Handphone Promo and discount Samsung Smartphone Technology Tips & Opinion

Perbandingan Daftar Harga Samsung S7 Bekas

Mbak harga handphone Samsung bekas kira-kira sekarang berapa?” tanya seorang kenalan, ketika kami berada di suatu event momblogers. “Kali mbak tahu harga Samsung yang S6 atau S7 yang bekas,” lanjutnya.

Hmmm, kok cari Samsung yang bekas? Enggak sekalian beli handphone baru aja?” Tanya saya kepoh.

Enggak mbak, duitnya masih kurang kalau beli yang baru. Aku maunya yang sama kayak handphoneku yang lama, Samsung aja,” jelasnya.

Kenapa kok harus Samsung?” Tanya saya lagi.

Suka aja sih, awet dan fiturnya lengkap,” Jawabnya.

Ooo.”

Hmmm, emang sih ya, setelah dua tahun perilisannya, Samsung ternyata masih menyimpan pesona di hati para penggemarnya. Tak heran jika produk lawas seperti S6 dan S7 edge bekas ternyata masih banyak peminatnya. Dari dulu memang Samsung selalu mengeluarkan flagship yang hampir selalu laris di pasaran, khususnya pasar Indonesia.

Maka tak heran jika setelah dua tahun berlalu, tipe- tipe Samsung seperti S6, S6 edge, S7 dan S7 edge masih laris manis di pasaran. Meskipun sudah tidak tersedia dalam versi baru, namun kalau kita perhatikan, di beberapa konter handphone tuh masih ada yang menjualnya. Tentu saja dengan harga bekas yang lebih murah. Sebut saja harga Samsung S7 edge bekas yang dijual dengan harga kurang dari lima juta dan S6 edge yang dibanderol dengan harga tiga jutaan saja.

Tentang handphone Samsung bekas

Teman-teman ada yang minat juga mau beli Samsung second? Buat handphone kedua barangkali, hehe. Ngobrolin tentang handphone Samsung bekas, saya pun jadi ikutan pengen tahu tentang Samsung S7 edge dan S6 edge. Trus, iseng-iseng nanya-nanya ke abang-abang penjaga konter handphone di dekat stasiun pas beli pulsa tentang Samsung bekas ini.

Menurut si abang begini lho:

Spesifikasi S7 edge dan S6 Edge

Meskipun keduanya sama- sama memiliki layar lengkung, namun S7 edge memang terlihat lebih unggul jika dibandingkan dengan S6 edge. Hal itu jelas karena S7 edge memang dirilis lebih akhir dibandingkan S6 edge. S7 edge dirilis secara resmi pada Maret 2016, sedangkan S6 edge pada Februari 2015. Hampir selisih 1 tahun perilisannya. Namun, kalau dilihat dari segi network-nya, keduanya telah sama-sama mendukung jaringan 4G LTE. Sehingga koneksinya akan lebih stabil dibandingkan seri Samsung yang hanya berkutat di jaringan HSDPA.

 Meskipun bekas handphone Samsung masih banyak dicari.  Sumber foto: Samsung/ BukaReview.

Fitur dual SIM pun tersemayam di body Samsung S7 edge. Namun, sayangnya untuk seri S6 edge hanya mendukung single SIM saja dengan tipe nano SIM. Maka, tidak heran jika dengan dukungan fitur dual SIM, harga Samsung S7 edge bekas maupun barunya akan jauh lebih mahal. Perbedaan lain juga bisa kita lihat pada OS-nya. Samsung S7 edge menggunakan Android 6.0 Marshmallow, sedangkan S6 edge harus puas dengan OS Lollipop-nya.

Perbandingan RAM dan Processornya

OS dan RAM-nya S7 edge juga lebih unggul dibandingkan dengan S6 edge. Samung S7 edge telah memakai tenaga processor Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, sedangkan S6 edge berada pada processor Exynos 7420 Octa. Jika diperhatikan secara seksama, tentu S7 edge terkesan lebih unggul dalam hal processornya.

Sementara itu, apabila dilihat dari segi RAM-nya, spesifikasi samsung S6 edge memang lebih lemah. Kita harus puas dengan kapasitas RAM yang hanya 3 GB saja dengan internal memory 32 dan 64 GB. Sementara S7 edge lebih unggul dengan dukungan RAM 4GB dengan opsi internal memory 32, 64 GB dan 128 GB.
Kemampuan Kamera Keduanya

Terlepas dari harga Samsung S6 edge bekas yang lebih murah, ternyata S6 edge juga memiliki kualitas kamera yang tak kalah mumpuni. Untuk urusan kamera, S6 edge lebih unggul dengan kamera 16 MP sementara S7 edge harus puas dengan 12 MP aja.

