Blogger Reporter Events HADIJA Hanya Dirimu Saja Music Product Review Public Figure Review & Contest Ussy Sulistiawaty

Cerita tentang Single Terbaru Ussy Sulistiawaty HADIJA

Teman-teman pembaca blog keluargahamsa.com yang juga penggemar Ussy Sulistiawaty, mana suaranya? Kalau, teman-teman ngaku suka banget sama sosok dan karya dari ibu empat putri ini, pasti tahu deh kalau sejak 15 Maret kemarin, Ussy Sulistiawaty telah melaunching single terbarunya yang bertajuk HADIJA. Hmmm… buat yang belum tahu, saya bisikin sedikit lirik lagunya yaaa…

Takkan pernah ada cinta

Cinta yang lain selain dirimu

Yang selalu ku sayang

Yang selalu ku rindu

Dirimu…

Itulah teman-teman penggalan lirik lagu HADIJA. BTW, sekadar informasi, HADIJA ini sebenarnya akronim dari “Hanya Dirimu Saja”.

Lho kok bisa dipendekin jadi HADIJA?” Ada yang bingung? Hehehe, ntar saya jelaskan ya alasannya.

Sebelumnya, buat teman-teman yang ingin tahu lirik lagu HADIJA atau Hanya Dirimu Saja yang lengkap bisa mendengarkan video klip di bawah ini ya:

Video klip HADIJA. Sumber: Ussy Sulistiawaty Official.

Gimana lagunya? Enak banget didengerin kaaann? Apalagi konsep video klipnya yang ala-ala drama Korea, agak-agak bikin baper enggak sih? Hehe…

Yup, akhirnya yaaa, setelah sekian lama, Ussy Sulistiawaty kembali mengeluarkan single lagu. Suaranya masih kece seperti dahulu kaaann? Menurut saya, single terbaru HADIJA ini bener-bener mengobati kerinduan penggemar Ussy Sulistiawaty yang ingin mendengar lagi suara merdu perempuan yang berulang tahun setiap tanggal 13 Juli ini.

Namun, tahu enggak sih, teman-teman, single kali ini tuh berbeda banget dengan karya yang sebelum-sebelumnya? Single HADIJA ini istimewa, karena semua prosesnya digarap sendiri oleh Ussy Sulistiawaty, tanpa melibatkan label atau produser lain.

Single HADIJA ini adalah proyek indie Ussy Sulistiawaty.

Informasi tersebut saya ketahui dari Ussy Sulistiawaty langsung, ketika saya datang ke acara launching single HADIJA ini di Lurik Coffee and Kitchen, Lippo Mall Kemang, Jakarta. Yeah, pada hari itu Ussy Sulistiawaty menjelaskan alasannya melaunching HADIJA plus membeberkan project-project-nya yang lain, yang merupakan produk turunan dari single HADIJA miliknya.

Di project ini aku bener-bener indie sendiri. Dari mulai dari A sampai Z enggak ada bantuan dari label atau produser. Jadi lebih puas, lebih bebas mau mau ngapain aja. Pengen diapain aja ini projectnya lebih enak karena enggak ada beban kan, makanya aku jadi lebih santai aja. Dan ini cepet banget pekerjaannya, dua bulan kurang udah jadi,” tutur Ussy Sulistiawaty.

Hmmm, adakah yang kepoh mengapa pada single kali ini Ussy Sulistiawaty enggak menggandeng label maupun produser lain? Menurut Ussy Sulistiawaty, ada beberapa alasan yang mendasarinya sih:

Pertama, Ussy Sulistiawaty ingin menghadirkan suatu karya dimana orang atau penggemarnya tuh bisa melihat diri dan karyanya apa adanya dia.

Karena mungkin tujuannya udah beda, kalau dulu kan pengen terkenal, pengen lebih gimana gitu, dan lain-lain. Kalau pekerjaan yang sekarang yang aku jalani, aku pengen kasi sesuatu karya yang enggak direm gitu, ya udah kalau mau lihat aku ya ini,” jelas Ussy Sulistiawaty.

Suasana launching single HADIJA.

