Tak terasa sudah belasan tahun saya menjalani keseharian sebagai blogger. Berawal dari suka menulis curhatan di blog dan kini makin mantab menjadikan blog sebagai tempat berbagi pengetahuan maupun pengalaman, dan tentu saja yang tak dapat dipungkiri, sebagai sumber materi.

Sharing tentang ngeblog

Meski demikian, saya merasa belum percaya diri untuk sharing tentang kegiatan ngeblog kepada orang lain. Entah sudah berapa kali saya diminta sharing mengenai keseharian menjadi blogger, baik oleh komunitas maupun brand, tetapi lebih banyak saya tolak dengan alasan banyak blogger lain yang lebih expert dari saya.

Hingga pada suatu hari, seorang teman lawas zaman kuliah dulu mengundang saya untuk menghadiri acara reuni online. Namun, ternyata teman saya punya request khusus. Teman saya itu tahu kalau saya blogger dan meminta saya sharing tentang aktivitas menulis di blog.

Biar acaranya seru, enggak sekadar nge-Zoom bicara ngalor ngidul,” kata teman saya.

Saat sharing tentang blog 😀 .

Saya akhirnya menyanggupi permintaan teman saya itu dengan syarat sharing tentang ngeblog-nya enggak satu arah aja tetapi lebih ke ngobrol santai, gitu. Kalau ada pertanyaan saat saya sedang sharing, saya minta teman-teman langsung bertanya.

Okey, hari H pun tiba. Eh, sebenarnya, itu bukan pertama kalinya saya sharing tentang ngeblog, sih. Namun, hari itu adalah pertama kalinya saya sharing tentang blog dengan metode “bicara”. Biasanya, saya cuma sharing via WhatsApp Group. Soalnya, saya lebih suka menulis, ketimbang ngomong, hehe.

Yawdalah, toh, pesertanya juga teman-teman lawas sendiri,” pikir saya. awalnya. Eh, enggak tahunya, pesertanya ada beberapa adik dan kakak kelas angkatan, wkwkwk. Okelah, udah terlanjur nyebur juga. Saya anggap latihan bicara aja.

Singkat cerita, acara reuni sekaligus sharing-sharing tentang kegiatan ngeblog itu pun tak terasa berlangsung 2 jam lebih. Saya pun merasa senang karena ternyata peserta reuni banyak yang tertarik ngeblog, tetapi rata-rata bingung gimana memulainya.

Nostalgia awal ngeblog

Ah, saya jadi teringat awal-awal ngeblog dulu, deh. Waktu itu, sebenarnya, saya bikin blog karena ingin mengarsipkan tulisan yang saya posting di mailing list (milis). Ada yang masih mengenali “milis”? 😀

Kalau di milis kan khawatirnya tulisan tercecer. Rasanya eman-eman aja gitu, kalau enggak dikumpulkan jadi satu dalam “tempat penyimpanan khusus”. Akhirnya, tahun 2005 saya bikin blog pertama saya. Waktu itu pakai salah satu platform gratisan, yaitu Multiply yang sekarang udah tiada.

Mulai pakai blog dengan domain dan hosting sendiri sejak 2011.

Setelah Multiply enggak ada, saya pun memindahkan postingan-postingan saya ke blog dengan hosting sendiri dan pakai domain pribadi. Oh iya, blog baru saya basic-nya adalah WordPress. Pertimbangannya karena menurut saya lebih mudah dikelola dan memiliki sistem keamanan yang bagus.

Waktu itu, mindahin postingan-postingan lama dibantuin sama suami yang kebetulan enggak asing juga dengan WordPress. Namun, jadi keterusan deh. Kalau ada apa-apa dengan blog secara teknis (di luar konten), jadi mengandalkan suami, hehehe 😛 .

Hal itu juga yang membuat saya enggak percaya diri kalau diminta sharing tentang ngeblog. Soalnya saya tahunya cuma posting konten. Cuma tahu sedikit soal utak-atik dalemannya, huhu.

Bagaimana memulai ngeblog?

Daaann, beneran, pertanyaan yang saya khawatirkan mengenai teknis ngeblog, muncul deh di acara reuni online itu.

Mbak, gimana sih cara bikin blog?”

