek tersebut. Tenang, tenang, teman-teman, jika anggarannya belum cukup buat beli sepatu baru maka beli sepatu preloved pun tak masalah kan? Biasanya, kalau kita beruntung, kadang ada sepatu yang baru sekali dipakai, lalu dijual lagi karena ukurannya kekecilannya. Tentu sja harga jualnya juga miring.

Namun, jangan lupa ya teman-teman, saat ingin membeli sepatu bekas, sebaiknya tanyakan ke penjualnya tentang kekurangan sepatu itu. Harga yang ditawarkan pun apakah sudah sesuai dengan kekurangan yang ada pada sepatu. Dengan begitu, kita bisa mempertimbangkan untuk jadi membelinya atau tidak.

Garansi pengiriman

Ketika teman-teman membeli sepatu fashion wanita yang harganya di atas Rp. 1.000.000,-, mintalah penjualnya untuk mengurus garansi saat mengirim pakai jas kurir. Memang sih kita harus membayar garansi itu, namun keuntungannya, barang akan sampai dengan selamat. Jika, sepatu itu lecet atau hilang sebelah di perjalanan, maka pihak kurir akan memberikan uang pengganti.

Nah, itulah teman-teman tips atau cara membeli sepatu di online shop. Mudah bukan tips yang sampaikan tadi? Intinya enjoy aja kalau memang harus beli sepatu di online shop, namun tetap harus hati-hati.

Oh iya, salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan sepatu fashion wanita paling baru secara online adalah Bukalapak. Di Bukalapak tuh harganya sangat terjangkau dan variannya sangat banyak. Kalau mau lebih mudah melakukan pembelian sepatu di Bukalapak, saran saya download aplikasinya. Keuntungannya, teman-teman bis mendapat banyak promo, diantaranya gratis ongkos kirim. Cobain deh! Semoga beruntung yaaa menemukan sepatu bagus di Bukalapak 🙂 .

Beli sepatu di Bukalapak banyak promo.

April Hamsa

 

32 Comments

  1. Meriska Putri 3 November, 2018
  2. Okti Li 3 November, 2018
  3. CatatanRia 3 November, 2018
  4. Antin Aprianti 3 November, 2018
  5. ike yuliastuti 3 November, 2018
  6. cerite si mpo 3 November, 2018
  7. Yoanna Fayza 3 November, 2018
  8. Fenni Bungsu 4 November, 2018
  9. Siti Faridah 4 November, 2018
  10. Emma 4 November, 2018
  11. Miranti | jendelakeluarga.com 4 November, 2018
  12. Jeanette Agatha 4 November, 2018
  13. Hairi Yanti 4 November, 2018
  14. Reyne Raea 4 November, 2018
  15. Ayun 4 November, 2018
  16. Tuty Queen 5 November, 2018
  17. Rahmah 5 November, 2018
  18. Dian Restu Agustina 5 November, 2018
  19. Nia K. Haryanto 5 November, 2018
  20. Agatha Revindra Widori 5 November, 2018
  21. Nurul Dwi Larasati 5 November, 2018
  22. Ross Roudhotul Jannah 5 November, 2018
  23. maya rumi 5 November, 2018
  24. Ross Roudhotul Jannah 5 November, 2018
  25. Tika Samosir 6 November, 2018
  26. Djangkaru Bumi 8 November, 2018
  27. Djangkaru Bumi 8 November, 2018
  28. Djangkaru Bumi 8 November, 2018
  29. Mutia Rahma 9 November, 2018
  30. Aminnatul Widyana 19 November, 2018
  31. Ainhy 20 November, 2018
  32. Rach Alida Bahaweres 22 November, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!