Blogger Reporter Events Workshop

Onggy Hianata, Inspirator yang Mampu Keluarkan Potensi Terbaikmu

Onggy Hianata Chunnardy (Onggy Hianata). Mungkin, nama laki-laki-laki kelahiran Tarakan, Kalimantan Timur ini masih terdengar asing di telinga teman-teman. Namun, siapa sangka, ternyata nama Onggy Hianata sudah mendunia, lho. Saya sendiri, terus terang baru kenal dengan nama Onggy Hianata ketika mengikuti blogger gathering “Value Your Life” pada tanggal 14 Maret 2018 lalu di Kafe Ef Hive, Cikini, Jakarta Pusat. Dalam acara blogger gathering tersebut saya berkesempatan ketemu langsung dengan Onggy Hianata.

Saya saat bertemu dengan Onggy Hianata. Foto oleh: Elly Nurul.

Siapa sih sebenarnya Onggy Hianata ini?” Teman-teman ingin tahu? Onggy Hianata adalah seseorang yang aktif sebagai pembicara dalam beberapa forum dan program pembinaan mental. Sepak terjang sebagai pembicara yang telah dijalaninya sejak tahun 2003 itu membuat Onggy Hianata mendapat sebutan “Inspirator”. Sosok Onggy Hianata memang telah banyak menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Enggak cuma orang Indonesia, namun juga warga dunia. Bagaimana bisa?

Laki-laki yang lahir tanggal 6 Maret 1962 ini merupakan founder EDUNET GLOBAL, yakni sebuah wadah yang menanungi program pembinaan mental untuk orang-orang yang membutuhkan perubahan dalam hidupnya. Selain pembinaan mental, EDUNET GLOBAL juga membuat program untuk memotivasi dan membantu orang lain mengeluarkan potensi terbaiknya. Program tersebut dikenal sebagai “Value Your Life – A Life Changing Bootcamp”.

Onggy Hianata dan program Value Your Life – A Life Changing Bootcamp-nya

Program Value Your Life – A Life Changing Bootcamp telah terselenggara sejak tahun 2003 hingga saat ini. Konon katanya, telah ada ribuan orang yang berasal dari 75 negara lebih dan lima benua telah berhasil “diselamatkan” hidupnya oleh Value Your Life – A Life Changing Bootcamp ini. Sebagian besar orang-orang yang mengikuti bootcamp ini memang sebelumnya memiliki problem dalam hidupnya. Contoh masalahnya seperti kecanduan narkoba, kecanduan pornografi, ketergantungan rokok, suka minum minuman keras, dll.

Onggy Hianata Sang Inspirator.

Trus kalau enggak punya masalah apa bisa ikutan juga?” Jawabannya, tentu saja bisa. Mereka yang (merasa) enggak punya problem dalam hidupnya akan dibantu melejitkan potensi terbaiknya. Selain itu, Value Your Life – A Life Changing Bootcamp juga bisa menjadikan orang yang keras kepala, egois, pemarah, dll menjadi seseorang yang lebih lembut hatinya.

Pertanyaannya, “Kok, bisa ikutan bootcamp langsung jadi orang yang lebih baik, bahkan ada yang bisa sembuh dari kecanduan?” Jawabannya, “Ya, bisa, donk.” Sebab, Value Your Life – A Life Changing Bootcamp membantu orang membuang beban hdiupnya dan menggali potensi terbaiknya.

Onggy Hianata turun langsung sebagai coach dalam seminar yang termasuk dalam rangkaian Value Your Life – A Life Changing Bootcamp itu. Dalam seminar tersebut, Onggy Hianata menyadarkan banyak orang, kemudian membangkitkan motivasi mereka, hingga membantu membangun karakter pribadi beragam individu tersebut. Maka, tak heran banyak orang merasa hidupnya berubah jadi lebih baik setelah mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp.

Value Your Life – A Life Changing telah mengubah hidup banyak orang.

Selain seminar, Value Your Life – A Life Changing Bootcamp juga menyediakan beberapa materi penunjang yang berhubungan dengan motivasi dan pembinaan mental seperti: poster dengan kalimat-kalimat positif dan membangun, CD Audio yang liriknya positif, memotivasi, dan sarat makna, buku-buku bertema positif, serta pin sebagai simbol kebanggaan lulusan Value Your Life – A Life Changing Bootcamp yang akan membuat peserta bootcamp menerapkan terus nasihat dan motivasi yang telah mereka dapatkan.

