Bika Bogor Talubi Food Product Review

Oleh-oleh Khas Bogor yang Unik, Bika Bogor Talubi

Oleh-oleh khas Bogor apa? Buat oleh-oleh ke saudara-saudara yang di Surabaya,” tanya bapak saya beberapa waktu lalu saat hendak pulang ke Surabaya, setelah sekitar tiga minggu lebih mengunjungi keluarga saya di Bogor. Selain mengunjungi anak dan cucu, bapak saya sebenarnya juga datang dalam rangka mengawasi renovasi rumah kami plus menjemput adik yang baru saja lulus dari Insititut Pertanian Bogor (IPB).

Oh ya, maafkeun, saya belum sempat cerita ya? Bahwa keluarga kami sudah tiga bulan terakhir ini tinggal di Bogor. Tepatnya di Cilebut, Kabupaten Bogor.

Sebenarnya, enggak nyangka kalau keluarga kami bakalan tinggal di pinggiran Kota Hujan ini. Dulu, kami mengira Depok akan menjadi tempat tinggal tetap keluarga kami. Namun, setelah tinggal di Kabupaten Bogor, banyak hikmah yang kami dapatkan sih.

Salah satunya yang berhubungan dengan kesehatan anak-anak. Anak-anak sekarang udah jarang bruntusan kalau berkeringat. Bahkan, saat cuaca Bogor panas sekalipun, anak-anak bobo-nya tetap nyenyak. Ya, intinya kami cocok deh tinggal di Bogor.

Oleh-oleh khas Bogor, Bika Bogor Talubi

Balik lagi ke oleh-oleh khas Bogor. Meneruskan pertanyaan bapak saya waktu itu. “Apa ya oleh-oleh khas Bogor?” Pertanyaannya saya lempar ke adik, haha.

Oleh-oleh khas Bogor ya biasanya kue-kue, roti, dan keripik-keripik gitu,” jawab adik saya.

Ada yang lebih unik enggak? Bogor terkenalnya apa sih?” tanya saya.

Masa dibawain talas dan ubi?” canda adik. “Oh ya, di dekat depo bangunan tuh kapan hari ada gerai Bika Bogor Talubi. Kue bika dari talas dan ubi gitu,” lanjut adik, menginformasikan kepada saya. For your information, Bogor memang terkenal sebagai penghasil talas dan ubi.

Ooo ya? Yawda bawain itu aja buat oleh-oleh dari Bogor. Awet kan?” saya memastikan.

Awet aja sih, toh Bogor Surabaya enggak lama juga jalannya,” jawab adik.

Bener kata adik, ada gerai Bika Bogor Talubi di dekat supermarket bahan bangunan tempat kami beberapa kali ke sana untuk membeli bahan-bahan bangunan. Akhirnya, kami memutuskan membeli beberapa varian cemilan Bika Talubi untuk sebagai oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga di Surabaya.

Oleh-oleh khas Bogor, Bika Bogor Talubi.

Oleh-oleh khas Bogor Talubi sudah ada sejak tahun 2014. Katanya sih, awalnya gerainya cuma ada satu saja. Tepatnya terletak di Jl. Raya Gadog sebelah Vimala Hills (Puncak, Bogor). Lama-kelamaan, Talubi mendapat banyak pesanan sehingga membuka dua gerai lagi. Salah satunya di dekat supermarket bahan bangunan di Jl. Sholeh Iskandar, satu lagi di Jl. Padjajaran, Bogor.

Bika Bogor Talubi yang unik

Salah satu andalan Talubi adalah produk Bika Bogor Talubi. Sesuai namanya, bika yang satu ini unik, sebab terbuat dari bahan baku talas dan ubi. Jadi, ceritanya, dulu ada masa dimana panen talas dan ubi sangat melimpah di Bogor. Akhirnya, muncul ide untuk menyulap talas dan ubi menjadi kue bika yang sekarang terkenal sebagai Bika Bogor Talubi ini.

Dalam waktu singkat, Bika Bogor Talubi telah menjadi kuliner Bogor yang cukup terkenal. Pada mulanya, Bika Bogor Talubi hanya memproduksi kue bika yang memiliki empat varian rasa berikut:

Bika Bogor Talas

Bika Bogor Talas terbuat dari talas. Warnanya ungu-ungu gitu.

