Health Tips Mom Life Product Review Tips & Opinion

Lakukan 5 Hal Berikut Agar Lantai Jadi Area Bermain yang Aman untuk Si Kecil

Anak-anak, terutama yang masih berusia balita, biasanya seneng banget main di lantai. Betul enggak sih, ibu-ibu dan bapak-bapak yang masih punya anak kecil di rumah? Kalau anak-anak saya Si Maxy (5 yo) dan Dema (3 yo) enggak hanya senang bermain di lantai, namun juga suka makan di lantai. Keduanya juga kerap tiduran, bahkan sampai ketiduran beneran di lantai tanpa alas apapun. Itulah sebabnya, lantai menjadi salah satu bagian rumah yang saya perhatikan betul kebersihannya.

Anak-anak saya suka tiduran di lantai, maka lantai di rumah harus selalu bersih.

Tips agar lantai aman buat tempat bermain anak

Pertanyaannya sekarang, bagaimana sih caranya membuat lantai menjadi area yang nyaman dan aman buat tempat bermain maupun beraktivitas anak-anak? Kalau saya, biasanya melakukan lima hal berikut:

Memilih bahan lantai yang mudah dibersihkan

Semenjak merencanakan pembangunanrumah, saya dan suami sengaja memilih lantai berupa keramik putih polos saja. Alasannya, kalau ada kotoran lebih mudah terlihat, sehingga lebih cepat membersihkannya. Selain itu, keramik yang kami pilih ini perawatan dan cara membersihkannya cukup mudah, tinggal disapu dan dipel apabila kotor. Hal praktis semacam itu cukup membantu ibuk-ibuk rumah tangga yang punya dua anak berusia belia, tanpa asisten rumah tangga (ART) seperti saya.

Lantai rumah saya.

Segera membersihkan lantai ketika ada tumpahan makanan/ minuman

Anak-anak sering banget makan dan minum di lantai. Maklum, kami belum punya meja makan. Ya, namanya juga anak-anak ya, kalau makan dan minum pasti berantakan. Ada aja drama seperti makanan tercecer atau minuman yang tumpah. Kalau udah kayak gitu, setelah anak-anak selesai makan dan minum, saya segera membersihkan area tersebut. Saya sapu lagi, saya pel lagi.

Soalnya kalau enggak lekas-lekas dibersihkan sisa-sisa makanan dan minuman tadi akan diincar oleh semut atau serangga lainnya. Bisa-bisa anak-anak digigit serangga dan membuat mereka nangis/ rewel nanti.

Sering-sering menyapu lantai

Rumah saya kebetulan lokasinya agak di atas jika dibandingkan dengan rumah-rumah di sekitarnya. Hal tersebut membuat angin menerbangkan debu ke rumah. Trus, kondisi teras terbuka, sementara pintu dan jendela langsung menghadap ke teras tersebut. Akibatnya, debu sering masuk berlebihan ke rumah. Sehingga, saya jadi sering menyapu lantai, meski sebenarnya enggak kotor-kotor banget. Biasanya kalau anak-anak mau duduk atau main di lantai, saya sapu lantainya. Soalnya kalau lantai terlalu berdebu, khawatirnya anak-anak kena ruam kemerahan dan gatal-gatal (biduran). Pernah beberapa kali mengalami hal seperti itu, soalnya.

Lantai rumah harus bebas kuman supaya aman buat area anak-anak bermain.

Mengepel lantai minimal dua kali sehari

Sebenarnya ritual ngepelย saya yang utama cuma dua kali. Saat pagi dan sore hari saat beberes rumah. Namun, ada kalanya saya bisa ngepel lebih dari dua kali sehari. Terutama untuk area lantai yang jadi lokasi beraktivitasnya anak-anak. Terutama terkait dengan aktivitas makan anak-anak.

Kalau ritual makannya tiga kali ya kadang kuantitas nyapu ngepel-nya sebanyak itu juga. Belum termasuk kalau anak-anak ngemil-ngemil, trus cemilannya kececer atau susunya tumpah, saya cuma bisa elus dada, lalu berdiri ambil gagang pel (pssssttt, sesekali yo pake ngomel-ngomel wkwkwk ๐Ÿ˜› ).

Memilih cairan pembersih lantai yang ampuh membersihkan kotoran dan kuman

Ini adalah hal yang paling penting. Sebaiknya kita memastikan bahwa cairan pembersih lantai atau yang biasa kita sebut dengan obat pel-pelโ€™an yang kita pilih udah tepat. Maksudnya, ampuh untuk membersihkan kotoran, debu, serta kuman yang tak kasatmata. Maklum, zaman sekarang banyak beredar cairan pembersih lantai yang tak seampuh itu.

Kalau di rumah, cairan pembersih lantai yang saya percaya untuk membersihkan atau mengepel lantai adalah karbol sereh Sweepol. Bentuk dan kemasannya seperti ini:

Bentuk dan kemasan karbol sereh Sweepol.

Teman-teman ingin tahu lebih tentang karbol sereh Sweepol? Baik, saya akan sekalian mereview-nya di blogpost ini ya…

Review karbol sereh Sweepol yang membuat lantai jadi area yang bersih dan aman untuk anak

Pembersih lantai karbol sereh Sweepol ini merupakan produk pembersih lantai premium. Kita bisa dengan mudah menemukan pembersih lantai karbol sereh Sweepol ini di beberapa marketplace seperti: Shopee, Tokopedia, Blibli, JD.ID, Lazada, dan Rupa-rupa. Ada pula beberapa agen/ reseller yang menjualnya secara offline. Namun, kalau saya pribadi sih lebih suka membelinya dari marketplace. Praktis soalnya, tinggal diantar ke rumah. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp. 30.000,- sampai Rp. 150.000,-, tergantung ukuran kemasannya. Mau yang isi seliter atau lima liter sekalian.

Karbol sereh Sweepol ini menurut seller-nya terbuat dari 100% ekstrak sereh atau minyak sereh (citronella oil) yang alami. Enggak dicampur sama fragrance (pewangi buatan). Minyak sereh yang digunakan merupakan minyak sereh yang masuk dalam Pharmaceutical Grade. Maksud dari Pharmaceutical Grade adalah bahan dasar pembersih lantai Sweepol tersebut murni minyak sereh, tanpa ada tambahan zat adiktif atau zat lain yang enggak diperlukan. Sehingga, karbol sereh Sweepol ini enggak akan mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Persediaan karbol sereh Sweepol di rumah.

Denger-denger juga, bahan karbol sereh Sweepol ini adalah minyak sereh yang sereh-sereh tersebut dibeli dari petani sereh lokal. Sehingga, kalau kita membeli produk ini, maka secara enggak langsung kita juga turut memberdayakan petani-petani sereh di negeri ini.

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang kelebihan dari karbol sereh Sweepol ini saya mau mereview kemasannya dulu ya. Jadi, seperti yang saya perlihatkan gambarnya tadi, kemasannya ada yang isi seliter, ada pula yang lima liter. Saya biasa memakai yang kemasan satu liter. Bentuk botolnya kotak seperti jerigen bensin, sehingga mudah dipegang dan dibawa/ dipindahkan. Cara pemakaian karbol sereh Sweepol ini juga cukup mudah. Tinggal campur 30 ml karbol sereh Sweepol dengan 3 liter air,ย trus pakaiย deh buatย ngepelย lantai.

Tutupnya memakai tutup ulir plus satu lapisan tutup lagi yang berbentuk plug, sehingga enggak mudah lepas dan enggak mudah tumpah juga apabila tersenggol. Begitu kita buka tutup botol kemasan karbol sereh Sweepol ini, maka akan tercium aroma sereh yang semerbak. Wangi serehnya enak banget. Cairannya berwarna putih keruh. Kalau kita pegang enggak terasa lengket.

