007-Pundi Cerita Masak-masak Cooking Tips Cooking Tools Review Cosmos Cosmos CRJ-6288 Experience Product Review Tips & Opinion

Rice Cooker Cosmos CRJ-6288, Penanak Nasi Serbaguna Ini Bisa Cegah Kanker Lho

Sambut tahun baru, ada alasan buat punya perlengkapan masak baru juga donk, xixixi 😀 . Kali ini saya memutuskan buat ganti rice cooker, mengingat rice cooker di rumah usianya udah cukup tua. Daaan, pilihan saya jatuh ke rice cooker Cosmos CRJ-6288. BTW, ada yang penasaran kenapa saya pilih rice cooker ini? Alasannya adalah karena rice cooker ini punya manfaat bisa mencegah kanker lho.

Jelang tahun baru, rice cooker juga baru 😀 .

“Hah, moso pemakaian rice cooker aja bisa cegah kanker?” Ada yang bertanya-tanya demikian? Hehe, sama seperti saya dulu sih, mempertanyakan hal yang sama.

Hati-hati dengan rice cooker yang mengklaim anti lengket

Jadi, teman-teman, sekitar pertengahan tahun lalu saya tuh sempat membaca sebuah artikel kesehatan yang menyatakan bahwa sebaiknya kita tuh berhati-hati dengan peralatan rumah tangga yang mengklaim anti lengket/ non stick. Yeah, zaman sekarang gitu lho, makin banyak peralatan rumah tangga terutama untuk dapur yang ada embel-embel anti lengket. Sebut saja panci, penggorengan, rice cooker, dll. Saya pribadi pun senang dengan peralatan yang anti lengket ini, soalnya kan jadi lebih mudah membersihkannya.

Namun, ternyata pemakaian peralatan dapur yang anti lengket kayak gini ternyata enggak semua aman, teman-teman. Ada beberapa peralatan dapur anti lengket yang lapisannya ternyata memakai zat kimia yang bernama perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen.

Rice cooker anti lengket belum tentu bagus.

FYI, karsinogen merupakan zat yang dikenal menjadi penyebab penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker. Zat ini (kata beberapa artikel kesehatan yang saya baca) bisa merusak DNA , sehingga bisa menyebabkan mutasi yang membuat DNA berubah. Sel-sel yang tadinya normal ada yang membelah lebih cepat dan menjadi sel kanker. Hal yang dikhawatirkan begitu. Oleh sebab itu, sebaiknya kita berusaha menghindari paparan zat karsinogen ini. Nah, salah satu usaha yang saya lakukan, karena saya mengetahui kemungkinan peralatan dapur anti lengket saya berbahaya buat kesehatan, khususnya rice cooker, maka saya putuskan untuk menggantinya.

Tentu saja bukan karena sekadar alasan rice cooker saya sudah menua, namun saya melihat memang lapisan anti lengket di rice cooker lama saya tuh mengelupas. Trus, kondisi semacam itu tentu saja membuat saya jadi bertanya-tanya donk, ke mana tuh larinya lapisan yang mengelupas?

Saya khawatir kalau lapisan anti lengket yang mengelupas itu nempel ke nasi yang saya makan sehari-hari bersama keluarga saya. Hiks, oh nooo… 🙁 . Maka, untuk mencegah risiko yang saya jelaskan tadi, akhirnya sekarang saya memilih memakai rice cooker Cosmos CRJ-6288.

Tentang Rice Cooker Cosmos CRJ-6288

Mungkin ada yang kepengen tahu mengapa pilihan saya jatuh ke rice cooker Cosmos CRJ-6288?

Rice cooker Cosmos CRJ-6288.

Alasannya, karena rice cooker Cosmos CRJ-6288 ini memiliki fitur berikut:

  • Food Grade

Lapisannya panci/ innerpan tidak terbuat dari zat kimia asam PFOA melainkan terbuat dari bahan food grade sehingga tidak menimbulkan reaksi kimia/ racun bagi makanan.

  • Teknologi Harmond

Bahan innerpan dibuat dengan teknologi Harmond yakni melalui proses hard anodized dan pendinginan dengan temperatur mendekati 0 derajat Celcius sehingga tercipta lapisan yang tidak dapat tergores, lebih aman, dan lebih tahan lama.

Teknologi Harmond membuat rice cooker Cosmos CRJ-6288 anti gores.

Saya sendiri sudah membuktikan lapisan anti goresnya dengan cara menggosoknya pakai sisir yang terbuat dari baja. Beneran lapisannya enggak mengelupas lho 😀 .