Bika Bogor Ubi Madu

Bika Bogor Ubi Madu terbuat dari bahan utama ubi madu. Rasanya semanis madu, warnanya kuning.

Bika Bogor Cocopandan

Warnanya hijau, terbuat dari kelapa dan campuran daun pandan.

Bika Bogor Nangka

Varian Bika Bogor Talubi yang ini berwarna kuning dan memiliki rasa nangka.

Sekarang, Bika Bogor Talubi juga memproduksi kuliner khas Bogor seperti: Bogor Banana, Lapis Kekinian Talubi dengan 5 Rasa (Talas Original, Redvelvet Vanila, Talas Green Tea, Talas Oreo, Talas Cokelat), Lapis talubi Original, Lapis Talubi Cokelat, Lapis Talubi Green Tea, Lapis Peyuem, Brownies Kukus Talas, New York Style Banana Cheese Cake, dll.

Seluruh produk Bika Bogor Talubi ini tidak menggunakan pengawet, sehingga hanya bisa bertahan selama empat hari saja. Jangan khawatir, tanggal expirednya tertera jelas kok di box-nya. Selain itu, Bika Bogor Talubi juga diproduksi setiap hari. Jadi, Bika Bogor Talubi yang di etalase selalu yang fresh from the oven.

Harga produk Bika Bogor Talubi cukup terjangkau per-box rata-rata Rp. 25.000,- sampai Rp. 35.000,-. Kemasan box-nya cukup bagus dan tebal, sehingga pantas kalau diberikan ke saudara atau teman sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Review Bika Bogor Talubi

Berikut adalah beberapa produk Bika Bogor Talubi yang sudah saya dan keluarga cicipi, sekaligus buat oleh-oleh untuk keluarga di Surabaya:

Bika Bogor Cocopandan

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, varian Bika Bogor Talubi yang satu ini memiliki campuran bahan kelapa dan daun pandan. Wangi pandannya sangat terasa begitu kita membuka box-nya.

Bika Bogor Cocopandan.

Menariknya, Bika Bogor Cocopandan ini sudah punya alur potongan/ irisan. Sehingga, kita bisa dengan mudah mengiris/ memotongnya sesuai alur atau kalau mau agak tebal juga boleh, deh. Sesuai selera, hehe.

Rasanya manis, tapi enggak bikin eneg. Anak-anak saya, Maxy dan Dema suka sekali memakannya. Mungkin kalau enggak di-stop mereka akan menghabiskan satu box Bika Bogor Talubi yang varian Cocopandan ini.

Bika Bogor Mini

Apabila teman-teman ingin merasakan semua varian rasa Bika Bogor Talubi yakni rasa Talas, Cocopandan, Ubi Madu, dan Nangka, saya merekomendasikan memilih Bika Bogor Mini. Sesuai namanya, bentuk bika-nya mini alias kecil, namun dalam satu box tersedia empat pilihan rasa tadi. Satu box Bika Bogor Mini berisi 10 kue bika. Cocok buat teman-teman yang masih coba-coba mencicipi, kira-kira favoritnya yang rasa apa ya? 😀

Bika Bogor Mini.

Kalau favorit saya Cocopandan dan Ubi Madu. Rasa manisnya pas menurut saya. Anak-anak saya pun memiliki pilihan yang sama dengan saya 😀

Bogor Banana

Bogor Banana ini adalah inovasi yang lumayan baru dari Bika Bogor Talubi. Sesuai namanya, bentuk kue bika ini seperti pisang dan terbuat dari campuran pisang. Di atasnya ada topping keju dan cokelat, menjadikannya sangat menggugah selera untuk segera dicicipin.

Bogor Banana.

Perpaduan talas dan pisangnya nyambung, rasa manisnya pas, sesuai selera saya. Satu buah kue Bogor Banana porsinya lumayan gede, jadi penggemar Bika Bogor Talubi pasti puas banget kalau nyobain varian produk yang satu ini.

Produk terbaru Bika Bogor Talubi, New York Style Banana Cheese Cake

Setelah Bogor Banana, baru-baru ini Bika Bogor Talubi juga berinovasi membuat kue lain dari bahan baku pisang. Memang, selain talas dan ubi, pisang adalah buah yang berlimpah di Kota Bogor.

