Al Quran Digital Best Quran Indonesia My Two Cents Online Application Product Review Quran Rasm Utsmani Quran Tajwid Indonesia QuranBest Indonesia Religi Islam Technology

QuranBest Indonesia, Aplikasi Al Quran dengan Fitur Lengkap yang Senyaman Versi Cetaknya

Pernah enggak sih teman-teman merasa kalau kita tuh beruntung banget bisa hidup di era sekarang? Era dimana teknologi begitu canggih, sampai urusan ibadah pun dipermudah. Salah satunya dengan kemunculan aplikasi Al Quran yang memudahkan kita membaca ayat-ayat Allah. Yeah, terus terang belakangan ini, saya pribadi kayaknya lebih sering baca Al Quran via aplikasi ketimbang versi mushaf. FYI, aplikasi Al Quran yang akhir-akhir ini sering saya pakai adalah QuranBest Indonesia.

Mushaf digital Quran Best Indonesia.

Sesuai namanya QuranBest Indonesia adalah aplikasi Quran Indonesia. Saya mengetahui aplikasi QuranBest Indonesia ini dari blogpost salah seorang teman blogger, ketika sedang blogwalking ke blog-nya. Dalam tulisannya, teman saya itu mengklaim bahwa QuranBest Indonesia itu sama nyamannya dengan mushaf Al Quran. Saya penasaran donk, seperti apa sih aplikasi Al Quran yang senyaman versi cetaknya ini? Akhirnya saya ikutan download dan install aplikasi tersebut.

Cara download dan install-nya cukup gampang sih, seperti kalau kita mengunduh aplikasi yang lainnya. Tinggal menuju ke Play Store atau App Store, lalu cari QuranBest Indonesia yang logonya seperti ini:

Logo QuranBest Indonesia.

Kemudian, install di smartphone-mu. Maka, QuranBest Indonesia pun bisa langsung kita pergunakan.

Apa saja fitur-fitur yang tersedia di QuranBest Indonesia?

Setelah sukses ter-install di smartphone, saya langsung jatuh cinta pada desain “cover Al Quran” yang ada di aplikasi QuranBest Indonesia ini. Warna cover-nya adalah perpaduan merah dan oranye yang menarik mata gitu, dengan ornamen khas Islami.

Begitu saya buka, tampilannya seperti ini:

Tampilan aplikasi Best Quran Indonesia.

Pada bagian atas terdapat Kalender Hijriyah yang bisa membuat kita mengetahui waktu sesuai sistem penanggalan ini. Yaaa, sebagai seorang muslim, sebaiknya selain memahami penanggalan Masehi, kita juga harus mengenali penanggalan Hijriyah donk ya? Tujuannya supaya kita senantiasa tahu kapan datangnya waktu-waktu khusus dimana ibadah bernilai pahala lebih tinggi. Misalnya, seperti yang akan kita hadir sebentar lagi, yakni Bulan Suci Ramadhan. Kalau enggak kenal Kalender Hijriyah, bagaimana kita bisa tahu kapan kita mulai puasa Ramadhan? Iya kan?

Selain, Kalender Hijriyah di lokasi yang sama ada jadwal/ pengingat waktu sholat. Kita enggak perlu repot-repot mengesetnya, sebab sudah akan ter-setting otomatis sesuai lokasi di mana kita berada. Eh, tapi kalau mau setting sendiri juga bisa sih. Kita bisa setting waktu peringatan sholat, bisa tepat waktu atau bisa 5-15 menit lebih cepat. Jenis peringatannya pun bisa kita sesuaikan dengan keinginan, bisa berupa nada beep saja atau suara adzan. Bisa juga kita silent.

Setting jadwal sholat secara otomatis.

Setting pengingat sholat beberapa menit lebih awal.

Melengkapi jadwal waktu sholat, tersedia pula jadwal imsakiyah. Tentu saja fitur jadwal imsakiyah ini juga sangat memudahkan mereka yang berpuasa. Terlebih lagi, pada saat Bulan Ramadhan, sudah pasti fitur ini akan bermanfaat buat kita.

