Menjalani hidup sebagai perantau membuat saya jarang ketemu teman-teman lama. Untungnya, zaman sekarang sudah ada aplikasi chat serta media sosial yang memudahkan untuk tetap berhubungan dengan mereka. Serunya lagi ada beberapa teman yang cukup sering mengirimi saya bingkisan kado pada saat momen tertentu. Ah iya, ngobrolin bingkisan paket, jadi teringat kalau JNE akhir bulan ini menggelar promo Harbokir alias Hari Bebas Ongkos Kirim. Kayaknya waktu yang tepat buat bales-balesin mereka yang sudah beberapa kali ngirim kado, deh πŸ˜€ .

Yuk,Β kirim paket dengan memanfaatkan promo Harbokir dari JNE.

Jadi, saya tuh lahir dan besar di Surabaya. Lalu, setelah menikah diboyong suami untuk tinggal di Jakarta (coret). Sepertinya tahun ini adalah tahun ke-10 saya tinggal jauh dari kota asal saya.

Manfaat saling memberi kado

Nah, otomatis circle pertemanan saya yang bukan dari dunia maya kebanyakan di Surabaya donk, hehe. Mulai teman main sejak kecil, teman TK hingga kuliah, lalu mantan rekan kerja, semuanya di Surabaya. Kalau di Jakarta (coret) sini kebanyakan teman-teman saya berasal dari teman-teman dunia maya yang kemudian baru ketemu di dunia nyata jika ada kesempatan tertentu, misalnya event bloger.

Awal-awal pindah ke Jakarta dulu, kalau misalnya ada teman menikah gitu saya kan enggak bisa datang. Maka, kadang saya siasati dengan kirim kado. Belakangan begitu juga kalau ada teman yang anaknya ulang tahun atau sunat.

Beberapa teman juga masih melakukan hal yang sama, kalau ada momen tertentu seperti saat saya atau anak saya ulang tahun. Malah, kadang enggak ada angin enggak ada hujan, tiba-tiba chat katanya baru kirim paket. Katanya lagi pengen bagi-bagi rezeki aja, hehe.

Seneng banget, deh, kalau masih ada yang ingat saya. Padahal, saya jarang mudik. Apalagi datang ke reunian, rasa-rasanya enggak pernah wkwkwk. Selain, karena jauh ya emang agak kurang suka ke acara reuni. Cukup deh via media sosial atau grup WhatsApp. Kalaupun reuni, biasanya cuma dengan circle kecil yang benar-benar akrab aja πŸ˜€ .

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari saling berkirim hadiah.

BTW, berbicara tentang saling berkirim kado atau hadiah, ternyata dalam ajaran agama saya (Islam) hal ini sangat dianjurkan, lho. Berikut adalah beberapa hadist yang mengingatkan pentingnya saling memberi hadiah:

β€œAisyah bercerita, β€˜Rasulullah SAW biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.’” (HR. Bukhari)

β€œHendaknya kalian saling memberi, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari)

β€œWahai para wanita muslimah, tetaplah memberi hadiah kepada tetangga walau hanya kaki kambing yang diberi.” (HR. Bukhari)

β€œSaling menghadiahilah kalian karena sesungguhnya hadiah itu akan mencabut atau menghilangkan kedengkian.” (HR. Ibnu Mandah)

β€œAndaikata aku diundang untuk menyantap makanan (yang berupa) bagian hasta atau bagian di bawah tumit, niscaya aku penuhi undangan itu. Dan andaikata aku dihadiahi hal yang sama juga niscaya aku menerimanya.” (HR. Al-Bukhari).

SenengnyaΒ dapat kiriman hadiah dari sahabat πŸ™‚ .

Begitulah teman-teman, betapa saling memberi hadiah merupakan salah satu perbuatan yang sangat dianjurkan. Mungkin, karena manfaatnya ternyata besar sekali ya. Saya pribadi sih merasa aktivitas saling mengirim kado dengan teman-teman saya tuh membawa manfaat sebagai berikut:

  • Merekatkan hubungan

Walaupun terpisah jarak, namun saya masih merasa dekat dengan teman-teman saya itu. Apalagi zaman sekarang kan teknologi seolah memendekkan jarak, sehingga kalau saya pulang ke Surabaya tuh rasanya seperti hampir enggak pernah berpisah karena masih sering kontak-kontakan dan saling berkirim hadiah.

