โ€œDiolesin pakai minyak kemiri aja, nanti pasti tumbuh lebat.โ€ Beberapa tahun lalu, saya menerima saran itu untuk kondisi rambut anak saya Dema yang memang tipis banget. Masalahnya, banyak sekali merek minyak kemiri di pasaran, sehingga saya bingung memilihnya kala itu, hehe. Untungnya, ada grup ibu-ibu yang saya ikuti di media sosial, yang memberikan beberapa rekomendasi minyak kemiri untuk anak sampai akhirnya saya menemukan produk yang cocok untuk Dema.

Rambut Dema saat masih balita dan rambut Dema sekarang. Dulu tipis dan agak merah, sekarang bisa menghitam dan lebih lebat.

Maklum, yang namanya anak kecil kan enggak bisa memakai sembarang produk ya? Soalnya kulitnya masih sangat sensitif. Khawatir pemakaian minyak kemiri yang enggak tepat malah bikin kulitnya mengalami iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk minyak kemiri yang yang benar-benar bagus dan aman untuk anak-anak.

Mengapa sih kok melebatkan rambut sebaiknya memakai minyak kemiri? Jawabannya, sebenarnya dari generasi ke generasi yang namanya minyak kemiri ini memang sudah terkenal bagus untuk menutrisi sekaligus mencegah kerontokan rambut. Dahulu, nenek moyang kita membuat minyak kemiri sendiri.

Namun, zaman sekarang, sudah banyak produsen minyak kemiri yang membuat minyak kemiri yang berkualitas sekaligus aman untuk dipakai anak, bahkan untuk anak usia bayi/ balita. Kita pun enggak perlu repot-repot membuat minyak kemiri sendiri lagi, deh.

Beberapa minyak kemiri yang direkomendasikan untuk anak

BTW, adakah moms yang mengalami kebingungan serupa saat ini, mengapa kok rambut anaknya susah tumbuh dan tipis? Jangan khawatir moms, kali ini, melalui postingan ini, gantian saya yang ingin memberikan rekomendasi minyak kemiri untuk moms semua ๐Ÿ˜€ .

Rekomendasi produk minyak kemiri ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan beberapa moms kenalan saya yang dulu punya problem rambut anak yang sama dengan saya. Saya coba rangkumin ya, berikut adalah 5 rekomendasi minyak kemiri untuk anak yang terbaik menurut saya:

  • Cantiqa Kemiri

Cantiqa Kemiri merupakan minyak kemiri yang terbuat dari 100% kemiri murni berkualitas asli Payakumbuh, suatu daerah di Sumatra Barat sana. Cantiqa Kemiri ini diproduksi tanpa pewarna, tanpa pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa zat kimia lainnya, sehingga aman digunakan sekalipun untuk anak yang bayi.

Minyak kemiri Cantiqa.

Resep pembuatan Cantiqa Kemiri ini juga merupakan resep tradisional asli orang Payakumbuh. Bisa dibilang, Cantiqa Kemiri ini adalah produk asli anak bangsa ya, moms.

Menurut klaimnya, Cantiqa Kemiri bisa menutrisi rambut, mencegah kerontokan rambut dan ketombe, serta mampu menghitamkan rambut. Selain itu, Cantiqa Kemiri juga bagus dipakai untuk orang dewasa yang ingin memiliki alis, kumis, maupun jenggot yang lebih tebal.

Kemasan Cantiqa Kemiri ini berbentuk botol plastik bening dengan tutup flip top putih dan label kemasan berwarna dasar hijau. Satu botol Cantiqa Kemiri berisi 100 ml cairan minyak kemiri. Terdapat segel berupa hologram dan plastik di botolnya sebagai bukti originalitas produknya.

Uniknya, Cantiqa Kemiri ini sangat bagus apabila dipakai bersamaan dengan saripati kemiri. Saripati kemiri dapat membantu mempercepat proses kerja minyak kemiri Cantiqa supaya mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala dengan optimal. Saripati kemiri Cantiqa tersedia dalam kemasan botol kecil dengan tutup flip top putih juga dan berisi 50 ml saripati kemiri.

