Cooking Tips Cooking Tools Review Food Product Review Home Living Idealife My Two Cents Product Review Random Thoughts Tips & Opinion Tips Pengantin Baru

Peralatan Dapur Elektronik yang Sebaiknya Dimiliki oleh Pengantin Baru dan Perkiraan Harganya

Pandemi tak menyurutkan keinginan untuk menikah. Ya, iya lhaaa, yang baik-baik harus disegerakan ya? 😀 Malah enak, tak terlalu repot mikirin resepsi gede-gedean 😛 . BTW, kalau flashback ke masa-masa jadi pengantin baru, saya jadi teringat masa-masa hunting perabotan rumah (kontrakan) baru kami. Waktu itu, kami memprioritaskan mengisi dapur dulu, khususnya dengan peralatan elektronik. Mengapa dapur? Soalnya saya dan suami sama-sama doyan makan, hehe. Nah, berdasarkan pengalaman itu, kali ini saya mau sharing nih, tentang peralatan dapur elektronik apa aja yang sebaiknya dimiliki oleh (calon) pengantin baru. Saya beri perkiraan harganya sekalian ya, supaya teman-teman manten anyar bisa menyiapkan budget. Barangkali, ada yang mau membeli peralatan elektronik tersebut 🙂 .

Pengantin baru biasanya butuh peralatan dapur elektronik. Sumber: Pixabay.

Tips membeli peralatan dapur elektronik untuk pengantin baru

Eh, tapi, sebelum saya menyebutkan beberapa rekomendasi peralatan dapur elektroniknya, saya mau memberikan tips bagaimana cara memiilih dan membeli alat-alat tersebut ya:

  • Pilih peralatan dapur elektronik yang hemat listrik

Namanya juga baru membangun rumah tangga, tentu saja yang namanya anggaran harus disusun secermat mungkin berdua. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah biaya listrik bulanan. Untuk mendukung penghematan di pengeluaran biaya listrik, maka kalau membeli peralatan dapur elektronik, sebaiknya pilih yang daya listriknya enggak terlalu besar. Apalagi, kalau rumah pertamanya ngontrak kayak saya dulu, daya listrik rumahnya cuma sekitar 1300 Watt-an. Maka, jangan sampai peralatan elektroniknya melebihi kapasitas daya listrik rumah ya 😀 .

  • Sesuaikan peralatan elektronik tersebut dengan ukuran dapur

Ini juga penting, kecuali rumahnya gedongan dan dapurnya luas, jangan maksain punya perabot elektronik yang ukurannya kegedean, hehe. Sesuaikan ukuran alat elektroniknya dengan ukuran dapur, teman-teman. Trus, usahakan pilih desainnya pun jangan yang terlalu ramai, yang simple, minimalis, namun fungsional aja. Biar enggak sumpek aja, sih #imho.

  • Pilih merek yang sudah terkenal bagus kualitasnya

Yaaa, daripada membeli kucing dalam karung hanya karena melihat harganya murah, saran saya beli peralatan elektronik dengan merek yang udah terkenal bagus kualitasnya aja. Baru, kemudian menyesuaikan dengan dompet kita. Peralatan dapur elektronik dari merek terkenal juga ada yang harganya affordable, kok 🙂 .

Itulah teman-teman, tips membeli peralatan dapur elektroniknya 😀 .

Peralatan dapur elektronik yang sebaiknya dimiliki pengantin baru

Sedangkan untuk jenis peralatannya apa saja, langsung aja yaaa, yakni antara lain:

  • Rice cooker

Maklum masih orang Asia, khususnya Indonesia, beras atau nasi masih menjadi makanan pokok utama kan? Hehe 😀 .

Nah, maka dari itu, dulu langsung kepikiran punya rice cooker yang minimal juga memiliki fungsi pemanas dan pengukus. Sehingga, enggak cuma buat memasak nasi, namun juga menghangatkan nasi kalau mau makan dan kalau mau ngukus-ngukus makanan apa gitu juga praktis. Bisa dimasak dalam satu waktu juga kaaan? 😀

Rice cooker memudahkan memasak nasi. Sumber: Pixabay.

Syukur-syukur, bisa beli rice cooker yang punya fungsi membuat bubur, aneka tumisan, memasak sup, dll. Sekarang banyak kok rice cooker multifungsi kayak gitu. Harganya juga ada yang miring, start Rp. 500.000,- hingga Rp. 600.000,-an lha.

Namun, kalau kepengen punya yang fungsinya cuma buat masak nasi dan ngangetin doank, cukup mengeluarkan budget Rp. 300.000,- – Rp. 350.000,-an juga sudah dapat alat yang oke, kok 🙂 .

Usahakan sekalian beli rice cooker ukuran besar ya. Sumber: Pixabay.

Trus, kalau ada pertanyaan, “Sebaiknya beli rice cooker yang mini apa yang gede sekaligus?”

Saran saya sih, beli langsung yang gede aja, yaaa minimal yang kapasitasnya 3 literan gitu, deh. Mengapa?

Namanya, pengantin baru, biasanya harapannya anggota keluarganya segera bertambah kan? Jadi, kalau rice cooker-nya awet, nanti kalau sudah ada anak atau minimal ada tamu berkunjung, kita bisa memasak nasi lebih banyak. Nanti, ke depannya juga tak perlu beli-beli rice cooker lagi.

  • Kulkas

Kulkas ini penting buat pasangan yang suka masakan/ makanan rumahan. Yup, tujuannya supaya bahan-bahan makanan yang dibeli tuh awet, karena penyimpanannya bagus. Ini juga bisa menghemat pengeluaran pasangan muda kan, karena bisa berbelanja banyak makanan sekaligus, misalnya di pasar atau supermarket, tak perlu tiap hari, bisa seminggu sekali, gitu.