Tersedia pula fitur bookmark dimana kita bisa mengumpulkan surat-surat yang mengandung tema-tema sejenis. Misalnya, tentang rezeki, tentang laranga riba, tentang jodoh, solusi hidup, dll. Ini bermanfaat kalau misalnya kita sedang kajian, lalu membahas tema-tema khusus. Dengan mudah kita bisa bookmark ayat-ayat yang sesuai dengan menggunakan fitur ini.

Fitur bookmark untuk mengelompokkan ayat-ayat sejenis.

Lalu, turun ke bagian bawah, ada fitur pencarian terjemah. Cara menggunakan fitur pencarian terjemah ini adalah dengan cara mengetik kata kunci yang kita cari. Misalnya nih ketik “zakat”, lalu search, maka akan keluar terjemahan ayat-ayat Al Quran yang bertema “zakat”. Terjemahan Bahasa Indonesianya di aplikasi ini sudah sesuai dengan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemendag RI).

Terdapat beberapa pilihan tampilan mushaf digital di BestQuran Indonesia.

Di bawah fitur pencarian terjemah, ada beberapa pilihan tampilan mushaf digital, yakni antara lain:

  • Al Quran Rasm Utsmani Indonesia
  • Al Quran Indonesia dengan tajwid
  • Al Quran Indonesia dengan terjemahan per kata
  • Al Quran Indonesia dengan terjemahan per kata lengkap dengan tajwid
  • Al Quran dengan terjemahan per ayat
  • Al Quran Madinah
  • Al Quran Madinah dengan tajwid.

Kita bisa memilih mau membaca tampilan mushaf digital yang mana. Buat yang merasa bacaan tajwidnya belum bener, bisa pilih tuh mushaf Quran Tajwid Indonesia 😀 . InsyaAllah dengan pakai tajwid, amalan kita dalam membaca Al Quran akan lebih sempurna. Ditambah lagi, jika kita mengetahui arti/ terjemahannya. InsyaAllah, aamiin.

Kemudian, sederetan dengan pilihan tampilan mushaf digital, ada pula petunjuk arah kiblat. Menurut saya petunjuk arah kiblat ini juga sangat penting, khususnya buat para muslim/ muslimah yang sering bepergian/ traveling. Kadang kalau kita bepergiam kan suka kesusahan tuh menetukan arah kiblat yang tepat. Nah, dengan fitur ini, maka kita bisa menentukan arah kiblat sholat dengan gampang. Enggak ada lagi drama sholat yang ternyata salah kiblat.

Petunjuk arah kiblat sholat.

Selain fitur-fitur yang sudah saya sebutkan di atas tadi, QuranBest Indonesia juga memiliki beberapa fitur unik yang sepertinya belum pernah saya temukan di aplikasi Al Quran sejenis. Beberapa fitur unik itu antara lain:

Daily Activity User

Fitur ini menunjukkan berapa jumlah halaman yang sudah kita baca dalam bentuk angka dan grafik pencapaian harian.

Gamifikasi

Berupa jumlah badge yang nati kita dapatkan apabila kita membaca mushaf digital ini. Jumlah badge-nya ini naik turun sesuai aktivitas kita dalam membaca Al Quran.

Kita bisa memantau aktivitas tilawah harian kita bahkan membagikan semangat baca Al Quran kepada orang lain.
Share Pencapaian

Fitur ini bisa memudahkan kita untuk mengajak teman-teman kita supaya melakukan tilawah Al Quran juga.

Nah, itulah teman-teman beberapa fitur Quran Best Indonesia.

Lalu, benarkah mushaf digital QuranBest Indonesia senyaman versi cetaknya, sesuai kata teman saya tadi dalam blogpost-nya?

QuranBest Indonesia sama nyamannya dengan versi cetaknya

Pengalaman saya baca aplikasi Al Quran sejenis, biasanya kalau ganti halaman, surat, atau juz tuh caranya scroll terus ke bawah, namun QuranBest Indonesia ini berbeda. Jika ganti halaman kita tinggal geser saja (ke kanan/ kiri) seperti kalau kita membalik halaman mushaf cetak.