  • Merasa disayangi/ dicintai

Merasa bersyukur punya teman-teman yang baik, sehingga merasa hidup tuh merasa disayangi/ dicintai oleh banyak orang. Hal ini menurut saya mampu menjauhkan saya pribadi dari isu seperti mental health atau apalah, karena merasa masih punya sahabat yang peduli kepada saya.

  • Media promosi

Tak bisa dipungkiri, kadang ada teman yang nyambi jadi online seller mengirimi saya barang dagangannya. Sebagai ucapan terima kasih, kadang saya foto dan upload ke media sosial. Zaman saya masih jualan online dulu juga sering dapat promosi gratis pula dari teman-teman saya. Saling menguntungkan hehe.

  • Decluttering barang

Kebetulan di rumah ada beberapa barang yang asalnya dari hadiah atau merchandise/ goodiebag gitu yang jarang dipakai atau bahkan tidak pernah saya pakai sama sekali. Kadang saya tawarkan barang-barang tersebut di grup WhatsApp barangkali ada yang mau mengadopsinya. Lumayan juga buat saya ngurang-ngurangin barang di rumah, sementara penerimanya bisa punya barang yang dibutuhkannya itu.

Kalau teman-teman pernah saling berkirim hadiah juga kah? Manfaat a[a yang teman-teman rasakan? Share di kolom komentar yaaa πŸ™‚ .

Tentang promo Harbokir dari JNE

Oh iya, hampir lupa, tadi saya sempat menyinggung mengenai Harbokir dari JNE kan? Nah, teman-teman bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk saling berkirim hadiah kepada saudara atau sahabat yang tinggalnya agak berjauhan di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri, lho.

FYI, Harbokir ini akan digelar selama dua hari, yakni tanggal 26-27 November 2021. Harbokir ini bukan promo baru JNE, melainkan memang kerap hadir setiap tahun dalam rangka peringatan hari ulang tahun JNE. Tahun ini JNE merayakan ulang tahunnya ke-31, makanya jangan heran kalau di kantor JNE tempat kita ngirim paket atau mobil-mobil JNE ada tulisan angka 31 πŸ˜€ .

Memperingati hari ulang tahunnya ke-31 JNE bikin promo Harbokir.

Apalagi buat teman-teman yang berprofesi sebagai online sellerΒ yang seringΒ kirim paket, kayaknya promo Harbokir ini sangat cocok sekali deh buat kalian manfaatkan. Namun, ada syarat dan ketentuannya, yakni teman-temanΒ sebaiknya bergabung dahulu menjadi member JNE Loyalty Card (JLC).Β Dengan menjadi anggota JLC, nanti teman-teman akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Dapat free ongkir yang bisa digunakan pada kiriman dengan layanan Reguler dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama, serta antar kota dalam satu provinsi.
  • 31 member JLC yang beruntung akan mendapatkan subsidi ongkir sebagai dukungan untuk sociocommerce.
  • Tersedia pula double point untuk seluruh member untuk pengiriman tanggal 26 – 30 November 2021.
  • Berkesempatan ikutan lomba pantun testimoni di website JLC dan www,jne.co.id dan bisa dapat paket bundling penukaran poin dengan Buku Bahagia Bersama dan voucher ongkir yang dimulai pada tanggal 11 November 2021 (selama stok tersedia).
  • Tersedia flash sale berupa penukaran 31 poin dengan voucher ongkir senilai Rp. 30.000,00 dan penukaran poin dengan harga khusus untuk produk Modem Orbit yang akan dimulai pada 26 November 2021 (periode terbatas, selama stok tersedia).

Waaahh, banyak ya keuntungan jadi member JLC?

Buat teman-teman online seller atau yang sering banget kirim paket via JNE, sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan ini deh.Yuk-yuk kirim-kirim paket ke pelanggan atau kirim hadiah ke saudara atau sahabat dengan memanfaatkan promo Harbokir dari JNE ini. Catat sekali lagi ya tanggalnya, yakni 26-27 November 2021. Jangan sampai kelewataaan! πŸ™‚

April Hamsa