Beauty and Make Up DIY Skin Care Product Review Skin Care

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Efektif

Kantung mata? Huwaaahh, kayaknya ini problem ibu-ibu yang (hampir) berusia cantik seperti saya. Yeaahh, tahun depan kalau masih dikasi umur panjang sama Gusti Allah, saya akan berusia 35 tahun, teman-teman. Deg-degan, tapi juga excited menyambut usia ini, hehehe. Salah satu yang bikin deg-degan ya adalah khawatir pasa masalah-masalah fisik, khususnya di wajah, kayak kantung mata tadi. Untungnya, beberapa waktu terakhir saya banyak baca artikel yang berisi tips atau cara efektif menghilangkan kantung mata.

Yaaa, walau usia udah senior (bukan tuwaaaa yak haha 😛 ), kepengennya sih, kalau bisa wajah tetep kelihatan segar dan mudaan dari usia sebenarnya. Salah satu ciri wajah muda kan tanpa masalah kayak kantung mata, gitu 😀 . Oh iya, beberapa cara yang saya baca di artikel-artikel, yang katanya bisa menghilangkan kantung mata secara efektif itu, udah ada yang saya praktikkan, lho. Hasilnya? Yaaa, menurut saya lumayan sih, wajah saya jadi enggak terlalu kentara kantung matanya.

Kantung mata itu momok buat ibu-ibu usia cantik 😀 .

Nah, teman-teman mau tahu enggak cara apa saja yang bisa kita pakai untuk menghilangkan kantung mata? Tenang-tenang, teman-teman, ini caranya enggak pakai ke beauty salon kok, cukup pakai cara-cara tradisional. Semacam DIY masker buat menghilangkan kantung mata gitu. Gimana, masih mau tahu kan?

Sebenarnya apa sih kantung mata itu?

Sebelum membahas gimana cara menghilangkan kantung mata secara efektif, yuk kita kenali dulu apa sih sebenarnya si kantung mata ini? Lalu, faktor-faktor apa aja sih yang membuat kita jadi berisiko punya kantung mata?

Berdasarkan artikel tentang kesehatan yang saya baca, kantung mata itu terjadi karena adanya penumpukan cairan pada mata. Mengapa cairan tersebut bisa menumpuk? Katanya sih karena otot-otot yang menopang kelopak mata makin melemah. Sehingga, jalur air mata jadi lebih cekung, lalu cairan menumpuk di situ dan membentuk kantung mata.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kantung mata terbentuk, yakni antara lain:

Kurang tidur

Kalau kita kurang tidur, kebanyakan begadang gitu, biasanya bagian mata kan cenderung jadi gelap ya? Nah, katanya bagian gelap itu merupakan pembuluh darah yang melebar. Pembuluh darah melebar bisa bikin cairan menumpuk di situ, sehingga membuat kantung mata terbentuk. Nah, kalau teman-teman sering begadang, ati-ati lho, berpotensi membentuk kantung mata. Maka, kalau bisa hindari begadang dan cukup istirahat ya teman-teman.

Penuaan/ usia

Semakin bertambah usia, memang kantung mata akan makin terlihat.

Stress

Jika kita stress maka akan membuat jaringan tubuh jadi melemah. Salah satunya ya jaringan di sekitar mata. Sehingga, terbentuklah kantung mata. Jadi, teman-teman, sebaiknya hindari stress dan banyakin kegiatan positif yang bikin happy yaaa…

Kurang cairan

Ternyata kurang asupan cairan juga bisa bikin kantung mata makin terlihat, lho. Oleh karena itu jangan lupa minum yang cukup ya.

Kurang asupan protein

Asupan protein, khususnya protein hewani, sangat besar peranannya untuk metabolisme tubuh. Protein bisa membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak. Sehingga kalau asupan protein kita cukup, maka kantung mata juga bisa dicegah.

Alergi

Orang yang alergi terhadap sesuatu biasanya kan mata berair dan batuk-batuk gitu ya? Nah, kalau ini sih sebenarnya menyesuaikan dengan kondisi orang yang memiliki alergi itu . Satu-satunya cara adalah dengan menghindari pencetus alerginya.

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang efektif?

Nah, sekarang ke bagian yang saya janjikan yaaa, yakni tentang bagaimana cara efektif menghilangkan kantung mata. Well, ada sebagian orang, khususnya ibu-ibu, suka menghilangkan kantung mata dengan menggunakan riasan mata. Namun, cara ini tuh sebenarnya hanya dapat menutupi kantung mata, bukan menghilangkannya. Apabila kita ingin menghilangkan kantung mata secara permanen, tentu ada cara-cara yang lebih khusus dan spesifik.

Beberapa cara yang kerap dilakukan adalah dengan datang ke beauty spa atau dokter estetika untuk mengkoreksi bagian mata. Ada pula yang menggunakan gel khusus di area bawah mata, hingga memanfaatkan aneka masker mata alami.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, kali ini saya mau sharing tentang memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita untuk menghilangkan kantung mata. Cara ini terbilang murah serta mudah, lho.

Mau tahu kita bisa pakai bahan-bahan alami apa aja? Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kantung mata:

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E.

Tahukah teman-teman bahwa minyak zaitun mengandung vitamin E yang akan dapat mengencangkan kulit kendur serta mencegah penuaan dini. Caranya memakai masker mata dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

  • Kita bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun muka, supaya kotoran serta debu yang menempel bisa hilang.
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan di area kantung mata lalu biarkan semalaman.
  • Keesokan paginya, cuci wajah hingga bersih.

Lakukan perawatan ini secara rutin tiap malam sebelum tidur. Hasilnya akan mulai terlihat setelah beberapa hari pemakaian. Minyak zaitun atau olive oil sendiri bisa kita beli dalam kemasan siap pakai di pasaran.

Madu

Pakai madu asli untuk menghilangkan kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Bahan herbal satu ini telah dikenal sejak lama karena memiliki fungsi dapat melembabkan, membersihkan serta mencerahkan kulit.

Caranya, ambil madu sebanyak setengah sendok teh saja. Oleskan pada area di sekitar mata, kemudian diamkan satu jam. Cuci muka hingga bersih. Jika ingin menggunakan cara ini, pilih madu asli yang belum diberi campuran pemanis untuk hasil maksimal.

Mentimun

Mentimun bisa menenangkan kulit.

Buatlah jus mentimun terlebih dahulu dengan blender. Campurkan dengan sedikit madu, lalu oleskan campuran ini di daerah bawah mata. Biarkan beberapa saat, lalu cuci wajah hingga bersih.

Teman-teman bisa kombinasikan mentimun dengan madu. Mentimun dapat melembabkan sekaligus menenangkan kulit, sementara madu akan membantu dalam melembabkan kulit. Lakukan cara ini setidaknya tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

Pisang

Pisang juga bisa dipakai untuk menghilangkan kantung mata.

Buah pisang dapat pula digunakan sebagai masker mata panda/ kantung mata. Ambil satu buah pisang, kemudian blender agar halus. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya. Oleskan campuran di sekitar mata. Diamkan selama kira-kira 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin tiap hari atau minimal tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

Lemon

Air perasan buah lemon bisa memutihkan area kulit sekitar mata.

Air perasan buah lemon telah terbukti akan fungsinya sebagai agen dalam memutihkan serta mencerahkan kulit, termasuk di area sekitar mata. Kita bisa menggunakannya sendiri atau mencampurkannya bersama madu, agar bisa melembabkan serta mencegah kemunculan kantung mata/ mata panda. Belah buah lemon menjadi dua bagian lalu peras dan ambil airnya. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan air lemon ini di bawah mata. Jika ingin menambahkan madu, aduk rata sebelum diaplikasikan. Diamkan selama 20 menit lalu cuci wajah hingga bersih.

Demikian teman-teman, beberapa cara pembuatan masker untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Pilih satu saja dari beberapa cara di atas dan lakukan secara rutin untuk membantu mengurangi kantung hitam di bawah mata. Jangan khawatir, karena menggunakan bahan-bahan alami, maka cara-cara di atas relatif tidak menimbulkan efek samping untuk kecantikan dan kesehatan, selama kita melakukannya sesuai anjuran pemakaian. Hasil yang nyata umumnya akan tampak setelah beberapa hari pemakaian. Selamat mencoba yaaa… 😀 .

April Hamsa

45 Comments

  1. Ruth Nina 29 November, 2018
  2. Nchie Hanie 29 November, 2018
  3. Reni 29 November, 2018
  4. Oni 29 November, 2018
  5. Arni 29 November, 2018
  6. herva yulyanti 29 November, 2018
  7. Arlindya Sari 29 November, 2018
  8. Demia Kamil 1 Desember, 2018
  9. Ida Tahmidah 1 Desember, 2018
  10. Andi Nugraha 1 Desember, 2018
  11. Bibi Titi Teliti 1 Desember, 2018
  12. Keke Naima 1 Desember, 2018
  13. Anissa Putri Pradita 2 Desember, 2018
  14. Liswanti 2 Desember, 2018
  15. Dian Restu Agustina 3 Desember, 2018
  16. Jeanette Agatha 3 Desember, 2018
  17. Hani S. 3 Desember, 2018
  18. Sae 3 Desember, 2018
  19. Natasha 3 Desember, 2018
  20. Rahma Brilianita 3 Desember, 2018
  21. Elliza Efina 3 Desember, 2018
  22. Demia KamiL 3 Desember, 2018
  23. Laksmi Raras 4 Desember, 2018
  24. Endah Kurnia Wirawati 4 Desember, 2018
  25. Fenni Bungsu 4 Desember, 2018
  26. Faradila Putri 4 Desember, 2018
  27. dewaayuinda 4 Desember, 2018
  28. Putri Zhea 4 Desember, 2018
  29. Nona 4 Desember, 2018
  30. ariani rosidi 4 Desember, 2018
  31. Desi mel 4 Desember, 2018
  32. Indira W 4 Desember, 2018
  33. Sintha Novia Putri 4 Desember, 2018
  34. Patricia 5 Desember, 2018
  35. Riwenda 5 Desember, 2018
  36. lutfiah hanim 5 Desember, 2018
  37. Rima Angel 5 Desember, 2018
  38. Rach Alida Bahaweres 5 Desember, 2018
  39. Suzannita 5 Desember, 2018
  40. Novi H 5 Desember, 2018
  41. ZILQIAH 5 Desember, 2018
  42. Elvina utami 5 Desember, 2018
  43. ivonie 5 Desember, 2018
  44. Aulia Rizky Wijayanto 5 Desember, 2018
  45. Riri Restiani 6 Desember, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!