Blog Contest Family Food Health Hometown Dairy Review & Contest

Ciptakan Keluarga Sehat dengan Konsumsi Susu Murni Hometown Dairy

Coba Bu, susunya. Merk Hometown Dairy. Ini susunya segar, Bu. Jadi lebih enak. Fresh rasanya.”

Seorang Mbak-mbak Sales yang saya jumpai beberapa bulan lalu di salah supermarket menawari saya susu murni Hometown Dairy. Waktu itu, saya ketemu Si Mbak di area rak susu, ketika saya tengah mencari susu yang biasa saya minum. Mendengar kata “susu segar”, saya otomatis langsung melihat ke arah tangan Si Mbak yang memegang sebuah botol kemasan susu. Bentuknya agak beda dari kemasan susu-susu cair yang sering saya jumpai di pasaran.

Susu murni Hometown Dairy yang kemasannya beda

Botol kemasan Hometown Dairy terbuat dari plastik tebal yang berwarna putih dengan logo serta tulisan berwarna hitam dan biru. Kemasan yang kayak gitu sering saya lihat di adegan-adegan drama atau film asal luar negeri sono, hehe. Waktu itu, Si Mbak menawari saya kemasan susu murni Hometown Dairy yang ukuran seliter. Penasaran sama rasa susunya, akhirnya saya tertarik membeli satu botol susu murni Hometown Dairy.

Susu murni Hometown Dairy kemasan 2 liter.

Sampai di rumah, saya mencicipi susu murni Hometown Dairy yang saya beli. Ternyata susunya beneran enak. Enggak kerasa eneg. Mungkin karena fresh milk kali ya? Terasa lebih kental dan creamy gitu. Pas, saya kasi ke anak-anak, ternyata mereka juga suka. So, saat belanja bulanan berikutnya ke supermarket yang sama, saya pun membeli susu murni Hometown Dairy lagi. Ketagihan enaknya Hometown Dairy 😀 . Belakangan, saya mengetahui kalau susu murni Hometown Dairy enggak hanya tersedia dalam kemasan ukuran seliter aja. Namun, juga tersedia dalam kemasan dua dan tiga liter.

Oh ya, waktu itu saya jadi kepoh ketika Si Mbak mengatakan “susu segar”. Saya nanya, “Dari peternakan sapi yang mana, Mbak?”

Si Mbak menjawab, “Peternakannya di Lampung, Bu.”

Saya agak kaget, soalnya enggak nyangka kalau susu murni Hometown Dairy ternyata berasal dari peternakan lokal. Mulanya, kirain dari Australia atau Jepang atau negara-negara Eropa mana gitu. Saya nebak-nebak buah Manggis dari kemasannya yang bagus itu, soalnya. Apalagi pas udah minum susunya, hehehe, enggak ngira kalau diproduksi dari susu sapi di peternakan lokal . Ya maaaaaaaffff. Soalnya, berdasarkan pengalaman mengkonsumsi susu lokal selama ini, baru Hometown Dairylah yang rasa susunya sesegar itu. Apalagi diminumnya saat dalam kondisi baru keluar dari kulkas alias dingin. Seger banget.

Tentang susu murni Hometown Dairy

Selidik punya selidik, browsing-browsing, ternyata susu murni Hometown Dairy emang berasal dari Peternakan Hometown di Lampung yang dikelola oleh PT Great Giant Livestock. Rasa susu Hometown Dairy bisa terasa fresh sebab berasal dari tubuh sapi-sapi yang dipelihara dengan baik. Pernah denger kan kalau sapi perah yang stress kualitas susunya kurang baik? Nah, kalau di Peternakan Hometown, sapi-sapinya dirawat sebaik mungkin, sehingga mampu menghasilkan susu dengan kualitas terbaik.

Susu dari sapi-sapi di Peternakan Hometown itu kemudian diproses sedemikian rumah dengan menggunakan mesin berteknologi modern. Berkat teknologi tersebut pula, pemrosesan susu Hometown Dairy jadi enggak lama (less processed). Sehingga, proses tersebut mampu menghasilkan susu segar pasteurisasi 100% yang murni dan alami.