Kue olahan dari pisang yang baru saja diluncurkan oleh Bika Bogor Talubi pada Oktober 2017 lalu adalah New York Style Banana Cheese Cake. Bentuk kue ini seperti pendahulunya, Si Bogor Banana, juga seperti pisang. Bedanya, New York Style Banana Cheese Cake ini bentuknya pastry yang kriuk-kriuk gitu.

New York Style Banana Cheese Cake. Foto oleh: Bika Bogor Talubi.

Di tengah-tengah kue ini terdapat kue pisang. Kemudian di atasnya terdapat topping dari semacam selai gitu, dengan tiga pilihan rasa: strawberry, chocolate, original banana. New York Style Banana Cheese Cake ini terbuat dari bahan alami dan enggak mengandung pengawet. Tahan empat hari di suhu ruang dan seminggu jika disimpan di kulkas.

Saya sendiri belum mencicipi produk terbaru Bika Bogor Talubi yang satu ini. Tapi, katanya satu box New York Style Banana Cheese Cake dibandrol Rp. 30.000,- isi enam biji. Kayaknya ntar kalau ada keperluan lagi ke supermarket bahan bangunan yang di Jl. Sholeh Iskandar, saya mau mampir untuk membeli New York Style Banana Cheese Cake ini.

Kalau teman-teman penasaran dengan produk Bika Bogor Talubi yang merupakan oleh-oleh wisata khas Bogor ini, teman-teman bisa mendapatkan informasinya di media sosial Bika Bogor Talubi:

  • Line: @bikabogor
  • IG: @bikabogor
  • FB: Bika Bogor
  • Email: talubi@bikabogor.com
  • HP/ SMS/ WA: 08884829296,

Oh ya, khusus produk New York Style Banana Cheese Cake, Bika Bogor Talubi mengadakan photo/ smile challenge berikut:

Challenge ini berlangsung hingga tanggal 8 Januari 2018 dan pengumuman pemenangnya tanggal 9 Januari 2018. So, yuk ikutan!

Jangan lupa beli kuenya dulu di outlet-outlet Bika Bogor Talubi di:

  • Jl. Raya Gadog sebelah Vimala Hills, Puncak Bogor
  • Jl. Padjajaran 20 M, Bogor
  • Jl. Sholeh Iskandar 18 B, Bogor.

Kalau enggak sempat membeli ke outlet-nya, teman-teman juga sudah bisa memesan produk Bika Bogor Talubi di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Bika Bogor Talubi juga bisa dipesan lewat aplikasi ojek online seperti Gojek atau Grab.

Mudah banget kan mendapatkan produk Bika Bogor Talubi ini? Well, selamat mencoba dan mencicipi sendiri oleh-oleh khas Bogor, Bika Bogor Talubi ya teman-teman 🙂 .

April Hamsa

 

60 Comments

  1. Keke Naima 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  2. Nurulrahma 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  3. Nhie 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  4. mpo ratne 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  5. miss dapur 5 Januari, 2018
  6. endah marina 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  7. Lia Lathifa 5 Januari, 2018
  8. Anisa Deasty Malela 5 Januari, 2018
  9. Dewi Nuryanti 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  10. Muyassaroh 5 Januari, 2018
  11. April Tupai 5 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  12. Adriana Dian 5 Januari, 2018
  13. Nchie Hanie 5 Januari, 2018
  14. ema 6 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  15. Arni 6 Januari, 2018
  16. andyhardiyanti 6 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  17. Okti 6 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  18. Liswanti 6 Januari, 2018
  19. Noe 6 Januari, 2018
  20. Dian farida 6 Januari, 2018
  21. Ivonie 6 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  22. Ria Kurniasih 7 Januari, 2018
  23. Tuty Queen 8 Januari, 2018
  24. Helena 8 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  25. Ndy Pada 9 Januari, 2018
  26. Anindita Ayu 9 Januari, 2018
  27. Herva Yulyanti 9 Januari, 2018
    • April Hamsa 9 Januari, 2018
  28. deddyhuang.com 9 Januari, 2018
  29. Rach Alida Bahaweres 11 Januari, 2018
  30. Peri Hardiansyah 14 Januari, 2018
  31. Ata 15 Januari, 2018
  32. Tabemonogatari 19 Januari, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!