Blogger Reporter Events Family Health Health Tips HIT Expert Product Review Review & Contest

Ingin Rumah Bebas dari Nyamuk Bandel? Coba Lakukan Langkah Efektif Berikut untuk Mengusirnya!

Rumah bebas dari nyamuk bandel. Saya yakin hal tersebut merupakan harapan semua keluarga. Pasti teman-teman yang membaca artikel ini juga kepengennya begitu kan?

Kita berharap rumah tinggal kita bebas dari nyamuk, salah satunya karena khawatir akan penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk, seperti penyakit kulit bentol-bentol, malaria, demam berdarah, dan penyakit-penyakit lainnya. Apalagi, dampak dari penyakit-penyakit tersebut enggak bisa dianggap enteng. Ada yang berdampak mematikan penderitanya πŸ™ .

Benarkah nyamuk itu binatang berbahaya dan mematikan?

Data dari World Health Organization (WHO) tahun 2016 menyebutkan bahwa nyamuk merupakan binatang paling mematikan di dunia. Tercatat sebanyak 725.000 orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Data yang menunjukkan bahwa nyamuk sangat berbahaya.

Sedangkan dari dalam negeri, data dari Kementerian Kesehatan Indonesia menggambarkan bahwa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berkontribusi besar meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia pada tahun yang sama. Data tersebut menunjukkan ada 201.885 orang di 34 propinsi tercatat menderita DBD dan 1585 orang di antaranya meninggal karena penyakit tersebut.

Jadi, kalau ada pernyataan bahwa, β€œNyamuk adalah binatang berbahaya dan mematikan” itu bukan mitos ya teman-teman? Hal tersebut merupakan sebuah fakta.

Mengapa nyamuk suka bersarang di rumah kita?

Sayangnya, pekerjaan mengusir nyamuk dari rumah tinggal kita itu enggak gampang. Kadang, kita sudah berusaha membersihkan rumah secara rutin, tapi nyamuk masih saja betah bersarang di rumah kita. Hmmm, kira-kira penyebabnya apa ya?

Selama ini, saya mengira kalau rumah yang disukai nyamuk itu adalah rumah-rumah yang kalau kata orang Jawa tuh β€œrungsep”. β€œRungsep” itu menggambarkan kondisi rumah yang berantakan banget. Dimana banyak barang-barang berceceran, sampah dan kotoran dimana-mana, banyak sudut-sudut rumah yang tergenang air, pokoknya kondisi rumah/ lingkungan yang jorok.

Jenis-jenis nyamuk bandel yang suka bersarang di rumah kita.

Ternyata, saya keliru. Enggak cuma rumah-rumah seperti itu saja yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Namun, rumah-rumah yang kelihatannya sudah bersih dan rapi pun tetap bisa menjadi sarang nyamuk, lho.

Pengetahuan tersebut saya dapat ketika mengikuti HIT Expert Community Gathering pada Kamis 16 November 2017 lalu di Ev Hive Dlab, Jl. Riau, area Menteng, Jakarta Pusat. Hadir sebagai pemateri dalam gathering yang dihadiri oleh mombloggers dari Blogger Perempuan tersebut adalah aktris sekaligus dokter, dr. Lula Kamal.

Suasana HIT Expert Community Gathering.

Saat menjelaskan materinya, dr. Lula Kamal memperlihatkan ilustrasi ruangan indoor dan outdoor seperti yang terdapat di rumah tinggal kita. Menurut dr. Lula Kamal, makhluk bernama nyamuk itu enggak hanya suka bersarang di dalam ruangan, namun juga di luar ruangan.

Nyamuk bisa bersarang di dalam atau di luar ruangan.

β€œKira-kira nyamuk suka bersarang di mana saja ya ibu-ibu?” tanya dr. Lula Kamal kepada peserta yang hadir.

Jawaban peserta pun beragam.

β€œDi akuarum.”

β€œDi vas bunga.”

β€œDi kolam”

β€œDi air mancur dan talang.”

Jawaban-jawaban tersebut enggak keliru. Namun, ternyata, menurut dr. Lula Kamal kurang lengkap.

β€œSebenarnya tempat yang disukai nyamuk enggak cuma yang ada airnya saja. Tahu enggak ibu-ibu bahwa nyamuk itu hanya butuh air minimal 1 cc saja untuk bertelur,” jelas dr. Lula Kamal.

Brand Ambassador HIT Dr. Lula Kamal menjelaskan bahayanya gigitan nyamuk.

Lho, kirain nyamuk itu suka berada di tempat-tempat yang tergenang air melimpah gitu. Ternyata, mereka cuma butuh 1 cc air saja untuk bertelut. Padahal 1 cc air kan dikit banget ya teman-teman?