Susu murni Hometown Dairy ini juga enggak berpengawet, lho. Susu Hometown Dairy ini juga tidak mengandung gula tambahan, air, perisa, stabilizer, serta tambahan lainnya. Jadi, emang asli 100% susu murni yang dipasteurisasi. Bahkan “cream on top” alami dari susu yang biasanya digunakan sebagai bahan baku butter tuh juga dipertahankan sebagai kandungan susu murni Hometown Dairy ini. Sehingga, rasanya makin luar biasa enaknya. Itulah sebabnya, kemungkinan besar, orang yang mencicipi susu murni Hometown Dairy ini suka ngira susu ini dari negara-negara luar sana. Seperti saya dulu tuh, kecele, hehe.

Makanya, dulu, saat saya beli Hometown Dairy untuk pertama kalinya, Si Mbak Sales wanti-wanti supaya susunya lekas masuk kulkas begitu nyampe rumah. Kalau sekarang sih, karena udah ngerti, kalau udah niat beli Hometown Dairy saat belanja bulanan, saya udah siap-siap tas cooler. Tujuannya buat menjaga suhu susu selama perjalanan pulang dari supermarket ke rumah.

Emang, idealnya, yang namanya susu pasteurisasi kayak Hometown Dairy ini harus tetap terjaga pada suhu sekitar 0-4 derajat Celcius. Supaya kesegaran dan kelembutan susu murni Hometown Dairy tetep terjaga dengan baik. Trus, kalau udah dibuka tutup kemasan dan seal-nya sebaiknya segera dihabiskan maksimal tiga hari kemudian. Soalnya, dulu pernah kejadian, saat kami tinggal bepergian, pada hari ketiga setelah seal-nya dibuka susunya udah terasa agak asam. Ya, namanya juga susu tanpa pengawet ya? Jadi, inget ya teman-teman, kudu cepet-cepet diabisin kalau sudah dibuka kemasannya 😀 .

Manfaat mengkonsumsi susu murni seperti Hometown Dairy

Susu murni Hometowrn Dairy ini merupakan susu yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Baik oleh ayah, bunda, kakek, nenek (orang dewasa), maupun anak-anak. Dengan catatan anak-anak yang usianya udah di atas 12 bulan lho ya. 

Kalau di rumah saya, susu murni Hometown Dairy ini biasanya enggak bertahan lama. Soalnya semua anggota keluarga saya suka mengkonsumsinya. Saya dan suami termasuk “mantan anak-anak” yang dibiasakan minum susu sejak kecil oleh orang tua kami. Kebiasaan itu kemudian kami turunkan ke anak-anak kami. Sehingga, ya semua jadi suka susu. Apalagi kalau susunya seenak Hometown Dairy ini.

Kami sekeluarga sering sarapan sereal siram susu Hometown Dairy.

By the way, teman-teman tahu enggak bahwa mengkonsumsi susu murni seperti Hometown Dairy itu banyak manfaatnya, lho? Apalagi konsumsinya setiap hari. Manfaat susu murni itu antara lain:

Memenuhi kebutuhan protein hewani

Susu masuk ke dalam anggota protein hewani. Buat teman-teman yang anaknya susah mengkonsumsi daging-dagingan, mungkin bisa memberikan tambahan minuman berupa susu murni seperti fresh milk Hometown Dairy ini.

Mencegah osteoporosis

Susu murni yang segar seperti Hometown Dairy memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang bisa membantu pertumbuhan tulang (terutama tulang anak-anak). Selain itu mampu mencegah osteoporosis.

Membantu pertumbuhan gigi

Selain membantu pertumbuhan tulang, kandungan kalsium dan fosfor susu murni Hometown Dairy bisa membantu pertumbuhan gigi.

Membantu meningkatkan zat besi

Saya kebetulan ada riwayat anemia. Anak-anak juga pernah mengalami anemia (ADB). Dulu, dokter menyarankan kalau udah kliyengan, minum susu aja. Sebab, susu murni seperti Hometown Dairy punya kandungan zat besi yang baik untuk penderita anemia.

Membuat rileks dan tenang

Pernah enggak teman-teman insomnia trus minum susu, baru deh akhirnya bisa tidur nyenyak? Nah, hal tersebut bisa terjadi karena ternyata susu seperti Hometown Dairy ini punya kandungan asam amino yang nantinya bisa diproses tubuh menjadi zat serotonin dan melatonin. Zat-zat itulah yang katanya bikin kita mengantuk, sehingga bisa bobo nyenyak.