Orang-orang yang “diselamatkan” oleh Onggy Hianata

Benarkah sebuah bootcamp yang di dalamnya ada seminar dan materi-materi penunjang lainnya bisa menyelamatkan hidup seseorang? Pada acara blogger gathering kemarin, selain Onggy Hianata selaku coach, hadir pula beberapa mantan peserta atau alumni Value Your Life – A Life Changing Bootcamp. Mereka hadir untuk memberikan testimoni mengenai kebenaran Value Your Life – A Life Changing Bootcamp yang mengubah hidup mereka.

Para alumni Value Your Life – A Life Changing Bootcamp yang hadir antara lain:

  • Pasangan suami istri Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt (Ibu Ary) dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho (Bapak Sudarmono).
  • Pasangan suami istri Dr. Erry Gautama (Bapak Erry) dan Dr. dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad.(K) (Ibu Anggraini).
  • Yulianto SE (Mas Yanto).

Ibu Ary dan Bapak Sudarmono

Masing-masing menceritakan bagaimana kehidupan mereka sebelum dan sesudah mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp. Pertama, cerita dari Ibu Ary. Ibu Ary mengikuti yang ikut Value Your Life – A Life Changing Bootcamp angkatan 46 (tahun 2008) ini mengatakan bahwa dulu dia adalah seorang yang sombong dan suka mendikte anak-anaknya. Ibu Ary juga sering meremehkan Bapak Sudarmono, suaminya. Waktu itu, sebagai seorang wanita karier, pendapatan Ibu Ary jauh lebih besar dari pendapatan suaminya. Keluarga Ibu Ary dan Bapak Sudarmono juga hampir bubar. Anaknya kecanduan main game, anaknya yang satu lagi lebih sayang pembantu rumah tangganya ketimbang ibunya, dll.

Ibu Ary dan Bapak Sudarmono.

Waktu itu saya diajakin training sama teman, sesama wali kelas di sekolah anak saya. Teman saya itu bilang pokoknya kamu ikutan bootcamp pakai hati. Hari pertama saya membuka hati saya, ternyata selama ini saya enggak kerasa jadi ibu yang sombong, Saya suka ngepush anak-anak supaya berprestasi,” cerita Ibu Ary.

Setelah mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp, Ibu Ary menyadari kesalahannya dan bertekad menjadi seorang istri dan ibu yang lebih baik. Bapak Sudarmono yang penasaran kok bisa sih Value Your Life – A Life Changing Bootcamp membuat istrinya berubah, akhirnya ikutan bootcamp ini juga. Alhasil, keluarga Ibu Ary dan Bapak Sudarmono tetap utuh sampai sekarang. Anak-anaknya juga menjadi anak-anak baik dan berprestasi. Bahkan, salah seorang anaknya yang juga akhirnya mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp berhasil mempengaruhi lingkungan pergaulannya ke arah positif.

Ibu Anggraini dan Bapak Erry

Cerita selanjutnya adalah cerita dari sepasang suami istri dokter asal Surabaya, Ibu Anggraini dan Bapak Erry. Sebenarnya hampir mirip cerita kesaksian sebelumnya dari Ibu Ary dan Bapak Sudarmono, sebelum ikut Value Your Life – A Life Changing Bootcamp keduanya sama-sama sibuk dengan pekerjaan. Setelah mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp, pasangan dokter ini makin akrab sebagai keluarga. Ibu Anggraini bahkan rela melepaskan jabatannya di salah satu RSUD di Surabaya.

Ibu Anggraini dan Bapak Erry.

Saya belajar jadi orang yang humble dari yang biasanya orang egois. Saya melepaskan beban masa lalu saya supaya jadi lebih baik lagi. Saya berkarir di rumah sakit besar di Surabaya selama 30 tahun, tapi semenjak bootcamp saya melihat sesuatu yang lain. Akhirnya saya melepaskan karier saya untuk sesuatu yang lebih besar,” kata Ibu Anggraeni.