Kedua, proyek ini semacam pembuktian diri Ussy Sulistiawaty bahwa dirinya masih mampu berkarya. Dalam kesempatan itu Ussy Sulistiawaty mengatakan bahwa sebenarnya dirinya sudah enggak kepengen menyanyi lagi, soalnya saat ini sudah nyaman dengan aktivitasnya sebagai pengusaha kosmetik Dissy dan tiga restoran, Lurik Coffee and Kitchen, Bakoel Ussy, dan Yummieeh Ussy . Namun, belakangan, setelah akhir tahun lalu ada produser yang mengajaknya bermain film (Lukisan Ratu Kidul yang akan tayang April depan), Ussy Sulistiawaty merasa bahwa dirinya masih mampu menghasilkan karya (menyanyi). Akhirnya, istri Andhika Pratama ini memutuskan kembali mengeluarkan single HADIJA.

Kalau boleh jujur, aku udah enggak pengen sama sekali sih untuk nyanyi, apalagi sekarang udah terlalu enak sama pekerjaan yang sekarang, udah nyaman. Trus pas akhir tahun kemarin shooting film yang akan tayang bulan depan, film horor itu, dari situlah aku mulai mikir oh ternyata produser masih minta bikin film. Mungkin masih ada sedikit yang bisa dijual, aku mikir gitu, ya udah tiba-tiba langsung, oh kayaknya aku bikin lagu aja deh,” kata Ussy Sulistiawaty.

Ketiga, Ussy Sulistiawaty merasa kalau memproduksi single sendiri, maka dirinya akan lebih bebas berkarya dan mengeksplorasi kemampuannya. Salah satunya dengan membuat web series sebagai kelanjutan dari video klip HADIJA. Kalau dengan label, kemungkinan ya rencana web series itu enggak akan disetujui. Kalaupun disetujui pasti prosesnya akan panjang dan memakan waktu.

Web series yang merupakan kelanjutan dari kisah yang ada pada video klip HADIJA tersebut sebenarnya juga berawal dari rencana spontan. Kala itu selepas shooting, Ussy Sulistiawaty bertemu dengan Darius Manihuruk (Mas Darius) yang merupakan sutradara video klipnya. Mas Darius mengatakan kalau sayang banget apabila video klipnya cuma berakhir gitu aja, kemudian tercetus ide membuat web series di YouTube Channel.

Mas Darius yang menyutradarai video klip HADIJA.

Mengapa web series? Karena aku pengen orang bisa nonton. Orang-orang sekarang kan apa-apa kan YouTube, apa-apa YouTube. Kita bikin short movie yang aku sendiri yg memproduksi,” jelas Ussy Sulistiawaty yang kemudian membuat YouTube Channel  “Ussy Sulistiawaty Official” . Buat yang ngaku penggemar Ussy Sulistiawaty wajib subscribe yaaa channel-nya. Soalnya di sana nanti akan ada karya-karya Ussy Sulistiawaty yang lain, mulai dari web series sampai cerita mengenai aktivitas keseharian keluarganya.

Oh iya, teman-teman tadi di awal sudah nonton video klip HADIJA kan? Penasaran enggak sih dengan model cowok dalam video klip tersebut? Ada yang kenal? Terus terang, saya awalnya juga enggak tahu siapa dia, soalnya wajahnya masih “perawan” banget di layar kaca 😀 .

Ternyata, teman-teman, model video klip tersebut adalah satu-satunya yang beruntung, yang terpilih dari 10 orang yang fotonya ditunjukkan oleh Mas Darius kepada Ussy Sulistiawaty. Mas Darius yang juga hadir pada acara launching HADIJA sempat menceritakan hal lucu ketika proses pemilihan model video klip tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pertanyaan Ussy Sulistiawaty yang cukup menggelitik.

Pertanyaannya, ‘Mana yang laki banget?’” kata Mas Darius, yang waktu itu langsung disambut gelak tawa kami yang hadir di acara launching HADIJA.

Dari “sortiran” tersebut akhirnya mengerucut menjadi dua pilihan nama model. Sampai akhirnya Gariz Luis lah yang terpilih menjadi “suami” Ussy Sulistiawaty dalam video klip HADIJA.

Gariz Luis, model di video klip HADIJA. Sumber foto: Instagram @garizluis37.