Itulah sebabnya, nyamuk enggak melulu ngumpet di tempat-tempat yang ada airnya. Ada beberapa lokasi lain di rumah tinggal kita yang sangat disukai si nyamuk bandel.

β€œAda tempat-tempat lain yang disukai nyamuk. Coba deh ibu-ibu perhatikan gambarnya lagi. Warna-warna yang ada di gambar tersebut bukannya dibuat sembarangan, namun emang sengaja diwarnai dengan warna-warna itu,” lanjut dr. Lula Kamal, kemudian.

β€œDi gantungan baju-baju ya?” tebak salah seorang peserta.

β€œIya betul, di sana nyamuk juga suka bersarang. Perhatikan warna bajunya ya. Nyamuk sangat suka dengan warna merah dan hitam,” jelas dr. Lula Kamal.

Wah, berarti selama ini pengetahuan saya tentang pernyamukan masih kurang, nih. Ternyata, bukan hanya warna hitam saja yang disukai nyamuk, tapi warna merah juga.

Dr. Lula Kamal kemudian menunjukkan semua area yang disukai nyamuk pada gambar tersebut. Ternyata selain tempat-tempat yang ada airnya, area-area seperti lipatan tirai, kolong perabot seperti sofa, lemari, bed, tumpukan buku-buku, bahkan mainan anak-anak yang tercecer pun juga berpotensi menjadi hunian nyaman buat nyamuk bandel.

Huwaaaaa, ternyata nyamuk bandel bisa ada dimana aja πŸ™ .

Dari pemaparan dr. Lula Kamal tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa penyebab mengapa nyamuk kok suka sekali bersarang di rumah tinggal, antara lain karena:

Rumahnya kotor atau berantakan

Seperti udah jelas cerita saya sebelumnya ya teman-teman, kalau rumah yang β€œrungsep” itu biasanya menjadi sarang nyamuk. Meskipun rumah yang bersih juga masih berpotensi menjadi sarang nyamuk, sih. Tapi, tetap aja rumah yang kotor, berantakan, apalagi yang banyak genangan air, lebih disukai oleh nyamuk.

Warna-warna perabot di rumah disukai oleh nyamuk

Nyamuk sangat menyukai warna-warna seperti hitam, merah, oranye, dan warna-warna gelap.

Sirkulasi cahaya dan udara di rumah kurang

Pada dasarnya, nyamuk itu suka warna dan ruang yang gelap. Sehingga, apabila ada rumah yang sirkulasi cahayanya kurang, maka nyamuk akan memilih menempatinya.

Selain sirkulasi cahaya yang kurang, nyamuk juga menyukai rumah dengan sirkulasi udara yang terbatas. Nyamuk sangat senang berada di tempat-tempat yang udara atau hawanya panas. Terlebih lagi di Indonesia yang iklimnya mendukung banget terbentuknya hawa panas ini, karena terkena dampak pemanasan global.

Lho, apa hubungannya pemanasan global dengan kehadiran nyamuk?

Ternyata hawa panas membuat nyamuk menjadi sering kawin dan banyak bertelur. Akibatnya, populasi nyamuk juga bertambah banyak.

Selain itu, menurut dr. Lula Kamal, pemanasan global juga membuat nyamuk-nyamuk menjadi makin agresif. Mengapa makin agresif? Sebab, telur yang dihasilkan dari makin banyaknya perkawinan itu kecil-kecil. Sehingga, saat mereka menetas mereka harus banyak makan supaya mencapai ukuran idealnya.

Sehingga, jika teman-teman merasa nyamuk zaman now bandel-bandel dan makin banyak, ya emang betul begitu. Bukan sekadar perasaan, hehe. Harap enggak heran juga, kalau di tempat-tempat yang dulunya dingin, seperti di Bandung atau Bogor, sekarang makin banyak nyamuk juga. Enggak kayak dulu.

Bagaimana supaya nyamuk bandel enggak betah tinggal di rumah kita?