Ibuk-ibuk cobain deh me time dengan minum susu Hometown Dairy dingin. Bisa bikin rileks.

Masih banyak sih katanya manfaat konsumsi susu murni seperti Hometown Dairy ini. Ntar, teman-teman gugling sendiri aja yaaaaa 😀 .

Aneka resep makanan berbahan dasar susu murni Hometown Dairy

Oh iya, teman-teman, masih ingat Si Mbak Sales yang pertama kali memperkenalkan saya kepada susu Hometown Dairy? Si Mbak itu lho, yang saya ceritakan di awal saya memulai tulisan ini? Nah, waktu itu, Si Mbak bilang bahwa susu murni Hometown Dairy juga bisa dipakai sebagai campuran minuman lain kayak kopi susu, milkshake, bahkan bahan dasar membuat kue dan keju rumahan. Saya udah pernah mencoba beberapa kali membuat puding kukus atau puding dari bahan agar-agar pakai susu Hometown Dairy ini, lho.

Trus, suatu waktu saya mengikuti cooking class yang diselenggarakan di sebuah supermarket. Acara cooking class tersebut dipandu oleh salah seorang Chef yang cukup beken di televisi dan YouTube channel. Chef tersebut memberi informasi bahwa susu murni bisa menggantikan posisi santan sebagai bahan dasar masakan. Informasi tersebut sekaligus juga tips kesehatan lho. Soalnya, lemak susu tidak sebanyak dan “sejahat” lemak santan. Susu yang direkomendasikan Chef waktu itu kebetulan Hometown Dairy juga.

Chef yang ngajar di cooking class yang pernah saya ikuti merekomendasikan susu Hometown Dairy sebagai pengganti santan. 

Berikut saya share beberapa resep makanan yang pakai bahan dasar susu murni Hometown Dairy yang biasa saya masak yaaaa. Gampang-gampang, kok.

Milkshake Pisang

Milkshake Pisang favorit suami saya.

Bahan:

  • Satu buah pisang yang sudah matang.
  • Gula sesuai selera.
  • Es batu 2-3 buah.
  • 150 ml susu murni Hometown Dairy.

Cara Membuat:

  • Kupas pisang, masukkan ke blender.
  • Tambahkan 150 ml susu murni Hometown Dairy.
  • Masukkan es batu ke dalam blender.
  • Masukkan gula sesuai selera.
  • Blender.
  • Milkshake Pisang yang dingin dan segar pun siap disajikan untuk satu porsi.

Puding Susu Merah Putih

Puding merah putih dengan biskuit kesukaan anak-anak saya.

Bahan:

  • 400 ml susu murni Hometown Dairy.
  • 500 ml air putih.
  • 3,5 gram bubuk agar-agar warna merah.
  • 3,5 gram bubuk agar-agar warna putih.
  • Biskuit.
  • Gula sesuai selera.

Cara Membuat:

  • Masukkan 3,5 gram agar-agar warna merah ke dalam panci. Tuang 200 ml susu Hometown Dairy dan 250 ml air putih.
  • Aduk-aduk dan masak hingga mendidih.
  • Tuang adonan ke cetakan puding.
  • Taruh biskuit di atas puding merah. Diamkan sekitar 30 menit.
  • 30 menit kemudian, ulangi memasak agar-agar. Kali ini yang warna putih. Caranya masih sama ya. Masukkan 3,5 gram agar-agar warna putih ke dalam panci. Tuang 200 ml susu Hometown Dairy dan 250 ml air putih.
  • Setelah agar-agar putih mendidih/ matang, tuang ke atas adonan puding merah yang sudah diberi biskuit tadi.
  • Kemudian, beri juga biskuit di atas cairan puding putih. Tunggu sampai dingin.
  • Masukkan ke lemari pendingin sekitar setengah jam.
  • Puding pun siap dinikmati dalam kondisi dingin.

Roti Tawar

Bikin roti sendiri lebih murah, enak, dan terjamin kehalalannya.

Catatan: Kebetulan beberapa waktu lalu saya dapat rezeki berupa mesin pembuat roti, jadi saya akhir-akhir ini hobi bikin roti sendiri. Roti tawar yang simple aja sih resepnya. Aslinya pakai air, cuma resepnya saya ganti pakai susu murni Hometown Dairy campur telur.