Sebenarnya siapakah Si Gariz Luis ini? FYI, Gariz Luis ini bukan sekadar model, melainkan juga seorang polisi reserse yang masih aktif bertugas. Yaaa… kalau begitu wajar Gariz Luis kepilih, kan yang dicari Ussy Sulistiawaty yang “laki banget” xixixi.

Dari dua itu agak terkejut, Darius bilang yang satu ini polisi. Gimana caranya dia polisi tapi jadi model? Katanya dulu pernah main sinetron, lalu sekolah kepolisian, sekarang reserse di Sumedang di bagian narkoba. Namanya Gariz Luis. Langsung aku google, sempat keluar beberapa acara TV, ternyata emang selain polisi kadang-kadang jadi model. Mungkin enggak banyak yang tahu karena mukanya masih perawan banget gitu. Ketemu aku bilang ‘Kamu akan jadi suamiku’. Awalnya ya canggung, apalagi tahu aku anaknya empat dan punya suami. Tapi kan kita profesional beradegan suami istri, jadi aku ajak ngobrol aja biar dia lumer, pokoknya aku ajak ngobrol apa aja, dan hasilnya tidak mengecewakan,” terang Ussy Sulistiawaty.

BTW-BTW, omong-omong Mas Andhika enggak cemburu nih Mbak Ussy?” Hahaha ada yang nitip pertanyaan begitu?

Jawabannya, “Enggak donk.” Soalnya sejak awal, Ussy Sulistiawaty sudah menjelaskan kepada suami tercintanya tersebut kalau dirinya akan memakai model laki-laki lain.

Saya tanya gimana ridho enggak kalau modelnya cowok lain, harus pegang-pegangan tangan dan lain-lain. Yaya dia bercanda-bercanda lha pokoknya kalau macem-macem ntar na na na gitu, ada sumpah-sumpahnya gitu. Aku juga bilang aku akan terus bikin web series bakalan ma dia terus enggak apa-apa, ya pokoknya semua seizin dia (suami),” terang Ussy Sulistiawaty.

Lalu kenapa sih kok Ussy Sulistiawaty enggak menjadikan suaminya sendiri sebagai modelnya sebagaimana video klipnya terdahulu?” Penasaran?

Menurut Ussy Sulistiawaty, jadwal dirinya dan jadwal kerja suaminya agak kurang match. Sehingga dirinya memutuskan sejak awal tidak mengajak Andhika Pratama berduet ataupun menjadi model video klipnya. Apalagi, seperti yang saya bilang sebelumnya tadi, video klip HADIJA ini akan dilanjutkan sebagai web series. Pastinya akan melakukan beberapa kali shooting, sementara pekerjaan Andhika Pratama sendiri sudah sangat padat.

YouTube Channel Ussy Sulistiawaty.

Jadi, begitu teman-teman alasannya mengapa bukan Andhika Pratama yang jadi model video klip HADIJA. Bukan karena ada hal-hal lain yaaa… 😀 .

Oh iya, dari tadi saya nyebut HADIJA mulu, namun mungkin belum banyak yang paham mengapa sih kok single terbaru Ussy Sulistiawaty ini disingkat HADIJA?

Penjelasan Ussy Sulistiawaty kala itu begini, lho:

Judulnya HADIJA singkatan dari Hanya Dirimu Saja. Jadi, sebenarnya lagu ini udah jadi, tapi aku bingung mau kasi judul apa. Kalau ‘Aku Sayang Kamu’ atau Aku Cinta Kamu’ udah biasa gitu kan? Trus suatu hari kedatangan Mas Emka (Moammar Emka, penulis) ke sini (Lurik) lagi makan. Aku bilang Mas dengerin deh. Trus dia kusuruh dengerin, ini apa ya, dia lansung gini, ‘Ooo HADIJA, Hanya Dirimu Saja.’ Oh kayaknya lucu juga, semoga orangnya enggak minta royalty yaaa,” kata Ussy Sulistiawaty sambil bercanda dan melirik ke arah Moammar Emka yang kala itu juga datang ke acara launching single HADIJA.

Lalu, setelah sekian lama enggak rekaman, gimana sih perasaan Mbak Ussy, grogi atau gimana gitu?” Titipan pertanyaan lagi neh… 😀 .

Ussy Sulistiawaty saat menyanyikan lagu HADIJA di acara launching single terbarunya.