Yang bertanya, maunya dijelasin secara teknis. Lalu, ada pula yang bertanya mengenai keunggulan blog-blog platform lain, ketimbang WordPress. Namun, karena saya (sedikit) tahunya tentang WordPress, maka saya lebih banyak menjelaskan tentang platform tersebut.

Zaman sekarang ngeblog bisa menghasilkan.

Jawaban saya waktu itu simple, sih. Cuma menjelaskan bagaimana cara membuat blog dari WordPress, lalu saya jelaskan bagaimana memiliki hosting dan domain sendiri. Namun, soal teknis yang njlimet-njlimet terus terang jawaban saya sepertinya belum memuaskan.

Ah, andai saya enggak malas otak-atik blog WordPress saya sendiri, mungkin jawaban saya akan lebih baik,” sesal saya.

Akhirnya yang bisa saya lakukan adalah mengumpulkan peserta reuni online dalam satu grup WhatsApp dan mengatakan bahwa grupnya terbuka kalau ada pertanyaan soal ngeblog yang mungkin belum terjawab saat acara. Sampai sekarang, grupnya masih ada dan pesertanya masih aktif bertanya tentang blog. Bahkan sudah ada yang sharing-sharing link artikel blogpost-nya 😀 .

Tentang Simple WordPress Niagahoster

Saya pribadi juga bersyukur akhirnya bisa keluar dari zona nyaman saya selama ini, karena akhirnya memutuskan mau sharing aktivitas ngeblog ke orang lain. Tak hanya itu, setelah acara itu pun saya berusaha ingin jauh lebih berkembang lagi. Salah satunya dengan menggali info lebih banyak tentang hal-hal teknis dalam ngeblog.

Namun, terus terang mengutak-atik WordPress tuh banyak tantangannya. Apalagi, sebagai emak-emak waktu yang saya miliki terbatas. Ya, ngurusin anak, ngurus rumah, kerjaan, dan seabreg aktivitas lainnya (lha, malah curcol, wkwkwk 😛 ).

Pakai layanan Simple WordPress Niagahoster untuk mempermudah ngeblog.

Sampai akhirnya, saya dapat informasi kalau penyedia jasa hosting yang namanya Niagahoster kini memiliki layanan Simple WordPress Niagahoster. Saya merasa, inilah solusi untuk saya supaya lebih bisa mandiri mengelola blog WordPress saya. Enggak dikit-dikit nanya suami kalau ada problem mengenai teknis blog 😛 .

Apakah Simple WordPress Hosting itu?

Sebenarnya dari namanya aja, saya yakin deh, teman-teman bisa menebaknya. Yup, intinya adalah layanan ini bisa membuat pengguna WordPress lebih mudah mengelola hosting.

Simple WordPress memungkinkan kita mengelola website secara mandiri dengan lebih mudah.

Kalau WordPress hosting yang sudah biasa dipakai, biasanya kan user yang melakukan pengelolaan dan pengaturan hosting-nya secara mandiri. Nah, kalau Simple WordPress ini enggak perlu memusingkan tentang pengelolaan hosting. Semua hal terkait pengaturan hosting seperti infrastruktur, memanage plugin, keamanan, kecepatan, dll dilakukan oleh Niagahoster, sehingga user bisa fokus pada penampilan dan konten blog/ website.

Berikut adalah beberapa keunggulan Simple WordPress yang dijanjikan oleh Niagahoster:

  • Pengelolaan website yang mudah

Mengaplikasikan Simple WordPress artinya website idaman teman-teman akan langsung terwujud begitu instalasi selesai. Soalnya instalasinya otomatis. User bisa menginstalasi Simple WordPress dengan sekali klik saja. Bahkan, buat yang mau migrasi dari WordPress hosting ke Simple WordPress pun sangat mudah. Bisa sekali klik doank juga dan bebas biaya.

Soal tema dan plugin, jangan khawatir, Simple WordPress ini menyediakan beragam tema dan plugin yang bebas diunduh. Tentu saja enggak perlu utak-atik coding juga. Selain itu, user juga bisa masuk ke dasbor WordPress tanpa memasukkan password lagi dengan fitur Single-Click Admin Login yang tersedia.

