Tips & Opinion Travelling Tips

Mau Sewa Mobil Travel untuk Liburan Keluarga? Yuk, Simak Tips Ini Dulu

Kemarin kayaknya dirimu pergi ke Yogya sama keluarga besar ya? Itu naik mobil sendiri atau sewa mobil travel ramai-ramai gitu sih?” Tanya saya ke seorang teman yang sepertinya baru saja pulang dari liburan. “Oh, yang bulan lalu, itu aku sewa mobil travel,” jawabnya. “Sewa mobil travel di manai? Trus, gimana sih caranya sewa mobil travel gitu, mau cari yang nyaman juga nih biar enggak zonk, soalnya rencana mau bawa orang tua juga?” Tanya saya lagi. Teman saya kemudian menjelaskan bagaimana cara dan tips untuk sewa mobil travel supaya dapat kendaraan yang nyaman untuk liburan sekeluarga.

Ngobrolin tentang liburan sekeluarga, saya memang ada rencana kepengen liburan bersama keluarga kecil saya plus ngajakin orang tua. Rencananya sih perjalanannya dimulai dari Jakarta ke Yogyakarta. Cuma, tiket pesawat kan sekarang lumayan ya, apalagi kalau perginya berombongan? Makanya, kali ini, rencananya kepengen lewat jalur darat saja.

Sewa mobil travel salah satu alternatif untuk traveling bersama keluarga.

Masalahnya, saya enggak memiliki kendaraan roda empat yang bisa dipakai untuk melakukan perjalanan tersebut. Lagipula, saya maupun suami juga buta jalan, sehingga kayaknya enggak bisa deh kalau harus berkendara sendiri menuju destinasi liburan kami, haha. Makanya, akhirnya saya putuskan mau sewa mobil travel aja.

Awalnya, saya pikir sewa mobil travel gampang aja gitu. Tinggal menghubungi rental mobil yang menyediakan pilihan kendaraan yang disewakan buat perjalanan jauh. Ternyata, saya yang baru kali ini mau nyewa mobil jadi keder sendiri. Bingung, enaknya sewa mobil travel di mana, bingung juga mobil apa yang nyaman, trus sebaiknya pakai driver atau lepas kunci, trus menyediakan budget berapa kalau pulang pergi, dll. Tapi, syukurlah kegalauan saya teratasi, ketika teman saya itu sharing pengalamannya sewa mobil travel. BTW, teman saya itu cerita kalau sewa mobilnya di Traveloka. Owalah, saya baru tahu lho, ternyata di Traveloka tersedia sewa mobil travel juga to…

Tak ketinggalan, teman saya itu juga ngasi beberapa tips kepada saya untuk urusan sewa-menyewa mobil buat liburan sekeluarga ini. Menurutnya, kalau mau sewa mobil buat traveling tuh sebaiknya begini lho:

  • Sewa di rental yang terpercaya

Yup, penting banget buat memutuskan di mana kita bisa menyewa mobil untuk melakukan perjalanan. Caranya bisa dengan bertanya kepada teman atau googling mencari tahu di mana rental mobil yang terpercaya. Biasanya di beberapa forum traveling ada aja sih yang merekomendasikan sebaiknya sewa mobil travel di mana.

Soalnya ada juga sih, cerita-cerita kurang mengenakkan gitu soal sewa mobil. Ada yang rentalnya suka tiba-tiba ngecharge biaya tambahan yang enggak masuk akal dll. Pokoknya jangan sampai kita ketipu seperti itu. Maka, penting sekali mencari tahu di mana rental mobil travel yang terpercaya. Bila perlu kita minta rekomendasi dari kenalan atau teman yang pernah sewa mobil travel sebelumnya.

Kebetulan, teman saya merekomendasikan Traveloka sih, seperti yang saya bilang sebelumnya. Jadi, kayaknya nanti saya juga mau pakai Traveloka juga.

  • Usahakan sewa mobil dari jauh-jauh hari

Ini berkaitan dengan rencana perjalanan kita kapan. Kalau misalnya mau melakukan perjalanan pada saat musim liburan, maka sebaiknya sewa mobilnya ya dari jauh-jauh hari, jangan mepet-mepet. Minimal dua atau tiga minggu sebelumnya lha. Khawatirnya kalau terlalu mepet sama waktu perjalanan kita, ntar keabisan mobil yang diinginkan atau bahkan enggak dapat mobil sama sekali.

  • Tentukan mau sewa mobil dengan driver atau lepas kunci

Sebenarnya, kalau pilihan saya udah jelas sih, sesuai kondisi rencananya mau sewa mobil travel pakai driver. Namun, teman saya juga menjelaskan bahwa sewa mobil pakai driver tuh punya beberapa kelemahan, seperti: biaya sewa lebih mahal, ada biaya tambahan menanggung makan dan penginapan driver, dll. Namun, enaknya kalau pakai driver tuh kita enggak perlu capek nyetir dan driver biasanya udah berpengalaman dengan rute liburan kita.