Jawabannya, alhamdulillah, Ussy Sulistiawaty berhasil melakukan rekaman lagu HADIJA karya Rama Marcapada tersebut dengan baik. Menurut Ussy Sulistiawaty, dirinya berhasil menyelesaikan rekamannya karena:

Pertama, Rama Marcapada adalah pencipta lagu “Kupilih Hatimu” yang pernah dinyanyikannya duet bersama suaminya.

Pencipta lagunya Rama, dulu yang menciptakan lagu ‘Kupilih Hatimu’. Udah tahu lha karakter suaraku seperti apa,” jelas Ussy Sulistiawaty.

Kedua, khusus untuk project ini, Ussy Sulistiawaty mendapuk Gilang Saputra (Gilang), yang merupakan finalis Indonesian Idol 2010, untuk mendirect vokalnya.

Gilang yang mendirect vokal Ussy Sulistiawaty.

Kita beberapa kali satu event, pernah juga event di TV bareng, jadinya akhirnya berteman baik. Entah bagaimana Kak Ussy percaya sama saya untuk ngedirect single ini. Enggak pakai mikir waktu itu saya lansgung bilang ‘Siap’. ‘Gilang kamu tanggal sekian bla bla bla direct aku ya’, yang lain langsung cancel semua,” jelas Gilang yang waktu launching HADIJA juga datang untuk support Ussy Sulistiawaty.

Mengapa memakai jasa Gilang ya, kok bukan yang lain?” Ingin tahu?

Sebenarnya pengen belajar nyanyi sama Gilang, tapi waktunya sibuk ya, mau memoles lagi, tapi dia sibuk aku sibuk. Tapi waktu itu bukan buat rekaman, cuma mau latihan aja, ternyata Gilang sibuk aku sibuk. Nah pas mau rekaman, kan aku dah banyak kenalan sama direct vokal yang dulu ya, nah, cuma entah kenapa aku pengennya Gilang. Alasannya karena dia masih muda, masih fresh, dan sejujurnya dia agak kerja keras memoles aku,” jelas Ussy Sulistiawaty.

Wah, bagian mana dari vokal Ussy Sulistiawaty yang harus dilatih keras sama Gilang ya?”

Enggak susah, tapi sulit,” canda Gilang menimpali penjelasan Ussy Sulistiawaty.

Menurut Gilang, kesulitannya terletak pada beberapa kata yang sering diucapkan Ussy Sulistiawaty dengan medhok. Padahal sebenarnya kan Ussy Sulistiawaty enggak ada darah Jawa-nya. Disinyalir karena udah lama seatap dengan laki-laki Jawa asal Malang, maka Ussy Sulistiawaty pun ikutan medhok 😀 . Namun, kata Gilang, pada akhirnya Ussy Sulistiawaty bisa berhasil mengucapkan kata-kata dalam lirik lagu HADIJA dengan benar. Hingga jadilah video klip HADIJA.

Ussy Sulistiawaty  ketika menceritakan pembuatan video klip HADIJA.

Balik lagi soal video klip HADIJA dan web series yang rencananya akan tayang mulai 28 Maret mendatang, FYI, saat ini Ussy Sulistiawaty sedang bikin kuis lhooo. Kuisnya ada di postingan Instagram Ussy Sulistiawaty (@ussypratama ). Namun, singkatnya begini, teman-teman diminta untuk menebak kelanjutan cerita yang ada di video klip HADIJA. Kan ceritanya di video klip itu Ussy Sulistiawaty mengalami amnesia/ hilang ingatan, nah buat teman-teman yang mau ikutan kuis diminta untuk menebak, apakah Ussy Sulistiawaty akan balik lagi sama Gariz Luis atau gimana? Lebih jelasnya coba deh main-main ke Instagram Ussy Sulistiawaty yaaa.

Hadiah kuisnya lumayan lho, yakni bingkisan menarik dari Dissy (@dissy.id) senilai @Rp. 500 ribu untuk 20 orang pemenang. Wah, kesempatan menang banyak tuh, cuuuss deh ikutan 😀 . Semoga teman-teman yang membaca postingan ini jadi salah satu pemenang yang beruntung yaaa.