Meski demikian, apabila user belum puas dengan tema yang ada, Simple WordPress juga memungkinkan untuk bebas mengatur layout website sendiri. User bisa menata tampilan video, foto, bahkan bentuk halaman dengan bebas juga.

  • Akses cepat dan website selalu online

Simple WordPress didukung oleh WP Accelerator dan web server tercepat di dunia, sehingga membuat blog atau website bisa diakses jauh lebih cepat. Selain itu terdapat SSD Enterprise yang bisa meningkatkan performa transfer data, LiteSpeed Enterprise yang bisa membuat performa website stabil, serta jaminan website akan selalu online walau terjadi gangguan karena jaringan super cepat 10Gb/s memungkinkan berpindah otomatis.

Simple WordPress juga memungkinkan untuk meningkatkan peringkat blog/ website dengan adanya optimasi pakai Yoast SEO. Hal ini akan memudahkan website ditemukan di pencarian Google dan meningkatkan trafik pengunjung.

  • Jaminan keamanan website

-Simple WordPress juga dilengkapi dengan beberapa proteksi, antara lain:

-Backup harian yang membuat user tenang tanpa khawatir kehilangan data.

-Proteksi dari malware, terdapat pemidaian malware mingguan otomatis oleh Imunify360.

-Dilengkap dengan Advanced Firewall yang melindungi website dari serangan BruteForce dan DDoS.

-Gratis SSL.

  • Layanan pengelolaan penuh

Memiliki layanan pelanggan yang siap membantu 24/7 apabila ada masalah teknis dengan blog atau website. Selain itu Simple WordPress juga memiliki layanan Hack Recovery, sehingga tak perlu terlalu khawatir jika website mengalami peretasan.

Menarik bukan layanannya?

Oh iya, Simple WordPress ini menawarkan tiga paket, yakni:

  • Blog

Sangat cocok untuk blog pribadi, khususnya buat blog yang memang dikembangkan untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari adsense. Fasilitasnya meliputi:

-Domain gratis.

-Mampu mendapatkan hingga 15.000 pengunjung/ bulan.

-Dapat ruang disk 3GB.

-Gratis tema untuk blog.

  • Company Profile

Ingin punya website yang bagus dan terlihat profesional untuk perusahaan? Paket Company Profile ini cocok digunakan sebagai branding wajah perusahaan. Fasilitasnya antara lain:

-Domain gratis.

-Hingga 135.000 pengunjung/ bulan.

-Ruang disk 30GB.

-Tema khusus untuk company profile.

Tersedia fitur visitor tracker, informasi halaman favorit, jumlah kunjungan, kota asal pengunjung, dll.

  • Toko Online

Teman-teman berbisnis atau berdagang online? Bisa juga lho membangun toko online dengan Simple WordPress dari Niagahoster. Fasilitas yang akan didapat antara lain:

-Domain gratis.

-Dapat hingga 450.000 pengunjung/ bulan.

-Ruang disk 50GB.

-Dapat tema khusus untuk toko online.

-Tersedia plugin Woocommerce.

-Terdapat fitur Live chat yang akan mempermudah calon pelanggan untuk bertanya mengenai produk yang dijual di toko online.

Tiga paket Simple WordPress Niagahoster.

Nah, teman-teman butuh paket yang mana? Butuh buat develop blog seperti saya atau butuh untuk perusahaan atau buat bikin toko online? Silakan langsung aja mengunjungi laman Niagahoster yaa. Saat ini sedang ada promo diskon hingga 70%, lho. Jangan khawatir cara pembayaran, karena tersedia banyak opsi. Bisa pakai virtual account, e-wallet, bayar melalui minimaket, dll. Pilih aja yang menurut teman-teman paling gampang. Praktis kan?

Itulah teman-teman, sedikit informasi mengenai kemudahan Simple WordPress Niagahoster, sehingga teman-teman enggak perlu ribet lagi memikirkan hal-hal teknis tentang ngeblog atau bikin website. Saya sudah menginformasikan Simple WordPress ini ke teman-teman saya di grup WhatsApp reuni online yang saya ceritakan sebelumnya. Sambutannya pun cukup baik, karena menurut mereka, Simple WordPress ini sesuai namanya, simple.

Semoga informasi Simple WordPress ini juga bermanfaat untuk teman-teman semua ya 🙂 .

April Hamsa