Sekarang teman-teman lebih paham bukan mengapa zaman sekarang nyamuk makin banyak dan makin bandel menyerang manusia? Meski demikian, kita jangan putus asa mengusir nyamuk-nyamuk bandel tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah efekti yang menurut saya bisa kita terapkan bersama untuk mengusir dan mencegah datangnya kembali si nyamuk bandel ke rumah:

Rajin membersihkan rumah dan lingkungan rumah

Hal ini sudah pasti ya, jangan sampai rumah saya/ kita β€œrungsep” sehingga nyamuk bandel menghuni rumah kita. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat membersihkan rumah dan lingkungan rumah:

  • Tidak menggantung baju kotor di luar lemari. Bila perlu, hendaknya pakaian kotor segera dicuci.
  • Membuang atau menimbun wadah-wadah yang berpotensi menjadi tempat genangan air.
  • Rajin mengganti air di vas tanaman, akuarium, kolam di rumah, jika ada.
  • Membersihkan kamar mandi, khususnya bak kamar mandi.
  • Ketika menyapu atau mengepel ruangan di rumah perhatikan kolong-kolong kursi, meja, bed, lemari. Perhatikan pula bagian tirai rumah, rak buku, dan lain-lain. Usahakan nyamuk tidak bersarang di sana.
  • Cek talang rumah, apakah tersumbat atau tidak. Apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini.
  • Selain itu, usahakan bekerja sama dengan tetangga sekitar untuk sama-sama menjaga lingkungan di sekitar rumah tinggal. Misalnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti menimbun sampah serta senantiasa menjaga kebersihan jalan, selokan, dan fasilitas umum lainnya.

Mengganti warna perabotan atau dinding rumah dengan warna cerah

Jika ada rezeki dan kesempatan, sebaiknya sih ganti saja warna perabotan dan dinding rumah dengan warna-warna yang lebih terang. Misalnya warna putih atau kuning.

Menambah sirkulasi udara

Kalau rumah tinggal kita sirkulasi udaranya kurang, sebaiknya ditambah, misalnya membuat jendela baru atau menambah exhaust fan. Tujuannya supaya udara dalam ruangan jadi terasa sejuk dan sirkulasi udara lebih lancar. Jangan lupa, kalau menambah jendela rumah, sebaiknya dilengkapi dengan memasang kawat nyamuk supaya nyamuk-nyamuk bandel enggak masuk ya.

Memperbanyak cahaya yang masuk ke dalam rumah

Cahaya dalam hal ini sebaiknya cahaya alami ya. Tapi, kalaupun susah ya pakai lampu aja sih. Hal paling penting enggak ada ruang gelap di dalam rumah kita, sehingga nyamuk pun malas bersarang di sana.

Melindungi keluarga dengan menggunakan obat nyamuk HIT Expert

Untuk pencegahan, saran saya pakailah obat nyamuk untuk melindungi keluarga kita. Obat nyamuknya pun sebaiknya jangan obat nyamuk sembarangan ya teman-teman. Tapi, pilihlah obat nyamuk yang memang sudah terbukti aman dan ampuh membasmi nyamuk bandel.

Kalau obat nyamuk pilihan keluarga saya sih HIT. Saya sudah lama memakai HIT, mulai dari obat nyamuk HIT yang elektrik, HIT one push yang sekali semprot itu, HIT semprot, sampai sekarang memakai varian obat nyamuk HIT terbaru, HIT Expert.

HIT sudah 18 tahun melindungi banyak keluarga dari nyamuk bandel.

Inilah produk HIT Expert dengan wangi premium yang ampuh mengusir nyamuk bandel.

Semenjak memakai HIT Expert, nyamuk bandel sudah enggak berani datang lagi.

For your information (FYI), ternyata HIT Expert ini merupakan revolusi terbaru dari HIT untuk mengatasi nyamuk yang makin menjadi bandelnya. Apalagi, pada saat musim hujan seperti sekarang ini ya teman-teman?

Saat acara gathering yang saya ceritakan sebelumnya tadi, saya mendapatkan informasi bahwa HIT Expert memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut:

Memiliki formula baru dengan partikel yang lebih kecil atau micro-particle

Dengan partikel yang lebih kecil, maka HIT Expert dapat bertahan lebih lama di udara, sehingga bisa membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.

Bagian semprotannya memiliki teknologi Double Nouzzle

Teknologi Double Nouzzle memungkinkan semprotan HIT Expert menjadi lebih jauh dan merata ke seluruh ruangan. Jadi, ibuk-ibuk enggak perlu ngoyo semprot sana-sini dengan β€œmembabi buta”, hehe.

Kemasan baru HIT Expert memiliki desain cap Ergonomis

Hal ini membuat HIT Expert nyaman digenggam saat kita menyemprot ruangan.

Memiliki dua pilihan wangi yang premium

Dua pilihan wangi HIT Expert adalah Sweet Flower dan Fresh Citrus yang wanginya biasanya sangat disukai seluruh anggota keluarga.

Dengan keunggulan-keunggulan seperti itu, maka tak heran HIT Expert mampu membasmi maupun mencegah nyamuk bersarang di rumah kita. Sehingga, rumah kita pun bebas nyamuk, deh.