Disikat pakai sikat baja enggak terkelupas.
  • Even Heating System

Memiliki sistem penyebaran panas dengan lebih sempurna dan merata sehingga lebih menghemat listrik.

Selain memiliki fitur-fitur itu, saya tertarik dengan rice cooker Cosmos CRJ-6288 karena desainnya yang apik dan fungsional, sehingga memudahkan saya dalam memasak, antara lain terdapat:

  • Innerpan Handle

Pegangan panci yang tidak panas.

Pegangan pancinya tidak panas, sehingga aman kalau dipegang saat mau dipindahkan/ disajikan.

  • Tongolan

Berfungsi mengatur sirkulasi panas untuk menghasilkan nasi yang lebih pulen.

  • Dew Collector

Dew Collector.

Air uap dari proses memasak nasi akan masuk ke sini sehingga menjaga rice cooker tetap terjaga kebersihannya.

  • Comfortable Handle

Comfortable handle.

Pegangan untuk membuka dan menutup rice cooker sangat nyaman.

Trus, pada saat membeli rice cooker Cosmos CRJ-6288 ini, nanti kita akan mendapatkan gelas ukur, wadah pengukus, serta sendok nasi. Cukup lengkap sih.

Oh iya, rice cooker Cosmos CRJ-6288 ini kapasitasnya sekitar 2 liter ya teman-teman. Cukup kalau untuk keluarga saya yang terdiri dari dua dewasa dan dua anak 😀 . Sedangkan dayanya sebesar 400 Watt, buat yang kapasitas listrik di rumahnya 1300-an aman lha.

Ada tiga pilihan warna untuk varian rice cooker Cosmos ini yakni merah, biru, dan hijau. Bisa kita pilih sesuai selera, mau rice cooker yang mana 😀 .

Review pemakaian rice cooker Cosmos CRJ-6288

Selama saya memakai rice cooker Cosmos CRJ-6288 ini saya merasa nasi tuh jadi lebih cepet mateng gitu. Kemungkinan besar karena fitur heating system-nya tadi yang membuatnya demikian ya. Nasi yang dihasilkan juga pas sesuai yang saya inginkan.

Trus, soal daya alhamdulillah sih tidak ada masalah, walau kadang saya memasak nasi sambil seterika atau mencuci pakai mesin cuci. Masih aman lha.

Kemudian, soal innerpan-nya yang anti gores, semenjak memakai rice cooker ini saya jadi merasa lebih leluasa dalam menyendok nasinya, karena enggak khawatir lapisannya terkelupas, hehe. Pegangan pancinya juga enggak panas, sehingga kalau ada tamu dan saya menghidangkan ingin menghidangkan nasi, saya tinggal memindahkan saja pancinya tanpa khawatir tangan kepanasan.

Trus, yang lebih penting lagi, rice cooker ini juga sangat mudah dibersihkan. Enggak perlu khawatir lapisannya terkelupas saat membersihkan pancinya pakai spons. Trus, jangan lupa bersihkan juga bagian Dew Collector-nya ya. Gampang dicopot dan dipasang kembali juga kok.

Tips supaya nasi tetap sehat

BTW, selain memakai rice cooker yang anti gores seperti rice cooker Cosmos CRJ-6288 ini dan menjaga kebersihan rice cooker, saya juga punya tips nih teman-teman, supaya nasi yang kita masak tetap sehat:

5 menit setelah nasi matang, aduklan nasi. Hal ini sangat penting dilakukan supaya nasi tidak lekas basi, tidak kering, serta lebih awet. Soalnya pada saat kita mengaduk nasi, proses ini dapat mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi, sehingga air lebih mudah menguap dan nasi enggak gampang basi.

Jangan mencolok rice cooker secara terus-menerus sepanjang hari karena bisa membuat nasi cepat kering, basi, dan nutrisi pada nasi berpotensi hilang. Kalau saya pribadi, begitu nasi matang, saya tunggu 5 menit kemudian saya cabut colokannya. Trus, kalau mau makan dengan nasi hangat, 30 menit sebelum makan biasanya saya colokin lagi.

Nah, semoga tips ini bermanfaat dan nasi yang teman-teman masak bisa lebuh awet dan sehat ya.

Jangan lupa juga simpan beras di tempat penyimpanan beras

Alat masaknya udah oke, tapi kalau tempat penyimpanan berasnya kurang bagus, kayaknya kok ya rasanya percuma ya…

Maka dari itu, pastikan kita menyimpan beras bakal nasi yang kta makan di tempat penyimpanan beras yang memang didesain khusus buat menyimpan beras. Soalnya, kalau kita cuma simpan beras di karungnya atau wadah seperti ember, bisa berisiko menyebabkan sirkulasi beras menjadi enggak sehat. Penyebabnya adalah beras yang ada di tumpukan paling bawah menjadi susah diambil, sehingga semakin lama akan semakin tertumpuk. Kalau sudah demikian, biasanya beras lama itu akan jadi apek, muncul kutu beras dan serangga lainnya, intinya jadi enggak higienis lagi.

Apalagi, kalau beras lama itu kemudian kita timpa lagi dengan beras baru. Bisa-bisa kualitas beras baru yang tercampur itu akan menurun, karena tercampur dengan beras yang apek atau bahkan berkutu tadi. Bagaimana mau menghasilkan nasi yang sehat kalau berasnya enggak higienis?

BTW, kalau soal penyimpanan beras ini, saya punya rekomendasi tempat penyimpanan beras namanya 007-Pundi. 007-Pundi ini juga produk keluaran Cosmos yang saya pakai untuk menyimpan beras saya.

Cosmos 007-Pundi.

Mengapa saya merekomendasikan 007-Pundi ini kepada teman-teman, soalnya berdasarkan pengalaman saya, beras yang disimpan di wadah ini tuh tetap bagus selama beberapa lama. 007-Pundi memiliki fitur:

  • First In First Out a.k.a FIFO Technology yang membuat beras yang masuk pertama kali akan keluar terlebih dahulu. Soalnya, kita ngambilnya dari bawah, bukan dari atas. Cukup buka saja bagian laci bawah 007-Pundi ini.

FIFO Technology.
  • Pull N Dispense membuat sekali tarik, satu takaran 130 gr tersedia otomatis.
  • Ukurannya yang compact dengan kapasitas 7 kg saja, enggak makan tempat, dan mudah dipindahkan/ diangkat.
  • Meski demikian, 007-Pundi ini anti selip, produk ini lekat dan enggak gampang bergeser.
  • Bahan 007-Pundi ini membuat kualitas beras tetap terjaga dan bebas dari kutu dan karat.

Nah, itulah teman-teman cerita saya ganti rice cooker baru yakni rice cooker Cosmos CRJ-6288 yang fitur abti goresnya bisa mencegah penyakit seperti kanker dan juga sedikit sharing tips supaya beras dan nasi yang kita konsumsi tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan lifestyle kita bisa jadi lebih sehat lagi yaaa 🙂 .

April Hamsa

45 Comments

  1. Riawani elyta 15 Desember, 2019
  2. Okti Li 16 Desember, 2019
  3. Helma Vania 16 Desember, 2019
  4. dhenok 16 Desember, 2019
  5. Rach Alida 16 Desember, 2019
  6. iidYanie 16 Desember, 2019
  7. Elly Nurul 16 Desember, 2019
  8. Andi Telaumbanua 16 Desember, 2019
  9. Melina Sekarsari 17 Desember, 2019
  10. Melina Sekarsari 17 Desember, 2019
    • Uniek Kaswarganti 17 Desember, 2019
  11. Linimasaade 17 Desember, 2019
  12. lendyagasshi 17 Desember, 2019
  13. Bambang Irwanto 17 Desember, 2019
  14. Mechta 17 Desember, 2019
  15. Yeni Sovia 17 Desember, 2019
  16. Icha Marina Elliza 17 Desember, 2019
  17. Bibi Titi Teliti 17 Desember, 2019
  18. Devi 17 Desember, 2019
  19. Eva Sholiha 17 Desember, 2019
  20. Rini Novita Sari 17 Desember, 2019
  21. Hidayah Sulistyowati 17 Desember, 2019
  22. Indah Nuria 17 Desember, 2019
  23. Chela Gurukecil 17 Desember, 2019
  24. Sekar 17 Desember, 2019
  25. Diah Woro Susanti 17 Desember, 2019
  26. Monica Anggen 17 Desember, 2019
  27. Indriyanti 17 Desember, 2019
  28. Dewi adikara 17 Desember, 2019
  29. Eka mustika 17 Desember, 2019
  30. Kang Alee 17 Desember, 2019
  31. Nurhilmiyah 17 Desember, 2019
  32. Susindra 17 Desember, 2019
  33. Natara 17 Desember, 2019
  34. Leyla Hana 17 Desember, 2019
  35. ainun 18 Desember, 2019
  36. donasaurus 18 Desember, 2019
  37. Erfano 18 Desember, 2019
  38. Vivi 18 Desember, 2019
  39. Hida 18 Desember, 2019
  40. Faisol Abrori 18 Desember, 2019
  41. Kesih latief 18 Desember, 2019
  42. lita chan lai 19 Desember, 2019
  43. Bunda Sugi 19 Desember, 2019
  44. Selvijua 24 Desember, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!