Beauty and Make Up Blogger Reporter Book Book Buku Solusi Sehat dan Cantik Events Health Tips Ibu Hamil & Menyusui Berhak tampil Cantik Kulit Terawat Anak Sehat Launching buku Solusi Sehat dan cantik dr. Tina Review & Contest SpKK

Buku Serial Solusi Sehat dan Cantik oleh Dr. Tina, SpKK, Solusi Kesehatan Kulit Ibu dan Anak

Ibu hamil enggak boleh pakai skincare, ntar bahaya buat janinnya.” Kira-kira pernyataan itu fakta atau mitos, hayyooo? Ternyata, jawabannyaaa… bisa teman-teman temukan dalam buku serial Solusi Sehat dan Cantik yang ditulis oleh dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV (dr Tina, SpKK), seorang dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Utama Sakti Medika, Tebet, Jakarta Selatan.

Yeeess, jadi postingan kali ini saya tulis khusus buat teman-teman yang sedang hamil, serta untuk ibu menyusui yang sedang happy-happynya merawat bayinya yang lucu 😀 .

Seperti pertanyaan yang saya tulis tadi, biasanya ibu hamil dan menyusui memiliki kekhawatiran kalau produk skincare yang dipakainya akan mempengaruhi janin/ bayinya, sehingga seringnya mereka berhenti merawat kulit. Terus terang, saya dulu juga begitu, karena kurang pengetahuan. Huhu 🙁 .

Buku serial Solusi Sehat dan Cantik, solusi untuk kesehatan kulit ibu hamil dan menyusui.

Soalnya merasa khawatir kan, kalau produk yang saya pakai memberi efek negatif untuk bayi saya. Yawda, akhirnya saya stop skincarean. Akibatnya, duh, kulit wajah saya jadi menghitam dan kusam. Bahkan, jerawat juga bermunculan.

Nah, ternyata, menurut dr. Tina, SpKK dalam bukunya Solusi Sehat dan Cantik yang mau saya perkenalkan ke teman-teman ini, justru sebaliknya, lho. Baik ibu hamil maupun ibu menyusui tuh berhak tetap tampil cantik.

Caranya gimana? Ya dengan tetap rajin merawat kulit, seperti sebelum hamil dan menyusui. Tentu saja, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh para ibu hamil dan menyusui ketika merawat kulit. Teman-teman bisa menemukannya juga di buku Solusi Sehat dan Cantik yang ditulis oleh dr. Tina, SpKK ini.

Acara launching buku dan talkshow Solusi Sehat dan Cantik

FYI, buku serial Solusi Sehat dan Cantik karya dr. Tina, SpKK ini baru saja di-launching tanggal 14 Januari 2023 lalu di Soehana Hall. The Energy Building SCBD, Jakarta Selatan. Ada dua buku yang diperkenalkan, yakni “Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik” dan “Kulit Terawat Anak Sehat”.

Kedua buku tersebut sudah bisa teman-teman dapatkan di toko-toko buku, baik offline maupun online, seperti Gramedia, www.gramedia.com, Shopee Harian Kompas, Tokopedia Harian Kompas, dll. Selain, itu, buku-buku tersebut juga tersedia di Klinik Utama Sakti Medika.

Saya saat menghadiri launching buku dr. Tina, SpKK.

Buku yang sarat ilmu dan informasi mengenai kesehatan, khususnya kesehatan kulit ini, harganya cukup terjangkau. Untuk buku “Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik” harganya Rp. 189.000,-00, sedangkan buku “Kulit Terawat Anak Sehat” dibandrol Rp. 159.000,-00.

Dalam acara launching buku tersebut, dr. Tina, SpKK menceritakan latar belakang mengapa dirinya tertarik mempelajari tentang kesehatan kulit. Kata dr. Tina, SpKK, ketika kecil hingga remaja dahulu kulitnya sangat sensitif dan sering bermasalah. Sering bolak-balik ke dokter juga untuk berobat masalah kulit.

Hal itulah yang kemudian membuat dr. Tina SpKK ingin menjadi dokter yang mempelajari kesehatan kulit. Tujuannya supaya bisa membantu orang lain yang mungkin struggle tentang kulitnya juga.

Setelah berpraktik menjadi dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Tina, SpKK juga menemukan bahwa di tengah masyarakat kita, banyak sekali mitos turun-temurun seputar kulit. Mitos-mitos ini tentu saja makin menambah masalah dalam hal kesehatan kulit.

Dr. Tina, SpKK dan suami melaunching secara resmi kedua bukunya.

Itulah sebabnya, dr. Tina, SpKK kemudian memiliki ide alangkah bagusnya kalau ada informasi mengenai kesehatan kulit dan kelamin dalam bentuk tulisan yang mudah diakses oleh masyarakat, dengan bahasa yang mudah dipahami, supaya bisa menepis mitos-mitos yang sudah ada. Dengan begitu, masyarakat akan mendapatkan edukasi yang sesuai dengan fakta-fakta berdasarkan ilmu kesehatan kulit yang ilmiah.

Tulisan yang dimaksud oleh dr. Tina, SpKK, tak lain adalah dalam bentuk buku. Dr. Tina, SpKK mengatakan bahwa dirinya terinspirasi oleh amarhum kedua orang tuanya. Ayahnya seorang dosen dan penulis yang membuat buku materi ajar untuk mahasiswa, sedangkan sang ibu yang seorang guru pernah mengatakan bahwa dengan menulis, maka ilmu yang akan dimiliki juga akan bertambah. Dr. Tina, SpKK juga terinspirasi oleh dosen-dosennya selama menempuh pendidikan kedokteran, tentang bagaimana bisa menulis dengan baik dan benar.

Mereka merupakan teladan bagi saya dalam menulis buku serial Solusi Sehat dan Cantik ini,” kata dr. Tina, SpKK.

Dr. Tina, SpKK saat membacakan sekilas isi bukunya.

Akhirnya, dengan bantuan tim penulis dan editor, lahirlah buku serial Solusi Sehat dan Cantik. Buku tersebut diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.

Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin, bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit,” jelas dr. Tina, SpKK yang sudah berkecimpung di dunia kesehatan selama 26 tahun itu.

Saat ini ada dua buku yang judulnya saya sebutkan tadi. Namun, sepertinya dr. Tina, SpKK akan melengkapi seri bukunya dengan judul-judul lain yang masih berkaitan dengan kesehatan kulit dan kelamin di masa mendatang.

Talkshow bersama dr. Tiwi, SpA dan Caca Tengker.

Pada launching bukunya hari itu, dr. Tina, SpKK juga membacakan sedikit isi bukunya. Khususnya di bab yang membahas bahwa ibu hamil dan menyusui berhak tampil cantik, seperti sedia kala.

Dr. Tina SpKK juga memberitahu bahwa memang terjadi banyak perubahan pada fisik dan kulit ibu hamil maupun menyusui, karena hormonal, namun sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir. Dengan perawatan kulit yang rutin dan tepat, maka pada umumnya kulit ibu akan bisa kembali seperti semula.

Dalam kesempatan launching buku itu pula, ada talkshow yang membahas seputar kesehatan kulit. Selain dr. Tina SpKK, hadir pula dokter Spesialis Kesehatan Anak yakni dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS (dr. Tiwi, SpA) dan mominfluencer Caca Tengker (Caca).

Memperkenalkan kedua bukunya.

Talkshow tersebut mengangkat tentang kekhawatiran ibu-ibu menyusui mengenai bayinya yang mengalami ruam di pipi. Biasanya jika hal tersebut terjadi, ibu menyusui jadi galau, apakah harus menghentikan pemberian Air Susu Ibu (ASI) atau bagaimana.

Baik, dr. Tina SpKK, maupun dr. Tiwi, SpA tentu saja tidak menyetujui hal tersebut. Soalnya, bagaimanapun untuk bayi di bawah usia 6 bulan, sebaiknya ya terus konsumsi ASI yang sangat bagus untuk imunitas dan pertumbuhan si bayi. Untuk problem kulit bayinya sebaiknya dicari pastinya, bisa jadi itu bukan dari makanan, bisa juga karena faktor-faktor lain.

Caca Tengker juga sharing mengenai kulit anaknya yang sensitif, sehingga menderita dermatitis atopik. Nah, menurut dr. Tina, SpKK dan dr. Tiwi, SpA yang terpenting adalah bagaimana merawat kulit bayi tersebut.

Penyerahan simbolis buku dari penerbit kepada dr. Tina, SpKK.

Tak lupa, dr. Tina, SpKK juga mengingatkan agar ibu hamil dan menyusui tetap melakukan perawatan kulit yang rutin dan menjalankan gaya hidup yang sehat, supaya selalu tampil cantik.

Semua sharing ketiga narasumber pada talkshow hari itu sudah dibahas juga oleh dr. Tina, SpKK melalu buku serial Solusi Sehat dan Cantik yang ditulisnya.

Review singkat buku serial Solusi Sehat dan Cantik

Penasaran enggak sih, apa saja yang dibahas di buku serial Solusi Sehat dan Cantik karya dr. Tina, SpKK?

Dua buku karya dr. Tina, SpKK yang terbit awal tahun ini.

Buat yang penasaran, saya coba bikin review singkatnya ya, sebagai berikut:

Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik

Profil buku:
  • Judul: Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik
  • Penulis: dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV
  • Penulis Pendamping: Diana Damayanti
  • Desain Sampul dan Tata Letak: Anastasia Janet Gunawan
  • Pengulas Desain: Elvira Megasari Saragih
  • Foto: Dok. Klinik Utama Sakti Medika dan koleksi dr. Tina, SpKK, Livia F. Gianni, Leonard A. Hety, iStock, Shutterstock, Freepik
  • Ilustrasi: Freepik, Flaticons
  • Penerbit: PT Kompas Media Nusantara
  • Tebal: 170 halaman ++
  • Terbit Tahun: 2023.
Ulasan buku:

Buku ini secara garis besar terdiri dari 9 bab yang membahas tentang kecantikan kulit ibu ketika sedang hamil hingga pasca persalinan. Bab-babnya menurut saya ditulis dengan runut. Dimulai dari penjelasan mengenai perubahan tubuh ibu hamil. Menurut saya pribadi hal ini sangat penting diketahui oleh para ibu, khususnya buat ibu yang baru pertama kali hamil supaya enggak kaget dengan perubahan fisik, terlebih lagi kulitnya.

Kemudian, di bab-bab berikutnya, dr. Tina SpKK menulis lebih spesifik mengenai kulit. Di antaranya juga ada membahas mitos dan fakta seputar kehamilan yang masih berhubungan dengan perawatan kulit. Dr. Tina, SpKK juga memperkenalkan berbagai gangguan kulit yang kemungkinan akan dialami selama masa kehamilan maupun pasca persalinan.

Daaan, yang paling penting, dalam buku ini pembaca akan mendapatkan banyak tips seputar perawatan kulit saat hamil hingga setelah melahirkan. Selain itu ada ekstra tips juga seputar kehamilan dan persalinan.

Menurut saya, buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik ini wajib dijadikan buku panduan oleh para ibu hamil dan menyusui, supaya tetap enggak ragu merawat kulit. Soalnya, kalau ibu hamil dan menyusui tetap tampil cantik, maka kemungkinan besar juga akan mengurangi stress yang dirasakan ketika menjadi ibu. Recommended, deh 🙂 .

Book signing.

Kulit Terawat Anak Sehat

Profil buku:
  • Judul: Kulit Terawat Anak Sehat
  • Penulis: dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV
  • Penulis Pendamping: Lies Setyarini
  • Desain Sampul dan Tata Letak: Amalia Paramita
  • Pengulas Desain: Femmy Carolina
  • Foto: Livia F. Gianni, Givanni S.N, Elvira M.S, Dhani Yudhiantoro, Shutterstock, iStock, dokumentasi pribadi
  • Ilustrasi: Deliana Yap, Freepik
  • Penerbit: PT Kompas Media Nusantara
  • Tebal: 170 halaman ++
  • Terbit Tahun: 2023.

 

Ulasan buku:

Seri buku yang ini lebih spesifik membahas kesehatan kulit anak, supaya bukan hanya ASI saja yang disalahkan, apabila anak mengalami ruam kemerahan di kulit pipinya 😀 .

Buku ini terdiri dari 6 bab yang diawali dengan berkenalan dengan kulit bayi, supaya orang dewasa paham kalau kulit bayi sangat berbeda dengan kulit orang dewasa. Kemudian, pada bab selanjutnya dr. Tina, SpKK menuliskan penyakit kulit apa saja yang kemungkinan bisa diderita oleh si kecil. Kemudian, langsung disambung dengan tips merawat kulit bayi dan anak.

Menurut saya, dengan memegang buku Kulit Terawat Anak Sehat ini, ibu-ibu tak perlu lagi merasa panik apabila anaknya, khususnya yang masih berusia bayi, mengalami iritasi. Semua dikupas tuntas oleh dr. Tina, SpKK melalui buku ini, begitu pula bagaimana cara penanganannya.

Dalam buku ini dr. Tina, SpKK juga membahas mengenai kosmetik buat bayi. Bagaimana penggunaannya yang tepat, ditulis lengkap juga di buku ini.

Dukungan untuk buku dr. Tina, SpKK.

Baik buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik, serta Kulit Terawat Anak Sehat, menurut saya sebaiknya dijadikan buku pegangan wajib ibu hamil dan menyusui, deh.

Tulisan dalam kedua buku tersebut sangat runut, mulai dari pengenalan kesehatan/ problem kulit, hingga solusinya. Tulisannya juga sangat mudah dipahami oleh orang awam seperti kita, makanya saya bilang tadi, cocok buat jadi pegangan ibu hamil dan menyusui. Buat yang enggak hamil dan udah enggak menyusui, juga bisa menjadikan kedua buku ini sebagai kado, lho.

Yaaa, jadi begitulah teman-teman informasi mengenai buku serial Solusi Sehat dan Cantik yang ditulis oleh dr. Tina, SpKK dan sedikit cerita tentang acara launching bukunya. Semoga bermanfaat yaaa, khususnya buat teman-teman, para ibu hamil dan menyusui yang sedang galau tentang masalah kulitnya 🙂 .

April Hamsa

One Response

  1. Aul Howler 20 Januari, 2023

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!