Trus, tampilan halaman kanan dan kiri pun berbeda, mirip seperti mushaf cetak. Lalu, tersedia pula pembatas halaman (seperti pembatas buku tapi bentuknya digital) yang desainnya cantik dan mudah digunakan. Fungsinya ya seperti pembatas halaman asli itu, menandai sampai di mana bacaan Al Quran kita. Jadi, beneran deh, saya juga berpendapat sama seperti teman saya itu. Membaca mushaf Al Quran di aplikasi QuranBest Indonesia iemangi sama nyamannya dengan versi cetaknya.

Ada pembatas mushaf digital yang desainnya cantik.

BTW, untuk kenyamanan kita membaca mushaf digital ini, kita juga bisa memilih setting mau membaca Al Quran dengan versi layar landscape atau portrait. Lalu, ada pula mode terang maupun gelap yang bisa kita pilih sesuai kenyamanan mata kita dalam membaca mushaf digital ini.

Oh iya, kalau mau mendengarkan murottal atau mengaji sambil menyimak murottal juga bisa lho. QuranBest Indonesia menyediakan audio berupa MP3 murottal 30 juz dari beberapa qori pilihan, di antaranya:

  • Syaikh Mishary Rashid
  • Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais
  • Syaikh Saad Al-Ghamdi
  • Syaikh Mahmud Khalil Al-Husary, dll.

Tersedia fitur murottal 30 juz.

Terdapat beberapa pilihan audio MP3.

Audio murottal ini lengkap dengan pengontrolnya (play, pause, juga informasi ayat yang sedang dibaca). Audio ini juga bisa kita ulang maksimal sampai tiga kali untuk membantu kita murojaah (hafalan) surat.

Bagaimana teman-teman, apakah cukup jelas penjelasan saya soal aplikasi QuranBest Indonesia ini? Kalau belum jelas, teman-teman bisa intip di media sosialnya:

Atau langsung saja download dan install aplikasi QuranBest Indonesia ini melalui link ini: https://quranbest.page.link/hjbh (klik aja) supaya teman-teman punya experience sendiri dalam memakai aplikasi ini untuk membaca Al Quran.

Yuk, rajin baca Al Quran pakai aplikasi QuranBest Indonesia.

Semoga sharing informasi mengenai aplikasi QuranBest Indonesia ini bermanfaat ya teman-teman. Yuk, sama-sama berusaha istiqomah dalam membaca Al Quran.

Bacalah oleh kalian Al-Quran. Karena ia (Al Quran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR Muslim)

April Hamsa

26 Comments

  1. winda - dajourneys.com 29 April, 2019
  2. Ade UFi 29 April, 2019
  3. Rachmanita 29 April, 2019
  4. Tetty Hermawati 29 April, 2019
  5. Hanni Handayani 29 April, 2019
  6. Nurul Dwi Larasati 30 April, 2019
  7. Memez 30 April, 2019
  8. Gita Siwi 30 April, 2019
  9. Lia Lathifa 30 April, 2019
  10. Flo fairy 30 April, 2019
  11. Nefertite Fatriyanti 30 April, 2019
  12. Rach Alida B 30 April, 2019
  13. Vindy Putri 30 April, 2019
  14. Ria Nugros 30 April, 2019
  15. Shine 30 April, 2019
  16. Rani Yulianty 30 April, 2019
  17. Andiyani 30 April, 2019
  18. Elva Susanti. E 30 April, 2019
  19. Elly Nurul 30 April, 2019
  20. Riwenda 1 Mei, 2019
  21. Desy Yusnita 1 Mei, 2019
  22. Rach Alida Bahaweres 1 Mei, 2019
  23. lendyagasshi 1 Mei, 2019
  24. ivonie 1 Mei, 2019
  25. Leyla Hana 1 Mei, 2019
  26. Nia K. Haryanto 1 Mei, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!