Sedangkan, kalau lepas kunci juga ada kelebihan dan kelemahannya sih. Kelemahannya, antara lain kalau kita enggak tahu rute perjalanan. Lalu, kita juga kudu menyiapkan fisik/ stamina karena harus nyetir sendiri. Belum lagi, ada risiko kalau mobil misalnya nyerempet atau kenapa-kenapa gitu, yang mengakibatkan timbulnya biaya perbaikan, dll yang mungkin enggak kita duga. Cuma, enaknya, kalau lepas kunci tuh kita bebas enggak ada tambahan biaya nanggung driver.

Yaaa, gitu deh, kira-kira kata teman saya. Masing-masing ada kelebihan dan kelemahannya. Tinggal menyesuaikan aja dengan kebutuhan.

  • Pilih mobil sesuai kebutuhan

Kalau sama keluarga besar, teman saya sih merekomendasikan mobil jenis elf. Namun, kalau cuma sedikit orang pakai mini bus juga udah oke kok. Lagi-lagi, kembali ke kebutuhan plus cari mobil yang nyaman. Apalagi kalau perjalanannya jauh, bawa anak-anak dan orang sepuh pula.

Kalau saya sih kayaknya mau sewa mobil yang mini bus saja. Soalnya cuma bawa rombongan sedikit. Hanya keluarga kecil saya plus tambahan dua kakek nenek. Kalau jumlah anggota keluarga yang mau ikutan liburan lebih banyak, saran teman saya sih, sebaiknya sekalian sewa elf. Bagasi buat bawa tas-tas baju dll juga lebih legaan kalau pakai mobil jenis elf.

  • Tanyakan segala hal tentang pembayaran sewa mobil

Hal ini juga sangat penting. Tata cara pembayaran sewa mobil yang mau kita pakai untuk traveling hendaknya clear di awal. Pertama kita harus tahu pasti berapa harga sewa kendaraan tersebut. Trus, sebaiknya jangan lupa bertanya, kalau untuk melakukan perjalanan sekitar sekian waktu berapa harga pastinya. Tanyakan pula biaya tersebut meliputi apa saja, apakah hanya sewa kendaraannya saja atau kalau misalnya pakai driver apakah sudah termasuk bensin dll. Intinya, segala hal tentang pembayaran sewa mobil travel harus clear di awal. Termasuk apabila ada biaya-biaya tambahan gitu deh.

  • Tanyakan kondisi mobil yang akan disewa

Sebelum menggunakan mobil sewaan untuk traveling sebaiknya tanyakan dulu mengenai kondisi dan fasilitas mobil tersebut. Hal ini, kembali lagi, berkaitan dengan kenyamanan penumpang (apalagi kalau ada anak kecil dan orang lanjut usia kaaann). Kalau misalnya ada kekurangan di mobil tersebut dan kita enggak sreg, kita bisa meminta layanan sewa mobil buat memperbaikinya atau bila perlu kita bisa minta ganti mobil lain.

  • Tanyakan fasilitas yang kita dapat dari sewa mobil

Jangan lupa pula untuk menanyakan fasilitas yang kita dapat dari sewa mobil. Misalnya, kalau sewanya pakai driver, apakah harga yang kita bayarkan udah termasuk bensin, masih harus nanggung makan dan penginapa driver atau enggak, dll. Dapatkan penjelasan yang detail untuk menghindari kesalahpahaman.

Nah, itulah teman-teman beberapa saran dan tips untuk sewa mobil travel yang direkomendasikan oleh teman saya yang berpengalaman sewa mobil. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin sewa mobil travel untuk melakukan perjalanan dan liburan keluarga kayak saya yaaa.

April Hamsa

27 Comments

  1. jawalabs 8 September, 2019
  2. Dare Mecin 9 September, 2019
  3. Erfano 9 September, 2019
  4. Nuniek KR 9 September, 2019
    • Vivi 11 September, 2019
  5. Devi 9 September, 2019
  6. Nurul Rahma 9 September, 2019
  7. Puput 9 September, 2019
  8. Djangkaru Bumi 10 September, 2019
  9. Anton Ciptady 10 September, 2019
  10. Dian Restu Agustina 10 September, 2019
  11. Kartika 10 September, 2019
  12. Desy Yusnita 11 September, 2019
  13. Icha Marina Elliza 11 September, 2019
  14. Bambang Irwanto 11 September, 2019
  15. Mayuf 11 September, 2019
  16. Sapti nurul hidayati 11 September, 2019
  17. Dyah Ummu AuRa 11 September, 2019
  18. Belgie 11 September, 2019
  19. pringadi 11 September, 2019
  20. Nurhilmiyah 11 September, 2019
  21. dhenok 11 September, 2019
  22. Annisa 11 September, 2019
  23. Rachmanita 11 September, 2019
  24. Desi Namora 11 September, 2019
  25. Bunda Sugi 11 September, 2019
  26. Ilham Sadli 11 September, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!