Yeaaahh, saya balik lagi ke ERHA Clinic teman-teman. Setelah sekian lama enggak ke sana. Kalau diingat-ingat lagi, kayaknya bulan Juli deh, terakhir saya menyambangi ERHA. Waktu itu, saya ke sana untuk melakukan perawatan wajah dengan Truwhite Ultimate Radiance. Kali ini, saya balik lagi ke sana, sengaja untuk melakukan perawatan yang sama. Yaaa, selalu ada second of everything kan? Termasuk perawatan wajah dengan Truwhite Ultimate Radiance ini πŸ˜€ .

Balik perawatan ke ERHA Clinic setelah sekian lama πŸ˜€ .

BTW, buat teman-teman yang mungkin belum tahu tentang perawatan yang saya maksud, perawatan ini tuh, Truwhite Ultimate Radiance yang menjadikan wajah menjadi glowing, cerah, dan sehat dengan teknologi microdermabrassion dan IPL. Perawatan ini adalah jenis treatment yang belakangan populer di kalangan customer ERHA Skin, Hair, and Laser Expert.

Logo ERHA Skin, Hair, and Laser Expert.

Sebenarnya enggak mengherankan sih, soalnya perawatan Truwhite Ultimate Radiance ini memiliki kelebihan berupa waktu treatment-nya singkat, namun hasilnya terlihat cepat. Wajah jadi terlihat cerah secara instant, dari lusuh menjadi glowing gitu πŸ˜€ . Saya pribadi merasa puas saat melakukan perawatan pertama kali dulu, makanya kali ini saya putuskan kembali.

Namun, kali ini saya enggak melakukan perawatan di ERHA Clinic Warung Buncit seperti pertama kali dulu. Kali ini saya mengunjungi ERHA Clinic di Pondok Indah Mall (PIM) 2. Pas, kebetulan sedang ada kegiatan di sekitar sana, sehingga saya putuskan sekalian melakukan Treatment Truwhite Ultimate Radiance di ERHA Clinic terdekat.

Ternyata, lokasinya ada di mall, ERHA Clinic di PIM 2 cukup luas dan lengkap juga, lho. Ada ERHA Aphotecary juga di sana, di mana kita bisa membeli produk skin care dan kosmetik ERHA secara bebas, tanpa harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

ERHA Clinic di PIM 2 Jakarta.

Begitu sampai di sana saya langsung mendaftar ke mbak-mbak di bagian meja depan untuk melakukan perawatan. Saya jelaskan keinginan saya untuk treatment Truwhite Ultimate Radiance. Si Mbak dengan ramah menulis data saya dan memastikan ke dokternya.

Registrasi di sini dulu sebelum perawatan.

Ruang tunggu yang lega.

Setelah itu saya diminta menunggu dulu di ruang tunggu. Ruang tunggu di ERHA Clinic PIM 2 cukup lega dan nyaman. Tersedia pula minuman air mineral gelas untuk pengunjung klinik, sembari menunggu antrean perawatan. Dari pada bengong, saya memutuskan untuk melihat-lihat etalase ERHA Aphotecary-nya. Produknya cukup lengkap. Bahkan ada bedak untuk wajah jerawat juga hehe. Kayaknya itu produk yang saya incer untuk dibeli bulan depan πŸ˜€ .

Ruang perawatan ada di balik area ini.

Sofa yang nyaman di ruang tunggu ERHA Clinic PIM 2.

Tak berapa lama kemudian, Si Mbak yang tadi mendata saya memanggil saya. Katanya dokternya sudah datang dan saya dipersilakan masuk ke ruang perawatan. Yup, kali ini enggak pakai konsultasi di ruang dokter seperti sebelumnya. Mungkin, karena data saya udah ada kali ya?

Namun, saat berada di ruang perawatan, dr. Tiur Suryana (dr. Tiur), dokter yang menangani saya mengajak saya berbincang dulu sebelum perawatan dimulai. Dokter mengecek jenis kulit saya trus menawari saya untuk pembersihan komedo dan kulit mati. Mungkin Bu Dokter gemes kali ya lihat kulit saya yang emang udah lama sekali enggak dirawat. Saya akui komedo di hidung saya sedang banyak-banyaknya huhuhu.

Oh iya, kelupaan menginformasikan, bahwa ruang perawatan di ERHA Clinic ternyata ada lebih dari satu. Saya waktu itu masuk ke ruang 2 di mana ada 4 bed yang dipisahkan sekat berupa gorden kain. Jadi, privasi kita tetap terjaga kalau perawatan di sana.

Ruang perawatan yang nyaman dan bersih.