Saya berfoto dengan Ussy Sulistiawaty. Foto oleh Uci @boghaisan.

Eh, buat yang udah ngintip Insagram Ussy Sulistiawaty pasti juga tahu donk ya kalau ada beberapa postingan foto yang agak unik di sana. Seperti misalnya, postingan foto Ussy Sulistiawaty sedang megang ayam, lalu ada juga foto Ussy Sulistiawaty pakai baju bagus dengan memegang bak cucian, dll?

Hooohh iya, sebenarnya maksud Mbak Ussy apa ya?” Kepengen tahu juga?

Menurut Ussy Sulistiawaty, foto-foto (footage) itu adalah bagian dari launching single HADIJA juga. Idenya juga berawal dari ngobrol sama Mas Darius yang sebenarnya basic-nya adalah seorang fotografer. Akhirnya, mereka membuat footage pictures seperti itu yang sebenarnya menyinggung tentang permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Jadi, mungkin kalau ada yang follow IG aku udah sempat lihat beberapa foto itu. Sebenarnya itu juga dadakan aja. Mas darius bilang, ‘Kita bikin sesuatu yuk!’ Akhirnya diputuskan mengangkat sesuatu yang lagi pelik sekarang, mengangkat isu-isu sosial,” jelas Ussy Sulistiawaty.

Sumber: IG @ussypratama.

Aku pegang ayam, hanya untuk yang paham. Itu sebenarnya tentang prostitusi karena ayam itu identik dengan ayam kampus, ayam-ayam apalah, dan lain-lain. Pengen kasi tahu orang. Pengen kasi tau fotnonya supaya orang mikir. Kalau teman-teman lihat itu ada bapak-bapak dua orang, sebenarnya kalau kita jeli, oh, itu tentang ‘ayam-ayaman’,” kata Ussy Sulistiawaty.

Sumber: IG @ussypratama.

Sedangkan, untuk foto yang menunjukkan Ussy Sulistiawaty sedang mencuci baju pakai baju bagus dan ada anak kecil, menurut Ussy hal tersebut ingin menunjukkan bahwa sesukses apapun seorang perempuan, kalau sudah berada di rumah ya ujung-ujungnya akan melaksanakan tugasnya sebagai Ibu Rumah Tangga.

Sumber: IG @ussypratama.

Kemudian, ada foto bersama putrinya, Elea, dengan dandanan yang heboh sambil memegang kunci Inggris. Ussy Sulistiawaty ingin mengatakan kepada followers-nya tentang emansipasi perempuan. Bahwa, perempuan juga bisa lho mebenerin mobil mogok.

Satu lagi foto yang menarik perhatian adalah ketika Ussy Sulistiawaty memakai baju dan barang-barang branded di gang, lalu di kanan kirinya ada ibu-ibu yang seperti bergosip gitu.

Sumber: IG @ussypratama.

Simplenya ada jalan di suatu gang aku pakai hermes, pokoknya bergaya pakai brand besar. Sementara di kanan kiri aku, kalau matanya jeli ada beberapa ibu-ibu yang pakai baju keliatannya branded juga tapi itu enggak asli. Yang aku pengen tunjukin adalah pesennya gini untuk yang tidak sanggup beli brand asli, enggak usah maksa untuk jadi seperti dia yang pakai branded dengan cara apapun. Lalu, yang punya brand asli agar enggak memandang rendah ke yang lain. Makanya bikinnya di gang, yang wow tapi di gang,” jelas Ussy Sulistiawaty.

Naaahh, siapa yang kemarin-kemarin penasaran dengan maksud postingan foto-foto Ussy Sulistiawaty di Instagramnya? Semoga penjelasan ini menghilangkan rasa penasaran teman-teman yaaa…

Weeehh enggak terasa udah panjang aja cerita mengenai single HADIJA-nya Ussy Sulistiawaty ini, hahaha. Yaweslah, semoga blogpost ini bisa memuaskan keingintahuan teman-teman penggemar Ussy Sulistiawaty yaaa. Sekali lagi, mengngatkan kembali neh, jangan lupa subscribe YouTube Channel-nya dan ikuti kuisnya yang sedang berlangsung 😀 . Gud luuuck…