Mas Yanto

Kisah terakhir datang dari Mas Yanto yang sejak usia empat tahun ditinggal kabur oleh sang ayah. Trauma tersebut membuat Mas Yanto menjadi pribadi yang keras banget. Sampai akhirnya Mas Yanto mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp yang membuatnya mampu memaafkan ayahnya.

Mas Yanto.

Namun, sayangnya setelah bootcamp, Mas Yanto sempat kehilangan arah tujuan hidupnya. Yakni, ketika usahanya bangkrut yang membuatnya terlilit banyak utang. Bahkan, Mas Yanto sempat akan bunuh diri dengan cara melompat dari commuter line yang waktu itu membawanya menuju Bogor.

Saat itu saya mau lompat, tapi pada saat tutup mata, saya ingat ibu saya. Kalau saya meninggal pasti utang saya dialihkan ke ibu saya. Akhirnya saya enggak jadi lompat. Saya pulang ke rumah, sampai rumah saya ketemu sertfikat saat ikut bootcampt, ketemu foto sama Pak Onggy. Saya pun menyadari bahwa seperti kata Lao Tse pikiran kamu menentukan nasib kamu, saya putuskan mengubah cara berpikir saya,” kata Mas Yanto. Akhirnya, Mas Yanto pun bisa bangkit lagi dan menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.

Itulah teman-teman tiga testimoni/ kesaksian mengenai Value Your Life – A Life Changing Bootcamp. Meskipun masalahnya berbeda-beda, namun satu persamaan antara ketiga kesaksian di atas, yakni mereka sama-sama berterima kasih kepada Onggy Hianata yang membantu mereka melepaskan beban hidup mereka selama ini.

Onggy Hianata dan alumni peserta bootcamp.

Apa yang membuat Onggy Hianata mampu menginspirasi orang-orang?

Apa sih yang membuat seorang Onggy Hianata mampu menginspirasi orang-orang lain melalui bootcamp-nya?” Teman-teman penasaran?

Onggy Hianata berani maju untuk menjadi contoh dan inspirasi bagi orang-orang yang merasa hidupnya gagal dan tidak berarti, sebab di masa mudanya Onggy Hianata sudah melalui itu semua. Dahulu, Onggy Hianata berasal dari keluarga yang serba kekurangan. Pada usia muda, Onggy Hianata berkali-kali mencoba bisnis untuk bertahan hidup. Meski demikian, usahanya tersebut enggak mulus. Kegagalan demi kegagalan harus dilaluinya, sebelum akhirnya mencapai kebebasan finansial dan waktu seperti sekarang ini.

Untuk mensyukuri kehdiupannya sekarang, Onggy Hianata memutuskan untuk membantu orang-orang lain melalui Value Your Life – A Life Changing Bootcamp-nya. Itulah cara Onggy Hianata payback semua berkat Tuhan yang telah diterimanya selama ini. Meski demikian, Onggy Hianata menolak disebut sebagai motivator.

Saya bukan motivator, karena saya enggak suka motivasi orang. Karena biasanya yang seperti itu lekas hilang dalam seminggu dua minggu. Saya lebih suka menginspirasi orang, kita sharing aja pengalaman/ inspirasi. Saya bukan motivator, saya bukan pengajar,” kata Onggy Hianata.

Kini, nama Onggy Hianata sudah dikenal oleh banyak orang di lebih dari 75 negara dan lima benua. Sudah banyak prestasi dan penghargaan yang pernah diterimanya, antara lain:

  • Organisasinya telah meraih 5 Guiness World Record.
  • Menjadi pembicara dalam beberapa forum dan pembinaan mental kelas dunia di penjuru Asia dan Afrika.
  • Menyandang gelar kehormatan dari pemerintah Kamerun.
  • Menjadi cover story majalah terkemuka internasional yang berbasis di Amerika Serikat yang juga pernah memuat profil utama dari tokoh-tokoh sukses di dunia lainnya (contoh: Richard Bronson, CEO Virgin Atlantic, dll).
  • Menjadi salah satu pembicara tamu dalam program John C. Maxwell di Amerika Serikat.

