Wuaaahh, tak terasa sekitar 50 harian lagi tahun akan berganti. Sepertinya, akhir tahun 2022 akan ada banyak orang yang memanfaatkannya untuk liburan akhir tahun. Yaaa, maklum, setelah dua tahun berturut-turut agak susah liburan karena wabah Covid-19, tahun ini sepertinya kondisi mulai membaik ya? Apalagi, jelang akhir tahun, anak-anak sekolah biasanya liburan semester, trus ada libur Natal dan tahun Baru juga. Tentu banyak orang yang enggak mau melewatkan kesempatan ini.

Saya pun rencananya akan liburan, eh, sebenarnya lebih tepatnya mudik, sih (insyaAllah). Setelah selama pandemi enggak pulang-pulang. Ngalah-ngalahin Abang Toyib, pokoknya ūüėõ .

Tahun baru sudah di depan mata. Mau liburan ke mana kita? Sumber gamnar: Pixabay.

Kali ini, masih berhubungan dengan bepergian atau liburan akhir tahun, izinkan saya untuk sharing tips mempersiapkan liburan akhir tahun yang tak lama lagi yaaa. BTW, sebenarnya sih, yang namanya liburan akhir tahun sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari, bahkan sejak awal tahun. Namun, yaaa, kadang ada saja kesibukan yang membuat perencanaannya tertunda atau malah ada yang baru tercetus ide untuk memanfaatkan liburan akhir tahun ini. Yawda enggak masalah, toh masih ada waktu sebulan lebih untuk merencanakannya bukan? ūüėÄ

Okey, langsung saja deh ya, berikut adalah beberapa tips mempersiapkan liburan akhir tahun supaya menyenangkan:

  • Tentukan destinasi liburan

Mau liburan ke mana nih? Di dalam negeri aja atau keluar negeri? Yang pasti kalau ke luar negeri persiapannya agak lebih ribet yaaa. Apalagi kalau berkunjung ke negara yang enggak bebas visa. Walaupun agak mefet, ya saat-saat sekarang inilah waktu yang tepat untuk mengurusnya.

Baca juga: Tips Pertama Kali Bepergian ke Luar Negeri

Setelah tahu ke mana akan berlibur, jangan lupa pula untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan. Itinerary ini tak sekadar untuk mengelist tempat-tempat wisata di lokasi liburan kita nanti, namun sangat bermanfaat untuk:

  • Memaksimalkan waktu selama liburan. Minimal kita enggak akan kebingungan, begitu sampai lokasi enaknya ngapain dan ke mana dulu ya? Soalnya kan kita udah punya rencana mau bepergian ke mana saja, sehingga waktu liburan kita yang singkat dan berharga enggak akan terbuang sia-sia.
  • Mencegah dari tindak penipuan. Yaaa, namanya juga bepergian ke tempat asing ya? Amit-amit, kalau sampai ketemu orang jahat yang tega menipu kita dengan menawari mengajak bepergian ke tempat yang enggak jelas. Nah, kalau sudah memiliki itinerary di tangan, itu artinya kan sebelumnya kita riset dulu. Kita jadi punya tujuan mau ke mana, tahu harus membayar berapa untuk ke sana, dll.
  • Dengan itinerary yang rapi, kita juga lebih mudah mengatur budget atau anggaran selama berlibur.

Itulah beberapa manfaat memiliki itinerary saat kita traveling.

  • Cari promo tiket

Sebelum pandemi, yang namanya tiket transportasi umum, khususnya pesawat, biasanya jadi melambung. Meski demikian, kalau cermat, biasanya ada aja info-info soal promo tiket. Nah, buat kita ((KITA)) yang mungkin anggaran liburannya terbatas, bisa memanfaatkan momen seperti ini, yakni berusaha mendapatkan promo tiket murah.

Di mana mendapatkan informasi promo tiket?

Biasanya infonya ada di website atau media sosial Online Travel Agents (OTA) atau dengan mengikuti grup-grup traveling di media sosial. Kalau teman-teman masih bingung caranya bisa meminta rekomendasi kepada teman yang sering bepergian, sehingga tahu kapan sih kira-kira ada promo di OTA.

  • Hitung anggaran liburan secara cermat

Pastikan kalau mau liburan akhir tahun enggak mengganggu anggaran untuk kebutuhan sehari-hari atau keperluan lainnya ya. Kalau liburan sebaiknya pakai dana yang memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Apalagi, kalau mau liburan ke luar negeri. Menabung sejak awal tahun kemarin akan lebih baik. Eh, kecuali memang pendapatan tiap bulan selalu surplus, sih, xixixi. Namun, tetap yaaa, intinya budget buat liburan tuh sebaiknya ‚Äúdana nganggur‚ÄĚ ūüėõ .