Selain itu ruangannya juga cukup bersih. AC-nya enggak terlalu dingin, suhunya pas buat ngadem selama perawatan. Namun, bisa request sih kalau mau suhu tertentu hehe.

BedΒ yang saya pakai saat perawatan.

Saat masuk ke ruangan, saya melihat semua peralatan untuk tindakan perawatan sudah disiapkan lengkap. Begitu pula dengan skin care yang akan dipakaikan ke wajah saya.

Teknologi IPL yang digunakan selama perawatan.

Balik lagi ke proses treatment-nya, perawatan hari itu diawali dengan tindakan micro peel. Dibantu oleh Mbak Perawat, wajah saya dibersihkan, plus dipijat ringan. Paling seneng bagian awal-awal ini soalnya bikin saya rileks hehe.

Ketika wajah saya dibersihkan.

Setelah wajah saya sudah cukup bersih, dr. Tiur kemudian mengambil alih merawat wajah saya dengan suatu alat yang kata beliau memakai semacam kristal gitu. Belakangan saya mengetahui bahwa namanya adalah Diamond Peel Microdermabrasion yang tujuannya adalah:

  • Mengangkat sel kulit mati di wajah saya
  • Meminimalisir kerutan halus di wajah
  • Membuat tekstur kulit saya menjadi lebih merata.

Dr. Tiur berusaha menghilangkan sel kulit mati di wajah saya.

Enggak cukup tindakan tersebut, dr. Tiur juga β€œmenyedot” komedo di hidung saya. Yup, proses pengangkatan komedo serta sel kulit matinya enggak menyakitkan kok. Wajah cuma kayak ketarik gitu, namun enggak sakit. Buat yang biasa facial pasti bakal menikmati kok πŸ™‚ .

Ketika komedo saya dibersihkan.

Daaan, terbukti emang komedo saya parah banget. Dr. Tiur sampai menunjukkan ke saya semacam kapas kecil berwarna item-item gitu, yang menurut beliau adalah komedo saya yang berhasil terangkat, huhuhu. Mau saya tampilkan fotonya di blogpost ini kok khawatir teman-teman jadi ilfeel ntar hehe. Ya, pokoknya percaya aja deh ya, kotoran komedo saya banyak waktu itu.

Gimana enggak banyak, soalnya emang jarang perawatan plus sering melakukan kegiatan outdoor, khususnya antar jemput anak. Tak heran kalau debu dan segala macam polusi dari kotoran atau asap kendaraan di jalanan menempel ke wajah dan mungkin luput saya bersihkan dengan skin care. Eh, tapi ya emang kalau membersihkan wajah pakai skin care doank kayaknya memang enggak cukup ya, teman-teman? Makanya, kudu rajin nih treatment-nya ke ERHA Clinic #ntms.

Oh iya, bagian bibir saya juga enggak luput dari tangan cekatan dr. Tiur lho. Menurut dr. Tiur bibir saya tuh kering sekali. Trus, bagian sudut bibir juga.

Proses perawatan area bibir.

β€œKalau pakai krim jangan terlalu dekat area bibir ya, soalnya ini kering sekali,” nasihat dr. Tiur.

Wah, jadi kayak gitu ternyata juga menyebabkan area dekat bibir kering to? Saya baru paham. Saya akui selama ini kalau ngolesin krim-krim gitu ya maen usap gitu aja hehe.

β€œBaik Dok, siap!” πŸ˜€

Setelah itu tindakan itu, wajah saya dibersihkan lagi, kemudian dipakaikan masker untuk beberapa lama. Hmmm, sepertinya sekitar 10-15 menitan.

Selama maskeran emang ada sedikit rasa clekit-clekit kayak gatal gitu. Namun, enggak sampai bikin saya garuk-garuk sih. Masih bisa lha saya tahan, hehe. Meski demikian, Mbak Perawat bilang, kalau saya mau β€œmenggaruk” boleh kok, tapi pakai cotton bud yang telah disediakan.

Mengecilkan pori-pori.

Selesai maskeran, perawatan utama dengan menggunakan Intense Pulse Light (IPL) dilakukan. Uniknya, perawatan kali ini tuh enggak menggunakan serum lagi, melainkan memakai betaphil.

β€œBedanya apa Dok?” Tanya saya.

β€œBedanya kalau Betaphil ini lebih aman dan cocok buat semua jenis kulit. Jadi enggak ada efek iritasi setelahnya,” jelas dr. Tiur.

Memang kan jenis kulit pasien yang datang kan beda-beda ya? Kalau pakai serum pencerah biasanya, bisa jadi ada yang kurang cocok. Namun, menurut dr. Tiur, dengan Betaphil ini lebih aman dan cocok untuk semua.