Trus, saran saya, walaupun masih berdua aja sebagai manten anyar, jangan beli kulkas satu pintu yaaa. Minimal, beli langsung yang dua pintu. Mengapa?

Soalnya, nanti kalau udah ada baby, kulkas (minimal) dua pintu akan sangat bermanfaat untuk menyimpan ASI perah dan juga MPASI yang dibekukan.

Sebaiknya beli langsung kulkas dua pintu. Sumber: Pixabay.

Pengalaman saya dulu, saya keliru nih, beli kulkas satu pintu duluan. Akibatnya, ketika anak lahir, mau tak mau upgrade kulkas deh. Padahal, kulkas lama masih awet, namun terpaksa dilepas dengan harga apa adanya, demi ganti kulkas.

Nah, makanya, supaya teman-teman enggak repot ganti kulkas kayak kami dulu, mending ketika beli kulkas, langsung aja yang minimal punya dua pintu ya 🙂 .

Perkiraan harga kulkas dua pintu adalah sekitar mulai Rp. 2,6 juta hingga Rp. 3 jutaan.

  • Blender

Satu lagi peralatan dapur elektronik yang wajib dimiliki pasangan muda adalah blender. Menurut saya, blender tuh bikin segala hal di dapur jadi lebih mudah.

Bisa dipakai buat membuat minuman untuk “camilan” sore hari bersama pasangan, kala beristirahat dari aktivitas panjang di hari itu. Bisa juga dipakai untuk membuat sarapan praktis kayak smoothies, bagi yang sedang menjalani pola hidup sehat bersama pasangan.

Tak ketinggalan, dry mill-nya bisa kita pakai untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur. Praktis dan cepat, sehingga kita enggak usah uleg-uleg lagi. Bisa makin banyak deh masakan yang bisa kita hasilkan nanti di dapur 😀 .

Oh iya, mumpung ngobrolin soal blender nih, saya punya rekomendasi blender yang cukup oke deh, yakni Blender 220 dari brand Idealifeonline .

Blender IL-220 dari Idealifeonline.

Blender ini ukurannya enggak terlalu besar, namun desainnya cakep banget, karena terbuat dari kaca. Keunggulannya, kalau terbuat dari kaca tuh jadi lebih gampang dibersihkan, mencegah bahan/ material residu sisa-sisa bahan yang kita proses menempel di tabung blendernya.

Blender bermanfaat untuk membuat minuman dan sarapan praktis. Sumber: Idealifeonline.

Kelebihan lainnya dari blender ini adalah memiliki pisau bergerigi 6 sisi, sehingga dapat memotong atau memblender dengan cepat dan sempurna halusnya. Bahan mata pisaunya pun enggak kaleng-kaleng, terbuat dari stainless steel yang kuat dan sudah pasti tahan lama.

Selain itu daya listriknya cuma 100-300 Watt, cukup hemat listrik dan sudah dilengkapi dengan indikator lock/ pengunci. Tak lupa, tentu saja, blender ini juga dilengkapi dengan mini chopper supaya memudahkan untuk menghaluskan bumbu atau sambal.

Pisau blender yang kuat dari stainless steel. Sumber: Idealifeonline.

Harganya juga cukup terjangkau, cuma sekitar Rp. 370.000,-an aja. Kalau penasaran dengan spesifikasi lengkapnya, teman-teman bisa langsung cek di media sosial Idealifeonline di Instagram: @idealifeonline  .

Yes, blender bagus enggak mesti di atas Rp. 500.000m-an kok. Di bawah angka itu banyak. Salah satunya Blender 220 dari Idealifeonline yang saya contohkan itu.

Well, menurut saya tiga peralatan dapur itu udah cukup sih, memenuhi kebutuhan pasangan baru. Nanti, seiring waktu, teman-teman bisa menambah tuh, kayak microwave, oven, kompor listrik, pemanggang roti, dll. Yaaa, sesuaikan aja dengan kebutuhan di masa mendatang lha yaaa. Namun, tiga di atas, menurut saya yang paling wajib dimiliki pengantin baru 😀 .

Dari ketiga peralatan dapur elektronik yang saya rekomendasikan tersebut, (calon) pengantin baru bisa menyiapkan anggaran kira-kira Rp. 4 jutaan lha ya? InsyaAllah, dengan memiliki peralatan dapur elektronik tersebut, pengantin baru bisa lebih siap membangun rumah tangganya barengan 😀 . Semoga bermanfaat yaaa 🙂 .

April Hamsa

23 Comments

  1. Tanti Amelia 3 Desember, 2020
  2. Mugniar 3 Desember, 2020
  3. Efi Fitriyyah 3 Desember, 2020
  4. Nanik Nara 3 Desember, 2020
  5. Hani S. 3 Desember, 2020
  6. Farida Pane 3 Desember, 2020
  7. nurulrahma 3 Desember, 2020
  8. Dian 4 Desember, 2020
  9. Lina sophy 4 Desember, 2020
  10. Dian Restu Agustina 4 Desember, 2020
  11. Aswinda utari 5 Desember, 2020
  12. Yurmawita 5 Desember, 2020
  13. Nia Haryanto 5 Desember, 2020
  14. cindy vania 5 Desember, 2020
  15. Larasati Neisia 5 Desember, 2020
  16. Siti Hairul 5 Desember, 2020
  17. Naqiyyah Syam 5 Desember, 2020
  18. Andy Hardiyanti 5 Desember, 2020
  19. Lina W. Sasmita 5 Desember, 2020
  20. Milda Ini 5 Desember, 2020
  21. Ophi Ziadah 5 Desember, 2020
  22. lendyagasshi 6 Desember, 2020
  23. Damar Aisyah 6 Desember, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!