Bahan:

  • Susu murni Hometown Dairy.
  • 30 gram butter.
  • 1 butir telur.
  • ½ sendok kecil garam (sendok dari alat pembuat rotinya).
  • 3 sendok besar gula.
  • 360 gram terigu.
  • 2 sendok kecil ragi instan.
  • Meses atau coklat bubuk sesuai selera.

Cara Membuat:

  • Campur telur dan susu Hometown Dairy sampai totalnya kalau ditimbang 225 gram.
  • Masukkan semua bahan, yakni terigu, gula, garam, butter, ragi, bubuk coklat atau meses, dan campuran telur serta susu tadi ke dalam mesin pembuat roti.
  • Biarkan mesin bekerja sampai akhirnya jadi roti tawar 😀 . Alhamdulillah sih jadi, meski resepnya dimodifikasi 😛 .
  • Oh ya, kalau pakai oven takaran itu insyaAllah juga udah tepat. Cuma teman-teman harus mencampur dan menguleni adonannya sendiri ya, sebelum akhirnya dipanggang di oven.

Lodeh Daging

Mengganti santan pakai susu murni rasanya enak aja kok.

Bahan:

  • Daging (saya biasanya ukuran pakai satu kotak yang udah dipotong-potong dadu yang siap masak dari supermarket).
  • 200-250 ml susu murni Hometown Dairy.
  • 1,5 liter air matang.
  • Kacang panjang seikat.
  • 2 buah terung.
  • 1 papan tempe.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Gula.
  • Garam.
  • 3 biji kemiri.
  • 2 buah cabe merah besar (saya buang bijinya soalnya anak-anak juga ikut makan).
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Lada.
  • Lengkuas.
  • Daun Salam.
  • Serai.

Cara Memasak:

  • Blansir daging selama 5 menit. Kalau udah, buang airnya ya.
  • Potong-potong kacang panjang, tempe (bentuk dadu), terung. Jangan lupa, kalau udah potong terung rendam dulu dalam air putih supaya enggak teroksidasi.
  • Goreng cabe merah, bawang merah, bawang putih.
  • Sangrai kemiri atau goreng pakai sedikit minyak juga oke.
  • Haluskan gorengan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  • Tuang minyak ke panci, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Masukkan lengkuas, sereh, daun salam (yang udah digeprek dan disonek-sobek). Tumis sampai agak kecoklatan dan bau wangi.
  • Tuangkan air.
  • Rebus bumbu sampai mendidih.
  • Masukkan daging diamkan 7-10 menit.
  • Masukkan kacang panjang, tempe, terakhir terung.
  • Masukkan susu Hometown Dairy, aduk-aduk.
  • Masukkan gula, garam, lada sesuai selera, aduk-aduk.
  • Maka lodeh daging pun siap disajikan.

Opor Ayam

Bentar lagi lebaran, masak opor ayam yuuuk 😀 .

Bahan:

  • Setengah ekor ayam. Biasanya saya minta potong jadi enam bagian.
  • 500 ml air.
  • 200 ml susu Hometown Dairy.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Gula.
  • Garam.
  • 3 biji kemiri.
  • Ketumbar.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Lengkuas.
  • Daun Salam.
  • Serai.
  • Bawang goreng.

Cara Memasak:

  • Rebus/ blansir ayam kurang lebih 7-10 menit. Kalau udah, buang airnya.
  • Sangrai/ goreng kemiri tanpa minyak atau sedikit aja minyak.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri.
  • Masukkan sesendok minyak goreng ke panci/ penggorengan. Masukkan bumbu yang dihaluskan di step sebelumnya tadi. Masukkan lengkuas, serai (geprek dulu ya) dan daun salam (disobek-sobek).
  • Saat udah bau wangi masukkan ayam, air, dan susu Hometown Dairy.
  • Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  • Aduk-aduk sampai bumbu merata.
  • Tunggu sampai ayam matang (empuk).
  • Opor ayam pun siap disajikan. Tambahkan bawang goreng biar makin sedap. Lumayan gampang bukan? Simpen yak, buat lebaran ntar 😀 .

Itulah teman-teman cerita mengenai perkenalan saya dengan susu murni Hometown Dairy yang saya dan keluarga konsumsi sampai hari ini. Harapan saya sih dengan mengkonsumsi susu ini, saya sekeluarga bisa memperoleh manfaatnya, yakni berupa kesehatan dan tahan dari segala penyakit, aamiin.

