Place to Visit Product Review Travelling Travelling Tips

7 Tempat Wisata di Jakarta yang Bernuansa Alam

Tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam? Emang ada?”

Sebagian teman-teman, terutama yang tinggal di luar Jakarta, mungkin ada yang mengernyitkan dahi dan bertanya-tanya seperti itu saat membaca judul artikel ini. Hehehe, tenang-tenang, saya pun dulu juga begitu kok ketika belum tinggal di Jakarta.

Ternyata, banyak tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam

Jakarta. Hmmm, ibu kota negara ini dalam bayangan saya dahulu begitu crowded. Saya menebak bahwa seluruh kota isinya gedung pencakar langit semua. “Kalau ada lahan nyempil dikit pasti dibikin bangunan,” pikir saya kala itu. Pokoknya enggak mungkin lha ada space, apalagi tempat wisata yang bernuansa alam di Jakarta ini.

Sampai akhirnya takdir membawa saya merasakan tinggal di Jakarta Selatan. Ternyata di Jakarta Selatan tuh waktu itu (sekitar tahun 2011-an) masih banyak lahan kosong, kebun, juga pepohonan rindang di jalan raya. Bahkan, di area sana ada kebun binatang kebanggaan warga Jakarta, yakni Ragunan yang asri banget.

Waktu masih tinggal di Pasar Minggu beberapa kali piknik keluarga ke Ragunan.

Tidak cuma Ragunan, Jakarta Selatan juga memiliki banyak ruang terbuka hijau seperti taman kota. Dulu kalau anak saya sedang GTM alias lagi Gerakan Tutup Mulut enggak mau makan, pagi-pagi saya sudah membawanya ke taman kota dekat rumah. Cuma sekadar buat numpang sarapan di sana. Entah kenapa nuansa taman kota membuat anak saya mau makan lebih lahap.

Nah, akhirnya pikiran saya mengenai Jakarta yang cuma berisi gedung-gedung aja sirna. Saya menyadari bahwa di Jakarta pun masih banyak tempat yang ijo-ijo alias asri. Bahkan di antara tempat-tempat itu ada yang menjadi tempat wisata bernuansa alam yang populer. Sehingga banyak orang tertarik berkunjung ke sana.

Satu lagi kelebihannya, banyak tempat wisata bernuansa alam di Jakarta terkenal murah meriah, lho. Sebab, biaya tiket masuknya murah. Bahkan, ada tempat wisata di Jakarta bernuansa alam yang bebas biaya tiket masuk.

Tempat wisata bernuansa alam yang murah meriah di Jakarta

Teman-teman mau tahu tempat-tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam yang murah meriah? Berikut adalah tujuh tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam plus murah meriah yang bisa teman-teman datangi apabila berkunjung ke Jakarta:

Taman Margasatwa Ragunan

Tak hanya menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta, Ragunan juga merupakan paru-paru kota Jakarta. Dahulu, Ragunan yang awalnya bernama Planten En Dierentuin ini didirikan oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia pada tahun 1864 di daerah Cikini.

Ragunan. Sumber foto: Gunawan Kartapranata, Wikipedia.

Sampai akhirnya pada tahun 1969, Planten En Dierentuin yang telah berubah nama menjadi Kebun Binatang Cikini dipindah ke daerah Ragunan. Tak lama kemudian namanya berubah lagi menjadi Taman Margasatwa Ragunan atau orang-orang sering menyebutnya sebagai Kebun Binatang Ragunan. Hingga saat ini, Kebun Binatang Ragunan masih berdiri dan menjadi tempat wisata populer di Jakarta, sekaligus sarana edukasi mengenai flora dan fauna untuk masyarakat.

Taman Suropati

Taman Suropati. Sumber foto: Zaki Akhmad, Wikipedia.

Tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam ini terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Enggak sekadar taman kota dan tempat wisata semata, namun Taman Suropati juga merupakan tempat bersejarah yang penting di Jakarta. Di Taman Suropati terdapat enam monumen yang dibuat oleh seniman dari negara-negara pendiri Association of Southest East Asean Nations (ASEAN) yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Taman Menteng

Taman Menteng. Sumber foto: Josip Stalin, Wikipedia.

Sesuai namanya, tempat wisata di Jakarta yang juga bernuansa alam ini berlokasi di kawasan Menteng. Selain berfungsi sebagai paru-paru kota karena memiliki banyak koleksi tumbuhan, Taman Menteng juga merupakan sumur resapan untuk membantu mempercepat penyerapan air hujan ke dalam tanah, sehingga mencegah terjadinya banjir. Terdapat sekitar 44 sumur resapan di Taman Menteng. Selain itu, di Taman Menteng juga terdapat arena bermain anak-anak dan lapangan futsal untuk masyarakat berolahraga.

Suaka Margasatwa Muara Angke

Muara Angke. Sumber foto: Wie146, Wikipedia.

Suaka Margasatwa Muara Angke adalah tempat wisata di Jakarta dengan nuansa alam yang terletak di Jakarta Utara. Suaka Margasatwa Muara Angke terkenal sebagai kawasan hutan bakau atau mangrove. Selain hutan bakau, Suaka Margasatwa Muara Angke juga dikenal sebagai tempat berkembangbiaknya satwa-satwa liar, terutama berbagai jenis burung yang hampir punah dan dilindungi.