By the way, dalam acara gathering tersebut, saya juga mendapatkan tips dari dr. Lula Kamal mengenai cara yang benar dalam menggunakan obat nyamuk semprot seperti HIT Expert juga, lho. Tips menyemprot obat nyamuk antara lain:

  • Semprot area ruangan sebanyak dua kali. Kalau bisa pagi dan malam hari. FYI, faktanya nyamuk itu enggak cuma muncul saat malam hari aja, melainkan juga pada pagi dan siang.
  • Hindari menyemprot obat nyamuk saat ada anak-anak dan makanan di dalam ruangan. Jadi, sebaiknya anak-anak dan makanan dipindahkan ke ruang lainnya dulu.
  • Setelah menyemprot ruangan, sebaiknya tutup dulu ruangan tersebut selama beberapa waktu, kira-kira minimal satu jam lha ya.
  • Enggak perlu menyemprot obat nyamuk secara β€œmembabi buta”, kalau pakai HIT Expert semprot secukupnya saja. Partikel-partikelnya yang mikro akan membunuh nyamuk dengan lebih cepat dan merata.
  • Kalau misalnya di ruangan tersebut ada AC, maka matikan dulu AC-nya baru semprot ruangannya.

Saya dan Brand Ambassador HIT dr. Lula Kamal.

Nah, itulah teman-teman beberapa langkah efektif yang bisa kita terapkan untuk mengusir nyamuk bandel yang bersarang di rumah atau lingkungan sekitar kita. Semoga sharing tips, sekaligus pengetahuan mengenai pernyamukan yang saya tulis ini bermanfaat ya teman-teman πŸ™‚ .

April Hamsa

148 Comments

  1. Arni 23 November, 2017
    • April Hamsa 27 November, 2017
  2. nhie 23 November, 2017
  3. Atiqo 23 November, 2017
  4. Tatiek Purwanti 23 November, 2017
    • April Hamsa 27 November, 2017
  5. Noe 23 November, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  6. lianny hendrawati 23 November, 2017
  7. Atanasia Rian 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  8. Ata 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  9. Nurul Sufitri 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  10. Faridilla Ainun 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  11. Rahmi 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  12. miramiut 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  13. Perempuan November 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  14. Ruli retno 24 November, 2017
  15. Widi Utami 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  16. Diah Kusumastuti 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  17. Fania surya 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  18. Haryadi Yansyah | Omnduut 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  19. Nurulrahma 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  20. Astin 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  21. Uci 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  22. Fandhy Achmad Romadhon 24 November, 2017
  23. Marfa 24 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  24. Timo 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  25. Sally Fauzi 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  26. Dian Radiata 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  27. Ilham Kape 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  28. Leyla 25 November, 2017
  29. William Giovanni 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  30. Ade UFi 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  31. Larasati Neisia 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  32. unggulcenter 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  33. Ajen 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  34. Nova Violita 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  35. hello fika 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  36. Bela 25 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  37. Dikki Cantona Putra 25 November, 2017
  38. Eni rahayu 26 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  39. Hastira 26 November, 2017
  40. Helena 26 November, 2017
  41. Irni Irmayani 26 November, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  42. Puspita Yudaningrum 27 November, 2017
  43. Anindita Ayu 27 November, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  44. Atiqo 27 November, 2017
  45. yurmawita 28 November, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  46. Dian farida 28 November, 2017
  47. Amelia Fafu 28 November, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  48. Ilham 29 November, 2017
    • April Hamsa 3 Desember, 2017
  49. Waya Komala 29 November, 2017
    • April Hamsa 3 Desember, 2017
  50. Eni rahayu 29 November, 2017
    • April Hamsa 3 Desember, 2017
  51. Eni martini 3 Desember, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  52. Annisa 3 Desember, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  53. Riyardiarisman 4 Desember, 2017
  54. Tuty Queen 5 Desember, 2017
    • April Hamsa 5 Desember, 2017
  55. Lia Lathifa 5 Desember, 2017
  56. Sandi Iswahyudi 6 Desember, 2017
  57. Maya 6 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  58. Munasyaroh 6 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  59. Lutfi Retno 6 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  60. evylia hardy 6 Desember, 2017
  61. Anisa AE 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  62. Gurukecil 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  63. Tia 7 Desember, 2017
  64. Swastikha Maulidya mulyana 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  65. Inna riana 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  66. Retno 7 Desember, 2017
  67. indiRa 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  68. Ndy Pada 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  69. Liza 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  70. Wichan 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  71. Evi Fadliah 7 Desember, 2017
    • April Hamsa 7 Desember, 2017
  72. Awan 7 Desember, 2017
  73. mpo ratne 7 Desember, 2017
  74. deddyhuang.com 8 Desember, 2017
  75. Putu Ayu 10 Desember, 2017

Leave a Reply

Instagram