Apakah teman-teman tertarik juga mengkonsumsi susu murni Hometown Dairy ini? Apabila teman-teman ingin mencoba susu murni Hometown Dairy ini juga, teman-teman bisa membelinya di beberapa supermarket dan minimarket di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Lampung, dan Bandung. Beberapa supermarket dan minimarket yang menjual Hometown Dairy antara lain  The Food Hall, Daily Food Hall, Ranch Market, Farmers Market, Hero Swalayan, Superindo, Jason, Lotte Mart, Carrefour, Kem Chicks, All Fresh, Grand Lucky, Indofresh, AEON, Hypermart, Indomaret, dll. Beli online pun bisa via marketplace kayak Tokopedia.

Harganya sekitar:

  • Kemasan 1 liter: Rp. 35.000,-
  • Kemasan 2 liter: Rp. 60.000,-
  • Kemasan 3 liter: Rp. 90.000,-

Untuk informasi lebih lengkap tentang susu Hometown Dairy, teman-teman bisa bertanya ke media sosialnya di:

Selamat mencoba sendiri susu murni Hometown Dairy ya? Buktikan sendiri kesegaran dan rasa creamy-nya yang enak itu 🙂 .

April Hamsa

69 Comments

  1. Tatiek Purwanti 11 April, 2018
    • April Hamsa 16 April, 2018
  2. cici desri 11 April, 2018
    • April Hamsa 16 April, 2018
  3. Okti Li 11 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  4. Raras Prawitaningrum 11 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  5. Anggraeni Septi 11 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  6. Alaika Abdullah 11 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  7. Nchie Hanie 11 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  8. mpo ratne 12 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  9. Noe 12 April, 2018
    • April Hamsa 19 April, 2018
  10. Aswinda Utari 12 April, 2018
  11. Dian Safitri 12 April, 2018
  12. Syarifani Mulyana 12 April, 2018
  13. Mayuf 12 April, 2018
  14. Lina W. Sasmita 13 April, 2018
  15. Nurul Fitri Fatkhani 13 April, 2018
  16. Li Partic 13 April, 2018
  17. zefy 13 April, 2018
  18. ruziana ina 13 April, 2018
  19. Diah Kusumastuti 13 April, 2018
  20. Ulya 13 April, 2018
  21. lendyagasshi 14 April, 2018
  22. Mudrikah stories 14 April, 2018
  23. alimuakhir 14 April, 2018
  24. Ilham Bachtiar 14 April, 2018
  25. Dikki Cantona Putra 14 April, 2018
  26. tomi 14 April, 2018
    • Adi Pradana 15 April, 2018
  27. Sally 14 April, 2018
  28. Tukang Jalan Jajan 14 April, 2018
  29. Nova Violita 14 April, 2018
  30. mahadewishaleh 14 April, 2018
  31. Widi Utami 14 April, 2018
  32. Hilman 14 April, 2018
  33. Nurul Mutiara RA 15 April, 2018
  34. ovianty 15 April, 2018
  35. Elva Susanti 15 April, 2018
  36. Heripal Danindra 15 April, 2018
  37. gita siwi 15 April, 2018
  38. Anindita Ayu 15 April, 2018
  39. Misu Pinku 15 April, 2018
  40. Mardiah 15 April, 2018
  41. Elva Susanti 16 April, 2018
  42. Fenni Bungsu 16 April, 2018
  43. @nurulrahma 16 April, 2018
  44. Abby Onety 16 April, 2018
  45. Aan 16 April, 2018
  46. Rahmi 16 April, 2018
  47. Annafi 16 April, 2018
  48. Nia K. Haryanto 16 April, 2018
  49. Sara Neyrhiza 16 April, 2018
  50. rizki rakhmat 16 April, 2018
  51. Berlian Putri 16 April, 2018
  52. Nurul Sufitri 17 April, 2018
  53. Beautyasti1 17 April, 2018
  54. utie adnu 17 April, 2018
  55. Ariefpokto 19 April, 2018
  56. Evi indrawanto 19 April, 2018
  57. fauziah rachmawati 19 April, 2018
  58. een endah 19 April, 2018
  59. Rina Susanti 19 April, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!