Saripati kemiri Cantiqa.

Perbedaan antara minyak kemiri dan saripati kemiri Cantiqa adalah pada teksturnya. Saripati kemiri Cantiqa lebih kental dan berwarna lebih pekat coklat kehitaman. Ada semacam endapan juga di cairannya. Kalau minyak kemirinya lebih cair, meskipun warnanya mirip.

Cara pemakaian duo minyak dan saripati kemiri Cantiqa ini adalah:

  • Tuangkan minyak Cantiqa Kemiri dan saripatinya ke dalam pring kecil masing-masing dengan takaran 2: 1 (2 sdt minyak kemiri dan 1 sdt saripati kemiri).
  • Campurkan minyak dan saripati tersebut. Diaduk sampai merata ya dengan menggunakan sendok ya, supaya endapan saripatinya tercampur juga.
  • Kemudian ambil dengan menggunakan telapak tangan, lalu aplikasikan atau oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Untuk anak bayi diamkan minimal 30 menit atau boleh lebih lama dikit (1 jam). Kalau untuk ana yang lebih besar bisa didiamkan minimal 2 jam.
  • Kemudian, keramas dengan menggunakan shampoo sampai bersih.

Memang kalau kita membeli produk Cantiqa Kemiri ini nanti dapatnya sepaket ya moms. Bisa dibeli di official online marketplace-nya di Shopee dengan nama store-nya Produsencantiqakemiriย (klik aja).

Pakai rangkaian produk Cantiqa Kemiri untuk hasil lebih baik.

Sedikir reviewย Cantiqa Kemiri, seminggu terakhir saya mencobakan produk Cantiqa Kemiri ini ke anak-anak saya. Pemakaiannya 2 kali dalam seminggu karena untuk anak-anak. Namun, kalau untuk orang dewasa bisa memakainya setiap hari.

Kesan saya setelah pemakaian Cantiqa Kemiri ini, rambut anak saya terlihat lebih gelao dan mudah diatur. Kalau untuk membuat rambut lebat masih belum terlihat di anak saya karena baru dipakai 2 kali. Mungkin nanti kalau sudah sebulan bisa saya update kembali ya ๐Ÿ™‚ .

Oh iya, kalau mau hasilnya lebih maksimal lagi, sangat direkomendasikan pakai produk shampoo dari Cantiqa Kemiri juga. Namanya Big Hair Baby & Kids Shampoo. Kelebihan Big Hair Baby & Kids Shampoo Cantiqa Kemiri adalah mengandung ekstrak kemiri dan hyloveil, serta mengandung mild surfactant dan vitamin B5. Shampoo ini aman buat anak kecil karena tidak mengandung paraben, tidak mengandung SLS, serta tidak menggunakan Phytalate.

Shampoo Cantiqa Kemiri.

Manfaatnya bagus untuk membersihkan rambut, menguatkan akar rambut, melembutkan rambut, serta membuat rambut makin terlihat berkilau. Cara pemakaiannya seperti shampoo pada umumnya, yaitu tuangkan secukupnya ke telapak tangan, kemudian busakan dan gosokkan ke rambut dan kulit kepala. Busanya berlimpah, namun tidak pedih di mata, dan ampuh membersihkan sisa-sisa minyak kemiri di kepala. Itulah testimoni Cantiqa Kemiri berdasarkan pengalaman saya memakaikannya ke anak-anak saya.

Sebenarnya masih ada beberapa produk Cantiqa Kemiri lainnya yang akan bagus jika dipakai bersamaan dengan minyak kemirinya. Yang mau tahu lebih banyak informasi tentang produk Cantiqa Kemiri bisa langsung mengunjungi website-nya aja ya di www.cantiqakemiri.co.id.

  • Kukui

Minyak kemiri Kukui tersedia dalam dalam ukuran 100 ml. Kemasannya berbentuk botol plastik bening yang memperlihatkan isi berupa cairannya minyaknya yang kuning bening. Tutupnya berbentuk flip top berwarna hijau tua. Pada tutup botol juga terdapat plastik segel yang mencegah isi minyak Kukui ini tumpah.