Ngobrolin soal anggaran, seperti yang saya singgung sebelumnya, ini tuh masih berhubungan dengan itinerary. Sejak dari rumah sebaiknya susun dan hitung anggaran selama liburan secara cermat sesuai panduan itinerary. Hal ini akan menghindarkan kita dari boncos-boncos yang enggak diperlukan selama perjalanan liburan nanti.

Pasti kita semua enggak mau kan, saat liburan bersenang-senang, begitu balik ke ‚Äúdunia nyata‚ÄĚ eh uang kita habis? Yaaa, bukannya apa-apa sih, khawatir ada keperluan lain. Kita liburan kan untuk bersenang-senang sejenak, jangan sampai pulang liburan malah stress mikirin duit yang enggak tersisa atau bahkan berutang demi menutupi anggaran liburan yang bengkak.

Huhu, moga enggak yaaa.

  • Siapkan kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi selama liburan

Sebenarnya, masih terkait anggaran yang ketat, sih. Namun, ini juga salah satu ikhtiar untuk memudahkan kita saat berada di lokasi liburan nanti. Kalau bisa sejak sebelum berangkat, kita sudah memastikan kebutuhan-kebutuhan seperti nanti di sana menginap di mana, berapa lama, trus kalau mau keliling di lokasi-lokasi wisatanya naik apa, apa mau sewa mobil atau mengandalkan transportasi umum aja, trus soal makan gimana, dll.

Ah iya, satu lagi nih yang zaman sekarang perlu teman-teman siapkan, yakni kebutuhan akan jaringan internet, khususnya buat yang memiliki rencana bepergian ke luar negeri. Teman-teman bisa membeli paket data atau menyewa modem untuk dipakai selama di luar negeri. Yeah, zaman now gitu lho, jaringan internet penting buat update status #eh. Eh, tapi serius penting, lho status di sosmed itu kadang penting juga buat mengabari orang rumah, klaau kita baik-baik aja selama traveling. Keberadaan jaringan internet juga penting untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kita selama di tempat asing. 

Baca juga: Pengalaman Pakai Modem WiFi IziRoam untuk Internetan saat Traveling ke Luar Negeri 

Kalau semua sudah dipersiapkan (baca: booking and planning) sebelum berangkat, insyaAllah saat di tempat tujuan kita tinggal menikmati liburan aja ūüėÄ .

  • Jangan lupa persiapan fisik dan mental

Iitinerary siap, transportasi, akomodasi dll juga udah fix, dana wuaahh insyaAllah berlebih. Namun, kalau jelang hari-H keberangkatan kitanya sakit ya buat apaaa. Malah gagal berangkat liburan akhir tahun, deh, huhu.

Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan fisik maupun mental kita jelang waktu liburan yang kita rencanakan. Apalagi akhir tahun ini cuaca kurang bersahabat, penyakit bisa menyerang secara tiba-tiba. Wabah Covid-19 pun belum sepenuhnya berakhir.

Selamat traveling teman-teman.

Teman-teman bisa mempersiapkan fisik dengan mulai bergaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, olahraga secara teratur, menghindari begadang atau istirahat yang cukup, dll. Kesehatan mental pun harus dijaga dengan baik dengan cara menghindari sumber stress, fokus pada diri sendiri aja, enggak ikut campur masalah oirang lain tanpa diminta, dll. Pokoknya kurang-kurangin deh, beban pikiran yang menguras emosi ūüėÄ .

Yap, jadi itulah teman-teman beberapa tips mempersiapkan liburan akhir tahun, supaya liburannya menyenangkan dan berkesan.

Oh iya, hampir kelupaan, karena saat ini pandemi Covid-19 belum benar-benar reda, maka sebaiknya cek kondisi destinasi tujuan ya. Khususnya buat yang mau liburan akhir tahun ke luar negeri, nih. Cek bagaimana kondisi wabah di sana, serta cek dokumen apa saja yang dibutuhkan kalau ke sana, terkait masalah kesehatan.

Itu aja, sih. Semoga sedikit sharing tips mempersiapkan liburan akhir tahun ini bermanfaat ya. Selamat menikmati liburan akhir tahun!

April Hamsa