Namun, keduanya sama- sama telah diengkapi dengan fitur OIS yang mampu meminimalkan terjadinya goncangan saat berfoto maupun merekam dengan kamera yang ada pada Smartphone. Sedangkan untuk kamera depannya, keduanya sama- sama memiliki kamera berkapasitas 5 MP yang cocok untuk kita berselfie ria.

Perbandingan Harga Keduanya

Meski tidak dijual lagi dengan harga baru, namun kini kita tetap dapat membeli kedua handphone tersebut di konter terdekat dengan harga murah. Harga Samsung S7 edge bekas bisa dibilang lebih mahal dari S6 edge yakni empat jutaan saja untuk bekasnya. Sedangkan Samsung S6 edge dijual dengan harga tiga jutaan saja. Murah bukan?

Nah, setelah mengetahui perbandingan kedua handphone Samsung S7 edge dan S6 edge bekas tersebut, baik dari segi spesifikasi maupun harga, teman-teman minat pengen beli Samsung bekas yang mana nih? 😀

Tips membeli handphone bekas

BTW, tentu saja membeli handphone bekas tuh, meski merk-nya sekelas Samsung, kita tetep kudu berhati-hati ya teman-teman. Jangan sampai, niat hati mau beli handphone bagus dengan harga miring, eh, ternyata barangnya tak sebagus yang kita kira.

Nah, supaya enggak mengalami kejadian yang seperti itu, saya mau bagi-bagi tips nih teman-teman, bagaimana caranya membeli handphone bekas:

Beli di toko terpercaya

Usahakan beli di toko-toko handphone terpercaya yang udah pasti enggak menerima barang curian ya teman-teman. Bisa minta rekomendasi teman atau saudara gitu, kek. Salah satu ciri-ciri toko penjual handphone bekas yang terercaya tuh salah satunya dia menyediakan garansi. Walaupun handphone yang dijualnya kepada kita itu adalah handphone bekas.

Periksa fisik dan segala kelengkapannya jika membeli handphone second. Sumber foto: Samsung/ BukaReview. 
Cek fisik handphone

Walaupun membeli handphone bekas, tapi tentu saja kita berharap mendapatkan barang yang bagus donk ya? Malah kalau bisa yang masih terlihat seperti handphone baru 😀 . Maka, cek baik-baik penampilan fisik handphone, misal apakah ada goresan di layar handphone, ada kecacatan atau enggak pada kamera, dll.

Cek kelengkapan handphone

Tanyakan apakah handphone yang kita beli itu masih ada box-nya yang original. Kemudian cek kelengkapan lainnya, seperti ada charger atau mungkin ada headset atau earphone.

Periksa kelengkapan fungsi handphone

Fisik udah oke, barang udah lengkap, jangan lupa menjajal fitur-fitur handphone-nya, seperti kamera, charger berfungsi dengan baik, volume suara terdengar jelas, dll.

Harga yang sesuai

Setelah kita puas dengan penampilan fisik, fungsi, dan kelengkapan handphone, maka waktunya menanyakan harga. Teman-teman bisa gugling berapa harga yang wajar untuk sebuah handphone bekas. Kalau harga Samsung S6 edge dan S7 edge bekas udah saya cantumkan di atas yaaa. Untuk harga-harga patokan/ perkiraan merk handphone lainnya, teman-teman silahkan gugling sendiri.

Kalau barangnya secara fisik bagus tapi harganya kok jauh banget dari perkiraan harga, teman-teman jangan seneng dulu. Tetep waspada. Khawatirnya barang curian, kan serem. Pilih seller yang menjual handphone bekas dengan harga yang wajar, enggak jauh dari perkiraan.

Tanyakan tentang garansi

Tadi di awal memberi tips membeli handphone bekas, saya sudah bilang sebaiknya membeli di toko yang menyediakan garansi. Walaupun handphone yang dijual itu handphone bekas. Saya dulu pernah beli handphone bekas dan tokonya berani memberi garansi sekitar enam bulan. Lumayan kan? Jadi, kalau ada apa-apa, bisa langsung komplain.

Well, kayaknya itu aja sih tips membeli handphone bekas dan juga cerita tentang daftar harga handphone Samsung bekas dari saya. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman yang kepengen membeli handphone second juga yaaa… 🙂 .

April Hamsa

11 Comments

  1. Nurul Sufitri 3 Desember, 2018
  2. gita siwi 3 Desember, 2018
  3. Tetty Hermawati 4 Desember, 2018
  4. Lia Lathifa 4 Desember, 2018
  5. Rach Alida Bahaweres 4 Desember, 2018
  6. Donna Imelda 4 Desember, 2018
  7. Shine 4 Desember, 2018
  8. Nefertite Fatriyanti 4 Desember, 2018
  9. Amelia Fafu 4 Desember, 2018
  10. Dewi Nuryanti 4 Desember, 2018
  11. Memez 4 Desember, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!