April Hamsa

83 Comments

  1. Okti Li 23 Maret, 2019
    • April Hamsa 26 Maret, 2019
  2. Suciarti Wahyuningtyas 23 Maret, 2019
  3. Irena Faisal 23 Maret, 2019
    • April Hamsa 26 Maret, 2019
  4. Aminnatul Widyana 23 Maret, 2019
    • April Hamsa 26 Maret, 2019
  5. Fenni Bungsu 24 Maret, 2019
    • April Hamsa 26 Maret, 2019
  6. Icha Faizah 24 Maret, 2019
  7. Ulya 24 Maret, 2019
    • April Hamsa 26 Maret, 2019
      • Ulya 27 Maret, 2019
  8. Dewi adikara 24 Maret, 2019
  9. Rach Alida Bahaweres 25 Maret, 2019
  10. Tanti Amelia 25 Maret, 2019
  11. nia nastiti 25 Maret, 2019
  12. Diar Ronayu 25 Maret, 2019
  13. Irra Octaviany 25 Maret, 2019
  14. Dian Restu Agustina 25 Maret, 2019
    • Dian Restu Agustina 25 Maret, 2019
  15. Ajeng Pujianti Lestari 25 Maret, 2019
  16. Sandra Nova 25 Maret, 2019
  17. Dwi Puspita 25 Maret, 2019
  18. Rosanna Simanjuntak 25 Maret, 2019
  19. Cilya 25 Maret, 2019
  20. Artha Amalia 26 Maret, 2019
  21. Visya 26 Maret, 2019
  22. Windah 26 Maret, 2019
  23. Nanik Nara 26 Maret, 2019
  24. Rach Alida 26 Maret, 2019
  25. Ucig 26 Maret, 2019
  26. Reyne Raea (Rey) 26 Maret, 2019
  27. Nia K. Haryanto 26 Maret, 2019
  28. ririe khayan 26 Maret, 2019
  29. herva yulyanti 26 Maret, 2019
  30. Ade anita 26 Maret, 2019
  31. Tetty Hermawati 26 Maret, 2019
  32. Evi indrawanto 26 Maret, 2019
  33. Mirna Kei Rahardjo 26 Maret, 2019
  34. Mporatne 26 Maret, 2019
  35. Liswanti 26 Maret, 2019
  36. Nurul Fitri Fatkhani 26 Maret, 2019
  37. Dewi Sulistiawaty 26 Maret, 2019
  38. Dewi Sulistiawaty 26 Maret, 2019
  39. Elly Nurul 27 Maret, 2019
  40. Leyla Hana 27 Maret, 2019
  41. Uniek Kaswarganti 27 Maret, 2019
  42. iidYani 27 Maret, 2019
  43. Diah 27 Maret, 2019
  44. Arda Sitepu 27 Maret, 2019
  45. Maya Nirmala Sari 27 Maret, 2019
  46. Echi mustika 27 Maret, 2019
  47. Lina W. Sasmita 27 Maret, 2019
  48. Keke Naima 27 Maret, 2019
  49. Yuni 27 Maret, 2019
  50. Siti hairul 27 Maret, 2019
  51. Heni Puspita 28 Maret, 2019
  52. Hidayah Sulistyowati 28 Maret, 2019
  53. Nabilla DP 28 Maret, 2019
  54. lendyagasshi 28 Maret, 2019
  55. Astin Astanti 28 Maret, 2019
  56. Susie Ncuss 28 Maret, 2019
  57. Lidya 28 Maret, 2019
  58. Rohyati Sofjan 28 Maret, 2019
  59. Nyi Penengah Dewanti 28 Maret, 2019
  60. Siska Dwyta 28 Maret, 2019
  61. Indah 28 Maret, 2019
  62. Kurnia amelia 28 Maret, 2019
  63. Natara 28 Maret, 2019
  64. Farida Pane 28 Maret, 2019
  65. Novitania 28 Maret, 2019
  66. Noorma 28 Maret, 2019
  67. Ira Hamid 28 Maret, 2019
  68. Ira 28 Maret, 2019
  69. Leyla Hana 28 Maret, 2019
  70. Naqiyyah Syam 28 Maret, 2019
  71. Ika Maya Susanti 28 Maret, 2019
  72. Emak Petualang 28 Maret, 2019
  73. Irly 6 April, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!