Berkenalan dengan Pemilik Dunia Biza

Saat pertama kali main ke blog dengan nama domain Dunia Biza, pada awalnya saya mengira itu semacam motto penulisnya, yakni di dunia ini kita bisa bisa kok mencapai segala sesuati jika bekerja keras. Awalnya, saya kira kata “bisa” sengaja ditulis “biza” supaya unik dan berbeda. Ternyata saya salah, besar. Hahaha, jadi malu. Ternyata, menurut Ira Guslina Sufa, si pemilik blog, “biza” adalah akronim nama kedua buah hatinya, Bintang dan Azizah.

Blog Dunia Biza.

Penasaran dengan Ira Guslina Sufa dan blognya www.duniabiza.com? Yuk, kita sama-sama berkenalan! Ira Guslina Sufa, akrab dikenal dengan Ira Guslina saja, atau kalau mau lebih singkat lagi cukup panggil namanya, Ira. Perempuan berjilbab yang juga stay at home mom ini ini mengaku baru sekitar lima bulanan wira-wiri di jagat perbloggeran. Meski demikian, perempuan berdarah Minang ini sebenarnya sudah lama ngeblog. Blog pertamanya dibuat tahun 2009 namun tidak aktif diupdate seperti blog yang sekarang. Ibu dua anak juga sebenarnya tidak asing dengan dunia kepenulisan karena saat kuliah pernah aktif di pers mahasiswa.

Ira Guslina Sufa pemilik Blog Dunia Biza.

Oh iya, sebelum menjadi stay at home mom seperti sekarang ini, sebenarnya Ira Guslina adalah seorang working mom. Perempuan yang berkuliah di salah satu universitas di Pekanbaru, Riau ini memang sangat aktif sejak dulu. Saat kuliah pernah ikut penelitian kebudayaan, dan pernah satu tim dengan peneliti Belanda. Lalu, sekitar tahun 2003-2007 Ira Guslina belajar banyak tentang kehidupan karena beberapa kali harus menginap di kampung-kampung, berkorespondensi dengan Suku Sakai, Suku Talang Mamak, yang merupakan penduduk tempatan Melayu.

Kemudian pada tahun 2008 sembari melanjutkan kerja sosial dan budaya, terlibat dalam kelompok kerjasama ekonomi tiga negara yang lebih dikenal dengan IMT-GT (Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle) yang melibatkan KADIN, pemerintah, dan dunia usaha dari ketiga negara. Keaktifannya itu membuat Ira Guslina mulai rajin bolak-balik Jakarta dan mulai berkesempatan pergi ke luar negeri gratis. Lalu, pada tahun 2010 Ira Guslina memutuskan menetap di Jakarta.

Sekitar September 2015, setelah melahirkan anak kedua, dilema datang kepada Ira Guslina. Antara memilih tetap bekerja atau menjadi stay at home mom. Pada akhirnya Ira Guslina memilih resign. Meskipun telah resign, ternyata Ira Guslina tidak ingin bakat menulisnya sia-sia begitu saja. Ira Guslina pun menjajal dunia freelance writer dan blogger. Hasilnya, banyak job mengalir untuknya. Bahkan tahun 2016 ini Ira Guslina menetapkannya sebagai Tahun Menulis bagi dirinya. Resolusi terbesar tahun ini adalah menerbitkan sebuah novel solo. Beruntung bagi perempuan berkacamata ini, suaminya sangat mendukung keputusannya untuk menjadi freelance writer dan blogger.

Ira Guslina dengan blog barunya yang bernama Dunia Biza ini, ternyata juga sudah memiliki banyak prestasi, antara lain:

  • Juara 3 kompetisi blog #BeliyangBaik (Oktober 2015).
  • Juara 2 lomba tulis cerpen #SafetyFirst Astra (November 2015).
  • Juara I lomba blog Sun Anugerah Caraka 2015 (Desember 2015).
  • Juara 3 kompetisi blog #CintaKRL Commuter Line (Desember 2015).
  • Pemenang favorit Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan (Januari 2016).
  • Pemenang harapan Lomba Blog Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Februari 2016).
  • Juara 2 Lomba Blog, Edukasi Online dalam Membangun Karakter Bangsa, IndonesiaX (Februari 2016).
  • Delapan besar lomba Blog Wonderful Sriwijaya (Maret 2016).
  • Pemenang favorit Lomba Blog I Am Hope The Movie (Maret 2016).
  • Juara 1 Lomba Blog Hilangnya Maryam (maret 2016).

Wah, ternyata cukup banyak bukan, untuk ukuran blog yang belum setahun umurnya ini? Ira Guslina memang rajin mencari dan membagi informasi lomba blog, di sela-sela kegiatannya mengurus kedua anaknya dan menjadi freelance writer. Tak hanya membagi dan mendokumentasikan informasi tentang lomba blog, namun juga aktif mengikuti lomba-lomba tersebut. Meski demikian, Ira Guslina tidak memaksakan diri untuk harus mengikuti semua lomba yang ada di listnya. Bagi perempuan manis berkacamata ini, prioritas paling utama adalah keluarganya. Wah, keren, bukan prinsipnya?

Kepengen tahu tips bagaimana tetap bisa beprestasi meskipun sibuk mengurus keluarga? Yuk berkenalan lebih lanjut sama Ira Guslina. Caranya kunjungi saja blog dan media sosial Ira Guslina disini:

  • Blog: www.duniabiza.com
  • Twitter: @duniabiza
  • Facebook: Ira Guslina
  • Email: duniabiza@gmail.com

Selamat berkenalan dengan Ira Guslina dan gali tips menulis sebanyak mungkin darinya, ya? 🙂

Depok, 14 April 2016

Aprillia Ekasari

 

Keterangan foto: dokumen pribadi Ira Guslina.

14 Comments

  1. Yasinta

    Saya termasuk yang sering mantengin dan baca blog nya mba Ira, emaang asik dan ga membosankan dari cara bahasanya hihi

  2. ira guslina

    hai Mba April,.. Iya sebenarnya tebakan mba April benar. Sengaja diberi BiZa itu merujuk akronim nama Bintang dan Azizah sekalian dimaksudkan sebagai dunia bisa… Biar energinya positif.. hihi… padahal kan bisa aja DuniaBiAza… 🙂

    Makasih ya mba ulasannya. Saya justru banyak terinspirasi dan belajar dari teman2 semua. termasuk dari Mba April..

  3. RohmaFAzha05

    hehee keren banget mbak Ira..
    berlimpah prestasi namun juga memberikan banyak informasi tentang lomba hhheee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *