Collaborative Writing Random Thoughts

Enak dan Enggak Enaknya Bekerja Sesuai Hobi

Bekerja sesuai hobi? Hmmmm, selama ini tuh saya sering mendengar bahwa apabila seseorang bekerja sesuai hobi, maka kemungkinan suksesnya lebih besar. Alasannya karena bekerja sesuai hobi tuh sesuai dengan passion-nya. Misalnya, orang yang suka memasak bekerja jadi koki atau chef, orang yang suka menulis bekerja jadi content writer, dll.

Namun, benarkah bekerja sesuai hobi itu selamanya enak? Ternyata, saat saya “survey” kecil-kecilan ke beberapa orang teman, ada yang menjawab bahwa enggak selamanya lho bekerja sesuai hobi itu enak. “Lho kok bisa?” Bingung? Tenang-tenang, ntar saya beri tahu alasannya apa aja. Namun, supaya adil, dalam blogpost ini saya mau menjabarkan tentang dua hal, yakni enak dan enggak enaknya bekerja sesuai hobi.

Enaknya bekerja sesuai hobi

Enaknya bekerja sesuai hobi tuh, antara lain:

Lebih bahagia

Bekerja sesuai hobi biasanya membuat kita jadi lebih bahagia, sebab kita bekerja sesuai passion. Hal tersebut membuat kita bebas dari tekanan karena kita bisa dengan mudah melakukan pekerjaan tersebut. Bekerja sesuai hobi juga membuat kita bebas stress sebab kita senang melakukan pekerjaan tersebut. Bukannya mengerjakannya karena terpaksa.

Lebih fokus

Jika bekerja sesuai hobi, maka kita jadakani lebih fokus melakukan pekerjaan kita. Soalnya pasti kita ingin membuktikan kepada diri sendiri maupun orang lain bahwa kita bisa melakukan pekerjaan itu sebaik mungkin.

Memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain

Biasanya, bekerja sesuai hobi membuat kita memiliki kelebihan atau bisa dibilang spesialisasi yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Sebab, kita melakukan pekerjaan itu terus-menerus sepanjang waktu. Istilahnya, sambil merem pun kita bisa melakukannya. Enggak perlu diragukan lagi. Hal tersebut membuat kita memiliki kelebihan tersebut. Orang-orang bahkan bisa jadi akan mencari kita saat membutuhkan jasa/ bantuan dari pekerjaan yang kita lakukan sesuai hobi tersebut.

Bisa lebih mengeksplorasi kemampuan diri

Biasanya orang yang bekerja sesuai hobi akan lebih mengeksplorasi kemampuan dirinya. Sehingga, kemampuannya tersebut akan terus meningkat dan makin banyak pengalaman.

Enggak enaknya bekerja sesuai hobi

Sedangkan enggak enaknya bekerja sesuai hobi, antara lain:

Bosan

Memiliki pekerjaan dan hobi yang sama besar kemungkinan akan membuat kita bosan pada suatu waktu. Sebab, hanya aktivitas “itu-itu” aja yang kita lakukan.

Tidak punya pengalaman baru

Bekerja sesuai hobi juga membuat kita hampir enggak punya pengalaman baru. Sebab, pekerjaan tersebut bisa jadi enggak memberi kita kesempatan untuk melihat peluang atau mencoba hal-hal baru.

Pergaulan kurang luas

Selain pengalaman baru yang enggak pernah kita coba jika kita bekerja sesuai hobi, maka kita pun juga jarang ada kesempatan berkenalan dengan baru. Akibatnya lingkungan pergaulan kita jadi kurang luas.

Itulah teman-teman enak dan enggak enaknya bekerja sesuai hobi. Tentu saja itu semua pilihan ya? Semua pekerjaan, baik yang sesuai hobi atau enggak, pasti ada enak dan enggak enaknya. Tinggal pintar-pintarnya kita memanfaatkan kesempatan dan bersyukur. Setuju tidak? 😀

April Hamsa

Note: Tulisan ini adalah tanggapan atas artikel berjudul “Hobby yang Dibayar”  yang ditulis oleh Emak Diah Alsa

7 Comments

  1. Himawan Sant 11 April, 2018
  2. Mayuf 12 April, 2018
  3. Erwin Pratama 12 April, 2018
  4. Misu Pinku 12 April, 2018
  5. Anindita Ayu 12 April, 2018
  6. Ajeng Saraswati 13 April, 2018
  7. Elva Susanti 14 April, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!