Mata saya ditutup pada saat proses penyinaran dengan IPL dilakukan. Saya merasakan ada semacam sinar hangatΒ gituΒ di wajah saya. Lalu, dokter bertanya apakah suhunya sudah sesuai dan apakah membuat kulit saya sakit atau gimana. So far, karena semuanya sesuai, ya saya bilang oke ke Bu Dokter-nya πŸ˜€ .

Saat disinar dengan IPL.

BTW, saya lupa menjelaskan mengapa sih saya suka melakukan perawatan Truwhite Ultimate Radiance ini? Jadi gini lho teman-teman, selain alasan waktu yang efisien serta hasil yang cepat sesungguhnya efek dari perawatan ini tuh lebih dari itu. Truwhite Ultimate Radiance memberikan efek bagus buat wajah karena:

  • Bisa membuat wajah terlihat cerah dan glowing secara instant
  • Memperbaiki tekstur kulit wajah yang kasar karena mungkin sebelumnya ada bekas jerawat dll
  • Mengangkat sel kulit mati dan mengurangi komedo
  • Mengecilkan pori-pori
  • Membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan hiperpigmentasi
  • Memperbaiki tampilan kulit yang kusam dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Jadi, menurut saya, Truwhite Ultimate Radiance ini tuh semacam perawatan yang butuh waktu singkat, tidak menyakitkan, hasilnya perfect, sehingga menurut saya worth it banget buat dilakukan. Oh iya, kalau mau hasilnya bagus sebaiknya lakukan perawatan ini sekitar 3-4 kali, namuuuun, sebaiknya jarak waktu perawatannya deketan yaaa. Jangan kayak saya yang kelamaan, huhuhu.

Sebelum dan sesudah perawatan. Bagian hidung saya lebih bersih, kulit lebih lembab.

Balik lagi ke proses perawatan saya, setelah wajah selesai dimasukin betaphil dan disinar pakai IPL, maka selesai sudah tindakan hari itu. Namun, sesudah itu wajah saya masih diolesi pelembab, tabir surya, serta pelembab bibir oleh Mbak Perawat.

β€œSelesai ini jangan kena air dulu dan jangan make up-an dulu ya?” Saran dr. Tiur.

β€œOh enggak bisa langsung make up-an Dok?” Tanya saya.

β€œBisa aja sih, tapi saya selalu rekomen ke pasien saya buat nunggu dulu minimal sejam, soalnya kan sayang abis dirawat pakai make up,” jelas dr. Tiur.

Yaaa, masuk akal juga sih, eman-eman soalnya kalau langsung dipakaiin kosmetik ya? Ya sudah saya nurut aja apa kata Bu Dokter πŸ˜€

Mau tahu wajah saya setelah perawatan bagaimana? Tentu saja tambah resik donk. Saat ngaca saya melihat wajah saya lebih cerah dari sebelum perawatan. Trus, saat saya pegang, pipi saya jadi lebih kenyal dan lembab terhidrasi gitu. Kesimpulannya, saya puas banget dengan perawatan yang baru saja saya jalani πŸ™‚ .

Trus FYI, kalau dihitung-hitung sepertinya saya menghabiskan waktu sekitar satu jam kurang untuk perawatan, udah termasuk waktu konsultasi dengan dr. Tiur. Enggak terlalu lama kan? Cocok buat teman-teman yang mungkin sibuk dengan aktivitasnya, sempetin sekitar sejam buat treatment di ERHA Clinic hasilnya glowing dan memuaskan πŸ˜€ .

Selesai perawatan tinggal bayar ke kasir.

FYI lagi, untuk biaya perawatan Truwhite Ultimate Radiance ini adalah:

  • ERHA Truwhite Ultimate Radiance for Face: Rp. 1.100.000,-00
  • ERHA Truwhite Ultimate Radiance for Face and Neck: Rp. 1.300.000,-00
  • ERHA Truwhite Ultimate Radiance for Neck: Rp. 750.000,-00

Oh iya, di ERHA Clinic, perawatan yang ditawarkan enggak cuma buat wajah saja lho, namun juga buat rambut. Jadi, kalau ada problem kulit dan rambut yang enggak bisa diselesaikan dengan produk skin care atau treatment biasa, mending perawatan di ERHA Clinic saja. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter supaya bisa mendapat rekomendasi perawatan yang tepat.

Untuk mengetahui informasi lanjut mengenai perawatan Triwhite Ultimate Radiance maupun perawatan lainnya di ERHA Clinic, teman-teman bisa baca-baca infonya di:

  • Website: www.erha.co.id
  • Instagram: @erha,dermatology

Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman yang kepengen punya wajah glowing juga yaaa πŸ™‚ .

April Hamsa