Menurut saya, dibandingkan dengan beberapa pembersih lantai lainnya, karbol sereh Sweepol ini memliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Environmental Friendly. Karbol sereh Sweepol menggunakan bahan-bahan alami dan seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, bahan-bahannya Pharmaceutical Grade. Oleh karena itu saya juga percaya bahwa pembersih lantai Sweepol ini tidak akan merusak keramik lantai. Selain itu insyaAllah bahan-bahannya juga aman buat anak-anak. Sehingga sangat cocok jadi obat pel-pelโ€™an untuk membersihkan lantai di rumah.
  • Karena mengandung minyak sereh alami dan geraniol (aroma alami), maka karbol sereh Sweepol ini bisa menjadi pengganti obat nyamuk kimia. Lantai akan bebas dari nyamuk, semut, dan serangga lainnya. Kuman-kuman dan bakteri juga terbasmi semua.
  • Wangi serehnya bisa menjadi aromaterapi yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi kecemasan, iritabilitas, maupun insomnia.

Jadi, menurut saya banyak banget manfaat yang kita dapat kalau membersihkan lantai pakai pembersih lantai karbon sereh Sweepol ini. Apabila teman-teman tertarik ingin menggunakan karbol sereh Sweepol juga untuk obat pel-pelโ€™an di rumah atau ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang karbol sereh Sweepol, teman-teman bisa mengunjungi website: http://sweepol.com/.

Berkat Sweepol kini anak-anak aman ketika bermain di lantai.

Semoga tips agar lantai bisa menjadi area yang nyaman dan aman buat tempat bermain anak serta review pembersih lantai karbol sereh Sweepol ini bermanfaat ya teman-teman. Jangan lupa sering-sering membersihkan dan ngepel lantai rumah. Keep strooong ya ibuk-ibuk! ๐Ÿ˜€

April Hamsa

41 Comments

  1. atiqo 15 Maret, 2018
  2. Okti Li 16 Maret, 2018
  3. Zulaeha 16 Maret, 2018
  4. Latifika Sumanti 16 Maret, 2018
  5. Herva Yulyanti 16 Maret, 2018
  6. Faridilla Ainun 16 Maret, 2018
  7. oRiN 16 Maret, 2018
  8. meutia rahmah 16 Maret, 2018
  9. Munasyaroh Fadhilah 16 Maret, 2018
  10. Keke Naima 17 Maret, 2018
  11. Elva Susanti 17 Maret, 2018
  12. Anggun 18 Maret, 2018
  13. Anggraeni Septi 18 Maret, 2018
  14. Lia Lathifa 18 Maret, 2018
  15. Ira Hamid 19 Maret, 2018
  16. Vhieta 19 Maret, 2018
  17. Ambar Pravita 19 Maret, 2018
  18. Dian Safitri 19 Maret, 2018
  19. Noe 19 Maret, 2018
  20. Mayuf 19 Maret, 2018
  21. Novarina DW 19 Maret, 2018
  22. Vicky Laurentina 19 Maret, 2018
  23. Valka 19 Maret, 2018
  24. Aswinda Utari 19 Maret, 2018
  25. windhu 19 Maret, 2018
  26. Anis Khoir 19 Maret, 2018
  27. Rotun DF 19 Maret, 2018
  28. ernawati Lilys 19 Maret, 2018
  29. Apura 20 Maret, 2018
  30. unggulcenter 20 Maret, 2018
  31. Abby Onety 20 Maret, 2018
  32. Aan 20 Maret, 2018
  33. Tukang Jalan Jajan 20 Maret, 2018
  34. Helena 20 Maret, 2018
  35. rizka edmanda 21 Maret, 2018
  36. Ria Kurniasih 22 Maret, 2018
  37. Naqiyyah Syam 22 Maret, 2018
  38. andyhardiyanti 27 Maret, 2018
  39. Sara Neyrhiza 28 Maret, 2018
  40. Hastira 30 Maret, 2018
  41. Elvina Yanti 4 April, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!