β€œKalau kau suka hati tepuk tangan

Kalau kau suka hati tepuk tangan

Kalau kau suka hati, beginilah caranya

Kalau kau suka hati tepuk tangan…”

Kedua anak saya, Maxy dan Dema bertepuk tangan kegirangan sambil menirukan lagu yang mereka tonton di salah satu channel YouTube.com itu. Selain karena lagunya riang, animasi yang tampil di tayangan lagu itu juga sangat menggemaskan. Terlihat ada tiga ekor anak ayam bernyanyi dan menari yang membuat anak-anak tertarik menirukannya.

didifriendsMaxy dan Dema menonton Didi & Friends.

Nama channel yang menampilkan lagu dengan animasi tiga ekor anak ayam itu adalah Didi & Friends. Saat ini, channel lagu animasi itu tengah viral di kalangan anak-anak Malaysia. Didi & Friends memang diproduksi oleh rumah produksi animasi di Malaysia sana. Nama rumah produksinya adalah Digital Durian.

Logo Didi & Friends.

Saat pertama kali memproduksinya, Digital Durian menargetkan penontonnya adalah anak-anak usia 1-6 tahun. Tak disangka, ternyata sambutan masyarakat terutama para orang tua yang memiliki anak-anak, sangat luar biasa. Channel Didi & Friends sudah mencapai sekitar 500 juta viewers dan saat ini juga sudah ditayangkan oleh televisi nasional di Malaysia.

Lagu animasi Didi & Friends ini menceritakan tentang perjalanan tiga ekor anak ayam yang bernama Didi bersama teman-temannya, Nana dan Jojo. Ketiganya memiliki kegemaran yang sama, yakni sama-sama suka menyanyi dan menari.

didi&friends1

Didi dan teman-temannya.

Didi digambarkan sebagai anak ayam yang memakai baju biru dan sabuk merah dengan inisial huruf D. Selain itu, Didi juga mengenakan topi berwarna biru dan merah yang bertuliskan namanya. Kalau Si Nana digambarkan memakai gaun dan topi berwarna pink. Sedangkan, Jojo memakai kaus berwarna kuning cerah dan berkacamata ungu. Selain ketiga ekor anak ayam itu, akan ada pula beberapa tokoh animasi hewan lain yang merupakan sahabat mereka.

Didi & Friends tidak sekadar menyanyi lagu anak-anak biasa, melainkan lagu anak-anak yang mengandung nilai-nilai moral yang positif. Seperti, lagu-lagu tentang persahabatan, tolong-menolong, kerja sama, dan hal-hal positif lainnya yang perlu dipelajari dan ditiru oleh anak-anak.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh Didi & Friends merupakan adaptasi lagu anak-anak dan lagu rakyat populer dari berbagai bahasa. Ada yang berasal dari Bahasa Melayu, Bahasa Inggris, juga Bahasa Indonesia. Contoh lagu-lagunya seperti Bintang-Bintang (Twinkle Twinkle Little Star), Kalau Rasa Gembira (If You’re Happy And You Know It), BINGO, dan lagu-lagu lainnya.

Apa saya enggak khawatir anak-anak saya mengalami bingung bahasa sebab bahasanya memakai Bahasa Melayu (Malaysia)? Oh, tentu tidak, donk! Sebab, channel Didi & Friends juga sudah menghadirkan lagu-lagu anak dalam Bahasa Indonesia.

Ada beberapa lagu anak dalam Bahasa Indonesia yang sudah tersedia di channel YouTube Didi & Friends, antara lain lagu Rasa Sayange, Bintang-Bintang, ABC, Roda Si Bis, BINGO, Pak Atan Punya Ladang, dan Kalau Kau Suka Hati.

Lagu-lagu animasi Didi & Friends dalam Bahasa Indonesia, nantinya akan di-update atau ditambah lagi. Biasanya sih setiap minggu, akan ada update lagu-lagu terbaru di channel ini. Anak-anak saya jadi senang memiliki tontonan animasi baru dengan lagu-lagu yang bagus. Saya pun senang sebab anak-anak saya bisa belajar tentang nilai-nilai moral dari lagu-lagu Didi & Friends.

Kalau teman-teman penasaran, bisa menonton sendiri ya channel Didi & Friends di YouTube.com! Siapa tahu bisa menjadi alternatif tontonan untuk anak-anak. Contoh lagunya seperti ini, nih, yang sudah memakai Bahasa Indonesia:

Kalau teman-teman merasa suka dan tertarik untuk memperlihatkannya kepada anak-anak, saya sarankan subscribe saja! Supaya enggak ketinggalan update lagu animasi Didi & Friends terbaru buat anak-anak. Channel YouTube-nya di sini, yaaaa… cukup klik aja! πŸ˜€

Selamat menonton Didi & Friends bersama anak-anak! πŸ˜€Β 

April Hamsa