Kukui terkenal sebagai minyak yang dihasilkan dari biji-biji kemiri pilihan dengan teknologi coldpress. FYI, coldpress adalah sebuah teknik untuk mendapatkan nutrisi dari buah kemiri dengan menggunakan perasan (pressed) bertekanan tinggi. Hasilnya berupa minyak bening tanpa ampas yang baik untuk kesehatan rambut.

Minyak kemiri Kukui ini bisa dipakai setiap hari. Direkomendasikan dipakai sebelum si anak mandi/ keramas supaya hasilnya lebih maksimal. Untuk pemakaiannya tinggal teteskan ke tangan sebanyak 2-3 tetes, kemudian usap merata di kepala si kecil.

  • Tropee Bebe

Sama seperti dua rekomendasi minyak kemiri yang saya sebut sebelumnya, Tropee Bebe juga tersedia dalam kemasan botol berisi 100 ml cairan minyak kemiri. Uniknya tutupnya berbentuk spray, sehingga bisa langsung diaplikasikan ke rambut/ kepala anak tanpa perlu dituang ke tangan. Tropee Bebe juga punya kemasan box luar.

Saran pemakaian minyak Tropee Bebe ini adalah minimal 2 kali seminggu. Sebaiknya dipakai 2 jam sebelum si anak mandi/ keramas.

  • Cussons Baby

Cussons Baby memiliki dua minyak rambut yang cukup populer di kalangan moms. Namun, jangan keliru ya moms,ย produk Cusson Baby adalah yang berupa minyaki kemiri adalah yang kemasannya berwarna ungu muda. Satu botol berisi 100 ml minyak kemiri.

Minyak kemiri Cussons Baby sudah lulus uji dermatologis dan diperkaya Pro-Vitamin B5 yang bisa melembutkan rambut si kecil. Saran pemakaiannya adalah 30 menit sebelum anak keramas.

  • Happy Kemiriku

Minyak Happy Kemiriku ini terkenal di kalangan moms sebagai minyak kemiri dengan harga affordable. Kemasannya cukup mencolok, botol dengan tutup flip top yang memiliki label kemasan hijau tua dan kuning. Satu botol berisi 100 ml minyak kemiri juga.

Happy Kemiriku ini mengandung vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan, sehingga menyehatkan rambut sekaligus kulit kepala. Bagus untuk mencegah munculnya ketombe.

Itulah moms 5 rekomendasi produk minyak kemiri yang bagus dipakai untuk menyehatkan dan melebatkan rambut si kecil. Semoga membantu memutuskan mau pakai produk minyak kemiri yang mana untuk anaknya ya ๐Ÿ™‚ .

Tips supaya rambut anak makin sehat dan lebat

Sedikit tips tambahan juga untuk membuat rambut anak makin sehat dan lebat berdasarkan pengalaman pribadi saya, bersamaan dengan mengaplikasikan minyak kemiri secara rutin ke rambut anak, sebaiknya lakukan hal-hal ini:

  • Memberikan anak makanan bernutrisi

Nutrisi dari makanan maupun minuman anak akan bermanfaat untuk pertumbuhan anak, termasuk pertumbuhan rambutnya. Anak-anak yang mengkonsumsi makanan bergizi rambutnya juga akan lebih tebal, akarnya kuat, dan tidak gampang rontok.

  • Memotong rambut anak secara berkala

Memotong rambut anak akan membuat rambut menjadi lebih rapi dan juga akan lebih cepat memicu pertumbuhan rambut baru.

  • Memijat kulit kepala anak

Pijat rambut anak sering-sering, khususnya saat sedang memakaikan minyak kemiri dan shampoo. Selain bisa merangsang pertumbuhan rambut, juga akan membuat si kecil merasa lebih nyaman.

Itulah sedikit tips dari saya. Mudah dipraktikkan bukan?

Semoga postingan tentang rekomendasi minyak kemiri dan tips supaya rambut anak sehat dan lebat ini bermanfaat ya ๐Ÿ™‚ .

April Hamsa