Arisan Blogger

Chintya Napitupulu, Blogger Muda yang Peduli Pada Penyintas Korban Kekerasan Seksual

Beberapa hari terakhir, di timeline media sosial ramai memperbincangkan Mini Giveaway (GA) dengan tema #MulaiBicara Kekerasan Seksual di Kendaraan Umum. Mini GA ini diselenggarakan oleh seorang blogger bernama Chintya Napitupulu. Tema Mini GA tersebut tidak lepas dari aktivitas Chintya Napitupulu atau lebih akrab dikenal dengan nama Tya Napitupulu sebagai relawan di Yayasan Lentera Sintas Indonesia, yakni sebuah yayasan (yang dulunya merupakan suatu komunitas) bagi penyintas kekerasan seksual.

Chintya Napitupulu saat mengikuti International Conference on Feminism.

Selain aktif sebagai relawan, Chintya Napitulu yang masih berstatus mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) ini juga aktif menjadi Sahabat Jurnal Perempuan. Jurnal Perempuan adalah jurnal publikasi ilmiah yang banyak menginformasikan mengenai isu-isu perempuan. Sebagai Sahabat Jurnal Perempuan, Chintya Napitupulu mendapat ruang untuk menulis, berdiskusi, serta mempublikasikan mengenai persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan.

Baca juga: Enry Mazni, Perekam Medis yang Gemar Travelling.

Chintya Napitulu yang lahir di Jakarta tanggal 4 September 1996 ini memang suka menulis sejak masih kecil. Bahkan Chintya Napitupulu sudah memiliki blog sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas tiga. Saat itu, buat sulung dari dua bersaudara ini, blog merupakan tempat untuk mengekspresikan apa yang sedang dipikirkannya. Isi blognya masih tak jauh-jauh dari curhatan tentang pribadi dan aktivitas kesehariannya.

“Saya udah suka ngeblog dari remaja, seingat saya sejak kelas tiga SMP. Memang, saya suka menulis. Membuat blog adalah sarana saya untuk memublikasikan tulisan saya. Tulisan saya bukan tulisan berbobot waktu itu. Isi blog saya dulu curhatan semua. Saya belum produktif ngeblog saat itu. Saya ngeblog kalo lagi mood aja, maka itu, blog saya jarang update. Saya juga sering gonta-ganti blog, tapi sejauh ini, saya baru coba blogspot dan wordpress. Alasan gonta-ganti blog, sih, karena saya lupa password.” (Chintya Napitupulu).

Lain dulu, lain sekarang. Kini, Chintya Napitupulu mulai ngeblog lagi dengan lebih serius. Chintya Napitupulu yang wira-wiri Depok-Bekasi ini terinspirasi sebuah artikel di majalah yang menulis bahwa blog bisa dimonetisasi. Artikel itu memperkenalkan Chintya Napitupulu kepada nama-nama blogger terkenal seperti Andra Alodita dan juga komunitas-komunitas blogger seperti Blogger Perempuan. Pengetahuan baru mengenai blog itu membuat Chintya Napitupulu kembali semangat untuk aktif menulis di blog. Bahkan, kali ini blognya sudah berbentuk Top Level Domain (TLD) dengan nama www.tyanapit.com.

Penampilan blog milik Chintya Napitupulu.

www.tyanapit.com yang baru lahir pada Mei 2016 ini memiliki Niche Lifestyle. Melalui blog ini, Chintya Napitupulu ingin banyak membagikan hal-hal yang diyakini dan tengah diperjuangkannya. Tentu saja tidak jauh-jauh dari isu-isu perempuan, kampanye anti kekerasan seksual dan isu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang kebanyakan korbannya adalah perempuan.

Selain ngeblog, Chintya Napitupulu juga suka menulis di beberapa platform menulis seperti:

  • Archive of Our Own (AO3), dengan nama pena “AkuSukaMenulis.”
  • Fanfiction.net, dengan nama pena “haruhi Tya”.
  • Qureta, dengan nama pena “Tya Napitupulu”.
  • Kompasiana, dengan nama pena “Tya Napitupulu”

Keseriusan Chintya Napitupulu dalam ngeblog ditunjukkan oleh prestasinya menjadi juara kedua lomba yang diadakan oleh Blogger Perempuan dan In Harmony Clinic beberapa waktu lalu. Prestasi ini membuat Chintya Napitupulu makin bersemangat mengisi blognya. Bahkan, saat ini dia tengah menggelar Mini GA yang temanya sudah saya sebut di awal tulisan mengenai profilnya ini.

Baca juga: Myra Anastasia, Blogger Parenting yang Suka Jalan-jalan.

Teman-teman tertarik mengikuti Mini GA yang diselenggarakan oleh Chintya Napitupulu ini? Yuk, segera menuju blognya  www.tyanapit.com. untuk mengetahui syarat dan ketentuan mengikuti Mini GA-nya! Catat di agenda ya, dateline-nya tanggal 30 November 2016!

Kalau mau sharing mengenai isu-isu perempuan dengan Chintya Napitupulu, teman-teman juga bisa berkenalan dengan blogger muda ini melalui media sosialnya:

  • Facebook/Twitter/Instagram: @tyanapit
  • Email : tya_napit@hotmail.com

Semoga terinspirasi dengan aktivitas Chintya Napitupulu dan bisa mengikuti jejaknya yang berani membicarakan isu-isu terkait dengan kehidupan perempuan, ya!

Depok, 19 Oktober 2016

April Hamsa

10 Comments

  1. Chintya 21 Oktober, 2016
  2. Nia K. Haryanto 21 Oktober, 2016
  3. Khoirur Rohmah 21 Oktober, 2016
  4. Rach Alida Bahaweres 21 Oktober, 2016
  5. Prima Hapsari 21 Oktober, 2016
  6. Arni 21 Oktober, 2016
  7. lianny hendrawati 21 Oktober, 2016
  8. Nurul Fitri Fatkhani 22 Oktober, 2016
  9. Ety Budiharjo 22 Oktober, 2016
  10. tutyqueen 23 Oktober, 2016

Leave a Reply

Instagram