Kisah hidup Onggy Hianata yang menarik membuat sutradara memfilmkannya

Onggy Hianata memang sosok yang menarik. Saking menariknya, baru-baru ini seorang sutradara film nasional bernama Fajar Nugros tertarik memfilmkan kisah hidup Onggy Hianata. Saat itu, Fajar Nugros berlibur ke Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur bersama istrinya. Di sana Fajar Nugros mendapatkan cerita tentang Onggy Hianata dari penduduk sekitar, yang katanya telah memberikan arti bagi orang-orang di sana.

Fajar Nugros kemudian bergerak cepat menghubungi Onggy Hianata, hingga mengeksekusi sebuah film berjudul “Terbang Menembus Langit”. Film ini secara garis besar bercerita tentang kehidupan Onggy Hianata yang pada saat muda merupakan bagian dari kaum minoritas (miskin, enggak punya uang, dll), serta bagaimana Onggy Hianata mencoba keluar dari kemiskinan tersebut. Film ini penuh dengan hal-hal yang diharapkan dapat menginspirasi penontonnya.

Poster film “Terbang Menembus Langit”.

Film “Terbang Menembus Langit” yang didukung oleh sejumlah bintang film terkenal seperti Dion Wiyoko, Laura Basuki, Baim Wong, Delon Thamrin, dan nama-nama lainnya ini, rencananya akan tayang pada bulan April 2018 di bioskop-bioskop. Nah, kalau teman-teman penasaran dengan sosok Onggh Hianata, saran saya, tonton aja film ini, bulan depan.

Sedangkan, apabila teman-teman tertarik mengikuti Value Your Life – A Life Changing Bootcamp, for your information biayanya Rp. 5,5 juta. Value Your Life – A Life Changing Bootcamp ini berlangsung selama tiga malam dua hari di Jakarta. Biasanya pesertanya enggak cuma dari Indonesia, melainkan juga dari mancanegara. Informasi lebih lengkap mengenai Value Your Life – A Life Changing Bootcamp ini, bisa teman-teman dapatkan di:

  • Twitter: @BCValueYourLife
  • Facebook: BC Value Your Life
  • Instagram: @bc_valueyourlife
  • YouTube: @bootcampmedia
  • Email: sharingbootcamp@gmail.com
  • Website: www.bootcampdahsyat.com.

Semoga cerita saya tentang Onggy Hianata dan Value Your Life – A Life Changing Bootcamp bermanfaat buat teman-teman semua 🙂

April Hamsa

34 Comments

  1. Dudukpalingdepan 21 Maret, 2018
  2. Helena 21 Maret, 2018
  3. Aswinda Utari 21 Maret, 2018
  4. Juliastri Sn 21 Maret, 2018
  5. Okti Li 21 Maret, 2018
  6. Elly Nurul 21 Maret, 2018
  7. Lya amalia 21 Maret, 2018
  8. Rotun DF 21 Maret, 2018
  9. Lina W. Sasmita 21 Maret, 2018
  10. Latifika Sumanti 22 Maret, 2018
  11. Leyla 22 Maret, 2018
  12. Nurul dwi larasati 22 Maret, 2018
  13. Nefertite Fatriyanti 22 Maret, 2018
  14. Sam 22 Maret, 2018
  15. Nova Violita 22 Maret, 2018
  16. Khairiah 22 Maret, 2018
  17. Dita Indrihapsari 22 Maret, 2018
  18. Aan 22 Maret, 2018
  19. Shine 22 Maret, 2018
  20. gita siwi 22 Maret, 2018
  21. Damar Aisyah 22 Maret, 2018
  22. Nunu Halimi 22 Maret, 2018
  23. Dewi Nuryanti 22 Maret, 2018
  24. evylia hardy 22 Maret, 2018
  25. Ade UFi 22 Maret, 2018
  26. mira utami 22 Maret, 2018
  27. Hastira 23 Maret, 2018
  28. Istiana Sutanti 23 Maret, 2018
  29. Utie adnu 23 Maret, 2018
  30. Noe 23 Maret, 2018
  31. atiqo 23 Maret, 2018
  32. Nova DW 24 Maret, 2018
  33. bundasaladin 27 Maret, 2018
  34. Putu sukartini 19 April, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!