Setu Babakan

Setu artinya danau. Jadi, Setu Babakan adalah Danau Babakan. Tempat wisata di Jakarta yang juga bernuansa alam ini terletak di Jakarta Selatan. Setu Babakan terkenal sebagai tempat untuk belajar mengenai budaya Betawi.

Sebenarnya Setu Babakan ini adalah danau buatan, dimana airnya berasal dari sungai Ciliwung. Selain sebagai tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam dan sarana edukasi budaya Betawi, Setu Babakan juga merupakan tempat resapan air.

Pantai Ancol

Salah satu sudut di Pantai Ancol. Sumber foto: Midori, Wikipedia.

FYI, Jakarta enggak hanya memiliki tempat wisata alam dengan nuansa alam yang ijo-ijo aja, lho. Namun, Jakarta juga memiliki tempat wisata dengan suasana pantai, yakni Pantai Ancol. Pantai Ancol ini juga merupakan salah satu destinasi wisata bernuansa alam di Jakarta yang cukup populer di kalangan wisatawan asing maupun lokal.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu kawasan pelestarian bahari yang ada di Jakarta. Tempat wisata di Jakarta yang kental dengan nuansa alamnya ini akan menyuguhi teman-teman dengan pemandangan laut, pasir, karang, dll.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Jakarta lainnya yang bernuansa alam. Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, teman-teman bisa mengunjungi blog atau website yang banyak mengulas tentang destinasi wisata. Contohnya, seperti Blog Traveloka.

Berkunjung ke Jakarta? Jangan lupa mampir tempat wisata bernuansa alamnya

Bagaimana teman-teman apakah sudah banyak mendapatkan Informasi Tempat Wisata di Jakarta di Blog Traveloka? Ternyata banyak sekali bukan tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam? Jadi, enggak benar kalau Jakarta isinya cuma hutan beton aja, ada hutan kota, taman kota, bahkan pantai yang indah ada di Jakarta.

Bagaimana? Teman-teman yang berada di luar Jakarta, tertarik berwisata ke ibu kota tidak? Jadi, kapan nih rencananya teman-teman maen ke Jakarta? Ntar, kabar-kabarin yaaaa…

BTW, seandainya teman-teman yang dari luar kota datang berkunjung ke Jakarta, saran saya booking tiket dan penginapannya melalui Traveloka saja. Saat ini, Traveloka mempunyai layanan baru yaitu paket tiket pesawat dan juga hotel dalam satu paket. Dengan layanan paket tersebut, teman-teman bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

Lebih cepat

Kalau mencari paket tiket pesawat plus hotel teman-teman lebih bisa menghemat waktu. Soalnya dalam satu pencarian, teman-teman sudah bisa mendapatkan informasi mengenai tiket pesawat dan hotel sekaligus.

Paket tiket pesawat dan hotel Traveloka.

Lebih hemat

Dimana-mana yang namanya paketan pasti lebih hemat dari segi biaya. Jika teman-teman memesan paket pesawat + hotel secara bersamaan, maka jatuhnya akan lebih hemat dibanding apabila memesan secara terpisah. Bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun, lho.

Semoga informasi mengenai tempat wisata di Jakarta khususnya yang bernuansa alam ini plus informasi paket pesawat dan hotel ini berguna ya teman-teman 🙂

April Hamsa

32 Comments

  1. Monda 16 Januari, 2018
  2. destianasekar 16 Januari, 2018
  3. Atiqo 16 Januari, 2018
  4. Dunialingga 17 Januari, 2018
  5. tally syifa 17 Januari, 2018
  6. Nova DW 17 Januari, 2018
  7. Tetty Hermawati 17 Januari, 2018
  8. Katerina 17 Januari, 2018
  9. ivonie 17 Januari, 2018
  10. Liza 17 Januari, 2018
  11. Ade UFi 17 Januari, 2018
  12. Anindita Ayu 17 Januari, 2018
  13. Noe 17 Januari, 2018
  14. Nurul Sufitri 17 Januari, 2018
  15. @bangsaid 17 Januari, 2018
  16. uchy sudhanto 17 Januari, 2018
  17. uchy sudhanto 17 Januari, 2018
  18. Ihwan H 17 Januari, 2018
  19. Tina sindi 17 Januari, 2018
  20. Yoga Prakoso 17 Januari, 2018
  21. Naqiyyah Syam 17 Januari, 2018
  22. Nurul dwi larasati 18 Januari, 2018
  23. lendyagasshi 18 Januari, 2018
  24. Leyla 18 Januari, 2018
  25. Anjar Sundari 18 Januari, 2018
  26. Nyi Penengah Dewanti 18 Januari, 2018
  27. rizka edmanda 18 Januari, 2018
  28. indiRa 18 Januari, 2018
  29. Eskaning Arum Pawestri 18 Januari, 2018
  30. Eni martini 20 Januari, 2018
  31. Grace Melia 23 Januari, 2018
  32. Dewi Nadzifah 23 Januari, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!